Bacaterus / Bawang / Inilah 8 Cara Mengonsumsi Bawang Putih yang Enak Tanpa Bau

Inilah 8 Cara Mengonsumsi Bawang Putih yang Enak Tanpa Bau

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Bawang putih, orang-orang mungkin tak mau memakannya mentah-mentah, bahkan mengaku tak suka bawang putih. Tapi, tak bisa dipungkiri kalau hampir 90% makanan, apalagi kuliner Nusantara, itu mengandung bawang putih? Tentu jika sudah di”sembunyi”kan di dalam masakan, rasa bawang putihnya tak terlalu kentara, dan orang-orang pun bisa memakannya dengan lahap.

Bawang memiliki rasa yang kuat. Sejak zaman dulu, bawang sudah digunakan untuk mempersedap aneka makanan. Sebut saja tumisan, sop, kari, pasta, saus, bahkan topping pizza!

Selain bisa meningkatkan cita rasa kudapan, bawang juga memiliki manfaat di sisi kesehatan seperti mengobati beberapa penyakit yang paling umum, flu dan batuk. So, kalau Anda ingin tahu cara mengkonsumsi bawang putih, ikuti ide-ide yang telah Bacaterus kumpulkan di bawah ini.

1. Saus Bawang Putih

* sumber: www.foodnetwork.ca

Sayuran berbentuk umbi ini bisa disulap menjadi saus yang lezat. Saus bawang ini cocok dipasangkan dengan daging panggang bahkan roti bakar. Saus yang harumnya menggugah selera ini membutuhkan sekitar 30 siung bawang putih.

Bahan-bahan lainnya adalah: 3 sdm minyak zaitun, 1 sdm extra virgin olive oil, ½ cangkir (30 siung) bawang putih cincang, 1 tangkai rosemary segar, ¼ sdt garam kosher, 80 mL cuka balsamik putih, ¼ sdt merica putih segar (yang baru digiling). Resepnya baca di sini, ya.

2. Garlic Crouton

* sumber: natashaskitchen.com

Crouton adalah roti (sering dipotong dadu) yang dibumbui. Crouton digunakan untuk menambah tekstur dan rasa pada salad, sebagai pendamping sup dan semur, atau dimakan sebagai makanan ringan. Dan, crouton sangat cocok dipadukan dengan bawang putih! Selain bisa dimakan langsung, roti ini bisa Anda simpan juga di lemari es untuk dikonsumsi kemudian hari.

Bahan untuk crouton bawang putih:

  • 640 gr roti, potong kubus
  • 2 sdm unsalted butter (mentega tawar)
  • 2 sdm minyak zaitun extra virgin
  • 2 siung bawang putih sedang, geprek
  • 1 sdm peterseli segar, cincang halus (atau 1 sdt peterseli kering)
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada hitam yang baru ditumbuk

Cara membuat crouton bawang putih renyah:

  1. Dalam wajan saus kecil, campur 2 sdm mentega, 2 sdm minyak zaitun extra virgin, 2 siung bawang putih, 1 sdm peterseli cincang dan 1/2 sdt merica. Panaskan di atas api sedang sampai mentega cair, aduk-aduk.
  2. Potong-potong roti jadi dadu. Kalau Anda menggunakan roti dengan pinggiran, jangan dibuang! Karena bagian pinggiran itu menciptakan extra crispy.
  3. Pindahkan roti dadu ke mangkuk besar. Percikkan minyak zaitun yang sudah berbumbu tadi di atas potongan roti, aduk sampai setiap roti memiliki lapisan minyak yang merata.
  4. Sebarkan roti pada loyang, lalu panggang pada suhu 375˚F selama 18-20 menit sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah (sekitar 20 menit). Sajikan dengan sup hangat atau bisa jadi camilan juga.

3. Udang Bawang Putih

* sumber: www.foodnetwork.ca

Udang digoreng saja sudah enak, apalagi kalau ditambah bawang putih, yum! Udang ini digoreng dengan bawang putih dan parmesan. Anda hanya membutuhkan waktu memasak kurang dari 10 menit untuk membuat masakan ini. Garlic parmesan shrimp ini sempurna untuk makan siang yang ringan, cocok dipadukan dengan roti, nasi atau kentang.

Dalam mixing bowl ukuran sedang, campur minyak zaitun, garam, merica, oregano, bawang putih, kulit lemon dan kemangi cincang. Tambahkan udang dan parmesan, aduk rata dengan tangan.

Panaskan wajan dengan api besar, tuang udang dan masak setiap sisi nya sampai berwarna merah muda (memakan waktu sekitar 3-4 menit). Angkat udang dari api dan beri perasan lemon di atasnya. Topping lagi dengan parmesan. Sajikan dengan roti panggang, kentang goreng, atau nasi hangat.

4. Garlic Aïoli

* sumber: cookieandkate.com

Aïoli atau aoli ​​adalah saus Mediterania yang dibuat dari bawang putih dan minyak zaitun. Di beberapa daerah lainnya, aïoli menggunakan telur juga. Aïoli sendiri berarti “bawang putih dan minyak”.

Saus ini ditemukan dalam masakan daerah pantai Mediterania Spanyol, Prancis dan Italia. Aïoli bisa menjadi pengganti mayonnaise, yaitu sebagai saus kentang goreng, saus artichoke, spread untuk sandwich, bahkan jadi dressing salad. Resepnya bisa Anda lihat di sini, ya.

5. Steak with Garlic

* sumber: www.allrecipes.com

Ya, ini primadona, sih. Daging dan bawang putih memang jodoh. Jika Anda seorang penggemar bawang putih, steak bawang putih ini pasti akan membuat Anda (dan perut Anda) tersenyum. Anda akan membutuhkan New York strip steak, bawang putih, minyak zaitun, cuka balsamic, garam dan lada. Tidak banyak bahan yang diperlukan, tapi hidangan ini akan menjadi luar biasa! Contek resepnya di artikel ini.

6. Garlic Knot

* sumber: dinnerthendessert.com

Garlic knot, atau roti simpul bawang putih, dibuat dari adonan roti biasa. Adonan digulung lalu ditarik dan dibentuk ke dalam simpul kecil yang rapat. Roti simpul ini pun dipanggang dalam oven pizza bersuhu 700°F atau lebih tinggi.

Garlic knot juga umum ditemukan di kedai pizza. Tapi, makanan ini mudah dibuat, adiktif dan bahan-bahannya murah, waktu pembuatannya pun tak lama, jadi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Resepnya bisa Anda ikuti di sini.

7. Garlic Spinach

* sumber: www.foodiecrush.com

Bayam paling sering dijadikan sayur berkuah, tapi bayam enak juga di sautée atau ditumis dengan bawang putih. Resep tumis bayam dengan irisan bawang putih ini terasa manis karena dikaramelisasi. Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk memasaknya sebagai lauk sehat. Dan, tumisan ini cocok dengan makanan apa pun.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 6 siung bawang putih, diiris tipis
  • 450 gr baby spinach
  • 1 sdt garam kosher
  • 1 sdt lada hitam yang baru ditumbuk
  • 1 sdm sari lemon segar atau cuka opsional

Tuang minyak zaitun dan irisan bawang putih ke wajan, lalu nyalakan api. Masak sampai bawang putih harum dan mulai mengkaramel, tetapi awasi dengan cermat agar tidak terlalu kecokelatan atau nanti rasa bawangnya jadi pahit.

Jika sudah berubah agak cokelat, cepat angkat bawang putih ke piring tapi sisakan minyak dalam wajan. Tumpuk bayam, aduk dalam minyak. Bumbui dengan garam dan lada, masak sampai bayam agak layu. Tambahkan bawang putih kembali, aduk, dan beri kucuran jus lemon atau cuka. Selesai!

8. Acar Bawang

* sumber: cookpad.com

Ya, Anda tidak salah baca. Acar bawang itu benar-benar ada. Makanan ini terinspirasi oleh manfaat bawang putih secara individu. Bawang baik untuk menjaga stamina, menurunkan kadar darah tinggi, membunuh sel kanker, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Acar bawang rasanya lebih “manusiawi” dibandingkan kalau Anda memakannya mentah-mentah. Rasanya lebih enak kalau dibiarkan 1-2 hari setelah dibuat. Siapkan 200 gr bawang putih tunggal, 1-2 sdt garam, 1-2 sdt gula pasir, 3 sdm cuka makan dan
200 ml air.

Kupas bawang putih lalu cuci bersih. Masukkan kedalam jar yang ada tutupnya. Tambah garam, aduk rata (atau bisa mengocoknya di dalam jar tertutup). Diamkan agar garam meresap. Rebus air + gula pasir sampai gula larut, matikan api lalu tambahkan cuka, aduk rata.

Koreksi rasa, jika sudah pas lalu biarkan campuran air itu mendingin. Jika sudah dingin, tuangkan pada bawang putih. Tutup rapat jar, lalu diamkan 1-2 hari sebelum dikonsumsi. Anda bisa menyimpan jar-nya di suhu ruangan atau pun di kulkas.

Nah, itulah beberapa cara mengonsumsi bawang putih secara lezat. Sebenarnya Anda bisa menelan bawang putih mentah dengan bantuan segelas air putih. Karena bawang putih memiliki rasa “pedas”, mengunyahnya mungkin terlalu sulit untuk beberapa orang.

Jadi, Anda bisa menelan sepotong kecil bawang dengan air. Memulai hari dengan air hangat + bawang dapat mendorong metabolisme Anda, loh! Cara makan bawang putih mana yang paling Anda suka?

Oh iya, selain cara makan bawang putih, kami juga punya tips lain seputar bawang, yakni Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dan Cara Mengupas Bawang Putih yang Benar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. ♥♠♦ ♣ PELANGI99 ♥♠♦ ♣

    Main Games Asik , Hanya modal 25ribu kamu bisa main 8 permainan .
    8 permainannn lohhhhh … ADA BONUSNYA JUGA!!
    8 GAME POKER DALAM 1 AKUN :

    ♥ Domino99
    ♠ BandarQ
    ♦ Poker
    ♣ AduQ
    ♥ Capsa Susun
    ♠ Bandar Poker
    ♦ Sakong Online
    ♣ Bandar 66

    Bonus Cashback Terbesar dan Bonus Refferal Istimewa
    – Minimal Deposit Rp25.000,- & Withdraw Rp 25.000,-
    – Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    – Pelayanan Yang Ramah Dan Proses Deposit / Withdraw Cepat
    – Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    – NO ADMIN l NO ROBOT 100% Player Vs Player

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    – BCA
    – BNI
    – Mandiri
    – Danamon
    – BRI
    – PANIN

    Kunjungi Langsung di Link Alternative Kami:
    ♥ ASIKPELANGI . com ♥
    ♠ PELANGIMU . com ♠
    ♦ PELANGI99 . me ♦
    ♣ PELANGICAPSA . info ♣

    Bisa Hubungi Juga Sosmed Kami yah Bossku^^
    – TELEGRAM : @Pelangi99
    – WA : +62812-6715-1623

    JADI TUNGGU APA LAGI??
    AMBIL GADGETMU SEKARANG JUGA DAN BERGABUNG BERSAMA KAMI
    SALAM HANGAT DARI PELANGI99

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *