Bacaterus / Lidah Buaya / Cara Membersihkan dan Mengonsumsi Lidah Buaya dengan Aman

Cara Membersihkan dan Mengonsumsi Lidah Buaya dengan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Lidah buaya benar-benar tanaman yang luar biasa. Mungkin Anda belum tahu, tapi lidah buaya merupakan tanaman sukulen dan merupakan bagian dari keluarga Liliaceae, keluarga yang sama dengan bawang putih dan bawang merah.

Lidah buaya mengandung lebih dari 200 komponen aktif termasuk vitamin, mineral, asam amino, enzim, polisakarida dan asam lemak. Jadi, tidak heran jika lidah buaya banyak digunakan untuk berbagai macam obat. Lidah buaya berbentuk daun yang berisi zat seperti gel bening dengan kadar air 99%.

Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dengan cara dibuat minuman atau makanan, tapi kalau Anda mau memakannya langsung juga tidak apa-apa, asal disiapkan dengan cara yang benar. Bagaimana cara mengonsumsi lidah buaya? Bacaterus akan memberi tahu Anda sekarang.

Persiapan Sebelum Mengonsumsi Lidah Buaya

Sebelum ke cara mengonsumsi lidah buaya, pastikan Anda tahu persiapan sebelum Anda memakan lidah buayanya. Bagaimana mempersiapkan lidah buaya agar siap dikonsumsi?

1. Ketahui Bagian Aloe yang Bisa Dikonsumsi

* sumber: livingfreshdaily.com

Sebelumnya, mari ketahui terlebih dahulu bagian mana saja dari lidah buaya yang bisa dikonsumsi. Ya, aloe vera itu ada bagian-bagiannya. Yang pertama, bagian terluarnya adalah daun yang keras dan berwarna hijau. Bagian ini tidak bisa dimakan dan rasanya pahit.

Lalu ada bagian kuning yang melapisi antara daging dan daun lidah buaya. Bagian kuning ini sangat tipis tapi cukup jelas terlihat. Nah, Anda sebaiknya menghindari getah kuning di antara daging yang transparan dan kulit yang berwarna hijau itu.

Nah, bagian yang berwarna bening dan kenyal-kenyal itulah yang bisa Anda makan. Itu adalah daging lidah buaya. Walaupun tidak memiliki rasa yang signifikan, teksturnya menyenangkan di mulut, seperti jelly.

2. Beli Lidah Buaya

* sumber: www.realfoods.co.uk

Nah, langkah selanjutnya adalah membeli lidah buaya di pasar atau di supermarket, yang jelas belilah lidah buaya untuk dikonsumsi. Kenapa? Bagaimana dengan lidah buaya di pekarangan rumah? Jadi, tidak semua lidah buaya aman dikonsumsi.

Sayangnya, kebanyakan tanaman lidah buaya yang ditanam di rumah itu berguna sebagai hiasan, atau dipergunakan untuk kecantikan kulit dan rambut, bukan untuk dimakan.

Lidah buaya yang aman dikonsumsi adalah yang ukurannya besar-besar. Walaupun begitu, tak semua supermarket menyediakan helaian daun lidah buaya segar seperti ini. Anda mungkin perlu mengunjungi toko bahan makanan organik untuk bisa menemukannya.

3. Cuci Bersih Daun Aloe

* sumber: indiancookingmanual.com

Walaupun yang dimakan adalah daging di bagian dalamnya, tetap saja Anda harus mencuci daun lidah buaya terlebih dahulu sebelum eksekusi. Karena bakteri dan kotoran yang ada di daun bisa berpindah ke dagingnya ketika kita mengupasnya menggunakan pisau yang sama, betul?

4. Buang Ujung Daun yang Tajam

* sumber: indiancookingmanual.com

Untuk mempermudah, pertama-tama buanglah bagian daun yang berduri tajam. Caranya sangat mudah, cukup beri sayatan dari ujung daun yang besar (yang dekat akar), lalu terus lebarkan sayatan Anda hingga ujung daun. Tidak sulit melakukannya karena daging lidah buaya itu berlendir, sehingga memudahkan proses pemotongan daunnya.

5. Buang Daun Lidah Buaya

* sumber: indiancookingmanual.com

Ya, sama seperti bagian berduri, daun lidah buaya juga tak bisa kita makan. Kalau Anda melihat YouTuber yang mukbang makan lidah buaya beserta daun-daunnya, jangan ditiru, ya. Mereka cuma cari sensasi saja. Selain memang tidak dianjurkan dimakan, rasa daunnya tidak enak! Gunakan pisau untuk mengiris daun yang terbuka di sepanjang sisi yang sama

6. Scoop Daging Aloe

* sumber: pamfleti.net

Ini adalah langkah yang paling menyenangkan, yaitu mengerok daging lidah buaya. Langkah ini dilakukan jika Anda tidak mengupas seluruh daun lidah buaya, melainkan hanya satu sisinya saja yang dibuang.

Kerok daging, tapi jangan sampai terlalu dekat dengan daunnya karena di situ ada lapisan kuning yang sebaiknya tidak Anda makan. Tapi, kalau Anda mau potongan lidah buayanya rapi, sebaiknya buang semua daun menggunakan pisau saja.

7. Cuci Daging Aloe

* sumber: www.superfoodevolution.com

Sebelum bisa dikonsumsi, daging lidah buaya harus dicuci bersih terlebih dahulu. Cucilah di bawah air mengalir untuk membersihkan lendir lidah buaya, begitu pula dengan debu dan kotoran yang mungkin menempel.

8. Potong Sesuai Selera

* sumber: wholesales.ibtnetwork.com

Selesai! Lidah buaya sudah siap Anda santap mentah-mentah atau pun dijadikan kudapan lainnya. Anda bisa memotong-motong daging lidah buaya sesuai selera.

Resep Lidah Buaya

Aloe vera memang tidak memiliki rasa yang manis atau pun asam seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya. Daging lidah buaya justru cenderung agak pahit atau malah hambar.

Tapi, mengonsumsinya sangat baik untuk tubuh kita, sehingga tak ada salahnya Anda mencoba memasukkan lidah buaya ke makanan atau minuman sehari-hari. Jika Anda belum terbiasa dengan rasa lidah buaya mentah, coba cocol dengan hummus atau saus favorit Anda. Atau, Anda bisa juga mengikuti resep-resep ini.

1. Aloe Vera Juice

* sumber: livingfreshdaily.com

Ya, aloe vera enak juga dijadikan jus atau smoothie. Anda bisa saja memblender lidah buaya dengan air, dan itu sudah jadi jus yang siap minum.

Tapi, kalau mau lebih enak coba campurkan lidah buaya dengan jus jeruk atau air kelapa, atau mungkin dengan menambah sedikit perasan air lemon pada jus lidah buaya bisa meningkatkan rasanya. Anda bisa juga menambah pemanis seperti gula, madu, atau bahkan kurma.

2. Aloe Salad

* sumber: howdaily.com

Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk menyegarkan tubuh dan kulit Anda, cobalah resep salad lidah buaya ini. Salad ini sangat cocok dimakan untuk kita yang tinggal di daerah tropis. Perpaduan udang dan ubur-ubur yang renyah, ditambah kekenyalan yang syahdu dari lidah buaya, dan rasa asam manis dari mangga merupakan surga tropikal. Resep selengkapnya bisa Anda tiru di sini, ya.

3. Salsa Lidah Buaya

* sumber: simpleealoe.com

Salsa adalah saus pedas ala Meksiko. Salsa cocok dimakan bersama nacho, keripik, dan aneka daging barbeque. Biasanya kalau Anda bakar-bakaran paling dicocol dengan saus pedas kemasan, kan? Sekali-kali cobalah cocol bbq Anda menggunakan salsa, dan rasakan sensasi yang berbeda.

Karena sekarang kita sedang membahas resep lidah buaya, tentu salsanya akan kita tambah daging lidah buaya juga. Dan, rasanya sangat pas! Anda bahkan akan mendapatkan asupan aloe harian Anda tanpa terasa “terpaksa”.

Ini merupakan ide yang bagus juga untuk orang-orang di sekitar Anda yang merasa jijik kalau disuruh makan lidah buaya, karena di salsa ini lidah buayanya ngumpet, hihi. Yuk, ikuti resepnya di artikel ini!

4. Kuvar Pak

* sumber: www.archanaskitchen.com

Kuvar pak adalah resep otentik dari Gujarat, negara bagian paling barat India. Ini mirip seperti burfi, karena dibuat dari susu. Bedanya, ini mengandung lidah buaya. Kuvar pak mengandung bahan utama yang banyak diteliti dan bermanfaat, yaitu lidah buaya.

Rasa manisnya dibuat dari ekstrak lidah buaya atau susu lidah buaya. Jika Anda ingin mencoba sensasi makan lidah buaya yang unik, manis, dan enak, sebagai permen atau pun sebagai dessert, buatlah kuvar pak di rumah. Anda bisa melihat resepnya di sini, ya.

5. Aloe Vera Coffee Latte

* sumber: www.coffeesalad.com

Terakhir, dan mungkin yang paling tidak terpikirkan oleh siapa saja, adalah aloe vera coffee latte. Ya, Anda bisa menambahkan lidah buaya pada kopi atau pun teh Anda. Kopi lidah buaya ini bisa Anda buat di rumah tanpa pembuat kopi dan pembuat espresso. Lihat resepnya di artikel ini.

Anda dapat menyimpan daun lidah buaya selama 10-15 hari pada suhu kamar, atau dari 20-25 hari di dalam lemari es. Walaupun tentu lebih baik jika lidah buaya dikonsumsi sesegera mungkin. Namun, gel lidah buaya yang sudah diekstraksi akan terdegradasi dengan cepat, jadi sebaiknya sekali dibuat langsung habis dikonsumsi. Atau kalaupun disimpan di kulkas, paling lambat konsumsi setelah 4 hari.

Jika gel lidah buaya sudah tidak layak konsumsi, Anda bisa menggunakannya sebagai losion, krim cukur, masker wajah, masker rambut, atau obat luar sejenisnya. Perlu diperhatikan, beberapa orang mungkin saja alergi pada lidah buaya. Jadi, jika timbul efek samping yang negatif, hentikan konsumsi lidah buaya dan segera menghubungi dokter, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *