Bacaterus / Nanas / Inilah 9 Cara Mengupas Nanas yang Paling Mudah dan Cepat

Inilah 9 Cara Mengupas Nanas yang Paling Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Januari 2019

Nanas adalah buah yang multi fungsi. Selain baik untuk tubuh dan kulit, nanas merupakan buah yang segar dan enak, sehingga cocok dijadikan camilan, jus, selai, saus, kue, bahkan pelunak daging untuk memasak.

Sayangnya, dibalik semua kelezatan dan manfaat nanas, Anda perlu berjuang terlebih dahulu untuk bisa mendapatkannya. Walaupun tekstur nanas lembek dan mudah hancur, buah ini memiliki kulit yang tebal, daun yang tajam dan keras, serta ada “mata” nanas yang harus dibuang sebelum nanas bisa dimakan.

Tapi, tenang saja. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau membagikan cara mengupas nanas sendiri di rumah dengan cara mudah. Sebelum itu, ketahuilah beberapa manfaat nanas terlebih dahulu.

Manfaat Nanas

1. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

* sumber: www.flickr.com

Nanas mengandung banyak sekali serat. Seperti yang sudah diketahui umum, serat sangat baik untuk sistem pencernaan. Nanas juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menyerap air pada usus.

Setiap harinya, untuk mendapatkan sistem pencernaan yang normal, setidaknya Anda perlu mengonsumsi 14 gram total serat dari 1.000 kalori makanan dan minuman. Nah, jumlah total serat itu bisa diisi dengan nanas. Setengah buah nanas mengandung 2,2 gram total serat makanan.

2. Mengatasi Kembung

Mengatasi Kembung

* sumber: www.universojatoba.com.br

Karena rasanya yang asam, Anda mungkin berpikir kalau nanas tidak baik untuk lambung. Padahal, justru buah ini dapat menangkal sakit perut dan kembung akibat gas dalam lambung. Nah, nanas dapat menghancurkan makanan yang menyebabkan refluks asam lambung. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang bersifat menenangkan, sehingga bagus untuk mengurangi perut kembung.

3. Menguatkan Sistem Imun

Menguatkan Sistem Imun

* sumber: www.journeykitchen.com

Manfaat nanas yang selanjutnya adalah menguatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk dapat menghalau penyakit, tubuh membutuhkan sistem imun yang kuat. Nanas kaya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga tubuh Anda dapat menangkal radikal bebas dan berbagai penyakit.

Buah nanas mengandung bromelain yang selain berfungsi untuk menenangkan, juga memiliki manfaat sebagai zat anti kanker. Jadi, selain dapat menguatkan sistem imun, nanas bisa melindungi tubuh dari penyakit yang lebih serius, seperti bronkitis dan kanker.

4. Kaya Vitamin C

Kaya Vitamin C

* sumber: www.instagram.com

Buah yang berwarna kuning biasanya mengandung banyak vitamin C, dan begitu pula nanas yang punya kandungan vitamin c sebesar 39 – 49 gram per setengah gelas (125 ml). Vitamin C pada nanas juga berfungsi untuk mencegah penumpukan lemak, kolesterol, plak, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri, sehingga Anda dapat terhindari dari aterosklerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

5. Mengatasi Nyeri

Mengatasi Nyeri

* sumber: hubpages.com

Anda pegal-pegal? Sedang nyeri badan? Sudah diurut tapi tidak berpengaruh apa-apa pada tubuh Anda? Makan saja buah nanas! Percaya atau tidak, nanas ternyata dapat mengatasi rasa nyeri dengan baik. Para atlet dan binaragawan dianjurkan untuk minum jus nanas untuk mengatasi sakit pada otot tubuh mereka. Semua berkat kandungan bromelain pada nanas.

Nanas juga dapat mencegah pembekuan darah, karena nanas mengandung zat antiinflamasi, sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cepat juga. Untuk mengatasi luka yang terbuka, Anda bisa mengonsumsi nanas dan mengaplikasikan puree atau jus nanas di area yang terluka.

6. Menyehatkan Gusi

Menyehatkan Gusi

* sumber: www.courtneyssweets.com

Manfaat nanas yang selanjutnya berhubungan dengan kesehatan gusi. Karena nanas mengandung vitamin C yang tinggi, maka risiko peradangan gusi dapat diturunkan. Nanas juga dapat mencegah penyakit lainnya yang berkaitan dengan gusi dan gigi.

7. Mencegah Serangan Asma

Mencegah Serangan Asma

* sumber: www.boboandchichi.com

Siapa yang punya penyakit asma? Asma merupakan penyakit yang didasari reaksi peradangan saluran nafas yang terjadi secara tiba-tiba. Dan, biasanya asma dialami dalam jangka waktu yang lama (penyakit kronis). Sedihnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dicegah agar asma tidak kambuh.

Anda bisa menjaga diri agar jauh dari pencetus asma seperti tungau, debu, bulu hewan, udara dingin, aktivitas ekstrim, asap rokok, dan lain-lain. Anda juga bisa mengonsumsi nanas yang mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A. Kandungan ini dapat mengurangi risiko tercetusnya asma.

8. Mencegah Katarak

Mencegah Katarak

* sumber: www.homenaturalcures.com

Katarak adalah kekeruhan yang terjadi pada sebagian atau keseluruhan lensa mata. Hal ini menyebabkan berkurangnya penglihatan, karena lensa mata yang keruh akan membuat cahaya sulit mencapai retina. Jika dibiarkan, katarak dapat menyebabkan kebutaan.

Untuk itu, rutinlah mengonsumsi nanas. Buah yang menyegarkan ini mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin C memang secara umum berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan terbukti bagus juga untuk mata, sehingga pengurangan kemampuan penglihatan dapat dicegah sejak dini.

9. Mengurangi Sinus

Mengurangi Sinus cara mengupas nanas

* sumber: www.stocksy.com

Sinus alias sinusitis merupakan kondisi ketika rongga hidung meradang. Gejala yang ditimbulkan adalah hidung tersumbat lendir yang tidak bisa dikeluarkan. Penderita sinus akan mengalami flu berkepanjangan (harian hingga mingguan).

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat mencerna protein dan berfungsi sebagai antiinflamasi. Sehingga, mengonsumsi buah nanas dapat meredakan sinusitis yang sedang kambuh. Anda bisa terus mengonsumsi nanas sebagai pencegahan agar sinus tidak kembali lagi.

10. Mencegah Kanker Usus

Mencegah Kanker Usus

* sumber: www.eatwell101.com

Manfaat nanas yang terakhir adalah sebagai pencegah kanker usus. Sudah Bacaterus mention di atas, kalau nanas mengandung zat anti kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas dapat menangkal radikal bebas dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat nanas untuk tubuh. Ternyata dari buah yang berukuran sedang ini terdapat banyak zat yang baik untuk tubuh, ya? Nah, sekarang Bacaterus mau membahas bagaimana cara mengupas nanas dengan mudah dan cepat. Daripada Anda membeli nanas potong yang siapa tahu menggunakan pisau dan cara yang kurang steril, lebih baik kupas nanas sendiri di rumah.

Cara Mengupas Nanas dengan Mudah dan Cepat

1. Pilih Nanas

Pilih Nanas

* sumber: www.freepik.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengupas nanas, pertama-tama Anda harus memilih nanas yang bagus terlebih dahulu. Percuma Anda kupas nanas kalau ternyata kondisinya sudah busuk dan jelek, kan? Untuk mengetahui nanas masih dalam kondisi yang baik atau tidak, angkat nanas dan cium aromanya.

Nanas yang masih bagus akan tercium sedikit manis. Hindari nanas yang tercium bau fermentasi (terlalu matang hingga tercium seperti ada kandungan alkohol/cuka). Nanas memang identik dengan warna kuning, tapi nanas yang kulitnya hijau bukan berarti belum matang. Yang paling penting adalah kulitnya bagus (tidak sobek, layu, dan bocor).

Ciri-ciri nanas yang bagus bisa juga dilihat dari daunnya. Pilihlah nanas yang daunnya masih hijau dan tidak layu. Lalu, langkah selanjutnya adalah menekan kulit nanas dengan jari Anda. Ingat, dengan jari, ya, bukan dengan kuku. Nanas yang matang akan terasa sedikit lembut. Teknik yang terakhir adalah dengan menarik daun nanas. Jika daun bisa dicabut dengan mudah berarti nanas sudah matang, tapi kalau terlalu mudah berarti nanasnya busuk.

2. Cuci

Cuci cara mengupas nanas

* sumber: www.yourlifeasawhole.com

Pertama-tama, sebelum dikupas, tentunya nanas harus dalam keadaan bersih. Cucilah kulit nanas dan daunnya, lalu keringkan sebelum Anda mengupasnya. Tidak perlu menggosok kulitnya terlalu kuat, karena semuanya juga akan Anda kupas nanti. Ini hanya untuk menghilangkan kotoran dan debu yang sekiranya bisa berpindah ke daging nanas setelah dikupas.

3. Potong Daun

Potong Daun

* sumber: www.foodnetwork.com

Cara mengupas nanas yang pertama adalah dengan memotong daunnya. Daun nanas teksturnya keras, tajam, dan ada banyak, sehingga daun dapat mengganggu proses pengupasan nanas. Caranya, tidurkan nanas di atas papan pemotongan. Gunakan pisau yang sangat tajam untuk memudahkan pemotongan dan pengupasan. Posisikan pisau sekitar 0.6 cm di bawah daun (jadi daging nanasnya sedikit terpotong).

4. Potong Bagian Bawah

Potong Bagian Bawah

* sumber: www.yourlifeasawhole.com

Setelah memotong bagian atas, cara mengupas nanas yang selanjutnya adalah memotong bagian bawahnya. Masih dalam posisi tertidur, iris bagian bawah nanas hingga terpotong sempurna. Hal ini berupaya untuk memudahkan Anda dalam menguliti nanas, karena bagian bawahnya sudah datar.

5. Kuliti

Kuliti cara mengupas nanas

* sumber: www.foodnetwork.com

Cara mengupas nanas yang selanjutnya adalah dengan membangunkan nanas dalam posisi berdiri. Mulai iris kulit nanas dari atas ke bawah. Anda dapat mengikuti bentuk nanas (potong agak melengkung alih-alih lurus) supaya daging nanas tidak banyak yang terbuang.

6. Buang Mata Nanas (Iris Diagonal)

Buang Mata Nanas (Iris Vertikal)

* sumber: www.simplyrecipes.com

Sekarang adalah PR yang paling membuat orang malas, yaitu membuang mata nanas. Bagian ini tidak bisa dimakan karena keras dan tajam. Sudah begitu, matanya tersebar di mana-mana, sehingga Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra.

Cara mengupas mata nanas dengan mudah adalah dengan menidurkannya kembali. Gunakanlah pisau yang lebih kecil namun tetap harus tajam. Jika Anda perhatikan, mata nanas membentuk garis diagonal (miring) yang rata. Jadi, sebenarnya membuang mata nanas tidak terlalu menjengkelkan.

Posisikan pisau Anda di luar garis diagonal mata nanas. Anda bisa mulai dari sisi kanan maupun kiri, terserah Anda. Lalu iris area tersebut dengan sudut 45°, jangan potong lurus. Jika sisi yang satu sudah Anda iris, pindah ke sisi satunya lagi dengan cara yang sama. Nanti bagian mata nanas akan terangkat, buanglah lalu lanjutkan cara ini sampai semua mata nanas habis.

7. Buang Mata Nanas (Pakai Alat)

Buang Mata Nanas (Pakai Alat)

Kalau Anda tidak mau repot, ada cara membuang mata nanas yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan alat. Produk pemotong/pembersih mata nanas ini bisa Anda beli secara online di Bukalapak melalui link ini. Harganya berkisar 15 – 40 ribuan.

8. Buang Bagian Tengah Nanas

Buang Bagian Tengah Nanas

* sumber: www.foodnetwork.com

Pengupasan kulit nanas sudah selesai, sekarang Anda hanya perlu memotong nanas untuk menyajikannya. Pertama-tama, belahlah nanas jadi empat bagian. Setelah itu, buang bagian tengah nanas. Bagian ini keras, sulit dikunyah dan ditelan, serta tidak terasa manis, sehingga lebih baik Anda buang saja daripada mengganggu. Sisanya, potong nanas sesuai selera.

9. Alat Pemotong Nanas

Alat Pemotong Nanas

* sumber: www.williams-sonoma.com

Sebenarnya, jika Anda tidak mau repot sama sekali, ada alat pemotong nanas yang dapat mengeluarkan daging nanas dengan kilat. Nama alatnya adalah pineapple slicer alias pemotong nanas. Alat ini biasanya terbuat dari stainless steel dengan pegangan plastik.

Anda hanya perlu memotong bagian atas dan bawah nanas, lalu tempatkan slicer di atas nanas. Tekan dan putar alat sampai mencapai bawah. Tarik alat, dan Anda pun akan mendapatkan daging nanas yang sudah bersih dari kulit serta mata. Biasanya alat ini dilengkapi juga dengan pengiris nanas (alat bundar yang berwarna kuning pada gambar), sehingga Anda hanya perlu menekannya ke bawah untuk mendapatkan nanas potong.

Canggih banget, ya, alat ini? Kalau Anda mau punya juga, Anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp 30 – 40 ribuan saja, kok. Alat ini bisa Anda temukan di situs belanja Bukalapak. Klik link ini untuk memudahkan proses pembelian.

Selesai sudah tips dan cara mengupas nanas sendiri di rumah dengan mudah. Selain dengan cara tradisional, Anda bisa juga mendapatkan nanas kupas dengan menggunakan alat. Mau tahu cara membuat selai nanas? Anda bisa baca artikel Cara Membuat Selai Nanas untuk Kue Nastar dan Roti ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar