Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 8 Cara Mengusir Kadal dari Rumah yang Paling Ampuh

8 Cara Mengusir Kadal dari Rumah yang Paling Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kadal termasuk hewan reptil yang tampilannya mirip seperti cicak. Yang membedakan keduanya adalah ukuran kadal biasanya lebih besar dan kulit kadal nampak lebih licin. Hewan ini sebenarnya tidak mengganggu, tetapi keberadaannya di dalam rumah terkadang cukup membuat kita bergidik ngeri.

Nah, jika saat ini rumah Anda disambangi oleh kadal, Anda tak perlu panik. Bacaterus akan memberikan 10 cara mengusir kadal dari rumah dengan cara-cara yang sederhana. Bahkan, alat dan sarana untuk mengusir kadal yang akan kami rekomendasikan ini bisa Anda peroleh dengan mudah.

8 Cara Mengusir Kadal dari Rumah

1. Kopi dan Tembakau

Cara Mengusir Kadal

Cara mengusir kadal yang pertama kali akan kami sarankan adalah menggunakan bubuk kopi dan tembakau. Kedua bahan ini harus dicampur menjadi satu, lalu dibentuk menjadi bola-bola kepal kecil. Kadal sangat tidak menyukai aroma kopi dan tembakau, mereka akan segera pergi meninggalkan rumah Anda ketika mencium aroma dua bahan yang sama-sama menyengat ini.

Letakkan bola-bola kopi dan tembakau di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh kadal. Anda juga bisa menempatkan bola-bola ini di sudut rumah yang disinggahi kadal. Percayalah, dalam beberapa hari rumah Anda akan terbebas dari kadal semenjak menggunakan bahan-bahan ini.

2. Kapur Barus

Kapur Barus

Bukan hanya cicak yang tidak menyukai kapur barus, reptil sejenis kadal pun juga tidak menyukai kapur barus. Bagi manusia, aroma kapur barus justru dapat mengharumkan ruangan atau wadah tertentu. Akan tetapi, bagi kadal aroma kapur barus ini sangat mengganggu.

Tempatkan beberapa buah kapur barus di sudut-sudut rumah atau tempat-tempat yang biasa disinggahi oleh kadal. Kapur barus akan membuat kadal pergi meninggalkan rumah Anda. Tak perlu buru-buru membasmi kadal tersebut jika dengan kapur barus kadal itu bisa pergi dengan sendirinya.

3. Bulu Merak

Bulu Merak

Dewasa ini, sudah banyak situs belanja online lokal yang menjual bulu merak asli. Asli atau palsu sebenarnya tak jadi soal karena kita akan memanfaatkan bulu merak tersebut sebagai salah satu cara mengusir kadal yang oldschool tapi sangat ampuh.

Fungsi bulu merak ini sebenarnya untuk menakut-nakuti kadal agar segera pergi dari rumah. Ketika kita menempatkan bulu merak dan terlihat oleh kadal, maka kadal tersebut akan segera pergi karena mengira di sekitarnya ada burung yang siap untuk memangsanya.

Bisa dikatakan bahwa bulu merak adalah sarana pengusir kadar yang sederhana tetapi besar manfaatnya. Jika tak percaya, coba saja tempatkan beberapa helai bulu merak (boleh asli maupun buatan) di sudut-sudut rumah tempat si kadal biasa terlihat. Dijamin, keesokan harinya kadal tersebut tidak akan kembali lagi.

4. Semprotan Merica

Kadal

* sumber: pleisbilongtumi.wordpress.com

Kesal dengan kadal yang suka berkeliaran di dalam rumah? Tak perlu kesal karena Anda bisa mengatasinya dengan bahan yang sangat sederhana, yakni dengan semprotan merica. Anda pun tidak perlu repot-repot membeli semprotan merica tersebut karena Anda bisa meraciknya sendiri di rumah selagi di dapur ada lada putih atau lada hitam bubuk.

Campurkan lada bubuk dengan air secukupnya, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan cairan lada ini ke setiap sudut rumah dan tempat-tempat di mana kadal biasa terlihat. Merica akan mengiritasi kulit kadal dan mengganggu indra penciumannya. Hewan tersebut akan segera meninggalkan rumah Anda karena tidak tahan dengan aroma dan perih dari merica.

5. Siram Air Dingin

Siram Air Dingin

Percayalah bahwa air dingin sebenarnya bukan media yang kejam untuk mengusir kadal. Cara mengusir kadal dengan air dingin ini justru akan membuat kadal tersebut jera dan enggan kembali ke rumah Anda.

Ketika Anda melihat kadal di rumah, segera siramkan segelas air dingin ke arah tubuh mereka. Air dingin akan membuat kadal kaku dan tidak bisa bergerak. Jika Anda memiliki nyali, ambil kadal yang kaku ini dan buang jauh-jauh dari rumah. Kadal hanya akan mengalami kaku selama beberapa saat dan tidak akan mati jika disiram air dingin.

6. Bawang Merah

Bawang Merah

Sangat mudah untuk membuat kadal kabur dari rumah dan tidak kembali lagi. Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa siung bawang merah untuk membuat kadal-kadal tersebut ngibrit dari rumah Anda. Bawang merah akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat dan tidak disukai oleh kadal.

Usut punya usut, bawang merah akan mengeluarkan sulfur yang menghasilkan bau busuk dan membuat kadal segera pergi. Tempatkan beberapa potong bawang merah yang sudah diiris tipis di jendela, pintu, atau tempat-tempat lain yang biasa disatroni kadal. Semakin hari aroma bawang merah akan semakin kuat dan membuat kadal enggan kembali ke rumah Anda.

7. Kulit Telur

Kulit Telur

Cara mengusir kadal yang berikut ini mungkin terdengar konyol. Namun, tak ada salahnya Anda mencobanya karena Anda pun tidak dirugikan apa-apa. Setelah menggunakan telur, jangan keburu membuang kulitnya terlebih dahulu. Cuci kulitnya sampai bersih dan tidak menyisakan bau amis.

Setelah itu, kulit telur tersebut bisa diletakkan di tempat-tempat di mana kadal tersebut biasa terlihat. Kulit telur akan membuat kadal menyangka bahwa ada hewan atau organisme lain yang berada di rumah Anda. Alhasil, kadal akan takut dan segera pergi meninggalkan rumah.

8. Pelihara Kucing

Kucing dan Kadal

Berbahagialah Anda yang memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. Pasalnya, binatang ini bisa menjadi cara mengusir kadal secara alami. Kucing adalah hewan yang paling ditakuti oleh kadal. Ketika ia melihat binatang yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya dan mempunyai gigi maupun cakar, maka kadal akan segera kabur dari rumah Anda.

Apalagi jika kucing Anda termasuk agresif dan kerap kali mengejar-ngejar kadal tersebut. Pasti kadal itu akan “kapok” berada di rumah Anda. Percaya atau tidak, cara yang satu ini cukup efektif asalkan kucing Anda bersifat agresif kepada hewan yang menjadi “tamu tak diundang” dalam rumah Anda.

Tips Mencegah Kadal Masuk ke Dalam Rumah

Tips Mencegah Kadal Masuk ke Dalam Rumah

* sumber: www.paranormal.or.id

Setelah mengenal beberapa cara mengusir kadal, saatnya Anda mengenal tips untuk mencegah kadal masuk ke dalam rumah. Tips ini bisa Anda lakukan agar kadal tidak kunjung menerobos masuk ke dalam rumah dan mengganggu ketenangan Anda.

  • Tutup Jendela, Pintu, dan Lubang di Rumah

Kadal masuk dari luar rumah melalui celah-celah yang terdapat di rumah Anda. Oleh karena itu, jangan biarkan celah di rumah Anda terbuka terlalu lama. Segera tutup jendela, pintu, atau lubang di rumah agar tidak memberi kesempatan bagi kadal untuk masuk.

  • Bersihkan Rumah dan Buang Barang yang Tak Terpakai

Sama seperti reptil dan serangga lainnya, kadal juga suka bersarang di rumah yang kotor atau banyak tumpukan barang di dalamnya. Jika tidak ingin rumah Anda menjadi hunian bagi kadal, segera bersihkan rumah dan singkirkan tumpukan barang tidak terpakai agar kondisi rumah jadi lebih lega.

8 cara mengusir kadal dan tips mencegah kadal masuk ke dalam rumah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang jengah dengan keberadaan kadal yang berseliweran di tempat tinggal Anda. Baca artikel cara mengusir cicak ini jika Anda juga merasa terganggu dengan keberadaan cicak di rumah.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment