Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Cara Mengupas Oyong dengan Mudah dan Tips Mengolahnya

Cara Mengupas Oyong dengan Mudah dan Tips Mengolahnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Oyong atau gambas adalah sejenis sayuran yang biasa dijadikan olahan masakan oleh sebagian masyarakat kita. Bagi kamu yang pertama kali melihat dan memegang oyong pasti akan merasa bingung. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana mungkin sayuran berkulit keras seperti ini bisa dijadikan makanan.

Ternyata oh ternyata yang diolah dari oyong ini adalah dagingnya yang lunak. Jadi, kamu tidak boleh berburuk sangkat dulu, ya. Hal ini juga harus kita terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari, yaitu jangan menilai orang lain dari luarnya saja, ok?

cara membuat sayur oyong

Oyong yang dapat diolah menjadi makanan umumnya adalah oyong yang masih muda. Hal itu karena biji yang terkandung di dalam daging oyong masih lunak sehingga tetap enak saat dimakan. Jadi, jika ingin mencoba oyong (biasanya dijadikan sayur), pilihlah yang masih muda yang kulitnya berwarna hijau cerah.

Tahukah kamu bahwa oyong yang sudah matang dapat dijadikan sebagai spons mandi? Jadi, oyong matang ini memiliki serat-serat di dalamnya yang bisa digunakan untuk membersihkan tubuh. Hampir mirip sebenarnya dengan spons yang biasa kita pakai, hanya saja yang ini terbuat dari sayuran dan sangat alami.

Spons Oyong

* sumber: commons.wikimedia.org

Dulu penulis pernah diberi satu spons oyong dari teman karena kebetulan pohon oyong yang tumbuh di halaman rumahnya telah berbuah dan matang. Saat pertama kali dicoba untuk membersihkan tubuh memang cukup keras, namun lama kelamaan jadi lembut seperti spons biasa.

Jika di sini ada yang masih menggunakan serat oyong sebagai alat mandi, sebaiknya kamu harus menjaganya agar tetap kering. Jika tidak, bakteri dan kuman bisa berkembangbiak dalam spons oyong tersebut. Kamu bisa menggantung spons oyong yang telah digunakan untuk mandi agar terangin-angin dan mengering.

Sekilas Tentang Oyong

Tanaman Oyong

* sumber: commons.wikimedia.org

Sayuran ini tidak hanya dikenal di Indonesia saja loh, namun juga di luar negeri sana. Tanaman oyong ini menyebar dari kawasan Asia Tengah, Asia Timur, hingga Asia Tenggara. Setiap negara yang ditumbuhi oyong memiliki sebutannya masing-masing. Nama internasional untuk oyong adalah Luffa acutangula.

Tanaman oyong juga memiliki spesies lainnya yang mirip. Salah satunya yang juga tumbuh di Indonesia adalah belustru (Luffa aegyptiaca). Sama seperti oyong, belustru yang dapat dimakan adalah yang masih muda. Sedangkan yang sudah matang bisa dijadikan alat pembersih mandi.

Olahan Oyong

Sayur_oyong

* sumber: commons.wikimedia.org

Oyong muda biasanya diolah menjadi makanan berupa sayur atau sup dan juga tumis oyong. Kamu bisa mencampurkan oyong ini dengan bahan makanan lain seperti pada sayur oyong dengan tahu, tempe, tauge, wortel, atau bahkan dengan ceker (jadi sup ceker plus oyong).

Kamu bisa menemukan banyak resep untuk mengolah sayuran oyong ini di internet. Selain rasanya empuk dan lezat, oyong ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Waktu paling tepat menyantap sayur oyong (menurut penulis) adalah saat musim hujan yang dingin bersama dengan keluarga.

Manfaat Oyong

Nutrisi Buah Oyong

* sumber: superkicau.com

Sebagai salah satu jenis sayuran yang bisa dikonsumsi, oyong ini pastinya membawa banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dilansir dari laman Manfaat.co.id, manfaat dari mengonsumsi sayuran oyong antara lain dipercaya mampu menyembuhkan penyakit asma, melancarkan peredaran darah, sebagai pengobatan radang usus, mengobati penyakit cacingan, mengobati radang tenggorokan, serta mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Selain itu, bagi ibu yang sedang menyusui, oyong ini bermanfaat untuk menambah dan memproduksi ASI seperti halnya daun katuk. Jadi, banyak sekali, ya, kebaikan-kebaikan yang Allah simpan dalam tanaman oyong ini? Bagi yang belum mencobanya, cobalah.

Tips Mengolah Oyong

resep sayur oyong

Karena oyong ini tergolong sayuran minor alias bukan sayuran utama yang sering dikonsumsi banyak orang, jadinya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengolahnya. Namun, saat ini kamu bisa mengikuti tips mengolah oyong di bawah ini seperti dilansir dari situs Resepkoki.id.

1. Pilih yang Muda

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa oyong yang dapat diolah menjadi makanan adalah oyong yang masih muda. Oyong yang sudah tua sepertinya sudah tidak bisa lagi kamu jadikan makanan karena sudah keras, berserat, dan bijinya keras juga.

Oyong yang masih muda ini biasanya memiliki warna kulit hijau cerah. Oyong muda ini juga memiliki biji yang masih lunak serta daging yang terasa manis alami. Dengan demikian, oyong muda sangat cocok untuk dijadikan sayur atau tumis. Jadi, kamu pilih yang tua atau yang muda?

2. Pilih yang Bersih

Menurut Resep Koki, jika ingin mendapatkan oyong yang berkualitas, maka kamu bisa memperhatikan permukaan kulitnya. Jika kulinya mulus dan bersih, maka kamu bisa memilih oyong tersebut. Sedangkan jika kotor dan memiliki bercak, sebaiknya kamu hindari karena rasanya bisa tidak enak.

3. Kupas Oyong

Bagian oyong muda yang bisa dimasak adalah bagian dagingnya yang lunak. Sedangkan bagian luarnya yang keras kamu buang saja karena tidak bisa dimakan. Bagaimana cara mengupas oyong ini? Simak bahasan lengkapnya di bawah ini.

4. Masukkan di Akhir

Karena daging oyong ini lunak dan mudah rusak, jadi sebaiknya kamu masukkan di bagian akhir saat proses mengolahnya menjadi makanan. Selain itu, hal ini dilakukan agar kandungan nutrisi pada daging oyong ini tidak rusak karena direbus terlalu lama.

Itulah tips-tips singkat mengolah oyong agar tetap enak dan bermanfaat saat disantap. Ingin membuat sup oyong? Kamu bisa menemukan sayuran ini di pasar-pasar kok. Baca artikel Resep Sayur Oyong Soun Bening yang Lezat sebagai salah satu tips mengolah oyong.

Cara Mengupas Oyong

Potong Oyong

* sumber: commons.wikimedia.org

Walaupun kulitnya keras, oyong ini tetap bisa patah hanya dengan tanganmu. Jika ingin daging oyong tetap baik saat akan dimasak, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cuci Bersih Dulu

Sebelum mengupas kulitnya, sebaiknya kamu cuci dulu oyongnya hingga bersih. Salah satu bagian bermanfaat dari oyong ini adalah getahnya. Jadi, jika kamu mencuci daging oyong setelah dikupas, hal itu bisa lenyap terbawa air dan kamu hanya mendapatkan dagingnya saja. Sayang, bukan?

2. Potong Per Bagian

Oyong ini memiliki bentuk yang memanjang seperti ketimun. Agar lebih mudah dalam mengambil dagingnya, kamu bisa memotong oyong ini menjadi bagian-bagian yang lebih kecil seperti saat kamu memotong ketimun. Ketebalan potongan bisa sesuai dengan keinginanmu. Menurut penulis, 1 cm juga sudah cukup untuk ketebalannya (lihat gambar di atas).

3. Buang Kulitnya

Ketika sudah menjadi bagian-bagian kecil yang berbentuk lingkaran, kini saatnya bagi kamu untuk menghilangkan kulit oyong. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal potong satu-satu menggunakan pisau dapur. Potong yang rapi dan hati-hati ya.

Setelah semua bagian daging oyong kamu dapatkan, simpan dalam wadah dan jangan kamu cuci lagi ya. Jika ingin dijadikan sayur atau tumis, masukan daging oyong ini dibagian akhir sebelum kamu akan mematikan kompor.

Itulah langkah-langkah mudah untuk mengupas kulit oyong yang keras. Jika kamu ingin mengupas oyong yang sudah matang untuk diambil seratnya, sebaiknya kamu jangan menggunakan langkah di atas. Namun, kamu bisa mencoba mengupasnya seperti mengupas jeruk bali. Jika melakukan cara di atas, dipastikan seratnya akan rusak dan tidak bisa digunakan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment