Bacaterus / Kelabang / Cara Mengusir Kelabang yang Masuk ke Rumah dengan Cepat

Cara Mengusir Kelabang yang Masuk ke Rumah dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Kelabang atau lipan merupakan hewan artropoda yang memiliki kaki beruas-ruas. Bahaya kelabang adalah hewan ini memiliki bisa dan bisa menggigit manusia, meskipun bisa kelabang tidak mematikan. Di Thailand, lipan bisa diolah menjadi makanan dan dijual oleh pedagang makanan di pinggir jalan.

Bentuknya yang mengerikan dan kemampuannya untuk menggigit manusia membuat banyak orang tidak suka dengan keberadaan kelabang di rumahnya. Namun, tak dapat dipungkiri jika kita memang sering menemukan hewan dengan kaki yang banyak ini berkeliaran di dalam rumah. Jika Anda tidak tahan dengan kehadiran hewan ini, Anda bisa melakukan beberapa cara mengusir kelabang dari Bacaterus.

Penyebab Kelabang Masuk ke Rumah

Penyebab kelabang masuk ke rumah

Sebelum mencari cara mengusir kelabang, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab hewan ini masuk ke rumah. Kelabang adalah hewan yang menyukai tempat lembab karena spesies ini tidak memiliki lilin kultikula seperti serangga dan hewan arachnida. Akibatnya, kelabang lebih mudah kehilangan air dan cenderung mencari tempat yang lembab.

Itu sebabnya mengapa kita sering menjumpai kelabang berada di tempat yang lembab, seperti tanah atau kamar mandi. Apabila tempat terlalu basah atau kering, maka kelabang akan mencari tempat berlindung dengan kelembaban yang lebih baik, seperti di bawah batu, kamar mandi, di dekat sapu atau sikat yang basah, dan masih banyak lagi.

Cara Mengusir Kelabang dari Rumah

Keberadaan kelabang di dalam rumah memang sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, hewan ini bisa tinggal di mana saja, termasuk di bawah tempat tidur Anda. Bagaimana jika pada saat malam hari hewan ini menggigit Anda yang sedang tidur? Nah, untuk menghindari ancaman dari hewan ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara mengusir kelabang berikut ini.

1. Taburkan garam

Taburkan garam

Garam adalah bahan yang bisa dipakai untuk mengusir semut, tapi kali ini Anda dapat memanfaatkannya untuk mengusir kelabang. Taburkan garam dapur ke tubuh kelabang atau tempat-tempat lembab yang biasa disinggahi oleh kelabang. Hewan ini tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut, tapi jika Anda tidak segera membasminya, maka ia bisa berpindah ke tempat lain yang ada di rumah Anda.

2. Pasang perangkap serangga

Pasang perangkap serangga cara mengusir kelabang

Dewasa ini, sudah banyak perangkap serangga berupa kertas yang dilapisi dengan lem pekat. Anda bisa memasang perangkap ini untuk menangkap kelabang. Cara menjebak kelabang adalah dengan meletakkan perangkat ini di depan pintu masuk tempat yang ditinggali kelabang, misalnya di depan pintu kamar mandi.

Kelabang dengan ukuran besar bisa melepaskan diri dari perangkap apabila lemnya tidak terlalu keluar. Oleh karena itu, gunakan perangkap dengan lem yang super kuat.

3. Daun pandan

Daun pandan atau daun jeruk nipis

Aroma wangi daun pandan tentu sangat sedap jika digunakan untuk memasak nasi, ketan, dan santan. Akan tetapi, aroma dari panda ini sangat tidak disukai kelabang. Manfaat hal ini dengan mengiris daun pandan agar aromanya semakin keluar. Setelah itu, letakkan irisan daun pandan ini di sudut-sudut ruangan atau lokasi yang biasa dilewati kelabang. Aroma daun pandan akan membuat kelabang tersebut pergi.

4. Kapur barus

Kapur barus

Kapur barus biasa dipakai untuk mencegah pertumbuhan jamur atau aroma tak sedap dalam suatu ruangan. Namun, siapa sangka jika aroma kapur barus ini juga bisa membuat kelabang pergi? Ya, Anda hanya perlu meletakkan kapur barus di tempat-tempat yang rawan terhadap kelabang.  Bila perlu, letakkan kapur barus di tempat-tempat lembab yang ada di dalam dan sekitar rumah Anda.

5. Serbuk cabe atau merica bubuk

Serbuk cabe atau merica bubuk

Aroma cabe atau merica yang sangat menyengat bisa membuat kelabang kabur dari rumah Anda. Cabe yang digunakan merupakan cabe bubuk yang bisa Anda beli di supermarket.

Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa cabe atau merica yang ditaburkan harus tepat mengenai tubuh kelabang. Selain itu, taburkan juga cabe dan merica ini ke tempat-tempat yang biasa disinggahi kelabang atau tepat langsung pada sarangnya.

6. Cuka, garam, dan soda api

Cuka, garam, dan soda api

Ingin rumah bebas kelabang tanpa perlu membunuh hewan berkaki banyak tersebut? Anda bisa memanfaatkan cuka, garam, dan soda api. Caranya adalah campurkan 5 sendok makan cuka, 5 sendok makan garam, dan 1 sendok makan soda api. Kemudian, masukkan larutan yang sudah Anda buat tersebut ke dalam air bersih untuk mengepel lantai rumah.

Gunakan larutan ini untuk mengepel lantai seminggu sekali. Aroma dari bahan-bahan ini akan membuat kelabang enggan untuk datang ke rumah Anda. Jangan lupa untuk menggunakan sandal dan sarung tangan karena soda api yang masih basah cukup berbahaya bila terkena kulit.

7. Membasmi kelabang

Membasmi kelabang

Cara terakhir untuk menjaga rumah bebas dari populasi kelabang adalah dengan membasminya. Kelabang akan mati dalam waktu yang cukup lama apabila disemprot dengan insektisida. Akan tetapi, hewan ini akan mati secara lebih cepat apabila Anda memukul kelabang dengan batu, sandal, atau benda lainnya.

Cara Mencegah Kelabang Masuk ke Rumah

Di samping cara mengusir kelabang, kami juga akan memberikan beberapa cara untuk mencegah kelabang masuk ke dalam rumah Anda. Lakukan beberapa cara berikut ini agar hewan artropoda ini tidak menjelajahi rumah Anda:

1. Gunakan perangkap serangga

Gunakan perangkap serangga

Makanan utama kelabang saat berada di dalam rumah Anda adalah serangga, baik itu semut, nyamuk, atau lalat. Cara mencegah kelabang agar tidak tinggal di rumah adalah membasmi serangga yang menjadi makanan utamanya. Pasang alat penangkap serangga elektrik untuk mengurangi makanan utama kelabang.

2. Jaga bagian dalam rumah tetap kering

Jaga bagian dalam rumah tetap kering

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, kelabang suka hidup di tempat yang lembab. Oleh karena itu, cegah kelabang masuk ke rumah dengan menjaga setiap bagian dalam rumah tetap kering, termasuk kamar mandi. Anda bisa memanfaatkan bathup untuk menjaga kamar mandi agar tetap kering. Bila perlu tutup rapat saluran pembuangan agar tidak ada celah bagi kelabang yang akan masuk.

3. Tutup jalan masuk kelabang

Untuk menjamin rumah Anda aman dan bebas kelabang, tutup semua lubang di rumah Anda, misalnya buka pintu hanya pada saat Anda akan keluar atau masuk saja, pasang sil anti cuaca di semua bagian rumah, tutup talang atau saluran pembuangan dengan jaring khusus, dan tambah semua lubang yang ada pada dinding.

Mitos seputar kelabang

Mitos seputar kelabang

Dengan tampilan yang sedikit mengerikan, ternyata kelabang memiliki mitos tersendiri yang tersebar di kalangan masyarakat. Kelabang sering dikaitkan sebagai hewan yang sangat dekat dengan ilmu hitam. Bahkan, hewan ini dipercaya bisa menjadi media untuk mengirim santet ke orang lain.

Kemunculan kelabang ukuran besar juga bisa menjadi pertanda buruk bagi pemilik rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang segera mencari cara mengusir kelabang ketika mendapati hewan ini berkeliaran di dalam rumah.

Cara mengusir kelabang ini bisa Anda lakukan untuk mengusir hewan yang membahayakan diri kita dan keluarga ini. Mengenai mitos seputar kelabang, itu kembali lagi kepada pribadi Anda yang hendak mempercayainya atau tidak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

33 pemikiran pada “Cara Mengusir Kelabang yang Masuk ke Rumah dengan Cepat”

  1. artikel yg sangat membantu, kebetulan saya sangat tidak suka dgn kelabang.. ada satu saran saya, khusus untuk di kamar mandi atau tempat cuci piring, biasanya saya selalu siram lubang pembuangan air dengan cairan pembersih kamar mandi yg misalnya V*xal lalu setelah itu saya siramkan kembali dengan air panas yg sebelumnya saya masak. Saya rutin lakukan ini 2x seminggu utk menjaga agar tidak ada ‘kehadiran’ serangga (termasuk yg berbahaya) waktu kita sedang mandi.

  2. Di tempat saya juga begitu..sering ada kelabang hitam tiba2 muncul…walaupun merinding ttp brsh matikan binatang tersebut..dengan disiram vixal atau air panas..

  3. dirumah saya juga banyak banget kak kelabangnya kecil kecl tapi saya juga bingung pada datengnya dari mana. saya udah digigit dua kali

  4. Barusan kelabang lewat belakang punggung saya kira apa, pas saya lepas baju keburu turun tuh kelabang entah kemana, mau tidur jadi takut , kalo dia nongol , anak ama istri saya bisa lompat lompat kasur.
    Apakah menyemprot cairan serangga ke lubang air di kamar mandi ngaruh? Atau kudu pakai semprotan foging….

    Kalo niat bunuh serangga minta ijin dulu sama yang maha kuasa sebaiknya, semoga diampuni

    Besok kudu mulai bikin barikade garam dan basmi kelabang yg mulai beranak

    Makasi ts

  5. Aduh, gagal fokus dg TABURKAN GARAM kenapa pict nya pakai orang itu.. Hehe

    Jam 1 malam tidur lampu mati, tangan berasa ada hewan yg nyentuh..Dicari dg lampu handphone ga ketemu, lalu selimut saya kebaskan, ternyata klabang.buru2 nyalain lampu dan nyari sepatu niat mau buat getok, tapi keburu klabang masuk lubang kecil yg ada di lantai.

    Hmmmm, ngeri.. .!!!

    Jadi inget tadi ketiduran belum baca do’a. Abis seharian hujan diawal musim penghujan pula.
    Sudah tahu di semua daerah dari jawa timur, jawa tengah, jawa barat kalau awal musim hujan pasti mereka pada keluar, tapi ini tadi ga nyangka bakal noel2nya sampai ke kasur, padahal rumah terbilang bersih. Ga banyak tumpukan barang.Ega pakai kipas ataupun AC juga. Ya wes qodarulloh, malam2 dibangunin kelabang.
    Inget bahwa adanya binatang2 yg mengganggu kita juga karena dosa2 kita sendiri..

    Makasih admint saran mudahnya dg TABURKAN GARAM dg cara ala2 shef itu..

    Hiii,
    ga kebayang mau nabur garam di sekeliling rumah dg cara ala2 shef itu..
    Wkwkwk

  6. Sebenarnya sih, jarang ada kelabang di rumah. Padahal kamar mandi aku lantainya selalu basah. Alhamdulillah, gak pernah melihat hewan mengerikan itu di rumah.

  7. Lah saya selalu digigit sama kelabang yang ukurannya kecil, atau anak kelabang gitu deh, dan kejadiannya selalu saat tidur, Kira kira hampir 10 kali pernah deh saya digigit dikaki, tapi kerasa kayak digigit semut sih, cuma pedih banget….

  8. Alhamdulillah d rumah saya hampir tiap hari berjumpa?. Sampe stres sya ngusirnya. Sering kalo malem pas tidur di rambati, jd selalu on kalo malem ada yg jalan gerak2 d badan. Uda d kasih kapur barus, semprot pake baigon????

  9. Kenapa ya kelabang di rumah gw ga takut kapur barus…barusan ada kelabang dekat kasur…padahal sekitar kasur banyak kapur barus…

  10. Barusan sy di gigit keLabang, pas baru merem tiba” ngerasa ada sengatan di pundak kirain di gigit semut yaudah Lanjut merem Lagi. Gk Lama kemudian ada yg merambat di Leher, refLeks Lgsg tak Lempar. Trus bangun nyaLain Lampu tak Liat trnyata keLabang, jadi takut mau tidur Lagi ???

  11. Ya..ini baru lewat di depan anak anak sya.. Sebesar ibu jari.. Masuk ke bwh tmpt tidur.. Gak tw entah dia menjalar kmn.. Ya Allah smga kami dilindungi

Tinggalkan komentar