Bacaterus / Bahan Dapur / Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Kayu Manis yang Enak

Inilah Manfaat dan Cara Mengonsumsi Kayu Manis yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Kayu manis tersedia dalam bentuk serpihan kayu dan juga bubuk. Bahan ini bisa ditambahkan ke makanan maupun minuman sehari-hari, seperti smoothie, yogurt, kue, sarapan oatmeal, dan bahkan teman makan nasi yang lezat seperti kari.

Untuk orang yang jarang memasak atau yang jarang mengonsumsi kayu manis mungkin terheran-heran mendengarnya, ternyata banyak juga kudapan yang bisa ditambahkan kayu manis. Bumbu ini akan memberikan kehangatan, kedalaman dan rasa manis alami pada setiap kudapan.

Tapi, sebelum membahas bagaimana cara asyik mengonsumsi kayu manis, banyak yang belum tahu sebenarnya bumbu ini bagus untuk kesehatan tubuh. Cinnamon, alias kayu manis, berasal dari lapisan dalam kulit pohon varietas cemara genus Cinnamomum.

Selain memberikan rasa hangat, manis dan gurih, kayu manis juga memiliki klaim manfaat kesehatan seperti menstabilkan gula darah, sifat anti-inflamasi, serta perlindungan terhadap radikal bebas dan bakteri. Info tentang manfaat kayu manis selanjutnya silakan disimak di bawah ini.

Manfaat Kayu Manis

Nah, kalau Anda masih enggan mengonsumsi kayu manis, sebaiknya pertimbangkan kembali karena kayu manis punya sejumlah manfaat, seperti:

1. Mengurangi Peradangan

* sumber: biospicecart.com

Kandungan antioksidan di dalam kayu manis memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, penurunan fungsi otak dan masih banyak lagi. Ada lebih dari tujuh jenis senyawa flavonoid sendiri di dalam kayu manis, yang sangat efektif memerangi tingkat peradangan berbahaya di seluruh tubuh.

2. Membantu Melawan Infeksi

* sumber: www.healthline.com

Kayu manis, lebih tepatnya minyak esensial kayu manis, memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rempah-rempah ini merupakan antimikroba, antibiotik, anti-jamur dan agen antivirus alami.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

* sumber: www.tasteofhome.com

Kayu manis telah terbukti mengurangi beberapa faktor risiko yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Itu termasuk menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Beberapa cara kayu manis dalam membantu kesehatan jantung adalah dengan meningkatkan aliran darah koroner dan menekan kolesterol total serum, trigliserida dan fosfolipid.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

* sumber: biospicecart.com

Senyawa alami yang ditemukan dalam kayu manis, yaitu kromium dan polifenol, telah terbukti meningkatkan cara tubuh bereaksi terhadap insulin. Kayu manis membantu menurunkan kadar gula darah dan dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap hormon insulin, yang merupakan hormon vital untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda seimbang.

5. Membantu Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

* sumber: keralaspicesonline.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, kayu manis telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga rempah-rempah ini juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.

Senyawa yang ditemukan di kayu manis memiliki efek yang sama pada pensinyalan insulin dan kontrol glukosa. Kayu manis dianggap mampu mengurangi kadar gula darah, sehingga dapat membantu diabetes tipe 2 atau yang memiliki fluktuasi gula darah.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang terdapat pada kayu manis. Nah, jika Anda ingin tahu manfaat selengkapnya, kami pernah membahasnya secara khusus dalam artikel Manfaat Kayu Manis ini.

Cemilan dari Kayu Manis

Ya, itu tadi beberapa manfaat dari kayu manis. Sekarang Bacaterus akan memberi tahu Anda cara-cara mengonsumsi kayu manis yang enak dan lezat. Yuk, dilihat ada apa saja!

1. Cinnamon Roll

* sumber: www.foodnetwork.com

Gulungan kayu manis, atau cinnamon roll, adalah sebuah roti gulung manis yang sangat digemari di negara-negara seperti Eropa Utara, Amerika Utara, Swedia, Denmark dan Finlandia. Cinnamon roll biasa disajikan sebagai sarapan.

Saking bekennya, ada toko yang khusus menjual cinnamon roll di Amerika, yaitu Cinnabon. Buat Anda yang belum terbiasa mengonsumsi kayu manis bisa memakannya dalam versi roti seperti ini, karena rasa kayu manisnya tidak terlalu kentara.

2. Apel Kayu Manis

* sumber: myheavenlyrecipes.com

Ingin snack yang muda dan cepat dibuat? Potong apel lalu beri taburan kayu manis! Makanan ini cocok untuk diet, disajikan untuk seluruh keluarga, atau pun untuk bekal anak-anak ke sekolah. Apel kayu manis ini bisa langsung dinikmati, atau dipadukan dengan es krim vanilla, whipped cream, bahkan disajikan dengan makanan gurih seperti ham atau babi.

Bahan yang dibutuhkan: 2 sdm mentega, 4 buah apel ukuran sedang (dikupas dan dipotong dadu), 1 sdm gula dan 2 sdm bubuk kayu manis. Pertama-tama, cairkan mentega di dalam teflon ukuran besar. Tambahkan apel, aduk agar semua apel terlapisi mentega. Taburkan gula dan bubuk kayu manis, aduk rata. Masak apel menggunakan api sedang selama 8 menit atau sampai apel jadi lunak. Sajikan!

3. Cinnamon Spread

* sumber: pagingsupermom.com

Terinspirasi dari cinnamon toast a.k.a roti bakar kayu manis, sekarang ada cara mudah menikmatinya, yaitu cinnamon spread. Serius, deh, membuat roti bakar cinnamon membutuhkan tenaga dan waktu! Belum mengocok telurnya, belum menggoreng rotinya, huft.

Tapi, dengan cinnamon spread, Anda tinggal oles-oles saja dan roti pun siap dimakan. Selai kayu manis ini juga bisa disimpan dalam waktu yang lama, jadi lebih hemat dan praktis.

Bahan:

  • 1/4 cangkir (55 gr) mentega, lunakkan dengan cara menyimpannya di suhu ruangan
  • 1/4 cangkir (50 gr) gula merah
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Roti

Dalam mangkuk kecil, campur mentega, gula merah, kayu manis dan pala. Panggang roti jika diinginkan, olesi dengan dengan cinnamon spread. Nikmati dengan susu hangat!

4. Cinnamon Creamy Soup

* sumber: foodiesisters.blogspot.com

Ya, walaupun namanya kayu manis, rempah ini bisa dibuat menjadi masakan asin juga. Base sup ini adalah jagung! Rasa supnya creamy, rasanya ringan dan teksturnya halus, semua keluarga Anda pasti suka. Beri tambahan sup jagung ini sedikit bubuk kayu manis untuk meningkatkan rasanya. Untuk membuat sup jagung manis dan kayu manis, Anda membutuhkan:

  • 2 kemasan jagung manis kalengan, tiriskan
  • 3 sdm mentega
  • 1 bawang bombai, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 cabai, iris
  • 2 cangkir kaldu sayuran
  • 200 gr keju lembek/cream cheese

Dalam wajan, panaskan 3 sendok makan mentega. Tumis bawang bombai lalu bawang putih. Tambahkan jagung manis, kayu manis dan cabai. Setelah tercium sedikit harum, tambahkan 2 cangkir kaldu. Biarkan mendidih dengan api kecil-ke-sedang selama 10 menit. Angkat wajan dan campurkan sup dengan keju. Jika sudah tercampur, blender sup hingga teksturnya halus.

5. Cinnamon Oatmeal Latte

* sumber: www.howsweeteats.com

Memang, kayu manis itu paling enak dijadikan minuman. Apple cinnamon oatmeal latte adalah cara terbaik untuk mendapatkan sarapan (sekaligus doping kafein pagi) Anda. Rasa apel kayu manis membawa latte ini ke tingkat selanjutnya! Siapkan bahan-bahannya.

  • 1 cangkir (90 gr) old fashioned oat alias rolled oat
  • 625 ml whole milk atau susu murni
  • 1 apel, parut
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm gula merah
  • 1/2 sdt kayu manis
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 2 atau espresso shot yang baru diseduh
  • granola pepita (biji labu) atau kacang untuk topping

Masukkan oat dan 1½ cangkir susu dalam panci, masak di atas api rendah-sedang. Tambahkan garam dan kayu manis, aduk agar tercampur rata. Sementara itu, froth (buih) atau kukus sisa 1 cangkir susu. Tambahkan sekitar 3/4 cangkir susu berbuih hasil frothing atau kukusan ke campuran oat.

Masukkan apel parut. Masak sambil terus diaduk-aduk. Jika oat sudah jadi super lembut, dan apel sudah lunak, angkat panci dari api. Aduk lagi dengan sisa susu, beri gula merah dan ekstrak vanila juga. Bagi oat menjadi dua gelas. Sendokkan oat dalam jumlah yang sama, lalu beri espresso shot. Beri topping granola dan cinnamon bubuk. Nikmati selagi hangat!

Selesai sudah bahasan tentang cara mengonsumsi kayu manis serta beberapa manfaat hebat dari kayu manis. Nah, jika Anda punya ide lain agar kayu manis bisa dikonsumsi lebih enak, bisa beri saran di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *