Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Mudah di Rumah

Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Mudah di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2018

Siapa sih di sini yang tidak mengenal kacang hijau? Jenis polong-polongan ini adalah salah satu bahan makanan yang sering dijadikan panganan oleh orang tua kita. Seperti apa misalnya? Bubur kacang hijau yang kini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, es kacang hijau yang lezat, isian kue, dan masih banyak lagi.

Kacang hijau adalah tanaman pangan legum terpenting ketiga di Indonesia setelah kacang kedelai dan kacang tanah. Mereka sama-sama telah menyatu dengan kuliner Indonesia dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari bangsa ini.

Biji kacang hijau adalah bagian yang paling bernilai dari tanaman kacang hijau. Jika biji-biji kacang hijau ini direbus dalam waktu yang cukup lama, maka mereka akan pecah dan mengeluarkan patinya. Pati inilah yang membuat bubur kacang hijau mengental.

Kacang hijau memiliki saudara yang bernama tauge. Sayuran yang sering kita makan ini adalah kecambah kacang hijau. Kedua-keduanya sangat mudah ditemukan di pasar dan juga merupakan bagian dari makanan-makanan khas Indonesia.

Sekilas Tentang Kacang Hijau

Tanaman Kacang Hijau

* sumber: commons.wikimedia.org

Kacang hijau disebut dengan mung bean dalam bahasa Inggris. Kacang hijau merupakan sebuah spesies tanaman dari keluarga legum atau polong-polongan. Kacang jenis ini umumnya dibudidayakan di negara-negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, China, Taiwan, Korea, dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Kacang hijau umumnya dijadikan bahan makanan yang memiliki rasa gurih dan manis. Setiap negara memiliki makanan khas masing-masing yang berbahan kacang hijau. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia, hasil olahan kacang hijau yang paling umum ditemukan adalah bubur kacang hijau yang manis dan gurih.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Nutrisi Kacang Hijau

* sumber: www.google.com

Bagi kamu yang suka menemani ibu pergi ke pasar, pasti tahu bentuk kacang hijau. Ukurannya sangat kecil dengan diameter beberapa milimeter. Walaupun demikian, kacang hijau ini sangat keras. Bahkan, untuk membuatnya menjadi bubur, dibutuhkan waktu perebusan yang tidak sebentar. Yang jelas adalah warnanya hijau.

Seperti keluarga polong-polongan yang lain, kacang hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Dalam 100 gram kacang hijau, ada energi yang berjumlah sekitar 347 kalori. Mereka juga menyimpan karbohidrat sebesar 62,62 gram, protein 23,86 gram, dan juga 1,15 gram lemak.

Vitamin yang dibawa polong ini juga banyak, ada vitamin C, E, K, niasin. folat, dan masih banyak lagi. Kandungan mineral dalam kacang hijau terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, serta zinc. Untuk data nutrisi lengkap dari kacang hijau ini, kamu bisa melihatnya di situs Departemen Pertanian Amerika Serikat di sini.

Manfaat Kacang Hijau

Tangan Kuat

* sumber: pxhere.com

Kacang hijau membawa banyak manfaat bagi manusia. Selain mampu menggerakan perekonomian rakyat, kacang hijau juga turut andil dalam menyehatkan tubuh manusia.

Sebagai contoh, kandungan mineral kalsium dan fosfor pada kacang hijau sangat baik untuk memperkuat tulang kita. Bagi kamu yang baru menikah, kacang hijau juga dapat membantu meningkatkan vitalitas (terutama bagi pria). Hal itu karena si hijau ini mengandung thiamin atau vitamin B1 yang baik untuk pertumbuhan.

Manfaat lain dari kacang hijau bagi kesehatan seperti yang disebutkan oleh Hallo Sehat antara lain mampu mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mengurangi efek PMS, melancarkan pencernaan, mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat, serta membersihkan tubuh dari racun.

Olahan Kuliner dari Kacang Hijau

resep es mambo lembut kacang hijau

Bagian kuliner pasti yang paling kalian suka, bukan? Banyak sekali olahan kuliner dari kacang hijau ini. Beberapa yang pernah dirasakan penulis adalah bubur kacang hijau, es kacang hijau, onde-onde, kue bakpia, dan es krim rasa kacang hijau.

Bubur Kacang Hijau mungkin mayoritas orang Indonesia pernah mencicipinya. Selain banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, bubur kacang hijau dapat dibuat dengan mudah di rumah loh.

cara membuat bubur kacang ijo

Caranya juga sangat simpel, cukup rebus biji kacang hijau ditambah dengan gula aren dan daun pandan. Masak hingga mendidih sampai kacang hijaunya melunak dan menjadi bubur. Kamu juga bisa menambahkan santan kelapa agar rasanya gurih.

Bubur kacang hijau sangat lezat disantap hangat-hangat. Namun, kamu juga bisa membuatnya menjadi es kacang hijau dengan memasukannya ke dalam freezer. Es ini sangat mantap juga di konsumsi saat siang hari yang panas.

Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Mudah

Kacang Hijau Dikupas

* sumber: www.dapur.website

Bukannya biji kacang hijau bisa langsung diolah menjadi makanan? Iya tentu bisa. Tapi, kenapa dikupas kulit (ari)nya? Untuk keperluan-keperluan tertentu, kadang kita perlu mengupas kulit ari kacang hijau. Misalnya untuk membuat makanan bayi, membuat tepung kacang hijau (dikenal dengan tepung hunkue) untuk nantinya membuat makanan lagi, dan untuk membuat isian bakpia atau onde-onde.

Lalu, dikemanakan sisa kulit kacang hijau itu? Beberapa orang yang kreatif telah membuat sesuatu dari limbah kacang hijau ini. Makanan? Bukan! Yang mereka buat adalah bantal terapi untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi, kulit kacang hijau yang terbuang itu mereka keringkan di bawah terik sinar matahari. Kemudian, dengan tambahan bahan-bahan lainnya, jadilah bantal terapi yang bisa kamu gunakan dengan nyaman. Ternyata ada alasannya orang mengupas kulit kacang hijau ini. Berikut adalah langkah-langkah mengupas kulit kacang hijau yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

1. Pilah Kacang Hijau

Pilah Kacang Hijau

* sumber: id.wikihow.com

Pertama, kamu harus memilah-milah dulu biji kacang hijaunya. Tidak semua biji berkualitas baik, ada yang sudah membusuk, rusak, bahkan isinya sudah tidak ada karena dimakan binatang kecil-kecil. Caranya adalah dengan mencuci dan merendamnya dalam air dalam waktu beberapa saat. Jika ada biji dan kotoran yang mengapung, maka buanglah karena itu biji yang rusak.

2. Rendam Kacang Hijau

Rendam Kacang Hijau

* sumber: id.wikihow.com

Sekarang, rendam biji kacang hijau yang sudah dipilah. Pastikan semua bijinya terendam air (volume air harus lebih besar). Jika tidak, maka mereka akan berubah menjadi kecambah karena proses perendaman ini memerlukan waktu yang cukup lama (24 jam hingga 48 jam).

Pastikan air rendaman selalu dalam keadaan bersih. Agar kacang tidak rusak karena air rendaman yang membusuk, maka kamu perlu mengganti air tersebut kurang lebih 6 jam sekali (dengan air bersih, ya).

3. Pengupasan

Mengupas Kacang Hijau

* sumber: www.siswamaster.com

Tanda kacang hijau siap dikupas adalah adanya kulit ari mereka yang sudah mengapung di wadah perendaman. Agar kulit ari yang sudah lepas terbuang, maka kamu harus membuang ari rendamannya secara pelan-pelan.

Setelah itu, isi kembali wadah yang berisi kacang hijau dengan air bersih, lalu remas-remas dengan tangan agar semua kulit ari kacang hijau yang masih menempel terlepas. Jika ingin lebih mudah dan kulit arinya langsung terbuang, kamu bisa melakukannya di bawah kran air yang mengucur. Lakukan beberapa kali hingga semua kulit ari mereka terlepas. Jika ada yang masih bandel, lepaskan kulit ari mereka satu per satu.

Ingin memanfaatkan kulit ari kacang hijaunya juga? Jangan buang, gunakanlah saringan saat proses pembuangan air remasan. Untuk proses pengupasan skala besar, sekarang sudah ada mesin khusus yang mampu mengupas kulit kacang hijau dalam jumlah yang sangat banyak dan dalam tempo yang lebih cepat.

Nah, itulah proses pengupasan kulit kacang hijau yang bisa kamu coba di rumah. Jika kamu ingin membuat bubur kacang hijau tapi belum tahu resepnya, kamu bisa menemukannya di artikel Bacaterus lainnya, seperti Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura Sederhana ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment