Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 7 Cara Mengusir Kecoa Terbang yang Seliweran di Rumah

7 Cara Mengusir Kecoa Terbang yang Seliweran di Rumah

Berani mendaki gunung dengan puncak tertinggi, berani mengambil risiko untuk setiap keputusan, berani bertemu calon mertua, tapi belum tentu berani menghadapi kecoa terbang, hehehe. Tak dapat dipungkiri bahwa serangga yang satu ini memang bisa membuat kita merasa geli sekaligus jijik. Melihat kecoa yang merayap di lantai saja sudah panik, apalagi jika kecoa itu terbang dan menempel di kepala. Hiii..!!

Kecoa merupakan salah satu serangga yang keberadaannya selalu meresahkan manusia. Kalau melihat kecoa bawaannya selalu ingin membasminya dengan alat-alat di sekitar kita. Nah, biar Anda tidak repot-repot mengejar kecoa, apalagi kecoa terbang, Bacaterus akan berbagi 10 cara mengusir kecoa terbang yang seliweran di rumah Anda, nihYuk, langsung saja temukan cara mengusir kecoa terbang yang paling nyaman menurut Anda.

7 Cara Mengusir Kecoa Terbang

1. Semprotan Anti Serangga

Semprotan Anti Serangga Cara Mengusir Kecoa Terbang

* sumber: www.selasar.com

Punya semprotan anti serangga yang biasa dipakai untuk membasmi nyamuk? Nah, gunakan saja pestisida bentuk semprot tersebut untuk membasmi kecoa. Bahan aktif di dalamnya bukan hanya dapat membunuh nyamuk, tapi juga bisa mematikan kecoa terbang.

Kalau ada kecoa terbang, segera semprot dengan produk anti serangga ini. Memang kecoanya tidak langsung mati, tapi jika semprotan Anda sudah tepat sasaran maka kecoa tersebut akan mati dalam waktu beberapa menit ke depan. Bahkan, kalau semprotan anti serangga Anda benar-benar keras, kecoa terbang langsung dapat dilumpuhkan dalam sekejap saja.

2. Larutan Cabai Rawit

Kecoa Terbang

Problem penggunaan pestisida terdapat pada aromanya yang cukup mengganggu. Apabila Anda memiliki bayi, Anda tidak bisa menggunakan semprotan anti serangga dengan bebas agar aromanya tidak terhirup oleh si bayi. Lantas, adakah cara mengusir kecoa terbang yang tak kalah ampuh dari semprotan anti serangga?

Solusi mengusir kecoa terbang tanpa semprotan anti serangga adalah menggunakan larutan cabai rawit. Ambil beberapa buah cabai rawit dan haluskan. Kemudian, campurkan cabai rawit yang sudah dihaluskan tadi dengan sedikit air. Masukkan air larutan cabai ini ke dalam botol semprot. Jika Anda melihat kecoa terbang, segera semprot dengan larutan cabai rawit ini.

Cabai rawit dapat diganti dengan saus sambal yang benar-benar pedas. Meskipun aromanya tidak mengganggu pernafasan, tapi tetap jauhkan larutan cabai rawit ini dari jangkauan anak-anak dan bayi.

3. Air Baking Soda dan Gula

Air Baking Soda dan Gula

Kecoa terbang dapat muncul secara tiba-tiba dan membuat Anda kaget bukan main. Bila rumah Anda selalu disinggahi oleh kecoa terbang, maka tak ada salahnya untuk antisipasi dengan membuat cairan pembasmi kecoa terlebih dahulu.

Untuk membuat cairan pembasmi kecoa, Anda dapat memanfaatkan baking soda dan gula pasir. Kedua larutan ini ternyata dapat menjadi “racun” yang ampuh untuk membunuh kecoa. Pertama-tama, campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan gula pasir. Campurkan dengan sedikit air, tapi jangan sampai teksturnya terlalu kental agar tetap mudah disemprotkan.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan air baking soda dan gula ini tidak untuk disemprotkan pada tubuh kecoa terbang, tapi semprotkan di tempat-tempat yang sering dihinggapi kecoa. Tujuannya agar kecoa memakan larutan air baking soda dan gula ini. Mereka akan tertarik dengan rasa manis gulanya, tapi perlahan-lahan mereka akan keracunan dan mati setelah memakannya karena ada campuran baking soda di dalamnya.

4. Kapur Barus

Kapur Barus

Tempat tinggal Anda menjadi sarang bagi kecoa terbang? Anda dapat mengusir kecoa terbang tersebut dengan meletakkan kapur barus di tempat-tempat yang biasa disinggahi oleh kecoa. Kapur barus jauh lebih aman dibanding pestisida.

Selain itu, aroma kapur barus juga bisa menghilangkan bau-bau tak sedap di ruangan yang memancing kecoa untuk bersarang. Meskipun lebih aman dibanding pestisida, sebaiknya letakkan kapur barus jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

5. Daun Salam

Daun Salam

Cara mengusir kecoa terbang yang paling alami dan aman adalah dengan menggunakan daun salam. Daun yang satu ini memang biasa dipakai untuk memasak, tapi kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk memanfaatkan aroma kuat dari daun salam untuk menyingkirkan kecoa-kecoa terbang di tempat tinggal Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan daun salam di dalam plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil. Biarkan daun salam menjadi kering di dalam plastik karena semakin kering, maka aromanya pun jadi semakin kuat. Kemudian, letakkan plastik berisi daun salam itu di tempat-tempat yang biasa disinggahi oleh kecoa terbang. Aroma daun salam akan membuat kecoa-kecoa enggan berada di tempat tersebut.

6. Air Lemon

Air Lemon

Ada berbagai bahan alami yang dapat menjadi cara mengusir kecoa terbang, salah satunya dengan menggunakan larutan air lemon. Buah dengan aroma yang segar ini sangat aman untuk dijadikan sebagai sarana untuk mengusir kecoa. Bahkan, lemon juga aman bila tersentuh oleh anak-anak dan hewan peliharaan.

Panduan untuk menggunakan air lemon sebagai pengusir kecoa adalah memeras air lemon dan menempatkannya di dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan air lemon ini ke setiap sudut yang berpotensi menjadi sarang kecoa. Anda pun dapat menambahkan air lemon ke air untuk mengepel lantai. Aroma lemon akan membuat kecoa pergi meninggalkan tempat tinggal Anda.

Apabila lemon terlalu mahal, Anda boleh menggantinya dengan jeruk nipis. Baik lemon maupun jeruk nipis sama-sama memiliki aroma khas yang kuat dan tidak disukai kecoa.

7. Air Sabun

Air Sabun

Bahan-bahan untuk mengusir kecoa bisa diperoleh dengan mudah, lho. Salah satu bahan yang bisa Anda pakai adalah sabun, entah itu sabun pencuci piring, deterjen, atau sabun mandi cair. Sabun terbuat dari bahan kimia yang aman bagi kulit kita, tapi tidak bagi kulit kecoa.

Cobalah mencampurkan sabun dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Cara mengusir kecoa terbang adalah dengan menyemprot larutan sabun ini tepat di tubuh kecoa. Air sabun akan membentuk lapisan tipis untuk menutupi pori-pori kecoa yang mereka gunakan untuk bernafas. Apabila pori-pori tersebut tertutup oleh lapisan sabun, maka kecoa tidak bisa bernafas dan akhirnya mati secara perlahan-lahan.

Itulah berbagai cara mengusir kecoa terbang yang bisa Anda lakukan di rumah. Tak perlu menggunakan bahan-bahan yang ribet, bahan sederhana yang ada di sekitar Anda pun bisa menjadi sarana untuk mengusir kecoa terbang.

Yang paling penting, jagalah kebersihan tempat tinggal Anda agar tidak menjadi sarang bagi kecoa dan serangga lainnya. Buanglah barang-barang yang sudah tidak terpakai karena rongsokan biasanya menjadi tempat bersarang kecoa, tikus, bahkan ular.

Selain kecoa, semut juga biasa bersarang di rumah Anda dan terkadang merubung persediaan makanan Anda. Bacalah artikel cara mengusir semut berikut ini untuk mencegah semut datang kembali.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment