Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 7 Cara Mengupas Bawang Putih Paling Cepat dan Mudah

7 Cara Mengupas Bawang Putih Paling Cepat dan Mudah

Ditulis oleh

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu dipakai untuk setiap hidangan. Mau memasak hidangan khas Nusantara, Western food, Chinese food, sampai Japanese food pasti menggunakan bawang putih. Akan tetapi, kegiatan mengupas bawang putih bisa memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda harus mengupas bawang putih dalam jumlah banyak.

Nah, bagi Anda yang ingin mengupas bawang putih secara lebih cepat, mudah, dan praktis, Bacaterus punya beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dengan 7 cara mengupas bawang putih ini dijamin lebih hemat waktu dan tidak terlalu melelahkan.

7 Cara Mengupas Bawang Putih

1. Gunakan Toples

Cara Mengupas Bawang Putih 1

Cara mengupas bawang putih yang satu ini sangat jarang digunakan karena kebanyakan orang menggunakan media pisau untuk mengupas kulit bawang putih satu persatu. Dengan menggunakan toples, Anda bisa membuang kulit bawang putih secara cepat, lho.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masukkan beberapa siung bawang putih ke dalam toples yang bisa ditutup rapat. Kocok toples tersebut secara kuat selama 15 detik. Setelah itu, buka penutup toples, pisahkan bawang putih yang kulitnya sudah mulai terkelupas. Jika masih ada kulit yang masih melekat, ulangi kembali cara ini sampai semua kulitnya terkelupas.

Solusi lain jika Anda tidak memiliki toples adalah menggunakan panci, dua buah mangkuk, atau wadah lain yang disertai dengan penutup. Benturan dari sisi wadah yang Anda pakai untuk mengocok bawang putih ini bisa membuat kulit bawang terkelupas dengan sendirinya.

2. Geprek Bawang Putih

Cara Mengupas Bawang Putih

Masih mengupas bawang putih dengan bantuan pisau? Boleh-boleh saja Anda tetap mempertahankan cara mengupas bawang putih menggunakan media pisau, hanya saja cobalah mengubah cara yang biasa Anda pakai. Kalau ada cara yang lebih praktis dan cepat, mengapa harus menggunakan cara yang lama?

Gunakan gagang pisau untuk menumbuk (geprek) satu siung bawang putih. Anda juga bisa menggunakan sisi mata pisau untuk menekan bawang putih agar sedikit hancur. Saat bawang putihnya hancur, kulitnya pun jadi lebih mudah terkelupas.

Saat menggeprek bawang putih, Anda tidak perlu menggepreknya terlalu keras. Cukup geprek bawang putih sampai kulitnya terkelupas sehingga mudah ditarik. Selain pisau, Anda bisa menggunakan benda tumpul lainnya, seperti uleg-uleg, talenan, sendok dan lainnya.

3. Rendam di Dalam Air

Cara Mengupas Bawang Putih

Tak banyak yang mengetahui cara mengupas bawang putih yang satu ini. Ya, Anda bisa menggunakan bantuan air untuk mengupas kulit bawang putih. Namun, jenis air yang dipakai harus air panas agar kulit bawang putih dapat terkelupas secara lebih cepat.

Sediakan wadah berisi air panas, lalu masukkan beberapa siung bawang putih ke dalam wadah tersebut. Diamkan bawang putih di dalam air panas selama 5 menit. Setelah itu, bawang putih bisa dikupas secara lebih mudah karena kulitnya tidak terlalu melekat pada bawangnya.

Cara untuk mengupas bawang putih yang satu ini hanya dipakai untuk mengupas bawang putih yang langsung dipakai untuk memasak. Jika Anda mengupas bawang putih untuk disimpan sebaiknya jangan menggunakan cara ini karena bawang yang sudah direndam di dalam air jadi lebih cepat busuk.

4. Potong Ujung Atas Bawang Putih

Cara Mengupas Bawang Putih 4

Mengupas bawang putih dengan menggunakan pisau merupakan cara tradisional yang banyak dilakukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan, Anda pun mungkin menggunakan pisau untuk mengupas bawang putih sehari-hari.

Tak ada yang salah dengan penggunaan pisau untuk mengupas bawang putih. Namun, Anda perlu mempelajari beberapa cara agar bawang putih bisa terkupas dengan sangat cepat.

Gunakan pisau untuk memotong ujung atas bawang putih. Setelah itu, Anda bisa mengupas seluruh kulit bawang putih secara lebih mudah. Cara yang satu ini sangat cepat dan efektif ketimbang mengupas bawang putih tanpa memotong ujung atasnya terlebih dahulu.

5. Bungkus dengan Kain Katun

Cara Mengupas Bawang Putih

Kain kok dipakai untuk mengupas bawang putih? Meskipun cara mengupas bawang putih dengan kain katun ini kurang begitu populer, tetapi cara ini sangat mudah, lho. Anda tidak perlu takut tangan teriris pisau jika mengupas bawang putih dengan bantuan kain katun.

Sediakan kain katun yang bersih dan tidak terpakai, bungkus satu siung bawang putih di dalam kain katun tersebut. Kemudian, ikat bagian atas kain dengan karet. Sesudah itu, gosokkan kain yang sudah diisi bawang dengan tangan Anda selama beberapa menit.

Ketika Anda membuka kain katun tersebut, maka Anda akan mendapati kulit bawang sudah terkelupas sebagian. Anda hanya perlu menarik kulit bawang dengan tangan tanpa perlu menggunakan media pisau.

6. Gunakan Microwave

Cara Mengupas Bawang Putih 6

Selama ini microwave dikenal untuk menghangatkan makanan. Namun ternyata ada manfaat lain dari microwave yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Ya, microwave bermanfaat untuk mempercepat proses pengupasan bawang.

Pertama-tama, pisahkan bawang putih dari tangkainya. Kemudian letakkan beberapa siung bawang putih ini di dalam sebuah wadah. Masukkan bawang putih ke dalam microwave selama beberapa detik saja. Kulit bawang putih akan rontok dengan sendirinya dan Anda hanya perlu membersihkan sisa-sisa kulitnya secara mudah. Yang paling penting, aroma bawang putih jadi lebih harum setelah dimasukkan ke dalam microwave.

7. Gunakan Mangkuk

Bawang Putih

Satu lagi cara untuk mengupas bawang putih yang cukup praktis dan bisa Anda coba di rumah. Hanya dengan bantuan mangkuk berukuran besar, Anda bisa mengupas kulit bawang putih secara lebih mudah, lho.

Letakkan beberapa siung bawang putih di atas meja, kemudian lumatkan bawang putih dengan bagian bawah mangkuk. Kulitnya memang masih melekat, tetapi Anda akan melihat bawah kulit bawang putih tersebut sudah mulai gampang dikupas.

Setelah itu, masukkan bawang putih yang tadi sudah ditekan dengan mangkuk ke dalam plastik bening. Ikat bagian atas plastik dan kocok bawang tersebut secara kuat. Kulit yang sebelumnya sudah terkelupas akan semakin rontok dari bawangnya. Setelah dikeluarkan dari plastik, cuci bawang putih dengan air bersih sebelum dipotong, dicincang, atau dimasak, ya!

Bagi Anda yang ingin mengupas bawang putih dalam jumlah banyak, Anda bisa membeli mesin khusus yang bisa mengupas bawang putih sebanyak mungkin. Mesin ini banyak dipakai di industri yang membutuhkan bawang putih dalam jumlah banyak. Tentu saja harga mesin pengupas bawang putih itu juga tidak murah.

Beragam cara mengupas bawang putih paling cepat dan mudah ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang masih mengupas bawang putih secara manual. Memasak jadi lebih praktis dan cepat selesai jika Anda mengupas bawang putihnya secara lebih cepat.

Sering mendapati bawang putih yang busuk? Mungkin Anda menyimpan dengan cara yang kurang tepat. Baca artikel cara menyimpan bawang yang benar agar persediaan bawang putih Anda tidak cepat busuk.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment