Bacaterus / Bengkak / 10 Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan yang Ampuh

10 Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan yang Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Yang namanya sial kadang tidak tahu waktu. Seumur hidup Anda, pasti sudah puluhan atau mungkin ratusan kali Anda terbentur sesuatu, kan? Misalnya ketika sedang berjalan, kaki Anda nyangkut di ujung meja.

Atau, ketika mau melintasi pintu, ternyata daun pintunya terlalu rendah, sehingga kepala Anda terantuk daun pintu. Kejadian-kejadian seperti ini, walaupun tidak disengaja, dapat menimbulkan bengkak atau benjol di tubuh.

Ketika tubuh terbentur oleh sesuatu, apalagi benda keras seperti kayu, besi, tembok, dan lain-lain, akan meninggalkan luka, memar, dan bengkak. Ada memar yang terasa sakit dan ada pula yang hanya berupa benjolan berwarna saja. Jika Anda ingin tahu cara mengobati bengkak akibat benturan, Bacaterus tahu 10 cara terbaiknya.

10 Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

1. Es Batu

Es Batu

* sumber: www.active.com

Cara mengobati bengkak akibat benturan yang pertama adalah dengan es batu. Sesaat setelah Anda terbentur, baik itu terbentur benda tumpul atau karena jatuh, langsung kompres area tersebut dengan es batu. Ketika terbentur, tubuh kita tidak akan terlihat terluka, karena lukanya ada di dalam. Pertolongan pertama pada tubuh yang terbentur adalah dengan menggunakan es batu.

Perubahan suhu tubuh secara drastis dapat meminimalisir radang dan bengkak akibat benturan. Anda bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain/handuk atau menggunakan ice pack. Kompres area yang terantuk selama 15 menit setiap beberapa jam sekali.

2. Air Hangat

Air hangat

Bengkak biasanya tidak langsung muncul sesaat setelah terjadi benturan. Biasanya area tubuh yang terbentur akan mulai membengkak pada hari ke-2 atau ke-3. Ketika bengkaknya sudah kelihatan, kompres lah menggunakan air hangat. Seperti yang pernah Bacaterus bahas pada cara menghilangkan bengkak akibat ulat bulu, perubahan suhu pada area kulit yang terluka dapat mengempeskan bengkak.

Pada hari pertama insiden, kompres lah area tubuh yang terantuk dengan es batu atau air dingin. Nah, pada hari kedua atau ketiga barulah Anda mengompres bengkak menggunakan air hangat. Tempelkan kain atau handuk yang sudah dicelupkan pada air hangat selama 15 menit. Anda bisa melakukannya berulang-ulang ketika handuk sudah tidak terasa panas lagi.

Tujuan pengompresan dengan air hangat adalah untuk melancarkan peredaran darah. Pasalnya, area tubuh yang terbentur membengkak karena terjadi pergeseran otot atau penumpukan darah.

Fungsi air hangat adalah untuk meluruskan kembali otot dan melancarkan peredaran darah. Jangan menggunakan air panas, cukup air hangat saja. Dan, sebaiknya Anda mengompres luka dengan es batu dulu, baru melakukan langkah ini.

3. Nanas

Nanas cara mengobati bengkak akibat benturan

Siapa suka sama buah yang rasanya manis asam ini? Nanas punya rasa yang menyegarkan dan enak, makanya wajar kalau banyak kudapan yang bisa dibuat dari nanas. Selain enak dimakan, nanas dapat Anda gunakan juga sebagai obat untuk luka memar.

Nanas bekerja mencegah darah menggumpal dan menghancurkan protein penyebab pembengkakan. Cara mengobati bengkak akibat benturan dengan nanas adalah dengan dikonsumsi. Jadi, nanas sama seperti pengobatan bengkak dari dalam.

4. Witch Hazel

Minyak Witch Hazel

* sumber: www.indiamart.com

Witch Hazel merupakan tanaman cantik dengan dominasi warna kuning yang biasanya dipakai untuk keperluan kecantikan. Tapi, bukan bunganya saja yang digunakan dari tanaman bernama Latin Hamamelis virginiana ini. Tapi, bagian ranting, kulit pohon, daun, hingga bunganya juga diperlukan. Semua bagian dari tanaman tadi diolah dan didestilasi sehingga menghasilkan ekstrak witch hazel.

Walaupun sering dipakai untuk kecantikan, witch hazel dapat membantu mengempeskan bengkak. Bahkan witch hazel mampu mencegah peradangan dan dapat mengobati luka dengan cepat. Anda hanya perlu mengoleskan witch hazel pada area tubuh yang terkena benturan. Ingin membeli witch hazel? Anda bisa menemukannya di Bukalapak lewat link ini.

5. Jahe

rebusan jahe

Jahe punya sensasi hangat, makanya jahe sering dijadikan bahan minuman, makanan, dan obat-obatan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk meredakan memar. Sama seperti nanas, jahe bisa Anda konsumsi sebagai obat dari dalam.

Caranya, cincang atau geprek jahe dan campurkan dengan air hangat. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa mencampurnya dengan madu. Cara mengobati bengkak akibat benturan lainnya, Anda bisa langsung menggosok-gosok jahe pada area tubuh yang bengkak.

6. Cabai

Cabai

Sama seperti jahe, cabai dapat memberikan sensasi panas. Cara menggunakannya, iris cabai hingga hancur, lalu campurkan dengan petroleum jelly atau body lotion. Setelah itu, balurkan lotion cabai ke area yang bengkak. Diamkan lotion selama 20 menit sebelum diangkat.

7. Kulit Pisang

Kulit Pisang Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Kulit pisang pasti suka langsung Anda buang, kan, kalau buahnya sudah Anda makan? Sekarang, simpanlah kulit pisang karena ternyata benda ini dapat digunakan untuk menyembuhkan bengkak akibat terbentur sesuatu. Anda tinggal menggosokkan bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih pada area tubuh yang terbentur.

8. Salep

Salep cara mengobati bengkak akibat benturan

* sumber: mentalfloss.com

Cara mengobati bengkak akibat benturan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan gel, krim, atau salep pereda bengkak. Produk seperti ini sudah banyak beredar di pasaran. Anda bisa membelinya secara online di Bukalapak melalui link ini.

9. Pereda Nyeri

Pereda Nyeri

* sumber: www.narconon.org

Jika bengkak pada tubuh Anda menghasilkan rasa sakit yang tak tertahankan, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Beberapa obat pereda nyeri diantaranya adalah parasetamol dan iboprofen. Pastikan Anda meminum obat ini dalam takaran yang dianjurkan, ya. Jangan minum aspirin karena obat ini bekerja untuk mengencerkan darah, yang mana dapat membuat benjolan semakin memburuk.

10. Lintah

Lintah

Cara mengobati bengkak akibat benturan yang terakhir ini mungkin terlihat menjijikkan sekaligus mengerikan. Pasalnya cara ini menggunakan lintah hidup yang sengaja ditempelkan pada tubuh untuk menghisap darah.

Caranya, letakkan lintah di atas bengkak hingga lintah menggemuk atau berhenti menghisap darah dengan sendirinya. Jangan khawatir terasa sakit, karena air liur lintah akan membuat area sekitar yang digigit lintah jadi mati rasa.

Nah, itu dia 10 cara mengobati bengkak akibat benturan versi Bacaterus. Semakin cepat diatasi, memar dapat dicegah dan diminimalisir. Biasanya luka memar akan hilang dalam kurun waktu 1 – 2 minggu. Jika lebih dari itu, periksakan diri Anda ke dokter, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar