Bacaterus / Buah / Ini Dia 10 Cara Mengolah Sukun yang Sudah Matang

Ini Dia 10 Cara Mengolah Sukun yang Sudah Matang

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sukun yang matang biasanya langsung diolah dengan cara digoreng. Gorengan sukun sendiri lazimnya dibuat dari sukun matang yang dikupas, lalu dibalur tepung terigu, serta digoreng hingga matang.

Sukun goreng adalah makanan yang bisa ditemukan dengan mudah. Hampir semua penjual gorengan pasti menjual menu sukun goreng. Namun, kalau kamu ingin mengolahnya sendiri, proses pembuatannya juga cepat dan bahan yang diperlukan pun sederhana.

Buah Sukun

* sumber: www.klikdokter.com

Selain digoreng, sukun rupanya juga bisa diolah dengan berbagai cara lainnya. Cara-cara tersebut akan share di artikel ini. tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak di bawah ini!

1. Dijadikan Donat

Dijadikan Donat

* sumber: doyanresep.com

Selain kentang, sukun pun rupanya bisa dijadikan donat. Sukun sendiri punya tekstur yang cukup lembut, sehingga cocok dijadikan bahan donat. Untuk membuatnya, sukun yang sudah matang harus kamu lumatkan, lalu diuleni sampai merata.

sukun tersebut lantas dimasukkan ke dalam adonan tepung. Adonan tersebut dibuat dari tepung terigu, ragi, garam, gula, dan kuning telur. Bila sudah dicampurkan, sukun dan adonan tersebut lantas diberi air es sedikit demi sedikit, hingga sukun dan adonannya tercampur rata.

Masukkan mentega ke adonan tersebut, lalu diuleni sampai lembut. Diamkan adonan tersebut 15 menit, kemudian diuleni lagi. Bentuk adonan berbentuk bulat, serta beri isian cokelat di dalamnya.

Diamkan lagi adonan donat itu selama sejam hingga mengembang di atas wadah yang sudah dilapisi tepung terigu. Wadah tersebut sengaja dilapisi agar donatnya tidak lengket di wadah.

Setelah mengembang, goreng donat hingga agak kecokelatan di atas wajan berapi sedang. Tiriskan sejenak, lalu taburi gula bubuk di atasnya. Donat sukun pun siap untuk disantap.

2. Diolah Menjadi Keripik

Diolah Menjadi Keripik

* sumber: bisnisukm.com

Selain donat, sukun pun juga bisa dijadikan keripik. Cara membuatnya sendiri tidaklah berbeda dengan cara membuat keripik pada umumnya. Keripik sukun sendiri punya tekstur yang tipis, renyah, dan kering.

Keripik sukun juga punya cita rasa yang asin, serta beraroma bawang yang kuat. Kalau kamu mau membeli keripik sukun, kamu bisa datang ke Cilacap atau Kepulauan Seribu. Keduanya merupakan daerah terbesar penghasil sukun dan juga keripik sukun.

3. Diolah Menjadi Getuk

Diolah Menjadi Getuk

* sumber: wiratech.co.id

Tekstur sukun yang lembut juga cocok diolah menjadi sukun. Untuk membuatnya, kamu harus mengukus sukunnya terlebih dahulu selama 35 menit, lalu diangkat dan dihaluskan.

Adonan sukun tersebut lantas dicampur dengan vanili, gula aren, dan margarin. Setelah dicampur, tumbuk semua bahan tersebut hingga kalis dan menjadi adonan. Bila sudah, bagi adonan menjadi dua, di mana salah satunya diberi pewarna cokelat.

Kedua adonan tersebut lantas digilas dengan rolling pin dan diberi taburan kelapa parut di atasnya. Letakkan adonan yang tidak diberi pewarna di bagian bawah, dan letakkan adonan berwarna cokelat di bagian atasnya.

Beri sedikit kelapa parut di atasnya, lantas kedua gabungan adonan itu lantas digulung. Padatkan adonan selama digulung. Kalau sudah, potong adonan getuk tersebut dalam beberapa bagian, serta diberi taburan kelapa sesuai selera.

4. Diolah Menjadi Perkedel

Diolah Menjadi Perkedel

* sumber: brilicious.brilio.net

Agar menjadi perkedel sukun yang lezat, kamu haus mengukus sukunnya selama beberapa waktu. Habis itu, kamu harus menghaluskannya, serta mencampurnya dengan beberapa bahan. Mulai dari bawang putih, merica, hingga daun seledri sampai menjadi adonan perkedel.

Bentuk adonan menjadi bulat, celup ke dalam campuran tepung dan air, lalu kemudian goreng hingga warnanya kecokelatan. Angkat dan tiriskan, lalu sajikan sesuai dengan selera.

5. Dijadikan Kolak Sukun

Dijadikan Kolak Sukun

* sumber: brilicious.brilio.net

Kalau mau hidangan berbuka selain kolak pisang, kolak sukun bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya pun tidaklah susah. Sukun dan pisang yang telah dipotong-potong lantas dimasukkan ke dalam kuah kolak.

Kuah kolaknya sendiri dibuat dari santan yang direbus bersama dengan gula aren dan daun pandan. Bila sukun dan pisang sudah dimasukkan ke dalam kuah, berikan sedikit garam dan vanili ke dalamnya. Tunggulah hingga mendidih, habis itu disajikan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya.

Baca juga: 10 Cara Mengolah Buah Mengkudu yang Enak dan Tidak Pahit

6. Dijadikan Sup Sukun Kental

Dijadikan Sup Sukun Kental

* sumber: www.mpasi.org

Cara mengolah sukun ini tak jauh beda dengan cara sebelumnya. Hanya saja, cara mengolah sukun ini akan menghasilkan cita rasa yang gurih dan asin.

Untuk membuatnya, sukun yang sudah dipotong dadu lantas ditumis bersama bawang dan bahan sup lainnya. Tumis hingga sukunnya mulai melunak. Bila sudah, matikan api dan tumbuk beberapa potongan sukun hingga melembek. Bila sudah, angkat sajian sup dari wajan, lantas sajikan di atas mangkuk sup.

7. Dibuat Menjadi Kue Bolu Sukun

Dibuat Menjadi Kue Bolu Sukun

* sumber: thegorbalsla.com

Selain donat, sajian manis lainnya yang bisa dibuat dari sukun adalah kue bolu. Sebelum membuatnya, kamu harus memanaskan oven terlebih dulu hingga 190 derajat, serta menyiapkan loyang yang sudah dioleskan mentega.

Bila sudah, kamu harus mengukus sukun dan menghaluskannya bila sudah matang. sukun tersebut lantas dicampur dengan bahan-bahan khas kue bolu, hingga menjadi adonan.

Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu panggang dalam oven selama 45 menit. Bila sudah matang, letakkan bolu di atas wadah dan potong menjadi beberapa bagian.

8. Dibuat Menjadi Puding Sukun Panggang

Dibuat Menjadi Puding Sukun Panggang

* sumber: www.tasteofhome.com

Puding sukun panggang menjadi pilihan menarik untukmu yang ingin mengolah sukun. Caranya sendiri tidak jauh beda dengan cara membuat kue bolu sukun. Yang membedakan adalah bahan-bahan penunjangnya, di mana puding panggang sukun memakai bahan-bahan khas puding.

Semisal tepung, baking powder, garam, rempah, telur, vanilla, susu dan mentega. Sajian berbahan dasar sukun ini punya tekstur yang kenyal dan berwarna kuning. Kamu bisa menyantapnya bersama dengan guyuran sirup di atasnya.

9. Dijadikan Pie Sukun

Dijadikan Pie Sukun

* sumber: www.goodtoknow.co.uk

Pilihan menarik lainnya dalam membuat sukun adalah dijadikan pie. Cara membuatnya sendiri tak jauh berbeda dengan membuat pie pada umumnya. Untuk membuatnya, sukun yang telah direbus lantas masukkan ke dalam wadah yang telah diberi lumuran minyak.

Sebelum dimasukkan, pastikan sukun sudah dipotong setebal kurang lebih seperempat inchi. Bila sudah, letakkan satu lapis keju ke atasnya. Lapisan keju tersebut lantas dilapisi lagi dengan sukun.

Beri saus dan taburan keju di atasnya, lantas dimasak ke dalam oven selama 30 menit. Tiriskan selama beberapa menit bila sudah matang. Habis itu, kamu bisa langsung menyajikannya.

10. Diolah Menjadi Sukun Panggang Rempah yang Pedas

Diolah Menjadi Sukun Panggang Rempah yang Pedas

* sumber: www.tesnet.omiyago.com

Tak hanya diolah menjadi hidangan manis dan asin, sukun pun bisa diolah menjadi sajian pedas. Sukun Panggang Rempah Pedas adalah buktinya. Olahan ini dibuat dari sukun yang dipadukan dengan ketumbar, bubuk cabai, jintan, dan kunyit.

Campuran bahan tersebut lantas diletakkan di dalam oven dan dipanggang selama 20 menit. Bila sudah matang, sajian Sukun Panggang Rempah Pedas tersebut lantas disajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Selain digoreng, sukun juga bisa diolah dengan beragam cara. Entah itu dijadikan donat, keripik, perkedel, bolu, pie, atau bahkan dijadikan sajian sukun panggang yang pedas.

Banyaknya cara pengolahan menjadi bukti bahwa sukun bisa dijadikan apa pun. Dengan begitu, kita pun bisa merasakan cita rasa sukun dengan bentuk yang berbeda-beda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *