Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 6 Cara Mengusir Kalajengking dari Rumah dengan Mudah

6 Cara Mengusir Kalajengking dari Rumah dengan Mudah

Ditulis oleh

Kalajengking merupakan hewan beruas yang memiliki 8 kaki. Keberadaan kalajengking di rumah cukup membahayakan karena sengatan hewan ini sangat menyakitkan. Selain itu, kalajengking memiliki bisa sejenis neurotoksin (racun saraf). Singkatnya, rumah jadi tidak aman jika ada kalajengking di dalamnya.

Agar Anda dan anggota keluarga lainnya tidak tersengat bisa kalanjengking, cobalah 6 cara mengusir kalajengking dari tempat tinggal Anda. Cara-cara ini dapat mengusir kalanjengking sekaligus mencegahnya masuk kembali ke rumah Anda. Yuk, baca petunjuk lengkap dari Bacaterus berikut ini.

6 Cara Mengusir Kalajengking

1. Tanam Lavender

Lavender

Salah satu cara mengusir kalajengking yang paling mudah dan menguntungkan bagi Anda adalah dengan menanam lavender. Bunga yang satu ini memang memiliki aroma yang khas. Aroma lavender yang kita sukai ternyata tidak disukai kalajengking.

Ketika Anda menempatkan sebuah pot berisi lavender di sudut-sudut rumah yang sering dilalui kalajengking, maka hewan ini akan langsung berpindah ke tempat lain. Jika Anda menanam lavender di setiap ruangan, kalajengking akan benar-benar pergi dari rumah Anda.

Apabila Anda tidak ingin menanam lavender, Anda boleh menggunakan minyak beraroma lavender. Semprotkan minyak lavender ini di setiap ruangan atau tempat-tempat yang sering dilalui kalajengking. Alhasil, hewan berbisa ini akan segera kabur meninggalkan rumah karena tidak tahan dengan aroma lavender yang cukup kuat.

2. Pelihara Hewan Pembasmi Kalajengking

Pelihara Hewan Pembasmi Kalajengking

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis hewan yang dapat mengusir kalajengking dan hewan-hewan pengganggu lainnya seperti kecoak dan cicak? Ya, hewan tersebut adalah anjing dan kucing. Dua jenis hewan yang memang biasa dipelihara di rumah ini memiliki sifat alami yang suka berburu hewan yang lebih kecil ukuran tubuhnya dari mereka.

Baik anjing dan kucing dapat membunuh kalajengking tanpa memakannya. Jadi, Anda tak perlu khawatir hewan peliharaan keracunan setelah memakan kalajengking. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis kucing dan anjing memiliki kemampuan berburu kalajengking. Anda harus memelihara kucing dan anjing yang memang gesit dalam berburu serangga atau hewan kecil lainnya.

3. Siramkan Cuka ke Kalajengking

Kalajengking

Dari sekian banyak cara mengusir kalajengking, mungkin cara inilah yang paling ampuh. Ketika Anda melihat kalajengking berseliweran di rumah, segera siramkan cuka putih ke tubuh kalajengking tersebut. Mengapa cuka? Cuka dapat merusak sensor tubuh kalajengking sehingga membuat hewan tersebut kebingungan dan menyengat dirinya sendiri.

Cara yang satu ini memang mengharuskan Anda menyiramkan cuka langsung ke tubuh kalajengking. Tak hanya mengusirnya dari rumah, cara ini dapat membunuh kalajengking karena hewan itu akan keracunan oleh bisanya sendiri.

4. Siramkan Asam Klorida ke Kalajengking

Asam Klorida

Asam klorida atau HCl adalah cairan kimia yang sangat keras sehingga dapat membunuh hewan seperti kalajengking. Perlu Anda ketahui bahwa kalajengking tidak bisa mati dengan insektisida biasa yang Anda pakai untuk membasmi nyamuk dan kecoak. Namun, HCl dapat mematikan hewan ini dengan sangat cepat.

Selain menyiramkan HCl ke tubuh kalajengking secara langsung, Anda pun harus menyiramkan cairan ini ke saluran pembuangan air yang menjadi tempat favorit kalajengking. Saat menyiramkan cairan keras ini Anda pun harus waspada agar cairan tidak terkena kulit Anda.

5. Tuang Air Jeruk Nipis di Sarang Kalajengking

Cara Mengusir Kalajengking

Apabila penggunaan HCl terlalu ekstrem bagi Anda, masih ada cara mengusir kalajengking lainnya. Selain lavender, kalajengking juga tidak menyukai aroma citrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Manfaatkan kelemahan kalajengking ini untuk mengusirnya dari rumah.

Peras air jeruk nipis lalu tuangkan di tempat-tempat yang menjadi sarang kalajengking. Penggunaan jeruk nipis ini tidak membunuh predator tersebut melainkan hanya membuatnya menyingkir dari rumah Anda. Akan tetapi, Anda harus benar-benar menemukan sarangnya agar usaha ini tidak sia-sia.

6. Tangkap dan Buang Kalajengking

Tangkap dan Buang Kalajengking

Sudah hopeless setelah mencoba berbagai cara mengusir kalajengking dari tempat tinggal Anda? Segera tangkap dan buang kalajengking itu jauh-jauh dari rumah. Untuk melakukan cara yang satu ini tentu saja dibutuhkan keberanian Anda untuk menangkap hewan ini.

Cara menangkap kalajengking tanpa tersengat adalah gunakan sapu dan cikrak sampah. Tekan kalajengking dengan sapu dan dorong ke cikrak sampah. Buang kalajengking sejauh mungkin dari rumah. Jika Anda tidak ingin kalajengking kabur saat dibawa keluar rumah, injak saja kalajengking dengan kaki yang sudah menggunakan sandal atau sepatu. Dijamin, kalajengking akan langsung mati seketika.

Tips Mencegah Kalajengking Masuk ke Rumah

Tips Mencegah Kalajengking Masuk ke Rumah

Selain membahas seputar cara mengusir kalajengking, Bacaterus juga ingin memberikan tips untuk mencegah kalajengking masuk ke rumah Anda. Pasalnya, terkadang hewan ini masuk ke rumah bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor pemicu di dalam rumah Anda yang membuat predator ini tertarik untuk masuk ke dalamnya. Nah, berikut adalah tips untuk mencegah kalajengking masuk ke dalam rumah:

  • Perbaiki Lubang dan Retakan di Rumah

Kalajengking suka bersarang pada celah-celah sempit dan gelap, entah itu dinding, saluran pembuangan air, pipa, ventilasi, dan segala jenis celah di rumah. Jangan biarkan ada celah di rumah jika tidak ingin kalajengking masuk ke rumah. Usahakan untuk menutup rapat atau dengan penutup berpori yang dapat menghalau kalajengking untuk masuk melalui celah atau lubang di rumah Anda.

  • Bersihkan Pekarangan Rumah

Apakah di pekarangan rumah terdapat timbunan daun atau kayu? Jika ya, segera bersihkan pekarangan dengan membuang timbunan daun dan kayu sesegera mungkin. Kalajengking sangat mungkin tinggal di pekarangan yang kotor. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan pekarangan rumah untuk meminimalisir risiko kalajengking tinggal di pekarangan.

  • Buang Barang yang Tidak Terpakai

Ketika ada kalajengking masuk ke rumah, itu mungkin merupakan “peringatan” bahwa Anda memang harus membersihkan rumah dan membuang semua barang yang tidak terpakai. Tumpukan barang tidak terpakai adalah tempat favorit kalajengking. Sebaliknya, hewan ini tidak terlalu suka berada di tempat yang bersih dan lega.

  • Pasang Kasa Serangga di Pintu dan Jendela

Walaupun kalajengking bisa masuk dari saluran pembuangan air, tetapi kalajengking juga bisa masuk dari pintu dan jendela. Jika Anda tidak suka menutup pintu dan jendela agar hawa di dalam rumah tidak panas, pertimbangkan untuk memasang kasa serangga di pintu dan jendela. Kasa serangga tidak dapat dilewati oleh kalajengking sehingga risiko hewan ini masuk ke dalam rumah jadi sangat kecil.

Menjaga kebersihan rumah dan pekarangan adalah salah satu cara mencegah kalajengking bersarang di rumah kita. Namun, apabila Anda sudah menjaga kebersihan rumah tapi masih ada kalajengking yang masuk ke rumah, saatnya menggunakan 6 cara mengusir kalajengking ini. Bisa kalajengking mungkin tidak mematikan, tapi sengatannya dapat menimbulkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nyeri otot.

Selain kalajengking, hewan berbisa lainnya yang ditakuti adalah ular. Jika hewan reptil ini masuk ke rumah, tangani dengan sejumlah cara di artikel cara mengusir ular dan mencegahnya kembali.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment