Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Minyak Biji Rami

Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Minyak Biji Rami

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2018

Biji rami terkenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti menyediakan protein dan serat dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, mengurangi nafsu makan sehingga bagus untuk diet, dan membantu mengendalikan berat badan. Tapi, biji rami lebih sering dikonsumsi sebagai minyak, bukan dalam bentuk utuhnya.

Minyak biji rami, juga dikenal sebagai minyak rami, dibuat dari biji rami yang telah digiling dan ditekan untuk melepaskan minyak alami mereka. Minyak yang mempromosikan kesehatan ini memiliki berbagai kegunaan, mulai dari untuk dikonsumsi hingga perawatan kulit.

Nah, pada artikel ini, Bacaterus akan mengeksplorasi beberapa manfaat utama dari minyak biji rami dan beberapa cara sederhana untuk menggunakannya. Sebelum membahas cara mengonsumsi minyak biji rami, ketahuilah beberapa manfaat minyak biji rami ini.

Manfaat Minyak Biji Rami

1. Tinggi Asam Lemak Omega-3

Tinggi Asam Lemak Omega-3 

Tidak hanya ikan saja ternyata yang tinggi kandungan asam lemak Omega-3, karena minyak biji rami juga memilikinya. Satu sdm (15 ml) minyak rami mengandung 7,196 mg Omega-3. Secara khusus, minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA), bentuk asam lemak omega-3 yang hanya diubah dalam jumlah kecil menjadi bentuk aktif omega-3, seperti EPA dan DHA.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup DHA dan EPA dalam makanan Anda, makan saja minyak biji rami. Soalnya, tubuh kita setidaknya membutuhkan 1.600 mg asam lemak Omega-3 ALA setiap harinya untuk pria, dan 1.100 mg untuk wanita. Hanya dengan 1 sdm minyak rami saja sudah memenuhi kebutuhan ALA harian Anda.

2. Mengobati Sembelit dan Diare

Mengobati Sembelit dan Diare cara mengonsumsi minyak biji rami

Siapa di sini yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan diare? Minyak rami dapat menyembuhkan penyakit sembelit dan diare Anda, loh! Penelitian pada hewan baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak biji rami bertindak sebagai pencahar untuk kelancaran sistem pencernaan, sambil sekaligus bertindak sebagai agen antidiare.

Studi lain yang telah meneliti 50 pasien sembelit pada hemodialisis baik minyak biji rami, minyak zaitun, dan minyak mineral. Dalam satu bulan, ternyata minyak biji rami-lah yang dapat meningkatkan frekuensi gerakan usus dan meningkatkan konsistensi tinja.

3. Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung

Manfaat minyak rami yang selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung. Tekanan darah tinggi dapat membahayakan kesehatan jantung. Karena, tekanan ekstra pada jantung sehingga memaksa untuk bekerja lebih keras. Baik penuaan dan peningkatan tekanan darah umumnya terkait dengan penurunan elastisitas. Nah, minyak biji rami dapat meningkatkan elastisitas arteri.

Semua berkat kandungan Omega-3 yang tinggi dalam minyak biji rami. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung, dengan manfaat lanjutan seperti mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

4. Memperkecil Pertumbuhan Sel Kanker

Memperkecil Pertumbuhan Sel Kanker

Selain baik untuk jantung, ternyata minyak rami juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian saat ini terbatas pada uji tabung dan penelitian pada hewan, ada beberapa bukti bahwa minyak biji rami dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Dalam satu penelitian pada hewan, tikus diberi 0.3 ml minyak biji rami selama 40 hari. Hasilnya, minyak rami ternyata dapat mencegah penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor paru-paru. Minyak biji rami juga terbukti dapat memblokir pembentukan kanker usus besar pada tikus. Lalu, penelitian tabung reaksi telah menghasilkan temuan serupa, minyak biji rami dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

* sumber: photodune.net

Manfaat minyak rami yang terakhir adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Telah dilakukan penelitian pada 13 wanita untuk mengonsumsi suplemen minyak biji rami selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, mereka mengalami peningkatan dalam kehalusan dan hidrasi kulit, sementara sensitivitas kulit terhadap iritasi menurun.

Itulah beberapa kebaikan minyak rami untuk tubuh jika Anda mengonsumsinya. Sekarang, Anda mungkin berpikir untuk mulai mengonsumsi minyak biji rami. Tapi, bagaimanakah caranya? Tidak perlu bingung, karena Bacaterus akan membahas cara mengonsumsi minyak biji rami sekarang.

Cara Mengonsumsi Minyak Biji Rami

1. Konsultasi pada Dokter

Konsultasi pada Dokter cara mengonsumsi minyak biji rami

Pertama-tama, sebelum Anda mulai mengonsumsi minyak biji rami, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Terutama jika Anda sedang dalam medikasi yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat tertentu. Soalnya minyak biji rami dapat berpengaruh pada beberapa obat, seperti obat pengencer darah, obat diabetes, dan statin penurun kolesterol.

2. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Ikuti Petunjuk Penggunaan

* sumber: www.thewellproject.org

Setiap produk minyak biji rami berkualitas pasti dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Biasanya petunjuk ini ditulis di label produk atau di kertas terpisah di dalam boks. Dalam petunjuk itu akan dijelaskan seberapa banyak dan sering Anda perlu mengonsumsi minyak biji rami.

Umumnya, dosis minyak rami yang dianjurkan adalah 1 sendok makan selama tiga kali sehari. Tapi, lihat lagi pada petunjuk penggunaannya karena siapa tahu setiap brand memiliki anjuran yang berbeda. Perlu Anda ketahui, kalau minyak biji rami yang dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan kulit berminyak, kulit berjerawat, dan bahkan tinja yang berminyak.

3. Dikonsumsi Langsung

Dikonsumsi Langsung cara mengonsumsi minyak biji rami

* sumber: vseozhivote.ru

Setelah membaca petunjuk penggunaan, Anda bisa langsung minum minyak rami tanpa tambahan apapun lagi. Mungkin akan terasa aneh pada awalnya, karena mindset kita berpikir kalau minyak itu dipakai untuk memasak atau untuk dressing. Tapi, jika sudah sering maka Anda akan terbiasa dengan sensasi minum minyak, kok.

4. Campur dengan Minuman

Campur dengan Minuman

* sumber: www.cookinglight.com

Cara mengonsumsi minyak biji rami yang selanjutnya selain diminum langsung adalah dicampurkan pada minuman. Jika Anda masih merasa geli kalau harus minum minyak secara langsung, atau Anda tidak suka rasanya, tambahkan saja minyak rami pada minuman Anda.

Minyak rami dapat dijadikan campuran air putih, teh, jus, dan lain-lain. Memang, minyak tidak akan bisa tercampur sempurna jika itu dengan air, tapi langkah ini dapat mengatasi masalah rasa.

5. Campur dengan Makanan

Campur dengan Makanan

* sumber: me.popsugar.com

Mengonsumsi minyak biji rami dengan makanan atau camilan juga dapat membantu menyingkirkan rasa minyak yang tertinggal pada mulut. Jadi, cara mengonsumsi minyak biji rami yang selanjutnya adalah dengan menuangkan minyak biji rami ke dalam makanan setelah dimasak, bukan saat masih dimasak, ya. Soalnya minyak rami tidak boleh dihangatkan apalagi dipanaskan.

Menghangatkan minyak rami akan menghilangkan manfaat dan nutrisinya, jadi kalau Anda minum percuma saja tidak ada khasiatnya. Anda bisa menjadikan minyak rami sebagai dressing salad, tambahan saus pasta, tambahan sambal, dan lain sebagainya.

6. Kapsul

Kapsul cara mengonsumsi minyak biji rami

Pertimbangkan juga mengonsumsi minyak biji rami dalam bentuk kapsul. Cara mengonsumsi minyak biji rami ini bisa menjadi alternatif kalau Anda sangat tidak suka dengan rasa minyak yang tertinggal di mulut Anda. Ada, kok, minyak biji rami yang sudah berbentuk kapsul. Jadi Anda seperti sedang minum vitamin biasa kalau bentuknya seperti ini, kan?

7. Mengonsumsi Biji Rami Utuh

 Mengonsumsi Biji Rami Utuh

* sumber: www.popsugar.com

Selain yang berbentuk minyak, Anda bisa juga mengonsumsi biji rami secara langsung, loh. Belilah biji rami yang kualitasnya bagus. Ada dua jenis biji rami, yaitu yang berwarna cokelat dan emas. Harga kedua biji rami ini biasanya berbeda, tapi untuk ukuran nutrisi sebenarnya sama saja.

Untuk mengonsumsi biji rami, Anda perlu menggilingnya terlebih dahulu menggunakan food processor atau mesin penggilingan kopi juga bisa. Biji rami yang sudah berbentuk bubuk lebih mudah dikonsumsi dan ditambahkan pada aneka makanan atau minuman daripada yang masih berbentuk utuh. Biji rami giling juga jauh lebih mudah dicerna daripada biji yang utuh.

Ingin membeli biji rami? Anda bisa langsung kunjungi Bukalapak di link ini.

8. Simpan di Kulkas

Simpan di Kulkas

* sumber: www.realsimple.com

Supaya minyak biji rami atau kapsul biji rami Anda lebih awet, simpan di dalam lemari es dalam wadah bersegel. Soalnya minyak dapat bereaksi jika disimpan di udara terbuka dan berubah jadi tengik. Dengan menyimpannya di dalam kulkas, maka kualitas dan masa konsumsinya jadi jauh lebih kuat.

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara mengonsumsi minyak biji rami. Walaupun tidak sebeken minyak zaitun dan virgin coconut oil, ternyata minyak rami memiliki manfaat yang tak kalah bagus buat tubuh. Yuk, konsumsi minyak biji rami sekarang juga! Anda dapat membeli minyak biji rami berkualitas secara online di Bukalapak dengan mengakses link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment