Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Kalau Anda pernah disengat lebah, Anda pasti tahu rasa sakitnya yang bertahan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Bagian tubuh yang disengat akan menjadi bengkak dan terasa nyeri bila disentuh. Selain wajah, bagian tubuh lain yang sering menjadi “target” sengatan lebah adalah kepala.

Sengatan lebah di bagian kepala dapat membuat Anda merasa pusing. Bahkan, jika sengatannya berada tertutup rambut, maka Anda akan merasakan nyeri ketika menyisir rambut atau menggunakan helm. Bacaterus akan memberikan panduan cara mengobati sengatan lebah di kepala paling ampuh.

Bahaya Sengatan Lebah

Bahaya Sengatan Lebah

Lebah tidak memiliki racun mematikan seperti kalajengking. Namun, tetap saja jika kita tersengat oleh hewan ini, kita akan merasa kesakitan dan kulit pun membengkak untuk jangka waktu yang cukup lama. Kondisi semakin parah jika Anda memiliki alergi terhadap sengatan lebah. Alergi sengatan lebah dapat terdeteksi dengan tanda-tanda ini:

  • Muncul ruam dan gatal di seluruh bagian tubuh, tidak hanya di bagian yang tersengat.
  • Rasa perih yang teramat sangat di bagian tubuh yang tersengat.
  • Terjadi pembengkakan selama 1-2 hari atau lebih.
  • Muncul bercak putih di bagian yang tersengat lebah.
  • Di bagian luar becak putih juga timbul kemerahan.
  • Kesulitan bernafas karena adanya pembengkakan yang menghalangi udara ke paru-paru.

Orang yang tersengat lebah berkali-kali dapat mengalami gejala yang lebih serius dibanding tanda-tanda ini. Ada orang yang mengalami sakit kepala hebat, kejang-kejang, perut kram, hingga demam tinggi jika mendapat sengatan lebah lebih dari 12 kali.

8 Cara Mengobati Sengatan Lebah di Kepala

Meskipun tidak membahayakan keselamatan nyawa, Anda tetap harus mencari cara mengobati sengatan lebah di kepala. Anda tidak dapat menyepelekan masalah ini karena bengkak dan rasa nyeri yang timbul akibat sengatan lebah dapat mengganggu kenyamanan Anda. Jika ada orang lain atau diri Anda sendiri tersengat lebah di bagian kepala, segera atasi dengan 8 cara mengobati sengatan lebah di kepala ini.

1. Es Batu

Es Batu

Sebelum mengobati sengatan lebah, cabut dulu sengatnya dari kepala. Gunakan pinset untuk mencabut sengatan lebah dan mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya. Hindari menekan-nekan bagian yang tersengat untuk mengeluarkan sengat karena hal ini dapat membuat racun lebah tersebar ke area lain.

Setelah itu, basuh kepala yang disengat dengan menggunakan air bersih. Oleskan salep antibiotik ke bagian yang tersengat. Selanjutnya, bungkus beberapa potongan es batu dengan handuk kecil dan gunakan handuk untuk mengompres kepala yang tersengat.

2. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Sengatan lebah dapat menyebabkan kulit kepala Anda terasa seperti terbakar. Tentu saja jika dibiarkan terus menerus, sensasi kulit terbakar ini akan menyiksa diri sendiri karena menimbulkan hawa panas.

Cara mengobati sengatan lebah di kepala adalah mengoleskan pasta gigi (non-gel) ke bagian kepala yang disengat oleh lebah. Pasta gigi dapat meredakan rasa nyeri tak tertahankan akibat sengatan hewan ini. Di samping itu, pasta gigi juga dapat menetralisir racun lebah sehingga bengkaknya dapat sembuh secara lebih cepat.

3. Baking Soda

Cara Mengobati Sengatan Lebah di Kepala

Satu lagi bahan yang dapat diandalkan untuk mengobati sengatan lebah di kepala, yaitu baking soda. Bahan yang serbaguna ini harus dicampur dengan air terlebih dahulu agar menjadi pasta yang kental. Setelah itu, pasta baking soda harus dioleskan ke bekas sengatan lebah.

Baking soda akan memberikan efek dingin yang menyejukkan bagian kepala yang tersengat lebah. Pasalnya, sengatan lebah sendiri dapat menimbulkan hawa panas yang mengganggu. Bahan ini juga efektif untuk mengempiskan bengkak dan menghilangkan rasa sakit akibat sengatan lebah.

4. Madu

Madu

Ketika berkunjung ke peternakan madu, biasanya kita sudah dibekali dengan pakaian khusus untuk melindungi tubuh dan wajah dari serangan tawon. Namun, jika Anda lengah dan terlanjur tersengat lebah madu, cara mengobatinya adalah dengan madu lebah tersebut.

Oleskan madu murni ke bagian kepala yang disengat lebah dan diamkan selama 30 menit. Madu berfungsi menyerap racun dari sengatan lebah. Hasil pengobatan sengat lebah menggunakan madu memang tidak instan, tapi perlahan-lahan bengkaknya akan mengempis dan rasa nyerinya pun terus berkurang.

5. Kentang

Kentang

Tak perlu bingung mencari cara mengobati sengatan lebah di kepala. Sengatan lebah dapat diobati dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Kali ini, Bacaterus akan memberikan panduan pengobatan sengatan lebah dengan memanfaatkan kentang.

Kentang yang sudah diparut sampai halus dioleskan ke bagian kepala yang baru saja tersengat lebah. Umbi yang satu ini memang dapat mengurangi reaksi dari racun yang terkandung dalam sengatan lebah. Alhasil, rasa sakit pun akan berkurang dan bekas sengatannya tidak sampai membengkak besar.

6. Daun Pisang

Daun Pisang

Sensasi panas seperti terbakar pasti akan Anda rasakan bila tersengat lebah. Apalagi jika jumlah lebah yang menyengat Anda lebih dari seekor, pasti sakit dan panasnya minta ampun! Untuk mengobati sengatan lebah yang menimbulkan sensasi panas di kulit kepala, cobalah untuk mengambil selembar daun pisang.

Ambil sedikit bagian dari daun pisang, lalu tumbuk daunnya sampai halus. Bubuhkan daun pisang yang sudah dihaluskan ini ke bagian yang tersengat. Getah yang terdapat di dalam daun pisang dapat mengecilkan bengkak sekaligus menghilangkan sensasi terbakar di kulit kepala akibat sengatan lebah.

7. Bawang Putih

Bawang Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih dapat berperan sebagai anti-bakteri dan antiseptik alami. Ketika tersengat oleh lebah, segera ambil satu siung bawang putih di dapur. Kemudian, hancurkan bawang putih itu untuk dioleskan ke bagian yang tersengat.

Walaupun aroma bawang putih ini sangat kuat dan cenderung mengganggu, tetapi proses pengobatan bekas sengatan lebah dengan bawang putih ini cukup ampuh. Selain murah, bawang putih juga menawarkan metode pengobatan yang dijamin alami dan tidak memberikan efek samping yang dapat merusak kesehatan Anda.

8. Minum Obat Pereda Nyeri

Digigit Lebah

Terkadang, sakit kepala yang disebabkan oleh sengatan lebah memang sakitnya tidak tertahankan. Sudah mencoba berbagai cara mengobati sengatan lebah di kepala tapi hasilnya nihil, maka Anda perlu pencoba pengobatan medis yang satu ini.

Saat sakit yang diakibatkan oleh sengatan lebah, Anda harus mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan aspirin. Namun, perlu Anda cermati bahwa anak-anak dan remaja berusia 16 tahun ke bawah tidak diperkenankan untuk minum aspirin.

Itulah serba-serbi cara mengobati sengatan lebah di kepala dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Meskipun tidak membahayakan nyawa kita, keberadaan lebah di sekitar memang sangat mengganggu. Ingat, segera cabut sengat lebah sebelum membersihkan diri dan melakukan cara-cara di atas.