Bacaterus / Daily Tips / 10 Cara Mengusir Anjing yang Mengganggu Tanpa Menyakiti

10 Cara Mengusir Anjing yang Mengganggu Tanpa Menyakiti

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anjing adalah salah satu hewan yang menakutkan bagi sebagian orang. Meski demikian, sebagian masyarakat sendiri kerap memelihara anjing sebagai hewan peliharaan keluarga. Selain dikenal karena kesetiaannya, anjing juga bisa diandalkan untuk menjaga rumah dari warga asing masuk ke dalam rumah.

Meski anjing adalah hewan yang cukup bersahabat, namun mereka juga bisa sangat mengganggu bagi orang lain. Gangguan sendiri biasanya datang dari anjing-anjing tanpa pemilik atau anjing liar. Nah, untuk mengatasi hal tersebut. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 cara mengusir anjing tanpa menyakiti binatang tersebut. Seperti apa itu? Berikut adalah pemaparannya.

1. Soda Kue untuk Mengusir Anjing

Garam dan Soda Kue

* sumber: wellness.buddhasherbs.com

Masyarakat tanah air memang jarang mengetahui bahwa anjing kerap menandai daerah kekuasaannya dengan menggunakan air kencingnya. Hal itulah yang membuatnya sering kali datang walaupun sudah diusir. Perilaku inilah yang kerap mengganggu dan meresahkan bagi orang lain, terlebih jika hewan tersebut memiliki sifat agresif.

Nah, jika itu terjadi, maka langkah yang kamu bisa ambil adalah menggunakan larutan baking soda dengan air. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan sampai rata. Setelah itu semprotkan campuran tersebut di sekitar area tempat hewan tersebut kencing. Campuran soda kue diketahui dapat menetralisir bau kencing anjing dan juga menjaga tanaman agar tidak rusak karena hal tersebut.

2. Jauhkan Makanan Hewan dari Jangkauan Anjing Liar

Makanan Anjing

* sumber: hewany.com

Sama seperti perilaku hewan liar pada umumnya, anjing juga sering kali menyusuri tempat-tempat untuk mencari sumber makanan. Biasanya mereka akan datang ke suatu tempat di mana terdapat banyak makanan.

Nah, jika kamu terbiasa menyimpan makan hewan peliharaanmu di luar, maka mulai sekarang jangan pernah kamu lakukan hal tersebut. Mengingat itu dapat memicu anjing liar untuk terus berdatangan. Kamu tentu akan kerepotan bila anjing-anjing liar tersebut mulai berdatangan karena mengetahui ada makanan yang tersedia di halaman rumahmu.

3. Cuka Murni tidak Disukai Anjing Liar

Cuka

* sumber: www.bonappetit.com

Selain soda kue, kamu juga bisa menggunakan cuka murni untuk menghalau datangnya serbuan anjing-anjing liar yang kelaparan. Bau yang ditimbulkan oleh cuka murni memang bisa sangat mengganggu bagi anjing liar. Hewan tersebut tidak akan merasa nyaman untuk berlama-lama di halaman rumahmu.

Cara yang dilakukan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan cukup murni pada bagian-bagian rumah atau halaman yang terkenal air kencingnya. Bau yang ditimbulkan oleh cuka memang bisa menyamarkan bau air kencing anjing. Hal itu pula yang akan membuatnya tidak akan pernah datang kembali ke tempat tersebut.

Nah, meski dikenal efektif, namun kamu juga perlu berhati-hati karena air cuka juga dapat membunuh tanaman peliharaanmu dengan cepat.

4. Membersihkan Tempat Sampah

Tempat Sampah

* sumber: siplah.eurekabookhouse.co.id

Selain kucing, anjing juga kerap berada di tempat sampah untuk mencari makanan. Mereka biasanya berputar dari satu tempat sampah ke tempat sampah yang lain. Kebiasaan menumpuk sampah memang dapat menjadi pemicu bagi anjing liar untuk datang ke rumahmu.

Nah, untuk mencegahnya, kamu harus mulai rajin mengosongkan sampah yang ada di depan rumah agar tidak diobrak-abrik. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengosongkan tempat sampah, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menutup tong sampah rapat-rapat agar hewan-hewan liar tersebut tidak dapat menjangkau isi di dalamnya.

5. Mengganti Pupuk

Pupuk Guano

* sumber: pupukhayatimaxigrow.weebly.com

Pupuk adalah salah satu yang sangat disukai oleh anjing. Pada umumnya anjing sendiri memang sangat menyukai bau seperti ikan, tulang, atau bau darah. Bau tersebut tentu dapat mengundang anjing untuk datang ke rumah. Hal itu pula yang jarang diketahui oleh orang-orang.

Nah, jika itu yang menjadi alasan anjing-anjing liar itu sering muncul di halaman rumahmu, maka langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan mengganti pupuk yang biasa kamu pakai menggunakan pupuk yang terbuat dari bahan dasar tumbuhan. Hal itu diketahui dapat mencegah anjing datang kembali ke halaman rumahmu.

6. Menanam Tanaman Marigold

Tanaman Marigold

* sumber: www.almanac.com

Selain cara yang telah disebutkan di atas, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanam jenis tanaman marigold. Konon, anjing tidak menyukai aroma dari bunga jenis ini. Cara ini tentu menjadi sangat efektif. Selain dapat memperindah halaman rumah, tanaman ini pun bisa mencegah anjing masuk karena aromanya.

Bunga marigold sendiri adalah bunga berwarna kuning cerah yang sering digunakan sebagai tanaman hias. Masyarakat sendiri kerap menggunakan tanaman ini untuk mengusir serangga dan hama di persawahan atau perkebunan milik mereka. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, kamu pun bisa mencobanya sendiri di rumah.

7. Memasang Penyemprot Air Otomatis

Penyemprot Air

* sumber: alamarayalandscape.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika mendapat gangguan dari anjing adalah dengan memasang semprotan air otomatis di taman atau pekarangan rumahmu. Pada umumnya semprotan ini menggunakan sensor gerakan untuk mulai bekerja.

Selain dapat mengusir anjing liar, semprotan air otomatis juga dapat mencegah hewan lain masuk ke halaman rumah tanpa izin. Meski harganya cukup mahal, namun cara ini pun bisa kamu lakukan sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi tamanmu dari gangguan hewan liar.

8. Memasang Pagar Rumah

Pagar Rumah

* sumber: www.dekoruma.com

Memasang pagar memang dinilai cukup aman untuk mencegah hewan masuk ke dalam rumah. Pastikan pagar yang kamu buat tidak mudah untuk dilompati oleh anjing. Meskipun sebenarnya anjing memang sangat jarang melompati pagar, terutama bila pagarnya menjulang tinggi.

Namun, kamu harus perlu waspada karena mereka juga bisa saja menyusup ketika pemilik rumah dalam keadaan lengah atau tidak menutup pagar dengan benar. Nah, untuk mencegah hal tersebut, maka pastikan pagar rumah yang kamu buat selalu dalam keadaan tertutup rapat.

9. Laporkan Pada Pemilik Anjing

Pemilik Anjing

* sumber: mapplepackers.com

Jika anjing yang kerap datang ke rumahmu adalah anjing yang dipelihara oleh orang lain, maka kamu bisa langsung melaporkan hal tersebut pada pemilik anjing. Jelaskan hal-hal yang membuatmu merasa keberatan dan terganggu karena kehadirannya. Gunakan bahasa yang santun agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Bila anjing tersebut masih tetap mengganggu meski kamu telah melaporkan hal tersebut pada pemiliknya, maka tindakan lain yang bisa kamu ambil adalah melaporkan hal tersebut pada ketua RT setempat untuk mencari solusi tentang hal tersebut.

10. Menggunakan Lada Hitam atau Cabe Rawit

Serbuk cabe atau merica bubuk

Meski bukan cara yang disarankan. Namun, bila gangguan anjing tersebut dirasa sangat meresahkan atau bahkan mengancam keselamatan jiwa penghuni rumah, maka kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bahwa anjing adalah hewan yang memiliki indera penciuman yang cukup kuat.

Nah, untuk mencegah anjing tersebut datang ke rumah, kamu bisa menaburkan lada hitam atau bubuk cabe rawit di halaman rumah. Bau yang menyengat dari kedua bahan tersebut memang cukup efektif untuk mengusir anjing. Namun, cara ini tidak hanya bisa berbahaya bagi anjing jika tidak dilakukan dengan tepat, tapi juga bisa bahaya bagi hewan lain dan manusia.

Pastikan situasi aman jika hendak melakukan cara ini (tidak berangin), atau sebaiknya gunakan cara-cara di atas yang lebih aman dilakukan tanpa menyakiti. Sekali lagi kami tidak MENYARANKAN CARA INI.

Nah, itulah 10 cara mengusir anjing mengganggu yang jarang diketahui banyak orang. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalahmu terkait gangguan anjing.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *