bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Bahan Dapur / 10 Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kunyit Putih yang Benar

10 Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kunyit Putih yang Benar

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 3 Agustus 2020

Manfaat kunyit putih bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Tumbuhan ini bahkan bisa diandalkan untuk kanker. Untuk memudahkan Anda mengonsumsi kunyit putih, saat ini sudah banyak suplemen atau obat yang diekstrak dari kunyit putih. Sayangnya, sebagian orang kurang berminat mengonsumsi obat-obatan dan lebih memilih untuk mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih secara alami.

Bagi Anda yang belum tahu cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar, Bacaterus memiliki panduan agar Anda dapat mengolah kunyit putih sesuai kebutuhannya. Beda jenis penyakit, beda pula cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih ini. Apakah ada cara mengolah kunyit putih untuk kesuburan? Yuk, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

1. Kanker Serviks

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kunyit Putih yang Benar

Rahasia manfaat kunyit putih untuk menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker memang sudah cukup terkenal. Namun, Anda harus mengolah kunyit putih sesuai dengan jenis kanker Anda. Kali ini, kami akan membahas seputar cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar bagi penderita kanker serviks.

Jenis kanker leher rahim ini memang cukup mematikan. Lakukan pengobatan medis dan dukungan pengobatan alami dengan kunyit putih. Siapkan 10 gram kunyit putih dan 3 sendok makan madu murni. Parut kunyit putih dan peras airnya ke dalam gelas. Setelah itu, tuangkan madu ke air perasan kunyit tersebut dan minumlah sebanyak 2 kali sehari.

2. Penyakit Maag

sakit maag

Penyakit maag disebabkan karena gas asam lambung yang tinggi. Penderitanya akan mengalami gejala seperti mual, muntah, dan nyeri di sekitar perut. Faktor penyebab penyakit maag ini bermacam-macam, salah satunya adalah pola makanan yang tidak teratur.

Akan tetapi, penyakit maag dapat diredakan dengan air rebusan kunyit putih. Anda hanya perlu menyediakan 1-2 ruas kunyit putih, cuci kunyit sampai bersih, lalu dipotong-potong. Masukkan potongan kunyit putih ke dalam 500 cc air, rebus sampai tinggal separuhnya saja. Setelah itu, Anda dapat meminumnya dengan menambahkan madu murni yang rasanya manis.

3. Kanker Payudara

Kanker Payudara

Bukan hanya kanker serviks saja, kanker payudara juga menjadi penyakit mematikan bagi kaum hawa. Terkadang pengobatan medis saja tidak cukup untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker yang agresif. Cegah penyebaran sel kanker payudara dengan mengonsumsi ramuan kunyit putih.

Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah 20 gram benalu teh, 10 gram rumput mutiara, 10 gram waru landak, 6 gram keladi tikus, dan 12 gram kunyit putih. Rebus semua bahan kecuali kunyit putih sampai mendidih. Sembari menunggu panasnya hilang, rebus kunyit putih di dalam air.

Selanjutnya, minumlah ramu pertama yang berasal dari benalu teh, rumput mutiara, dll sampai habis. Setelah itu, lanjutkan dengan meminum air kunyit putih sampai habis juga.

4. Menambah nafsu makan

Menambah nafsu makan dan meningkatkan kualitas tidur anak

Buah hati Anda susah makan? Berbagai suplemen untuk menambah nafsu makan sudah dicoba tapi hasilnya tetap sama? Mungkin Anda dapat mencoba memberikan kunyit putih kepada si kecil.

Cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar untuk si kecil adalah potong kunyit putih dan temulawak menjadi beberapa bagian, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Kemudian, rebus kunyit putih dan temulawak dalam satu wadah yang sama. Tambahkan beberapa buah gula batu agar rasanya lebih manis. Si kecil dapat meminum ramuan ini segelas setiap hari agar nafsu makannya bertambah.

5. Luka Bakar

Luka Bakar

Untuk kasus yang satu ini, Anda memang harus menangani luka bakar dengan pengobatan medis terlebih dahulu. Kunyit putih hanya bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka bakar saja. Memulihkan luka bakar dengan kunyit putih dilakukan dengan pengobatan dari luar.

Kupas dan cuci kunyit putih sampai bersih, lalu parut sampai halus dan tambahkan asam kawak. Anda juga dapat menambahkan dengan sedikit minyak kelapa agar terasa hangat di kulit. Oleskan ramuan ini ke luka bakar dan biarkan selama beberapa jam. Kandungan di dalam kunyit putih inilah yang mempercepat proses pengeringan luka bakar.

6. Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

 

Punya masalah jerawat di wajah? Anda sudah mencoba pelembab atau sabun cuci muka untuk wajah berjerawat, tapi tak ada hasilnya? Atasi jerawat membandel dengan kunyit putih. Tumbuhan ini mengandung antiseptik alami yang bisa berperan sebagai anti-bakteri untuk menghilangkan jerawat.

Buatlah masker putih untuk mengatasi jerawat. Pertama, parut kunyit putih sampai benar-benar halus. Selanjutnya, beri sedikit air perasan lemon ke parutan kunyit putih tersebut. Aplikasikan masker kunyit putih ke seluruh bagian wajah. Setelah 15 menit, bila wajah dengan menggunakan air hangat.

7. Kista

Kista

Selain bermanfaat untuk mengobati kanker, manfaat rebusan kunyit putih juga dapat mengobati kista. Tumor jinak ini memang harus segera diobati secara medis. Akan tetapi, kita bisa membantu proses pengobatan kista dengan mengandalkan bahan-bahan alami, seperti menggunakan kunyit putih.

Cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar untuk kista adalah mencuci dan memotong kunyit putih, lalu menjemur kunyit putih sampai kering.

Setelah itu, rebus kunyit putih kering bersama dengan temu putih, tapak liman kering, pegangan kering, dan cakar ayam segar. Rebus semua bahan-bahan tersebut dalam 1 liter air dan biarkan sampai menjadi setengahnya. Saring air rebusan bahan-bahan alami tadi dan minumlah sebanyak 3 kali sehari.

8. Masuk Angin

Masuk Angin

Sebagian orang mengira bahwa air rebusan jahe adalah obat alami paling ampuh untuk meredakan gejala masuk angin. Jika tidak ada jahe di rumah, Anda bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat alami untuk masuk angin, lho. Usut punya usut, kunyit putih sudah dipercaya sebagai obat masuk angin sejak zaman nenek moyang terdahulu.

Buatlah air rebusan kunyit putih ini dengan memarut kunyit putih yang sudah dikupas dan dibersihkan. Kemudian, rebus kunyit putih dengan air minum sampai mendidih. Minumlah air rebusan kunyit putih selagi hangat.

9. Pendarahan

Pendarahan

Kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan. Bahkan, bagi Anda yang sering mengalami pendarahan di hidung (mimisan), Anda bisa memulai terapi kunyit putih ini sebagai cara alami mengatasi pendarahan.

Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu memasukkan irisan kunyit putih ke dalam teh panas yang akan diminum. Setiap Anda menyeduh teh, tambahkan saja irisan kunyit putih di dalamnya.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati

Ternyata kunyit putih juga bisa menjadi bahan alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, lho! Cara ini justru lebih aman ketimbang Anda mencoba berbagai produk perawatan kulit yang umumnya mengandung bahan kimia.

Keringkan kunyit putih, lalu tumbuk bersama dengan kacang arab (tepung besan). Setelah menjadi bubuk, campurkan susu murni ke dalamnya dan aduk sampai menjadi kental. Aplikasikan masker kunyit putih ke kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat dan cuci muka Anda dengan sabun.

Faktanya, cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar harus sesuai dengan jenis penyakit atau permasalahannya. Pelajari cara mengolah dan mengonsumsi kunyit putih di atas agar Anda bisa memperoleh manfaat dari tumbuhan ini. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa sebelum memutuskan untuk mengandalkan kunyi putih sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencegah efek samping kunyit putih yang merugikan.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram