Bacaterus / Bahan Dapur / Inilah 7 Cara Mengonsumsi Cuka Apel yang Sehat dan Lezat

Inilah 7 Cara Mengonsumsi Cuka Apel yang Sehat dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Apple cider vinegar (ACV) alias cuka sari apel adalah salah satu bahan makanan yang digilai orang-orang masa kini. Melihat manfaatnya yang begitu banyak, memang tidak mengherankan mengapa. Selain bisa dijadikan berbagai kudapan, ACV juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Bisa dibilang Apple Cider Vinegar ini sumber dari segala obat ala rumahan. Ketika membutuhkan energy boost? ACV ada untuk Anda. Ingin mengontrol gula darah dan mendukung penurunan berat badan? ACV akan membantu Anda! Rambut kusam dan kulit berjerawat? Pakai ACV saja!

Banyak sekali kegunaan cuka apel ini, ya? Tapi, sekarang Bacaterus akan fokus pada bagian di mana ACV bisa dikonsumsi saja. Yang perlu Anda perhatikan adalah, Apple Cider Vinegar tidak bisa langsung dikonsumsi. Bahan ini harus dicampur dengan bahan lainnya, seperti jus lemon atau bahkan minyak zaitun. Berikut adalah 7 cara mudah mengonsumsi cuka apel untuk meningkatkan kesehatan Anda.

1. Jamu

* sumber: www.eatingwell.com

Tonic, atau bisa dibilang jamu dalam bahasa kita. Tonik ACV ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Rasa asam cuka sari apel dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan merasa lebih puas (kenyang lebih lama).

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Jahe dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Sirup maple menambahkan sentuhan manis alami pada minuman ini.

Campurkan semua bahan-bahan di atas dan nikmati. Tambahkan tonik ini ke dalam diet Anda selain makanan bergizi dan berolahraga untuk membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda.

Bahan:

  • 1 cangkir teh hijau yang baru diseduh, dinginkan
  • 1 sdm cuka sari apel
  • 1 sdt sirup maple murni
  • 1 sdt jahe segar parut
  • Potongan buah lemon (opsional)

2. Sore Throat Remedy

* sumber: www.newmobility.com

Sakit tenggorokan? Jangan melulu bergantung pada obat kimia, kita buat “obat” alami dari ACV, yuk! Memang, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa madu, teh dan ACV akan sepenuhnya menghilangkan sakit tenggorokan.

Tapi, teorinya adalah dengan sifat antibakteri dan antivirus-nya, Apple Cider Vinegar bekerja untuk melawan bakteri sementara madu dapat membantu menekan batuk dengan melapisi dan menenangkan tenggorokan. So, it worth the shot, eh?

Ada 3 cara untuk mencobanya:

  1. Dalam satu cangkir besar air hangat, campur 1 sendok makan Apple Cider Vinegar dengan 2 sendok makan madu untuk tonik tenggorokan.
  2. Untuk rasa yang lebih enak, cobalah teh jahe dengan 1-2 sdt ACV, madu, dan minyak kelapa murni.
  3. Kalau yang satu ini tidak untuk dikonsumsi. Berkumur lah dengan 1-2 sdt ACV + air garam hangat selama 20-30 detik dua sebanyak tiga kali sehari. Ingat, jangan ditelan, ya!

Jika sakit tenggorokan Anda berlanjut selama berhari-hari, Anda harus mengunjungi dokter. Tenaga medis ahli akan meresepkan antibiotik jika terjadi infeksi bakteri pada tenggorokan Anda.

3. Immune Booster Drink

* sumber: www.popsugar.com.au

Apple Cider Vinegar bisa menjadi minuman peningkat imunitas Anda. Sulap ACV dan madu menjadi minuman sederhana tapi bermanfaat. Tubuh Anda akan terasa lebih fit di cuaca ekstrim sekalipun. Anda akan melupakan morning coffee shot setelah mengetahui manfaat immune booster drink dari ACV.

Siapkan:

  • 2 gelas air biasa
  • 4 sdm cuka sari apel
  • 1/4 sdt madu

Anda bisa menggunakan air biasa, tapi dengan menggunakan sparkling water, minuman ini jadi terasa seperti mocktail alih-alih minuman “obat”. Campurkan semua bahan-bahan hingga madu larut. Lebih enak disajikan dingin dengan es batu, enjoy!

4. Energy Boost Tea

* sumber: www.healthline.com

Energy boost drink juga bisa dibuat dari “teh”. Asam asetat di dalam Apple Cider Vinegar sangat bagus untuk pembakaran lemak dan penambahan energi. Menggabungkan 2 sendok makan ACV, 2 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan kayu manis, dan sejumput cabai rawit (ya, cabai rawit!) ke dalam segelas air hangat.

Tidak perlu diminum kalau Anda tidak suka rasanya. Tapi, dihirup juga tak apa. Dengan menghirup larutan ini dapat mencegah Anda meraih minuman yang lebih berat atau makanan ringan (snack) pada pagi hari ketika Anda membutuhkan dorongan energi yang paling maksimal.

5. Detox Smoothie

* sumber: deliciouslysprinkled.com

Apple cider vinegar bisa disulap jadi smoothie juga. Green detox smoothie ini merupakan cara mudah untuk mendapatkan banyak nutrisi ketika Anda lupa makan sayuran. Smoothie ini akan mendetoksifikasi sistem Anda dan akan membuat Anda merasa LUAR BIASA!

  • 1 sendok makan cuka sari apel
  • 1 sdm sari jeruk nipis
  • 1 sdm madu
  • 1 cup vanilla Greek yogurt
  • 1 buah alpukat
  • 1 buah pir
  • 15 buah anggur hijau
  • 2 genggam bayam segar
  • 1/2 gelas es batu

Blender semuanya sampai halus, dan nikmati jus sehat nan enak ini!

6. Savoury Muffin

* sumber: www.goodfood.com.au

Siapa bilang cuka apel cuma bisa jadi minuman asam saja? Nyatanya ACV bisa Anda masukkan juga ke adonan pastry. Muffin ini bebas tepung + ada sayuran tersembunyinya! Cocok buat menu anak-anak yang susah makan sayur. Oh, ya, muffin-nya yang asin/gurih, bukan muffin manis pada umumnya. Jadi, selain mengandung sayuran bisa ditambah bacon juga. Yum! Intip resepnya di artikel ini.

7. Salad Dressing

* sumber: www.fermentedfoodlab.com

ACV enak banget jika dijadikan salad dressing. Bahkan, saus salad dari ACV ini akan membantu Anda menyerap serat dengan lebih baik lagi. Berkat sifat antibakteri ACV, salad dressing ini akan memberikan bantuan untuk masalah usus umum yang dapat disebabkan oleh bakteri seperti diare, misalnya.

Sebagai makanan fermentasi, ACV juga mengandung probiotik yang membantu mengatur pencernaan sehat secara keseluruhan. Memasangkan saus berbasis Apple Cider Vinegar dengan sayuran salad berfungsi ganda untuk pencernaan Anda, karena serat dalam sayuran dan probiotik di Apple Cider Vinegar dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara lebih baik. Bahan yang dibutuhkan:

  • 4 sdm minyak zaitun extra virgin
  • 2 sdm cuka sari apel
  • 3 sdm ragi (nutritional yeast)
  • 1 buah lemon, peras
  • ¼ sdt garam laut Himalaya. Beli Himsalt online di Bukalapak via tautan berikut

Campurkan semua bahan dalam wadah atau toples kecil. Tutup toples dan kocok sampai bahan tercampur rata. Tuangkan pada salad favorit Anda. Enjoy!

Dari resep-resep di atas Anda tidak menemukan cara mengonsumsi ACV secara langsung, bukan? Karena memang itu tidak diperbolehkan.

Meminum ACV tanpa mengencerkannya dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda. ACV sangat asam, sehingga bisa merusak enamel gigi, kerongkongan, bahkan lapisan perut apalagi jika Anda sering mengonsumsinya. Untuk itu, selalu larutkan ACV setiap kali dikonsumsi, atau gunakan resep-resep di atas.

Lalu, jangan terpatok pada resep “2 sdm ACV.. 1 cup ACV..”, tidak. Tapi, cobalah sedikit demi sedikit. Lihat kondisi tubuh Anda, apakah bisa menerima Apple Cider Vinegar dengan baik atau tidak.

Jika sudah terbiasa, tingkatkan volume ACV mulai dari 1 sdm hingga 2 sdm setiap kali membuat resep. Jika Anda masih gugup untuk mengonsumsi ACV, bisa konsultasi terlebih dahulu pada dokter.  Belum punya Apple Cider Vinegar? Beli di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *