Bacaterus / Kentang / 5 Cara Mengupas Kentang Secara Sederhana dan Praktis

5 Cara Mengupas Kentang Secara Sederhana dan Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak suka kentang? Umbi yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat, mulai dari french fries alias kentang goreng sampai dengan hash brown. Kentang juga bisa menjadi pelengkap untuk berbagai hidangan Nusantara, seperti semur, sup, dan sambal goreng. Singkatnya, kentang adalah bahan makanan fleksibel yang bisa diolah menjadi hidangan Nusantara maupun internasional.

Tidak semua orang senang memasak kentang karena merasa repot ketika harus mengupas kentangnya. Kulit kentang yang sangat tipis membuat kita harus hati-hati saat mengupas kentang. Jika salah mengupas kentang, maka daging kentangnya pun ikut terkupas.

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara mengupas kentang, Bacaterus akan memberikan panduan cara mengupas kentang secara sederhana dan praktis. Yuk, saatnya pilih cara yang tepat untuk mengupas kentang.

Cara Mengupas Kentang yang Praktis

1. Gunakan Alat Pengupas (Peeler)

Kentang 1 Cara Mengupas Kentang

Dewasa ini, mengupas kentang dan buah-buahan tidak begitu sulit. Kita bisa membeli peeler atau alat pengupas untuk mengupas kulit kentang yang begitu tipis. Peeler ini bentuknya seperti pisau cukur dan cara pemakaiannya pun hampir sama, yakni Anda harus menggoreskan mata pisau ke kulit kentang.

Cara mengupas kentang dengan menggunakan peeler ini adalah cara yang paling mudah bagi pemula. Pertama, Anda tidak perlu khawatir tangan tergores seperti ketika Anda mengupas kentang dengan pisau. Selain itu, peeler memang dirancang untuk mengupas kulit buah dan sayur yang tipis sehingga Anda tidak perlu khawatir daging kentangnya ikut terkelupas.

Belum punya alat kupas untuk kentang? Anda bisa membeli alat kupas tersebut secara online melalui link ini.

2. Kupas dengan Gerakan Memutar

Kupas dengan Gerakan Memutar

Tidak punya peeler di rumah? Tidak masalah, karena Anda dapat menggunakan pisau yang tersedia di dapur. Tak perlu khawatir kesulitan saat mengupas kentang dengan menggunakan pisau karena dengan teknik tertentu Anda bisa mengupas kentang dengan sangat mudah. Berikut ini adalah panduan cara mengupas kentang dengan pisau yang benar:

  • Pegang sebuah kentang dengan posisi berdiri di tangan kiri Anda, sementara tangan kanan Anda memegang pisau. Jika Anda kidal, tukar saja posisi kentang dan pisaunya.
  • Mulai kupas kentang dari bagian atas ke bawah. Putar tangan kiri Anda sedangkan pisau di tangan kanan tetap dalam posisi semula.

Cara ini adalah solusi bagi Anda yang ingin mengupas kentang hanya dengan menggunakan sebilah pisau dapur. Seringkali kita menggunakan cara yang salah, yakni posisi kentang tidur alias horizontal, sehingga kita kesulitan saat mengupasnya.

3. Rebus Kentang Terlebih Dahulu

Rebus Kentang Terlebih Dahulu

Apabila mengupas kentang dengan menggunakan pisau masih terasa sulit bagi Anda, cobalah untuk merebus kentang terlebih dahulu. Kentang yang sudah direbus kulitnya akan terasa lebih lunak sehingga lebih mudah dikupas dengan menggunakan pisau.

Setelah Anda merebus kentang, gunakan kembali trik mengupas kentang dengan gerakan memutar. Kulit kentang yang tadinya menempel pada dagingnya, sekarang jadi lebih mudah dikelupas. Agar kentang tidak tergelincir dari tangan Anda, gunakan serbet untuk memegang kentang tersebut.

4. Potong Bagian Tengah dan Rebus Kentang

Potong Bagian Tengah dan Rebus Kentang

Salah satu life hack dalam mengupas kentang adalah menyayat bagian tengah kentang tapi tidak sampai terlalu dalam. Sayat bagian tengah kentang secara melingkar tapi jangan sampai kentangnya terputus.

Ketika Anda sudah menyayat bagian tengah kentang, rebus kentang di dalam air yang mendidih. Setelah beberapa menit, angkat kentang dan masukkan ke dalam air dingin untuk mengurangi suhu panas yang masih melekat pada kentang.

Mulailah mengupas kentang hanya dengan bantuan jari Anda. Kulit kentang yang baru saja direbus akan langsung copot dengan sendirinya ketika dikelupas dengan tangan. Tentu saja cara ini sangat memudahkan Anda yang ingin memasak kentang.

5. Kupas dengan Bor

Kupas dengan Bor

Salah seorang Youtuber mengunggah trik mengupas kentang yang sedikit nyeleneh. Namun, cara tersebut memang benar-benar ampuh mengupas kentang, terutama jika Anda stuck dengan cara mengupas kentang yang lama. Trik mengupas kentang yang disarankan oleh Youtuber ini adalah dengan menggunakan bor. Berikut adalah panduan mengupas kentang dengan bor:

  • Tusuk bagian atas kentang dengan ujung bor.
  • Pegang bor di tangan kiri Anda.
  • Sementara di tangan kanan pegang peeler atau pisau.
  • Ketika menyalakan bor, dekatkan bagian atas kentang dengan peeler atau pisau. Tangan yang memegang peeler tetap diam, sedangkan tangan kiri Anda menggerakkan bor agar kentang terkupas dari atas hingga ke bawah.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba cara mengupas kentang dengan bor ini? Butuh kecekatan untuk mengendalikan bor agar kulit kentang bisa terkupas dari atas sampai bawah.

Ide Memasak Kentang Paling Enak

Setelah mengetahui beberapa cara mengupas kentang, Bacaterus juga akan berbagi ide memasak kentang untuk variasi menu di rumah Anda. Yuk, temukan resep olahan kentang yang enak dan unik di sini.

  • Pastel Tutup

Pastel Tutup

Sajian yang satu ini adalah olahan kentang yang pasti disukai oleh orang-orang dari segala usia. Pastel tutup adalah hidangan yang terbuat dari kentang yang sudah dihaluskan bersama keju parut, telur, dan susu bubuk.

Setelah itu, isi lain dari pastel tutup adalah wortel, sosis, daging sapi, jamur, kacang polong, bawang putih, dan bawang bombay yang ditumis. Kemudian, bahan-bahan ini nantinya akan dipanggang bersama dengan adonan kentang untuk menjadi pastel tutup yang yummy.

  • Aloo Gobi

Aloo Gobi

Makanan khas India yang satu ini juga bisa menjadi ide memasak kentang yang enak dan sehat. Bagaimana tidak, isi dari aloo gobi ini adalah sayur-sayuran seperti kembang kol, kentang, dan tomat.

Cara membuat aloo gobi ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menggoreng kentang dan kembang kol. Sesudah itu, tumis bumbu seperti bawang merah cincang, pasta jahe, bawang putih, jinten, cabai bubuk, ketumbar, kunyit, dan tomat. Apabila bumbunya sudah menjadi saus yang harum, masukkan kentang dan kembang kol yang sudah digoreng.

  • Baked Potato Cheese

Baked Potato Cheese

Kentang panggang selalu menjadi menu yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika ditambah dengan keju mozarella, kentang panggang yang Anda sajikan rasanya jadi lebih mantap.

Satu buah kentang diiris menjadi beberapa bagian, tapi jangan sampai membuat kentang terputus. Kemudian, tuangkan mayones di atas kentang dan panggang di dalam oven selama 30 menit. Setelah itu, keluarkan kentang dari oven dan taburkan keju mozarella di atas kentang. Panggang kembali kentang di dalam oven selama 5 menit sampai kejunya meleleh.

Baked Potato Cheese siap untuk dinikmati! Anda bisa menambahkan saus tomat dan saus sambal ketika menyantap kentang panggang ini.

Itulah aneka cara mengupas kentang secara praktis dan sederhana. Sejatinya, mengupas kentang tidak susah kok. Jadi, jangan malas memasak kentang, ya! Apalagi kentang bisa diolah menjadi berbagai menu makanan Nusantara maupun internasional.

Selain cara dan tips mengupas kentang, Bacaterus juga ingin berbagi tips mengupas buah-buahan seperti yang bisa Anda baca di artikel cara mengupas nanas berikut ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *