Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Kelabang atau lipan merupakan hewan artropoda yang memiliki kaki beruas-ruas. Bahaya kelabang adalah hewan ini memiliki bisa dan bisa menggigit manusia, meskipun bisa kelabang tidak mematikan. Di Thailand, lipan bisa diolah menjadi makanan dan dijual oleh pedagang makanan di pinggir jalan.

Bentuknya yang mengerikan dan kemampuannya untuk menggigit manusia membuat banyak orang tidak suka dengan keberadaan kelabang di rumahnya. Namun, tak dapat dipungkiri jika kita memang sering menemukan hewan dengan kaki yang banyak ini berkeliaran di dalam rumah. Jika Anda tidak tahan dengan kehadiran hewan ini, Anda bisa melakukan beberapa cara mengusir kelabang dari Bacaterus.

Penyebab Kelabang Masuk ke Rumah

Penyebab kelabang masuk ke rumah

Sebelum mencari cara mengusir kelabang, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab hewan ini masuk ke rumah. Kelabang adalah hewan yang menyukai tempat lembab karena spesies ini tidak memiliki lilin kultikula seperti serangga dan hewan arachnida. Akibatnya, kelabang lebih mudah kehilangan air dan cenderung mencari tempat yang lembab.

Itu sebabnya mengapa kita sering menjumpai kelabang berada di tempat yang lembab, seperti tanah atau kamar mandi. Apabila tempat terlalu basah atau kering, maka kelabang akan mencari tempat berlindung dengan kelembaban yang lebih baik, seperti di bawah batu, kamar mandi, di dekat sapu atau sikat yang basah, dan masih banyak lagi.

Cara Mengusir Kelabang dari Rumah

Keberadaan kelabang di dalam rumah memang sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, hewan ini bisa tinggal di mana saja, termasuk di bawah tempat tidur Anda. Bagaimana jika pada saat malam hari hewan ini menggigit Anda yang sedang tidur? Nah, untuk menghindari ancaman dari hewan ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara mengusir kelabang berikut ini.

1. Taburkan garam

Taburkan garam

Garam adalah bahan yang bisa dipakai untuk mengusir semut, tapi kali ini Anda dapat memanfaatkannya untuk mengusir kelabang. Taburkan garam dapur ke tubuh kelabang atau tempat-tempat lembab yang biasa disinggahi oleh kelabang. Hewan ini tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut, tapi jika Anda tidak segera membasminya, maka ia bisa berpindah ke tempat lain yang ada di rumah Anda.

2. Pasang perangkap serangga

Pasang perangkap serangga cara mengusir kelabang

Dewasa ini, sudah banyak perangkap serangga berupa kertas yang dilapisi dengan lem pekat. Anda bisa memasang perangkap ini untuk menangkap kelabang. Cara menjebak kelabang adalah dengan meletakkan perangkat ini di depan pintu masuk tempat yang ditinggali kelabang, misalnya di depan pintu kamar mandi.

Kelabang dengan ukuran besar bisa melepaskan diri dari perangkap apabila lemnya tidak terlalu keluar. Oleh karena itu, gunakan perangkap dengan lem yang super kuat.

3. Daun pandan

Daun pandan atau daun jeruk nipis

Aroma wangi daun pandan tentu sangat sedap jika digunakan untuk memasak nasi, ketan, dan santan. Akan tetapi, aroma dari panda ini sangat tidak disukai kelabang. Manfaat hal ini dengan mengiris daun pandan agar aromanya semakin keluar. Setelah itu, letakkan irisan daun pandan ini di sudut-sudut ruangan atau lokasi yang biasa dilewati kelabang. Aroma daun pandan akan membuat kelabang tersebut pergi.

4. Kapur barus

Kapur barus

Kapur barus biasa dipakai untuk mencegah pertumbuhan jamur atau aroma tak sedap dalam suatu ruangan. Namun, siapa sangka jika aroma kapur barus ini juga bisa membuat kelabang pergi? Ya, Anda hanya perlu meletakkan kapur barus di tempat-tempat yang rawan terhadap kelabang.  Bila perlu, letakkan kapur barus di tempat-tempat lembab yang ada di dalam dan sekitar rumah Anda.

5. Serbuk cabe atau merica bubuk

Serbuk cabe atau merica bubuk

Aroma cabe atau merica yang sangat menyengat bisa membuat kelabang kabur dari rumah Anda. Cabe yang digunakan merupakan cabe bubuk yang bisa Anda beli di supermarket.

Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa cabe atau merica yang ditaburkan harus tepat mengenai tubuh kelabang. Selain itu, taburkan juga cabe dan merica ini ke tempat-tempat yang biasa disinggahi kelabang atau tepat langsung pada sarangnya.

6. Cuka, garam, dan soda api

Cuka, garam, dan soda api

Ingin rumah bebas kelabang tanpa perlu membunuh hewan berkaki banyak tersebut? Anda bisa memanfaatkan cuka, garam, dan soda api. Caranya adalah campurkan 5 sendok makan cuka, 5 sendok makan garam, dan 1 sendok makan soda api. Kemudian, masukkan larutan yang sudah Anda buat tersebut ke dalam air bersih untuk mengepel lantai rumah.

Gunakan larutan ini untuk mengepel lantai seminggu sekali. Aroma dari bahan-bahan ini akan membuat kelabang enggan untuk datang ke rumah Anda. Jangan lupa untuk menggunakan sandal dan sarung tangan karena soda api yang masih basah cukup berbahaya bila terkena kulit.

7. Membasmi kelabang

Membasmi kelabang

Cara terakhir untuk menjaga rumah bebas dari populasi kelabang adalah dengan membasminya. Kelabang akan mati dalam waktu yang cukup lama apabila disemprot dengan insektisida. Akan tetapi, hewan ini akan mati secara lebih cepat apabila Anda memukul kelabang dengan batu, sandal, atau benda lainnya.

Cara Mencegah Kelabang Masuk ke Rumah

Di samping cara mengusir kelabang, kami juga akan memberikan beberapa cara untuk mencegah kelabang masuk ke dalam rumah Anda. Lakukan beberapa cara berikut ini agar hewan artropoda ini tidak menjelajahi rumah Anda:

1. Gunakan perangkap serangga

Gunakan perangkap serangga

Makanan utama kelabang saat berada di dalam rumah Anda adalah serangga, baik itu semut, nyamuk, atau lalat. Cara mencegah kelabang agar tidak tinggal di rumah adalah membasmi serangga yang menjadi makanan utamanya. Pasang alat penangkap serangga elektrik untuk mengurangi makanan utama kelabang.

2. Jaga bagian dalam rumah tetap kering

Jaga bagian dalam rumah tetap kering

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, kelabang suka hidup di tempat yang lembab. Oleh karena itu, cegah kelabang masuk ke rumah dengan menjaga setiap bagian dalam rumah tetap kering, termasuk kamar mandi. Anda bisa memanfaatkan bathup untuk menjaga kamar mandi agar tetap kering. Bila perlu tutup rapat saluran pembuangan agar tidak ada celah bagi kelabang yang akan masuk.

3. Tutup jalan masuk kelabang

Untuk menjamin rumah Anda aman dan bebas kelabang, tutup semua lubang di rumah Anda, misalnya buka pintu hanya pada saat Anda akan keluar atau masuk saja, pasang sil anti cuaca di semua bagian rumah, tutup talang atau saluran pembuangan dengan jaring khusus, dan tambah semua lubang yang ada pada dinding.

Mitos seputar kelabang

Mitos seputar kelabang

Dengan tampilan yang sedikit mengerikan, ternyata kelabang memiliki mitos tersendiri yang tersebar di kalangan masyarakat. Kelabang sering dikaitkan sebagai hewan yang sangat dekat dengan ilmu hitam. Bahkan, hewan ini dipercaya bisa menjadi media untuk mengirim santet ke orang lain.

Kemunculan kelabang ukuran besar juga bisa menjadi pertanda buruk bagi pemilik rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang segera mencari cara mengusir kelabang ketika mendapati hewan ini berkeliaran di dalam rumah.

Cara mengusir kelabang ini bisa Anda lakukan untuk mengusir hewan yang membahayakan diri kita dan keluarga ini. Mengenai mitos seputar kelabang, itu kembali lagi kepada pribadi Anda yang hendak mempercayainya atau tidak.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .