Bacaterus / Buah / Ini Dia Manfaat dan Cara Mengupas Buah Plum dengan Mudah

Ini Dia Manfaat dan Cara Mengupas Buah Plum dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Februari 2019

Anda tahu buah plum? Buah ini disebut sebagai prem di Indonesia. Buah ini tidak terlalu banyak ditemukan di Indonesia, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Anda bisa membelinya di toko buah yang menjual buah-buah impor.

Buah plum sebenarnya bisa dinikmati langsung bersama kulitnya, tapi ada juga yang suka memakannya tanpa kulit. Jika Anda langsung mengupas plum seperti layaknya Anda mengupas mangga, maka cairan lengket dari daging plum akan tercecer ke mana-mana.

Untuk itu, ada cara mengupas buah plum yang khusus akan Bacaterus bahas di sini. Caranya adalah dengan blanching. Untuk Anda yang familiar dengan istilah memasak pasti sudah terbayang caranya, bukan? Tapi, sebelum masuk ke pembahasan inti, mari disimak beberapa manfaat buah plum berikut ini.

Manfaat Buah Plum

1. Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah plum yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Buah plum mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Sebagaimana vitamin ini dapat meningkatkan kinerja sistem imunitas, sehingga tubuh Anda pun dapat jadi lebih kuat dan terhindar dari infeksi, radang, dan flu.

2. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

* sumber: www.daringgourmet.com

Fungsi buah plum untuk tubuh yang selanjutnya adalah untuk pencernaan. Buah dengan kulit berwarna ungu tua ini mengandung banyak serat. Di mana peran serat yang paling utama adalah untuk melancarkan proses pencernaan. Jika sistem pencernaan Anda berjalan baik, maka semua kotoran dan racun dapat keluar dari tubuh secara teratur.

3. Bagus untuk Diet

Bagus untuk Diet

* sumber: www.flickr.com

Selain membantu mengeluarkan racun dan mencegah sembelit, buah plum juga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Seperti yang Bacaterus sebutkan di atas, plum kaya serat, dan juga antioksidan. Kedua bahan tersebut merupakan duo yang berguna untuk memperbaiki metabolisme dan pencernaan tubuh. Jadi, makan plum secara teratur dapat membantu Anda mengurangi berat badan dengan mudah.

4. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

* sumber: natashaskitchen.com

Anda sering kelelahan, wajah pucat, dan mudah pingsan? Gejala-gejala seperti ini menandakan Anda terjangkit anemia. Untuk mencegah anemia Anda kambuh, konsumsilah buah prem. Kandungan iron (zat besi) dalam plum sangat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mencegah anemia.

5. Melawan Diabetes

Melawan Diabetes

* sumber: staraya-dacha.livejournal.com

Lawan diabetes sejak dini, makanlah buah prem sebanyak-banyaknya! Plum memiliki peringkat cukup rendah dalam indeks glikemik, sehingga dengan makan buah prem akan mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Fitonutrien yang ditemukan dalam buah prem akan mengontrol pelepasan glukosa ke dalam darah setelah Anda baru selesai makan, sekaligus mengatur lonjakan insulin di antara jam makan Anda. Untuk Anda yang sudah terlanjur terjangkit diabetes juga boleh mengonsumsi plum karena buah ini aman, tidak akan memperburuk kondisi Anda, dan justru membuat tubuh Anda jadi lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

* sumber: foodchannel.com

Tidak hanya vitamin C, buah plum juga mengandung vitamin K yang berfungsi untuk mengatur denyut jantung serta memperlancar aliran darah. Sehingga, buah ini baik untuk mencegah pembekuan darah di dalam tubuh. Buah plum mengandung antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol.

Ketahuilah bahwa oksidasi kolesterol merupakan ancaman bagi pembuluh darah yang sehat, yang akhirnya dapat menyebabkan sejumlah penyakit jantung, seperti stroke jantung dan kolesterol tinggi. Vitamin C dalam buah plum sangat membantu untuk mengendalikan penyakit jantung pada pasien diabetes juga. So, untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, makanlah buah plum secara rutin.

5. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

* sumber: www.stylecraze.com

Tak hanya menghindarkan Anda dari penyakit mematikan, seperti stroke, jantung, dan diabetes, buah plum juga berfungsi untuk mencegah kanker, terutama kanker payudara, gastrointestinal (sistem pencernaan), dan kanker saluran pernafasan.

Zat antosianin (pigmen warna biru kemerahan pada plum) dan fitonutrien dalam buah plum dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker tetapi tanpa membunuh sel-sel sehat dalam tubuh. Vitamin A yang ditemukan dalam buah prem juga diketahui dapat melindungi dari kanker rongga mulut.

Buah yang ukurannya tidak terlalu besar ini ternyata memiliki sejuta manfaat, ya? Jadi, tunggu apa lagi? Buruan makan plum sekarang juga! Tapi, sebelum dimakan, buah plum harus dibersihkan dan dikupas dulu, ya. Berikut adalah cara mengupas buah plum dengan mudah dari Bacaterus.

Cara Mengupas Buah Plum

1. Cuci

Cara Mengupas Buah Plum 

* sumber: www.parents.com

Sebelum mulai mengupas kulit plum, tentu pertama-tama Anda harus memastikan buah ini bersih dari kotoran. Ketika Anda mengiris buah, maka Anda menusuk struktur selnya. Kotoran, pestisida, dan bakteri di permukaan buah dapat masuk ke daging buah itu sendiri, sehingga wajib hukumnya untuk mencuci buah-buah ini dengan seksama.

2. Didihkan Air

 Didihkan Air cara mengupas buah plum

Nah, untuk cara mengupas buah plum ini kita akan menggunakan teknik blanching. Sehingga sudah pasti Anda akan membutuhkan dua komponen yang berlainan, yaitu air panas (mendidih) dan air dingin (dengan es). Pertama-tama, siapkan air panas terlebih dahulu.

Siapkan panci yang dalam, isi dengan air yang cukup banyak (sampai buah terendam semua). Panaskan air hingga mendidih. Ingat, air saja yang direbus, buahnya akan dimasukkan nanti.

3. Siapkan Air Es

 Siapkan Air Es

* sumber: lemongrovecakediaries.wordpress.com

Sambil menunggu air panas, siapkanlah air dingin. Gunakan mangkuk yang besar dan dalam agar buah plum terendam sempurna. Isi dengan air dan es batu. Teknik blanching membutuhkan air panas dan air dingin. Setelah buah atau sayur “direbus” di air panas sebentar, harus langsung dicemplungkan pada air dingin setelahnya.

4. Iris Kulit Buah

Iris Kulit Buah

Cara mengupas buah plum yang selanjutnya adalah dengan mengiris kulit bagian bawah plum dengan bentuk “X”. Fungsi irisan ini adalah untuk membuat lubang kecil untuk memudahkan Anda nantinya ketika akan mengupas kulit buah. Jangan iris buah dalam-dalam, cukup sampai kulitnya terbelah sedikit saja.

5. Rebus Sebentar

Rebus Sebentar

* sumber: www.parents.com

Ketika air sudah mendidih, jangan matikan kompor, tapi langsung celupkan buah plum ke dalam air. Diamkan buah selama 30 detik, lalu angkat. Jangan merebus buah plum terlalu lama, karena dagingnya bisa hancur.

Tips selanjutnya, jangan merebus lebih dari 4 buah plum secara bersamaan. Jika buah yang Anda masukkan terlalu banyak, maka suhu air akan menurun. Nantinya, Anda jadi kehilangan hitungan waktu terbaik untuk mengangkat buah plum, apakah itu jadi 40 detik atau 50 detik, Anda jadi tidak tahu dengan pasti. Untuk itu, rebuslah buah satu persatu atau empat buah maksimalnya.

6. Atau, Siram Air Panas

 Siram Air Panas

* sumber: www.lifebuzz.com

Selain dengan memasukkan plum ke dalam air mendidih, Anda bisa juga melakukan cara yang satu ini, yaitu menyiramkan airnya pada plum. Siapkan mangkuk besar yang kosong. Taruh buah plum di dalamnya. Setelah itu, tuangkan air mendidih ke atas buah secara perlahan-lahan.

Sama seperti cara mengupas buah plum di atas, biarkan plum di dalam air panas selama 30 detik. Langkah ini dapat menjadi alternatif jika Anda kurang yakin untuk merebus buah plum, sehingga buah pun tidak akan hancur.

7. Celupkan Buah ke Air Dingin

Celupkan Buah ke Air Dingin

Setelah 30 detik, langsung masukkan buah plum ke air es yang sudah disiapkan tadi. Diamkan buah selama 30 detik, lalu angkat dan tiriskan.

8. Kupas

Kupas

* sumber: id.pinterest.com

Sekarang ini, seharusnya Anda sudah bisa mengupas kulit buah plum dengan mudah. Posisikan jari Anda di salah satu bagian kulit yang sudah Anda iris dengan bentuk “X” tadi. Tarik kulit plum perlahan-lahan.

Jika Anda merasa kesulitan karena kulit buah plum-nya licin, gunakan ujung pisau untuk membantu mengupas kulit plum. Atau, jika ternyata kulit plum belum terbuka sama sekali, lakukan teknik blanching sekali lagi.

Selesai! Itulah cara mengupas buah plum dengan benar dan mudah. Anda bisa mempraktikkan langkah ini untuk aprikot, peach, dan tomat juga. Sebenarnya buah plum aman dikonsumsi beserta kulitnya, justru kulit plum memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh. Cara ini biasanya diperuntukkan ketika plumnya akan dimasak lagi. Tapi, kalau Anda kurang suka makan plum beserta kulitnya, cara ini bisa Anda lakukan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar