Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Mudah dan Cepat

Ini Dia Cara Mengupas Kacang Tanah dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Kacang tanah adalah bahan makanan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kacang tanah ini bisa digunakan sebagai pelengkap makanan lain, seperti dijadikan saus kacang atau diolah secara langsung menjadi kacang goreng yang lezat dan gurih.

Menjelang lebaran, biasanya penjualan kacang tanah meningkat karena banyak ibu-ibu yang memburunya. Kacang-kacang ini ada yang sudah siap digoreng atau yang masih mentah. Yang pasti, pekerjaan mengupas kulit kacang tanah yang mentah sering dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Jadi, sembari menunggu buka puasa tiba, kita bisa membantu ibu membuat cemilan yang lezat.

Kacang tanah juga sangat populer untuk dijadikan saus berbagai macam makanan seperti gado-gado dan ketoprak. Biasanya, pedagang makanan-makanan tersebut membuat saus kacangnya dengan cara diulek, sehingga menghasilkan tekstur saus yang tidak terlalu lembut dan sangat enak di lidah.

Sejarah Singkat Kacang Tanah

Brazil

* sumber: www.pexels.com

Kacang tanah adalah jenis tanaman polong-polongan yang berasal dari negara Brazil di Amerika Latin. Pecinta olahraga sepakbola pasti tahu letak negara ini di mana. Tanaman ini tumbuh secara perdu dengan tinggi sekitar 30 cm hingga 50 cm.

Tanaman ini dibawa ke Indonesia kira-kira pada abad ke 17 oleh para pedagang dari daratan Eropa (Spanyol dan Portugis) dan dari Tiongkok. Saat ini, kacang tanah sudah menyebar ke seluruh dunia dan dibudidayakan terutama di kawasan tropis dan subtropis termasuk Indonesia.

Walaupun bukan tanaman asli negeri kita tercinta, namun saat ini kacang tanah sudah bisa dibilang menyatu dengan kuliner Indonesia. Bahkan, saat lebaran tiba, kacang tanah goreng sering terlihat dalam toples-toples di banyak rumah warga.

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah

Tanaman Kacang

* sumber: www.flickr.com

Alam sudah menyediakan banyak sekali bahan makanan bagi manusia dan makhluk lainnya. Salah satu cara kita mensyukuri nikmat Tuhan yang sangat besar ini adalah dengan menjaga dan merawat alam di sekitar kita. Salah satu hasil alam yang sangat bermanfaat itu adalah kacang tanah.

Kacang tanah ini adalah salah satu makanan bergizi tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah, kamu dapat menemukan banyak sekali kandungan protein, vitamin (vit C, vit E, dan lain-lain), dan mineral (seperti kalsium, magnesium, zinc, dan lain-lain). Selain itu, kacang tanah juga mengandung karbohidrat dan juga lemak.

Untuk melihat daftar lengkap kandungan nutrisi dalam kacang tanah, kamu bisa melihatnya di situs Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Klik di sini untuk menuju situs tersebut.

Manfaat Kacang Tanah

Selai Kacang

* sumber: pixabay.com

Kacang tanah ini adalah salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serat, dan lain-lainnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Bagi kamu yang suka ngemil tapi ingin diet secara sehat, maka kamu bisa mengkonsumsi kacang tanah. Hal itu karena makanan ini mengandung serat dan lemak baik. Jadi, dibanding ngemil makanan yang dapat membahayakan kesehatanmu, lebih baik kamu ngemil kacang tanah.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi kacang tanah ini. Namun, kacang tanah rebus adalah satu pilihan terbaikmu. Walaupun kaya akan manfaat, kamu tetap harus menghindari konsumsi makanan ini secara berlebih. Jadi, makanlah kacang tanah ini secukupnya ya.

Selain itu, bagi orang tua yang suka ngemil kacang tanah goreng, hati-hati saat ingin memberikan makanan itu kepada anak-anaknya yang masih kecil. Kacang tanah ini bisa saja membuat mereka tersedak. Jadi, pastikan makanan ini sudah layak makan saat ingin diberikan kepada anak-anak.

Cara Mengupas Kacang Tanah

Kacang Tanah Kupas

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah bahasan utama dalam artikel Bacaterus tentang kacang tanah ini, yaitu cara mengupas kulit ari kacang tanah. Penambahan bahasan singkat lain mengenai kacang tanah di sini adalah agar pengetahuan kita tentang tanaman ini bertambah.

Kacang tanah ini bentuknya kecil-kecil seperti butiran tasbih standar. Jika dulu kamu pernah disuruh ibumu untuk mengupas kulit kacang tanah ini, pasti kamu tahu perjuangannya. Kamu harus duduk berjam-jam hingga badan pegal-pegal, kan? Tidak apa, semoga itu jadi pahala karena telah membantu orang tua.

Kacang tanah yang dijual di pasar-pasar bentuknya bermacam-macam. Ada yang masih menyatu dengan akarnya, adanya yang sudah dipilah, ada yang sudah berbentuk butiran kacang tanah tapi masih berkulit, dan ada juga yang sudah lepas kulitnya sehingga bisa langsung digoreng. Lalu, bagaimana jika kita ingin mengupas kulit kacang tanah di rumah? Apakah hal itu susah? Tidak juga. Berikut adalah tiga cara mengupas kacang tanah yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Dengan Merendam

Kupas Kacang

* sumber: www.dapur.website

Cara yang pertama adalah dengan merebus kacang tanah dengan air panas. Dengan cara ini, kulit kacang tanah akan dengan mudah kamu lepaskan. Berikut adalah langkah-langkah mengupas kulit kacang tanah dengan cara merebusnya dengan air panas.

  • Siapkan Kacang Tanah

Yang pertama kamu harus menyiapkan kacang tanah yang ingin dikupas kulitnya. Kacang tanah yang masih berkulit ari biasanya sudah dijual dalam keadaan bersih. Jadi, kamu tidak perlu mencucinya lagi di rumah. Simpan kacang tanah tersebut dalam sebuah baskom yang bisa menampung seluruh kacang tanah yang disiapkan.

  • Panaskan Air

Selanjutnya, kamu harus memanaskan air yang bakal cukup digunakan untuk merendam kacang tanahnya. Lebihkan volumenya dan jangan terlalu pas. Panaskan air hingga mendidih.

  • Rendam Kacang Tanah

Lalu, jika air panasnya sudah siap, masukan ke dalam baskom yang sudah diisi kacang tanah tersebut dan mulailah perendaman. Aduk sebentar agar semua kacang terendam merata. Kemudian tutuplah agar uap air panas tersebut tidak kabur. Tunggu airnya hingga dingin, ya.

  • Mulai Pengupasan

Saat air sudah dingin dan kulit ari kacang tanah sudah terlihat menggelembung dari bijinya, maka kacang tanah tersebut sudah siap untuk dikupas. Kamu bisa mengupasnya satu-satu agar biji kacang tanah tidak terbelah dua (jika kacangnya banyak, maka waktu yang dibutuhkan akan sangat banyak dan melelahkan).

Kamu juga bisa mencoba menggesek-gesekan kacang tersebut di antara kedua telapak tanganmu. Dengan cara ini, kulit kacang tanah akan terlepas dengan sendirinya, atau kamu bisa menggunakan bantuan cobek. Namun, kamu harus hati-hati saat menggunakan cara ini. Jika terlalu berlebihan, biji kacang tanah bisa terbagi menjadi dua.

  • Cuci Hingga Bersih

Saat proses pengelupasan sudah selesai, kamu harus mencuci biji kacang tanah tersebut hingga bersih dan terbebas dari kulit arinya. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung menggorengnya.

2. Dengan Menjemur

Nampan

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan tenaga panas matahari. Kacang tanah yang sudah direndam dengan air panas bisa kamu tiriskan lalu jemur di bawah terik sinar matahari. Jika kamu punya pemanggang, kamu juga bisa mencoba menggunakan alat itu.

Kamu bisa menjemur kacang tanah tersebut di atas nampan atau tampah bulat yang cukup besar (sebaiknya yang terbuat dari bambu). Setelah kacang kering, kamu tinggal memijat-mijat atau menggesek-geseknya secara lembut dengan telapak tanganmu hingga kulit kacang yang mengering terpisah dari bijinya.

Jika semua kulit ari kacang tanahnya sudah tidak menempel lagi dengan bijinya, kamu bisa meniupnya atau menapi-napi nampan tersebut agar kulit kacang terbuang. Dibanding cara di atas, cara yang ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Menggunakan Mesin

Mesin Pengupas

Jika kamu ingin memulai usaha kacang goreng, kamu bisa menggunakan mesin pengupas kacang tanah untuk memisahkan biji kacang dengan kulit arinya. Mesin ini bisa kamu dapatkan secara online dan mampu mengupas kacang dalam jumlah banyak dalam waktu yang cepat. Namun, jika jumlah kacangnya sedikit dan hanya untuk konsumsi pribadi, kamu bisa menggunakan cara manual di atas.

Di mana bisa mendapatkan mesin pengupas kulit kacang ini? Kamu bisa mencoba membelinya secara online melalui Bukalapak, klik saja di sini.

Itulah cara-cara mengupas kulit kacang tanah yang bisa kamu lakukan sendiri, baik secara manual atau menggunakan mesin khusus pengupas. Jika kamu tidak ingin ribet dan ingin langsung memasak biji kacang tanah yang sudah tidak berkulit, kamu bisa langsung membelinya di pasar atau secara online (harganya pasti lebih mahal dibanding yang masih utuh).

Jika Anda ingin mengolah kacang yang gurih dan renyah, kami punya caranya di artikel Cara Membuat Kacang Telur Manis, Renyah, dan Gurih ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment