Bacaterus / Resep Minuman / Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus Yang Lezat

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus Yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Kulit manggis sekarang ini telah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Kulit manggis menurut berbagai macam penelitian dipercaya mengandung beragam senyawa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Salah satu kandungan senyawa berkhasiat yang terdapat dalam kulit manggis adalah xanthone. Senyawa ini merupakan jenis antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Pasalnya, antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel atau penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat senyawa xanthone tersebut, kita dapat mengolah kulit manggis menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman. Beberapa di antaranya adalah mengambil ekstraksnya menjadi kapsul, dijadikan teh, jus, atau bahkan dicampurkan dengan makanan lainnya

Salah satu yang paling mudah adalah menjadikannya sebuah jus yang sangat nikmat. Akan tetapi cara mengolah kulit manggis menjadi jus haruslah dilakukan dengan baik dan teliti. Karena jika tidak, maka kandungan berkhasiat yang ada di dalamnya akan hilang.

Nah untuk membuatnya dengan baik dan benar, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi mengenai resep jus kulit manggis. untuk mengetahuinya, langsung saja simak resep cara membuat jus kulit manggis nikmat dan benar berikut ini.

Bahan-Bahan Jus Kulit Manggis

cara mengolah kulit manggis

Untuk membuat jus kulit manggis ini, pertama-tama kita harus mengumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahannya tidak terlalu sulit didapatkan karena sama seperti ketika kita membuat jus buah yang biasa. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Kulit manggis sesuai dengan kebutuhan, bisa 2 hingga 3 butir
  • Air matang cukup dengan 1 gelas saja
  • Madu secukupnya
  • Gula dengan kandungan kalori rendah atau bisa juga gula Aren
  • Es secukupnya
  • Alat penghalus atau blender

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

cara membuat jus kulit manggis

Apabila semua bahan dan peralatannya sudah siap, sekarang mari kita lanjutkan ke cara mengolah kulit manggis tersebut hingga menjadi sebuah jus. Pertama-tama silahkan belah manggis, keluarkan isinya, lalu kerok kulit manggis bagian dalamnya tersebut dengan menggunakan bantuan sendok.

Pada tahapan pertama ini, Anda harus pandai memilih kulit manggis yang masih segar atau tidak busuk, agar kualitas kulit manggis tersebut dapat terjaga dengan baik. Saat melakukan pengerokan dengan sendok, pastikan Anda tidak mengerok pada bagian kulit yang berwarna hitam atau getah kuning agar jus kulit manggis yang dihasilkan nantinya tidak terasa pahit.

Setelah hasil kerokannya terkumpul, silahkan masukan semuanya ke dalam blender. Disusul pula dengan memasukan air matang sebanyak 1 gelas, es, gula aren, dan madu. Anda juga bisa memasukan potongan buah manggis segar untuk mengurangi rasa pahit serta menambah kenikmatan jus tersebut.

Selanjutnya, silahkan blender semua bahan tersebut hingga halus dan tercampur secara merata. Tuangkan ke dalam gelas dan jus kulit manggis kini sudah siap untuk dikonsumsi. Apabila ada jus yang masih tersisa, Anda dapat menyimpannya dalam botol ataupun tupperware dan meletakannya dalam lemari pendingin.

Seperti yang kita sudah ketahui bersama kulit manggis memiliki rasa yang tidak enak, begitu pula untuk jus yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan improvisasi sendiri dengan cara menambahkan buah-buahan, cuka sari apel, perasan lemon, dan lain sebagainya agar membuat jus kulit manggis terasa lebih lezat dan tidak mengakibatkan rasa eneg.

Jika ada sisa dari kerokan kulit manggis tersebut, Anda dapat merebusnya untuk dijadikan minuman. Menurut para ahli air rebusan tersebut sangat berkhasiat untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Anda juga dapat menyimpannya di kulkas atau menjadikannya sebagai campuran jus manggis yang baru Anda buat.

Manfaat Jus Kulit Manggis

Seperti disinggung di atas, jus kulit manggis ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Jika diminum secara rutin, maka Anda akan dapat merasakan khasiatnya secara nyata di dalam tubuh Anda. Berikut adalah beberapa khasiat dari kulit manggis tersebut:

  • Memperkuat sistem imum

Kulit manggis memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun kita kuat, maka kita tidak akan mudah terserang oleh berbagai penyakit terutama penyakit musiman seperti batuk, pilek, dan flu.

Tidak hanya penyakit ringan, beberapa penyakit berat seperti kanker, diabetes, TBC, dan asam urat juga bisa dicegah dan disembuhkan oleh kulit manggis. Selain mencegah datangnya penyakit, sistem kekebalan tubuh yang kuat juga akan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit kita.

  • Menyehatkan jantung

Kulit manggis sangat bermanfaat dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu tekanan darah juga dapat dikontrol dengan baik oleh senyawa pada kulit manggis ini. Dengan dua khasiat tersebut, maka secara otomatis jantung Anda akan semakin sehat dan juga kuat.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Berbagai masalah pada sistem pencernaan juga dapat diatasi dengan jus manggis ini. Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah diare dan peradangan pada usus. Jika Anda menderita penyakit maag, maka jus kulit manggis juga dapat mencegahnya untuk kambuh kembali jika rutin meminumnya.

  • Membuat awet muda

Kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas yang ada di tubuh Anda. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap kencang dan wajah Anda juga akan selalu tampak awet muda.

  • Mengurangi sakit PMS

Salah satu masalah yang sering dialami oleh kaum wanita adalah rasa sakit sebelum tiba masa menstruasi atau yang biasa disebut dengan PMS. Nah dengan meminum jus kulit manggis ini, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang melilit pada perut Anda tersebut.

  • Menurunkan berat badan

Zat xanthone yang ada di dalam kulit manggis dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak. Dengan begitu, berat badan Anda dapat terkontrol dan tidak mudah naik secara cepat.

Demikian ulasan informasi singkat mengenai resep dan cara mengolah kulit manggis hingga menjadi jus yang nikmat dan sehat. Dengan mengonsumsi jus kulit manggis di atas, maka khasiat kesehatan akan bisa Anda rasakan secara lebih nyata. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *