Bacaterus / Makanan / Buah-Buahan / 6 Cara Mengupas Buah Kiwi dengan Mudah dan Cepat

6 Cara Mengupas Buah Kiwi dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Kiwi, atau dikenal juga sebagai gosberi Cina, adalah buah yang dagingnya berwarna hijau dengan biji bintik-bintik warna hitam di tengahnya. Namun, ada juga jenis kiwi yang daging buahnya berwarna kuning. Bentuk, warna, dan ukuran kiwi mirip sekali dengan telur ayam, hanya saja kulit kiwi berbulu.

Kiwi merupakan buah serbaguna. Anda bisa menjadikannya sebagai minuman, salad, kue, dessert, topping makanan/minuman, atau juga dimakan langsung. Kiwi juga bisa menjadi “kunci” dalam masakan, seperti untuk mengempukkan daging misalnya. Walaupun tidak sepopuler penggunaan nanas pada daging, kiwi juga memiliki enzim penghancur protein, sehingga bisa dipakai untuk membuat daging jadi empuk.

Walaupun dari luar terlihat tangguh, buah kiwi sangat lembut dan mudah hancur. Makanya, cara mengupas buah kiwi butuh kehati-hatian. Bacaterus mau membagikan enam cara mudah untuk mengupas buah kiwi. Akan tetapi, sebelum itu, baca dulu tentang manfaat kiwi, yuk!

Kelebihan Buah Kiwi

1. Kaya Vitamin C

Kaya Vitamin C

* sumber: www.stylecraze.com

Tidak hanya buah-buahan berwarna kuning seperti jeruk dan nanas saja yang kaya akan vitamin C, karena kiwi juga sama-sama memiliki vitamin C yang berlimpah. Setiap 100 gram kiwi mengandung 92.7 gram vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi dua kali lebih tinggi daripada buah jeruk dan lemon.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dikenal untuk menghalau radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap patogen berbahaya.

2. Kaya Serat

Kaya Serat

* sumber: macaro-ni.jp

Selain kaya vitamin C, kiwi merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Serat makanan berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit. Dengan rutin mengonsumsi serat makanan, Anda dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner (PJK).

Selain itu, serat makanan dapat menjaga perut agar tidak mudah merasa lapar, cocok banget buat yang sedang diet. Soalnya, serat makanan dapat membuat kenyang lebih lama dan mengontrol penanda metabolik, seperti tekanan darah, kolesterol, dan gula darah.

3. Kaya Vitamin & Mineral

Kaya Vitamin & Mineral

* sumber: id.pinterest.com

Buah mungil ini ternyata dipenuhi dengan vitamin dan mineral! Sebut saja vitamin A, B6, B12, C, E, potasium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Semua nutrisi ini berkontribusi pada kelancaran sistem di dalam tubuh, seperti sirkulasi darah, penyerapan zat besi, baik untuk kesehatan tulang dan gigi, penglihatan jadi lebih bagus, dan masih banyak lagi.

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Meningkatkan Sistem Pencernaan

* sumber: blog.boxed.com

Manfaat kiwi yang selanjutnya adalah meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Kiwi terdiri dari enzim yang dikenal sebagai aktinidain, yang dikenal karena sifat pelarutan proteinnya. Karena zat inilah, kiwi suka dipakai sebagai pelembut daging untuk memasak. Kiwi membantu proses pencernaan protein dalam tubuh dan dapat membantu orang-orang yang menderita sindrom iritasi usus.

5. Tinggi Antioksidan

Tinggi Antioksidan

* sumber: www.etsy.com

Zaman sekarang susah menemukan lingkungan yang bersih dan aman. Kita yang harus upgrade dengan menjaga kondisi tubuh sebaik-baiknya. Dengan rutin mengonsumsi kiwi, Anda dapat menangkal radikal bebas. Soalnya, kiwi kaya akan antioksidan, seperti polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan. Tubuh Anda pun dapat jadi lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Tadi itu pembahasan singkat mengenai manfaat buah kiwi. Anda dapat menemukan buah ini di toko buah, mini market, dan super market. Biasanya kiwi dijual masih dengan kulitnya (belum dikupas) supaya buahnya tidak rusak. Berikut adalah cara mengupas buah kiwi dengan mudah.

6 Cara Mengupas Buah Kiwi

1. Menggunakan Pisau

  • Cuci
Cuci

* sumber: footage.framepool.com

Sebelum Anda mengupas dan memotong buah kiwi, tentu Anda perlu mencuci buahnya terlebih dahulu. Walaupun kiwi yang Anda beli sudah dikemas dengan bungkus yang sangat baik, belum tentu tidak ada kuman yang menempel di sana. Untuk itu, sebelum Anda konsumsi, cuci lagi buah kiwinya, ya.

Langkah ini selalu sama untuk cara-cara mengupas buah kiwi yang akan Bacaterus bahas selanjutnya. Jadi kami hanya akan menuliskannya sekali saja.

  • Siapkan Alat-alat
Siapkan Alat-alat

* sumber: www.tidbits-cami.com

Cara mengupas buah kiwi yang pertama adalah dengan menggunakan pisau. Semua orang tentu punya pisau di rumah. Pilihlah pisau yang ukuranya tidak terlalu besar. Kalau ada pisau khusus buah, lebih bagus lagi.

  • Pegang Buah

Pegang Buah

Pegang buah kiwi dengan erat menggunakan tangan Anda yang tidak dominan. Jika Anda kidal, maka pegang buah di tangan kanan, dan begitu pula sebaliknya. Soalnya tangan Anda yang dominan akan dipakai untuk menguliti kiwi nantinya.

  • Kuliti

Kuliti

Nah, sekarang posisikan mata pisau di atas kiwi. Gunakan tangan dominan Anda untuk memegang pisaunya. Tekan pisau perlahan-lahan sampai Anda merasa kulit kiwi sedikit terpotong. Jika Anda melihat sedikit goresan, Anda bisa memulai mengupas kulit kiwi dari sana.

Cara mengupas kulit kiwi yang mudah adalah dengan gerakan gergaji dari atas ke bawah. Hati-hati jangan sampai pisau mengenai tangan Anda, ya. Kupas dengan hati-hati, jangan tancapkan pisau terlalu dalam karena nanti daging kiwinya akan banyak terbuang. Akan lebih baik jika Anda mengupas kiwi menggunakan pisau dengan mata yang bergerigi.

2. Gunakan Sendok

  • Potong
Potong cara mengupas buah kiwi

* sumber: www.tidbits-cami.com

Tahukah Anda ada trik mengupas buah kiwi menggunakan sendok? Iya, sendok yang biasa dipakai untuk makan itu loh! Caranya mudah sekali dan tidak akan merusak tekstur buah. Pertama-tama, potong kedua ujung buah (bagian atas dan bawahnya) menggunakan pisau.

  • Selipkan Sendok
Selipkan Sendok

* sumber: www.tidbits-cami.com

Langkah kedua adalah selipkan sendok di antara kulit dan daging kiwi. Posisikan sendok menelungkup menghadap ke daging (lihat gambar).

  • Kuliti
Kuliti cara mengupas buah kiwi

* sumber: www.tasteofhome.com

Tekan sendol sambil diputar satu arah. Lakukan perlahan-lahan supaya kiwi tidak hancur. Ketika sendok sudah sampai di titik awal, Anda bisa mendorong daging kiwi keluar atau mungkin kulitnya akan terlepas sendiri setelah Anda selesai.

3. Menggunakan Pisau Sayur

  • Potong

Potong cara mengupas buah kiwi

Anda tahu pisau yang suka dipakai untuk mengupas kentang dan wortel? Nah, Anda bisa menggunakan pisau tersebut untuk menguliti kiwi juga. Pertama-tama, potonglah kedua sisi buah kiwi seperti di langkah sebelumnya.

  • Siapkan Alat
Siapkan Alat

* sumber: www.heb.com

Langkah selanjutnya, Anda kupas kulit kiwi seperti ketika Anda mengupas kentang. Jangan tekan buah keras-keras kalau tidak mau dagingnya rusak.

4. Rebus Kiwinya

  • Siapkan Panci

Siapkan Panci

Cara mengupas buah kiwi kali ini agak menantang karena Anda akan berkutat dengan api dan air panas. Merebus kiwi bukan berarti memasak kiwi hingga matang, ya. Teknik ini bertujuan untuk melunakkan kulit kiwi agar bisa dikupas dengan mudah menggunakan jari.

Untuk melakukannya, siapkan panci berisi air yang cukup untuk merendam keseluruhan buah kiwi. Setelah itu, didihkan air hingga mendidih.

  • Rebus Kiwi

Masukkan Kiwi

Sesudah air mendidih, masukkan kiwi. Biarkan kiwi selama 20 – 30 detik, lalu angkat. Celupkan kiwi pada air dingin atau air suhu ruangan. Kalau kiwi sudah agak mendingin, angkat dan tiriskan.

  • Kupas

Kupas cara mengupas buah kiwi

Seharusnya kulit kiwi sudah bisa dikupas dengan mudah walau Anda hanya menggunakan jari tangan saja. Kekurangan cara ini adalah tekstur buah kiwinya jadi sangat lunak, untuk Anda yang berekspektasi memakan buah kiwi yang krenyes-krenyes mungkin akan kecewa. Selain itu, tekstur buah juga jadi agak lembek sehingga tidak cantik lagi.

Perhatikan juga waktu perebusan, ya. Kiwi tidak boleh direbus terlalu lama karena nanti dagingnya jadi terlalu lunak. Kalau sudah terlanjur, kiwinya bisa Anda buat jadi selai saja.

5. Gunakan Gelas

  • Siapkan Gelas
Siapkan Gelas

* sumber: www.culinary.co.za

Ada yang berpendapat untuk mendapatkan bentuk kiwi yang sempurna, maka Anda bisa mengupas buah kiwi dengan menggunakan gelas. Anda bisa menggunakan gelas apa saja, asal ukurannya lebih besar dari kiwi, mulutnya lebar, dan dan pinggirannya tipis.

  • Belah Kiwi

Belah Kiwi 

Tahap ke-2 dalam mengupas buah kiwi menggunakan gelas adalah dengan membelah kiwi secara horizontal (memanjang). Jangan potong pendek (ditengah-tengah buah) karena bentuknya tidak sejajar dengan gelas.

  • Kupas
Kupas 

* sumber: www.rightthisminute.com

Cara mengupas buah kiwinya adalah dengan memposisikan ujung kiwi di atas tepi gelas. Pastikan tepi gelas berada pas di antara kulit dan daging kiwi. Selanjutnya, tekan dan dorong kiwi ke bawah. Daging kiwi akan jatuh masuk ke dalam gelas, sisa di tangan Anda hanya kulitnya saja yang siap dibuang.

6. Gunakan Kiwi Peeler/Slicer

  • Belah Kiwi
Belah Kiwi

* sumber: www.gettyimages.com

Ada cara mengupas buah kiwi yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menggunakan kiwi peeler atau pun kiwi slicer. Alat ini memang didesain khusus untuk mengupas dan mengeluarkan kiwi. Bahkan ada juga alat yang sekalian memotong kiwi supaya bisa langsung disajikan.

Untuk menggunakan alat ini, pertama-tama Anda belah dulu kiwinya. Anda bisa memotongnya secara horizontal (dari ujung atas ke bawah) maupun vertikal (tepat di tengah-tengah buah). Sesuaikan dengan bentuk kiwi peeler dan kiwi slicer yang Anda miliki.

  • Gunakan Alat
Gunakan Alat

* sumber: www.housebeautiful.com

Sekarang, Anda tinggal pakai alat yang telah Anda siapkan. Gambar yang di bagian atas adalah kiwi peeler, fungsinya untuk memisahkan daging kiwi dengan kulitnya. Kalau gambar di bawahnya adalah kiwi slicer, sambil memisahkan kulit dan daging kiwi, alat ini sekaligus memotong kiwi jadi empat bagian. Kiwi slicer mengubah pandangan orang-orang dari semua teknik pengupasan dan pemotongan kiwi menjadi lebih mudah.

  • Alat Kiwi Slicer
Alat Kiwi Slicer

* sumber: www.finedininglovers.com

Ada juga kiwi peeler yang bentuknya seperti ini. Alat dapur yang bagus ini biasanya dibuat dari kawat baja tahan karat yang fleksibel. Alat ini akan memisahkan kiwi dari kulitnya dengan cepat, bersih, dan efisien. Anda dapat mengupas kulit kiwi tanpa frustasi. Silakan kunjungi Bukalapak di link ini untuk membeli kiwi peeler.

Itulah beberapa cara mengupas buah kiwi dari Bacaterus. Sebenarnya, jika Anda tidak mau merusak buah ketika mengupasnya, Anda bisa memakan kiwi langsung bersama kulitnya. Cukup bersihkan kulit buah terlebih dahulu dan langsung makan buahnya. Nah, mana cara mengupas kulit kiwi yang paling Anda sukai?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment