Bacaterus / Serba Serbi / Inilah Cara Mengupas Buah Naga dengan Mudah dan Benar

Inilah Cara Mengupas Buah Naga dengan Mudah dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Pitaya alias buah naga adalah buah dari tanaman jenis kaktus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah ini dapat Anda temukan di daerah panas lainnya seperti Israel, Okinawa, Tiongkok Selatan, dan Australia Utara. Dan, kini buah naga telah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Filipina, Vietnam, Taiwan, Malaysia, dan tentunya Indonesia juga.

Ada cerita menarik di balik nama buah naga, nih. Jadi, pada tahun 1870 tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Namun, oleh orang Vietnam dan Cina, buah tanaman ini dianggap membawa berkah, sehingga buahnya selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga.

Dari sanalah terbentuk nama “thang loy” yang diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi “dragon fruit” dan “buah naga” ke bahasa Indonesia. Buah naga memiliki rasa yang sedikit manis, segar, dan terasa lembut di mulut. Buah naga memiliki biji yang tersebar di mana-mana layaknya buah semangka, tapi bijinya bisa Anda makan.

Buah naga langsung populer semenjak kedatangannya di Indonesia karena bentuknya yang unik dan khasiatnya yang hebat. Buah naga termasuk superfood alias makanan yang mengandung nutrisi padat. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk tubuh kita.

Manfaat Buah Naga

1. Tinggi Nutrisi

Tinggi Nutrisi

* sumber: www.growables.org

Dragon fruit a.k.a buah naga memiliki kandungan kalori rendah, namun tinggi akan vitamin dan mineral. Buah ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan. Setiap satu buah naga mengandung setidaknya 50 kal, 0.38 g lemak, 12.26 karb, 0.78 protein, 0 mg kolesterol, 1.7 g serat, 9.51 g gula, dan 190 mg kalium.

2. Kaya Serat

Kaya Serat

* sumber: madosfoodhall.com

Seperti yang sudah Bacaterus sebutkan di atas, buah naga mengandung serat yang tinggi. Serat makanan adalah karbohidrat yang tidak dicerna yang memiliki daftar manfaat kesehatan yang luas.

Otoritas kesehatan di seluruh dunia merekomendasikan per harinya kita harus mengonsumsi 25 gram serat untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Dan serat makanan tidak bisa digantikan dengan suplemen serat yang dibuat di pabrik. Jadi, makanlah buah-buahan yang tinggi serat seperti buah naga.

3. Menguatkan Imun Tubuh

Menguatkan Imun Tubuh

* sumber: www.jackseeds.com

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah dapat menguatkan sistem imun tubuh. Kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas makanan yang Anda konsumsi. Dalam buah naga terkandung vitamin C dan karotenoid yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih Anda dari kerusakan.

Sebagaimana diketahui, bahwa sel darah putih bekerja untuk menyerang dan menghancurkan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam tubuh. Sayangnya, sel darah putih sangat rentan terhadap radikal bebas. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi buah naga yang mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi sel darah putih Anda dari kerusakan.

4. Membantu Melawan Penyakit Kronis

Membantu Melawan Penyakit Kronis

* sumber: www.cleanplates.com

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dalam tubuh, yang memicu peradangan dan berabagai penyakit. Salah satu cara memerangi radikal bebas adalah dengan makan buah naga yang mengandung antioksidan tinggi.

Karena, antioksidan bekerja untuk menetralisir radikal bebas. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat seperti vitamin C, betalain (pigmen pemberi warna pada tumbuhan), dan karotenoid.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis. Begitu pula dengan serat. Walaupun manfaat serat yang paling terkenal adalah memperlancar sistem pencernaan, penelitian mengungkapkan kalau serat juga memiliki peran penting dalam menjaga tubuh dari penyakit mematikan seperti diabetes, jantung, dan kanker.

5. Menunda Penuaan Dini

Menunda Penuaan Dini

* sumber: riozinho.com

Manfaat buah naga yang terakhir adalah untuk kecantikan. Tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus, kerutan, flek hitam, kantung mata, kulit kusam, dan lain sebagainya dapat dicegah jika Anda mengonsumsi antioksidan yang cukup. Kenapa? Karena antioksidan bekerja untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan membuat kulit tetap kencang. So, konsumsilah buah naga dengan rutin, ya.

Itulah beberapa manfaat buah naga yang umum. Supaya tidak bosan, Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung maupun diolah dulu jadi smoothies, sop buah, salad, sorbet, dan lain-lain. Tapi, sebelum diolah, tentunya Anda harus mengetahui cara mengupas buah naga yang benar supaya tidak ribet dan belepotan ke mana-mana. Berikut adalah tata caranya yang sudah Bacaterus rangkum buat Anda.

Cara Mengupas Buah Naga

1. Cuci Bersih

Cuci Bersih

* sumber: www.gettyimages.ae

Langkah pertama dalam cara mengupas buah naga dengan benar adalah dengan mencuci kulit terluar buah naga terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Anda tidak pernah tahu ada bakteri dan kotoran apa saja yang menempel di kulit buah tersebut walaupun secara kasat mata terlihat bersih.

Apalagi jika Anda tipe orang yang menyiapkan buah naga beserta kulitnya. Tapi, jika Anda akan membuang kulitnya secara sempurna, langkah ini bisa dilewati.

2. Belah Dua

Belah Dua

* sumber: momobud.sg

Cara mudah untuk mengupas buah naga adalah dengan membelahnya jadi dua secara vertikal (dari atas ke bawah). Tempatkan buah di talenan atau tempat datar lainnya. Lalu, ambil pisau yang tajam. Biarkan kulitnya tetap utuh, lalu langsung potong buah secara memanjang.

Kenapa memanjang? Jika Anda memotong buahnya secara horizontal (dari kanan ke kiri), maka dagingnya jadi terlalu tebal untuk disendok atau pun dipotong-potong. Tapi, semua kembali lagi ke selera masing-masing.

3. Keluarkan Pakai Sendok

Keluarkan Pakai Sendok

Langkah cara mengupas buah naga yang selanjutnya adalah dengan menyendok. Setelah dipotong secara vertikal, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyendok semua daging buah naga keluar.

Letakkan sendok di antara kulit buah dan dagingnya, lalu geser sendok mengikuti pinggiran daging buah. Tidak akan sulit melakukannya, bahkan anak kecil pun pasti bisa, karena daging dan kulit buah naga sangat lembut sehingga mudah dipisahkan.

4. Kuliti

Kuliti

* sumber: www.youtube.com

Ada cara lainnya untuk mengupas buah naga, yaitu dengan mengulitinya terlebih dahulu. Cara ini termasuk cara tradisional karena Anda hanya membutuhkan satu alat saja yaitu pisau. Pertama-tama, potong stem (bagian di mana batang tumbuh) dan potong bagian bawah buah. Kedua, sayat kulit buah naga secara memanjang. Hati-hati jangan menekan pisau terlalu dalam, karena nanti akan merusak daging buah.

Sabetan pisau itu seharusnya sudah cukup untuk membuat seluruh lapisan kulit agar mudah dilepaskan dari dagingnya. Letakkan kedua tangan Anda di kedua sisi kulit untuk “membuka”nya. Nanti daging buah akan terlepas dengan sendirinya.

5. Bagi Empat, Lalu Kuliti

Bagi Empat

* sumber: mysugarnspice.net

Mirip seperti cara mengupas buah naga di atas, tapi kali ini buahnya dipotong-potong terlebih dahulu. Anda bisa membaginya jadi 4 bagian untuk potongan buah yang besar-besar. Setelah dipotong-potong, tarik kulit buah dari bagian ujungnya supaya lebih mudah.

6. Potong ala Mangga

Potong ala Mangga cara mengupas buah naga

*

Anda pasti tahu cara memotong buah mangga yang fenomenal banget, yaitu buahnya dibagi dua, terus dagingnya disayat kotak-kotak. Anda bisa juga menyuguhkan buah naga dengan cara seperti ini.

7. Potong Smile Bite

Potong Smile Bite

Cara mengupas buah naga yang satu ini mirip seperti kalau Anda memotong buah melon atau semangka. Jadi, buahnya diiris agak tipis beserta dengan kulitnya. Karena ukuran buah naga tidak terlalu besar, jadi masih bisa dimakan dalam satu suapan walaupun Anda memakannya secara horizontal sambil tersenyum.

8. Potong Bite Size

Potong Bite Size cara mengupas buah naga

* sumber: pitahaya.info

Kalau cara mengupas buah naga yang ini mirip seperti potongan smile bite di atas. Bedanya, potongan ini agak “gemuk” dan buahnya tidak dibiarkan panjang, tapi dibagi dua lagi. Jenis potongan yang satu ini lebih memudahkan orang-orang untuk memakannya karena ukuran gigitannya lebih kecil.

9. Potong Bundar

Potong Bundar

* sumber: elizabethprovidasaudavel.blogspot.com

Buah naga selain enak dimakan langsung, sering juga dibuat jadi es buah, salad buah, smoothies, dan lain sebagainya. Supaya bentuknya lebih menarik, Anda bisa memotong buah naga jadi bulat-bulat dengan pisau bulat buah ini.

Pertama-tama, belah buah naga secara memanjang. Selanjutnya, potong daging buah jadi bulat-bulat. Jika Anda sedang mencari pisaunya, Anda bisa membelinya di Lazada lewat link ini dan di Bukalapak lewat link ini.

10. Bagi Dua, Langsung Makan Pakai Sendok

Bagi Dua, Langsung Makan Pakai Sendok

* sumber: momobud.sg

Cara mengupas buah naga yang terakhir adalah dengan tidak perlu dikupas. Cukup belah buah naga jadi dua secara memanjang, lalu ambil sendok dan nikmati daging buahnya langsung.

Sekian pembahasan tentang buah naga dan bagaimana cara mengupas buah naga dari Bacaterus. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda. Oh, iya, buah naga yang paling banyak jenisnya adalah yang kulitnya pink dan dagingnya putih. Tapi, ada pula yang kulit dan dagingnya pink. Yang paling jarang adalah yang kulitnya kuning dan dagingnya putih. Kalau Anda lebih suka buah naga yang mana?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment