Bacaterus / Cicak / 10 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu dari Rumah

10 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu dari Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2019

Dibandingkan dengan binatang lainnya seperti rayap, keberadaan cicak sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak terlalu memedulikan keberadaan cicak di rumah mereka karena memang jarang ada kontak langsung dengan manusia.

Namun terkadang banyak juga yang jengkel dengan keberadaan cicak ini. Cicak seringkali membuang kotorannya sembarangan sehingga banyak menempel di lantai, piring, lemari, dan perabotan rumah lainnya. Jika bertelur, cicak juga biasanya menaruh telurnya di lubang-lubang kecil seperti lubang kunci pintu.

Yang paling menjengkelkan tentu jika cicak tersebut menyelinap ke meja makan dan ‘mencicipi’ makanan yang ada di sana. Mungkin Anda akan merasa jijik jika menyantap makanan yang sebelumnya telah dicicipi juga oleh cicak.

Bahaya yang Ditimbulkan Cicak

Mengusir cicak bukan berarti tidak ada sebabnya, karena memang cicak memiliki sejumlah efek bahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Berikut Bacaterus telah berhasil merangkum 5 bahaya cicak yang harus Anda hindari. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Kotoran Cicak

Kotoran Cicak

Pernahkah Anda melihat makanan yang sudah terkontaminasi dengan kotoran cicak? Jika pernah, maka segeralah buang dan cuci tempat makanan tersebut. Pasalnya, makanan yang sudah terkena kotoran cicak justru membuat makanan tidak hiegenis dan berpotensi menyebabkan keracunan bagi siapapun yang memakannya.

Ternyata, kotoran cicak ini memiliki bakteri yang mampu untuk menyerang kesehatan manusia lho. Bakteri yang terkandung dalam kotoran cicak disebut dengan Eschericia Coli di mana bakteri ini termasuk dalam golongan mikroba berbahaya yang menyebabkan sakit perut. Maka dari itulah, kalau ada kotoran cicak, segera bersihkan dan hindarkan dari makanan, ya.

2. Kulit Cicak

Kulit Cicak

Selain kotorannya, cicak juga disinyalir memiliki bahaya pada bagian kulitnya. Kulit yang ada pada cicak juga berpotensi mengeluarkan racun berbahaya. Makanan yang sudah terkena sentuhan kulit cicak juga berpotensi beracun lho. Oleh karena itu, jauhkan dan tutup makanan Anda, jangan biarkan cicak menyentuh makanan. Jika terlanjur kena kulit cicak, maka segera buang makanan tersebut.

3. Lidah Cicak

Lidah Cicak

Ketika kulit Anda tersentuh oleh lidah cicak, segeralah bersihkan bagian kulit tersebut. Mengapa? Sebab, disinyalir lidah cicak juga punya potensi bakteri yang akan membuat kulit Anda merasa gatal-gatal. Bahkan, bakteri di lidah cicak yang mengenai kulit juga berpotensi menebar bakteri lainnya lho. Selain itu, makanan yang terkena lidah cicak ini harus diwaspadai dan segera buang agar aman dari racun.

4. Air Liur Cicak

Air Liur Cicak

Jika Anda pernah melihat seekor cicak menjilati sikat gigi, maka segeralah buang dan ganti dengan sikat gigi baru. Pada sikat gigi yang sudah terkontaminasi lidah cicak tentu meninggalkan air liur cicak yang ternyata juga berbahaya untuk Anda lho.

Ada bakteri dan zat lainnya yang dibawa oleh cicak melalui air liurnya. Alih-alih ingin membersihkan dan punya gigi yang sehat, justru kita terancam penyakit akibat sikat gigi yang sudah terkontaminasi air liur cicak. Hal ini bukan hanya berlaku untuk sikat gigi, ya, karena air liur cicak juga harus dihindari dari kulit, makanan, dan juga minuman.

5. Dijadikan Media Sihir

Dijadikan Media Sihir

Bagi Anda pemeluk agama Islam, mungkin sudah tidak asing dengan anjuran membunuh cicak. Mungkin anjuran membunuh cicak juga dipertegas karena cicak sendiri punya bakteri yang bisa membahayakan tubuh manusia. Selain itu, Rasulullah sendiri menggolongkan cicak sebagai salah satu hewan melata yang termasuk dalam golongan jin.

Bagi pemeluk agama Islam mempercayai bahwa hewan melata adalah salah satu golongan jin, dan cicak sendiri merupakan salah satu dari hewan melata. Bahkan tak jarang, beberapa orang yang mempercayai kekuatan sihir akan menggunakan cicak sebagai media sihirnya.

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Nah, jika Anda merupakan salah satu orang yang bermasalah dengan cicak, kali ini bacaterus.com akan mengulas beberapa cara mengusir cicak yang ampuh dari dalam rumah. Apa sajakah caranya tersebut?

1. Usir Nyamuk dan Serangga

cicak makan kecoa

Cicak merupakan binatang yang menjadikan nyamuk dan serangga sebagai makanannya. Nah, jika kita mengusir nyamuk dan serangga dari rumah, maka secara otomatis cicak juga akan ikut pergi karena ia tidak bisa menemukan makanan di dalam rumah kita.

2. Bersihkan Kolong Meja

cara mengusir cicak

Selain berdiam di langit-langit, cicak juga paling senang tinggal di kolong meja atau bagian tersembunyi dari perabotan rumah lainnya. Maka dari itu untuk mempersempit ruang geraknya, bersihkanlah berbagai tempat favorit para cicak tersebut. Membersihkan tempat-tempat tersebut juga secara otomatis akan mengusir nyamuk, laba-laba, dan binatang kecil lainnya.

3. Pelihara Kucing

kucing makan cicak

Anak kucing maupun kucing yang sudah dewasa sangat suka dengan hewan kecil yang bergerak-gerak seperti cicak, curut, dan kecoa. Nah, untuk mengurangi populasi cicak yang berlebihan atau yang mengganggu, Anda dapat memelihara kucing di rumah Anda.

Kucing biasanya akan memainkan cicak tersebut hingga kelelahan. Terkadang kucing juga memakannya ketika lapar. Kucing memang tidak akan membasmi seluruh cicak di rumah, namun akan membantu untuk menyeimbangkan populasinya.

4. Halangi Jalan Masuknya

Halangi Jalan Masuknya

Agar cicak yang ada di luar tidak masuk ke dalam rumah, halangilah jalan masuk mereka. Caranya adalah dengan memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah Anda. Untuk celah-celah kecil di antara pintu, Anda dapat memasangi double tape khusus untuk menjebak binatang kecil. Nantinya cicak yang terperangkap bisa Anda buang tanpa perlu membunuhnya.

5. Tutup Makanan

Tutup Makanan

Cicak sangat suka dengan makanan yang dimakan oleh manusia. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menutup makanan dan minuman yang ada di atas meja agar cicak tidak bisa menjangkaunya. Menaruh makanan di dalam kulkas juga merupakan ide yang baik karena cicak tidak akan bisa masuk ke dalamnya.

Selain makanan yang masih utuh, sisa makanan berupa remah-remah juga bisa mengundang hadirnya cicak. Maka dari itu bersihkanlah meja makan, lantai, hingga dapur Anda dari sisa-sisa makanan yang berceceran.

6. Taburi Tembakau

Taburi Tembakau

Sama halnya seperti tokek, cicak juga sangat tidak suka dengan bau tembakau. Aroma menyengat dari tembakau dapat membuat cicak kabur dan tidak mau mendekatinya.

Oleh karena itu cobalah untuk menaburkan tembakau di lokasi-lokasi strategis yang biasa menjadi tempat persembunyian cicak. Cara membasmi cicak yang satu ini hanya akan mengusir cicak, tapi tidak membunuhnya.

Agar tidak berantakan, Anda juga bisa menaruhnya di dalam plastik yang sudah dilubangi. Simpanlah bungkusan plastik tersebut di kolong meja, belakang lemari, bawah ranjang, dan tempat-temapt favorit cicak lainnya

7. Memasang AC

Memasang AC

Cicak sangat tidak suka dengan udara dingin karena mereka adalah binatang berdarah panas. Maka dari itu memasang AC di rumah dapat menjadi salah satu cara mengusir cicak. Mereka akan kabur dari rumah Anda karena kedinginan. Namun cara ini pastinya membutuhkan biaya mahal dan tidak cocok untuk semua orang.

8. Pasang Bulu Burung Merak

bulu merak

Jika burung di sawah takut dengan orang-orangan, maka konon katanya cicak takut dengan bulu merak. Bulu merak memiliki corak yang menyerupai mata burung sehingga cicak akan ketakutan karena menganggapnya sebagai predator. Cara usir cicak dengan bulu merak ini cukup efektif mengurangi populasi cicak di rumah Anda.

Nah, Anda dapat meletakan atau menggantung bulu merak ini di tempat yang banyak terdapat cicak. Klaim ini belum dapat dibuktikan karena saya sendiri belum pernah mencobanya. Terlebih, bulu merak juga sangat sulit untuk didapatkan.

9. Tangkap dan Buang

Jika berbagai cara mengusir cicak di atas belum juga cukup, maka Anda dapat mulai menangkapi dan membuang cicak tersebut. Ingat, cukup buang saja dan jangan sampai membunuhnya. Buanglah ke kebun atau halaman sekitar karena cicak juga sangat menyukai serangga kecil yang ada di pepohonan. Berikut adalah beberapa tips untuk menangkapnya:

  • Lakukan di Malam Hari

Cicak merupakan binatang yang aktif di malam hari. Mereka akan berkeliaran di langit-langit, jendela, ventilasi, lemari, dan tempat lainnya untuk mencari serangga sambil sesekali mengeluarkan suara decitnya yang sangat khas.

Maka dari itu lakukanlah perburuan cicak di malam hari. Anda dapat membawa senter atau sumber cahaya lainnya untuk mengundang serangga agar mendekat. Jika sudah banyak serangga, maka cicak-cicak juga secara otomatis akan mendekati tempat tersebut.

  • Jangan Bersuara

Cicak merupakan binatang yang cukup sensitif pada suara dan gerakan. Untuk menangkapnya Anda harus mengendap-endap di belakangnya dengan sangat hati-hati. Jika berisik, maka secara otomatis cicak akan kabur dan bersembunyi dengan cepat.

Anda bisa langsung menangkapnya dengan tangan kosong atau menggunakan kain jika merasa jijik. Tangkaplah bagian kepala atau badannya karena jika Anda menangkap ekornya maka secara otomatis ekor tersebut akan putus.

  • Gunakan Karet Gelang

karet gelang cicak

Jika cicak yang Anda buru berada di langit-langit, maka Anda bisa menembaknya dengan menggunakan karet gelang. Cara ini mungkin cukup sulit pada awalnya, namun Anda akan semakin mahir jika sudah terbiasa melakukannya.

Tembaklah cicak tersebut tepat di tubuhnya agar ia hilang keseimbangan dan kemudian terjatuh. Namun ingat jangan menembaknya terlalu keras karena dapat menghancurkan tubuh cicak. Cukup tembak perlahan saja hingga ia terjatuh.

  • Jebak dengan Gelas

Jebak dengan gelas

Meskipun bisa menempel di dinding, namun cicak biasanya kesulitan untuk menempel di gelas kaca. Oleh karena itu Anda dapat menjebak cicak dengan menggunakan gelas yang tinggi dan sudah diisi makanan atau minuman di dalamnya. Ketika cicak sudah masuk maka ia akan kesulitan untuk keluar dari dalam gelas tersebut.

10. Bunuh Cicak Jika Mengganggu Saja

Bunuh Cicak Jika Mengganggu Saja

Meskipun terkadang menyebalkan, namun usahakan untuk tidak sampai membunuh cicak. Kehadiran cicak di rumah bukanlah tanpa tujuan karena mereka juga membawa manfaat bagi penghuni rumah tersebut. Bahkan, beberapa orang percaya jika kehadiran cicak merupakan pertanda bahwa rumah tersebut dinaungi keberuntungan.

Nah, seperti itulah cara mengusir cicak dengan efektif dan mudah. Cicak dikenal sebagai pemburu nyamuk dan serangga yang handal sehingga dapat mengurangi populasi kedua binatang pengganggu tersebut di rumah Anda. Maka dari itu jika memang tidak terlalu mengganggu, maka Anda tidak perlu mencari cara mengusir cicak apalagi sampai membunuhnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

47 pemikiran pada “10 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu dari Rumah”

  1. mungkin mas/mba blom tau, tp menurut agama kami, bunuh cicak itu dapet pahala loh…

    • Apalg klo lngsung mati tanpa nyiksa dulu bnyak pahalanya

      • Emang syaratnya kan harus langsung mati tanpa nyiksa,…

  2. Oh.. yg buat ni artikel pasti bukan islam

    • Ya terus kenapa? Sukanya kok membeda-bedakan. Orang kaya situ yang bikin perpecahan di negara ini.

  3. Mendapat pahala adalah dengan berbuat kebaikan, bukan dengan membunuh, bagaimanapun cicak adalah ciptaan Nya.

    • membunuh cicak mendapat pahala, karena pada saat Rosul bersembunyi di dalam gua. cicak lah yg memberitahu keberadaan rosul kepada musuh. Sebaliknya kita harus baik pada laba-laba yg telah membantu rosul bersembunyi dengan cara membuat jaring. Agar musuh mengira gua tersebut tak berpenghuni.

      • Saat Nabi Ibrahim dibakar cicak juga meniup” api supaya semakin besar,sedangkan binatang lain berusaha memadamkannya

      • Terima kasih sudah berkunjung ke laman Bacaterus. 🙂

  4. Ada sunnah dari rosululloh tentang pahala membunuh cicak

  5. Jangan di bunuh.. Kaciian..usir aje..

  6. Membunuh cicak dalam islam memang ber pahala. Tp sy pilih usir aja coz ga tega bunuh nya ????

  7. kalo trauma sama cicak bagaimana cara membunuhnya?

  8. Binatang paling kurang ajar itu cicak dirumah banyak banget cicak barusan aku di berakin emang kurang ajar

    • hahahaah di berakin.

      sama 🙁

  9. sesuai hadis nabi sih ..kalo cicak sih pembawa sihir dan jin..hadis ini sahih.

  10. . ihh gak suka deh sama cicak ????????????????kotorannya itu deh kamana mana .. pengen ngebunuh semua cicak????????????biar dpet pahala jg

  11. Gak suka banget sama cicak pertama geli lah cicaknya udah pernah jatuh masuk baju aku dulu punya kucing jadi bisa minta tolong tapi sekarang gak punya jadi cicak makin banyak aja

  12. Membunuh cicak dalam sekali pukul pahalanya lbh besar…cicak adalah hewan menjijikan dan penanda keburukan.

  13. cicak pembawa sihir, peruqiah juga sering nemu cicak mati hangus waktu lagi ruqiah rumah

  14. Gue lagi berak
    Enak2 lagi konsentrasi
    Udah keluar di ujung
    Si cicak bangsat malah jatoh
    Masuk lagi deh tai nya

    Sesak bangsat

  15. Cicak cicak di dinding diam2 merayap datang seekor nyamuk. Hap lalu ditangkap.
    Bagaimanapun jg i hate cicak. Pgn ngebunuh tp geli2 gmn gt.

  16. Rasulullah salallahu alaihi wasallam memerintahkan membunuh cicak.
    Beliau bersabda: dahulu kala cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) ibrahim alaihi salam. #HR Bukhari 3359

  17. Pengen tau gimana cara ngusir cicak, eh malah dikasih gambar cicaknya juga. Kan geli & jijik :3

    • sabarr mas bro,, jgn geli,,, sama saya jg iya. geli bnget.

    • sabar mas broo,, jgn geli,, kalo gtu sama,, saya jg geli.

  18. Cicak cicak di dinding, diam diam merayap, ada se ekor nyamuk, happ lalu di tangkap

  19. Wkwkwkwkqmwkwkwkwkkwk komen yg aneh.. fiuuuhh

  20. Cicak dirumah bunyinya mirip nenek2 ketawa terkikik. Herannya ga keluar2 dr dalam AC. Pdhal dah dipancing pake kopi ditaro bawah AC.

  21. Aneh…kok kucing makan cicak. Setahu gue …kucing itu kepala cicak

  22. Dibunuh dapet 100 pahala menurut islam

  23. Cicak cukup mengganggu krn kotorannya yg kdg seenaknya kmana2..dan itu adalah najis. Bisa dibayangkan jika terdapat banyak cicak di rumah kita berarti terdapat banyak pula najis di rumah kita, dan repotnya cicak sering membuang kotorannya di pakaian, karpet, peralatan rumah tangga, dll. Betapa repotnya kita kalau setiap saat harus membersihkannya. Diperbolehkannya membunuh cicak dlm Islam krn alasan itu, yaitu utk menjaga kebersihan dan kesucian rumah. Jika kita cuma menangkap dan membuang sj sy kira itu sia2. Krn seperti halnya tokek, cicak adalah hewan yg memiliki insting yg tinggi. Jika ia hidup di rumah kita maka ia akan menganggap sbg rumahnya jg, maka ketika kita buang ia dgn instingnya yg kuat akan mencari jalan kembali. Kecuali kalau kita membuangnya ke tempat yg jauh, menggunakan kendaraan mungkin, tp kita gak mau kan repot2 gitu hanya utk membuang cicak. Mengusir cicak tdk hanya cukup dgn membersihkan rumah, krn cicak hidup di mana sj, entah tempat itu bersih atau kotor

  24. Iya cicak itu hrus di bunuhkarna dalam agama islam cicak dan tikus binatang yg di tungangi oleh setan .itu ud ada haditsnya

  25. Cicak emang binatang paling menyebalkan, baru aja bersihin lantainya e malem² dah ada lagi

    • Mungkin bisa mencoba cara-cara di atas. Semoga berhasil. Terima kasih. 🙂

  26. Artikel yang bermanfaat?InshaaAllah besok akan dicoba.Terima kasih.

  27. Hewan yg paling saya benci tuh cicak. Kotoran ny kemana2 . Ke atas mesin cuci , ke atas tmpat tidur. Ke bak air , bahkan ke rak piring dan piring yang bersih. Bingung ngusir ny. Habis nya banyak banget tuh cicak sialan

  28. Hewan yg paling saya benci tuh cicak. Kotoran ny kemana mana. Ke atas mesin cuci , ke atas tempat tidur. Ke bak air , bahkan ke rak piring dan piring yang bersih. Bingung ngusir ny. Habis nya banyak banget tuh cicak sialan…..

  29. jadi pengen tahu disaat cicak meniup api.. gimana tampangnya ya?? 😁😁😁

Tinggalkan komentar