Bacaterus / Telur / 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Telur biasanya dikonsumsi oleh kebanyakan orang sebagai makanan pendamping. Pengolahan telur sendiri sangat beragam mulai dari diceplok, dadar, hingga direbus. Nah, untuk telur rebus pun dapat diolah lagi menjadi berbagai macam makanan seperti telur sambal balado, semur telur, gulai, dll.

Namun, telur rebus memiliki kesulitan tersendiri ketika kita mengupas kulitnya. Walau terdengar sepele namun ternyata mengupas kulit telur dengan sempurna dan mulus itu cukup sulit dilakukan. Jika Anda salah satu yang kesulitan mengupas kulit telur maka Anda datang ke tempat yang tepat. Pasalnya, Bacaterus punya 10 cara termudah mengupas kulit telur rebus yang sempurna.

10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus

1. Pemilihan Telur yang Tepat

* sumber: afrinafaiqa.blogspot.com

Untuk mendapatkan telur rebus yang sempurna ternyata pemilihan telur juga menjadi salah satu faktor agar kulit telur rebut lebih mudah dikupas. Pilihlah telur yang sudah tua atau tidak terlalu segar. Sebab, telur yang sudah tua memiliki kulit putih dengan tingkat pH yang tinggi sehingga membuat kulit putih telur tidak terlalu melekat pada cangkang.

Untuk membedakan telur yang segar dengan yang sudah tua, Anda cukup mencelupkannya ke dalam baskom beirsi air maka kamu dapat melihat telur mana yang paling cocok untuk kamu rebus. Namun, jangan gunakan telur busuk, ya. Pilihlah telur dengan umur sekitar 1 -2 minggu untuk memudahkan Anda mengupasnya.

2. Menggunakan Jarum Pentul

* sumber: id.wikihow.com

Jarum pentul adalah benda kecil yang biasa digunakan oleh para wanita untuk mengaitkan kerudung. Namun ternyata benda kecil ini memiliki kegunaan lain yang bisa Anda manfaatkan, yaitu untuk mempermudah proses pengupasan telur rebus. Kok, bisa? Bagimana caranya?

Mudah saja, Anda cukup dengan menusukan jarum pada ujung telur, lakukan secara perlahan karena telur yang Anda pegang bisa saja pecah karena Anda memegangnya terlalu kuat. Anda juga tidak perlu khawatir isi telur akan keluar karena lubang yang dihasilkan tidak terlalu besar.

Kemudian, Anda bisa masukan telur yang telah dilubangi ke dalam air mendidih dan tunggu hingga matang. Nah, setelah ini telur yang Anda rebus tadi akan lebih mudah dikupas kulitnya. Selamat menikmati telur rebusnya!

3. Masukan Telur ke Dalam Air Panas

Masukan Telur ke Dalam Air Panas

* sumber: id.upost.info

Memasukan telur dalam air panas? Anda pasti bertanya apa maksud dari cara ini. Cara yang satu ini dilakukan ketika proses perebusan telur. Mungkin kebanyakan orang biasanya merebus telur dengan cara memasukan telur pada air dingin di dalam panci lalu dipanaskan di atas kompor hingga matang.

Ternyata cara tersebut kurang tepat karena hal tersebut akan membuat suhu putih telur menjadi lebih panas dan membran pada telur melekat pada cangkang. Cara yang tepat ketika merebus telur adalah menunggu air hingga mendidih barulah kita memasukan telur ke dalam air mendidih tersebut.

Selain menghindari suhu putih telur yang terlalu panas cara ini juga ternyata ampuh membuat telur rebus lebih cepat matang dan mudah untuk dikupas kulitnya.

4. Menggunakan Soda Kue

Soda Kue baking soda

Anda mungkin akan merasa kebingungan apa hubungannya antara telur rebus dan soda kue? Soda kue biasanya digunakan untuk membantu proses pembuatan kue sehingga hasil kue terlihat memiliki rongga. Nah, hubungan antara telur dan soda kue karena keduanya memiliki fungsi yang sama dengan soda kue pada pembuatan kue, yaitu memberi rongga antara telur dengan cangkangnya.

Soda kue merupakan alkalin alami yang akan bereaksi menjadi basa ketika kita memasukanya ke dalam air rebusan telur. Maka dari itulah, soda kue akan memudahkan kita dalam proses pengupasa telur. Caranya mudah, Anda cukup menambahkan 1 sendok soda kue maka kulit telur rebus Anda akan mudah dikupas.

5. Menggunakan Cuka

Menggunakan Soda Kue

* sumber: www.wikihow.com

Selain soda kue, cuka juga dapat membantu Anda memudahkan dalam mengupas kulit telur rebus. Caranya mudah, Anda bisa menambahkan cuka dalam proses perebusan telur ketika air dalam keadaan mendidih. Cukup masukan beberapa tetes cuka agar rasa asam cuka tidak mempengaruhi telur rebus.

Mengapa cuka bisa memudahkan proses pengupasan kulit telur rebus? Pasalnya, cuka memiliki fungsi untuk menambah tingkat pH pada telur sehingga proses pengupasan kulit telur menjadi lebih mudah.

6. Rendam Telur Rebus dalam Air Dingin

* sumber: infoherbalis.com

Ketika telur rebus telah matang maka kita mungkin akan mengupasnya secara langsung karena ingin segera menyantapnya atau mengolahnya kembali. Namun, cangkang telur akan menyerap panas dari air rebusan membuatnya dingin dalam waktu yang cukup lama.

Untuk memudahkan proses pengupasan kulit telur rebus maka disarankan untuk merendam telur rebus di dalam air dingin terlebih dahulu. Dengan begitu, telur akan dingin lebih cepat dan tangan kita tidak akan melepuh karena kepanasan ketika memegang cangkang telur yang akan dikupas. Selain mendinginkan lebih cepat, cara ini juga dapat membuat telur rebus lebih mudah dikupas.

7. Membuat Retakan dan Menggelindingkan Telur

Membuat Retakan dan Menggelindingkan Telur

* sumber: solo.tribunnews.com

Ketika telur sudah mendingin, Anda bisa membuat berbagai macam retakan pada telur rebus dengan cara mengetuk-ngetukan telur pada lantai atau benda tumpul sekitar Anda. Lakukan dengan ketukan ringan agar telur rebus tidak mengalami tekanan yang terlalu kuat yang mengakibatkan telur rebus menjadi pecah.

Cara lain untuk membuat retakan yang akan memudahkan proses pengupasan telur rebus adalah dengan cara menggelindingkan telur di atas talenan. Mengapa harus di atas talenan? Karena talenan biasanya memiliki permukaan yang datar dengan tekstur sedikit kasar sehingga dapat mempermudah membuat retakan pada telur.

Setelah itu barulah Anda mengupas kulit telur rebus dengan cara menyimpan telur pada permukaan talenan dengan posisi horizontal. Lalu, tekan telur secara perlahan dan gelindingkan sehingga seluruh permukaaan telur rebus menjadi retak, maka setelah itu Anda dapat mengupas telur rebus dengan mudah.

8. Kupas dari Ujung yang Lebih Lebar

Kupas dari Ujung yang Lebih Lebar

* sumber: www.rumahkeluargaindonesia.com

Cara lain yang dapat Anda lakukan ketika mengupas kulit telur adalah dengan cara mengupas dari bagian telur yang lebih lebar. Bukan pada bagian pinggir melainkan bagian ujung telur. Sebab, bagian ujung telur yang lebih lebar biasanya terdapat rongga yang diakibatkan oleh proses perebusan. Rongga tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengupas telur lebih cepat dan mudah.

9. Meniup Telur

* sumber: www.thekitchn.com

Siapa sangka hanya dengan cara meniup telur rebus maka telur akan terlepas dari cangkangnya dengan mudah. Pertama, Anda retakan kedua ujung telur rebus. Setelah itu, kupas cangkang pada bagian ujung yang lebih kecil dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Lakukan hal yang sama pada bagian ujung telur yang lebih besar, namun dengan area kupas lebih besar. Setelah itu, Anda cukup meniup bagian telur yang lebih kecil dan telur akan keluar dari area yang lebih besar dengan mudah.

10. Gelas dan Air

* sumber: food-hacks.wonderhowto.com

Menggunakan gelas dan air untuk mengupas telur, apakah bisa? Tentu saja bisa. Cara ini ternyata akan memudahkan Anda mengupas kulit telur rebus. Caranya, cukup dengan cara memasukan ¼ air pada gelas (gunakan gelas tinggi). Lalu masukan telur yang telah direbus ke dalam air yang sudah terisi gelas tadi.

Kemudian, tutup bagian atas gelas menggunakan telapak tangan dan pegang gelas secara horizontal dengan posisi kedua telapak tangan berada di kedua ujung gelas. Hal yang perlu Anda lakukan hanya menggoyakan gelas tersebut ke kanan dan ke kiri hingga kulit telur terlepas.

Apakah Anda sudah siap mengupas telur dengan menggunakan salah satu cara di atas? 10 cara mengupas telur rebus di atas dapat Anda lakukan untuk kepentingan sehari-hari sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu Anda dalam proses memasak.

Nah, untuk Anda yang ingin menyantap telur mentah dengan rasa yang nikmat, silakan baca artikel 6 cara makan telur mentah yang enak ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *