Bacaterus / Kurma / Ini Dia Cara Konsumsi Sari Kurma yang Benar dan Berkhasiat

Ini Dia Cara Konsumsi Sari Kurma yang Benar dan Berkhasiat

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Mei 2019

Kurma merupakan makanan yang sangat mudah ditemukan saat Bulan Ramadhan. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda bahwa kurma adalah makanan utama yang seharusnya dikonsumsi untuk mengakhiri puasanya. Oleh karena itu, sampai saat ini kurma tetap menjadi menu wajib yang selalu ada ketika bulan puasa tiba.

Beberapa tahun terakhir, popularitas kurma agak tergeser dengan adanya produk yang juga menggunakan nama “kurma”, yakni sari kurma. Konon, sari kurma sendiri mengandung banyak khasiat untuk kesehatan. Bahkan, produk ini juga sudah banyak dijual di Indonesia.

Apakah sari kurma juga memberikan manfaat yang sama dengan buah kurma utuh? Di kesempatan kali ini, izinkan Bacaterus memberikan sendiri penjelasan sederhana mengenai proses pembuatan sari kurma dan cara mengkonsumsinya. Yuk, silakan disimak jika Anda membutuhkan informasi mengenai sari kurma.

Proses Pembuatan Sari Kurma

Proses Pembuatan Sari Kurma

Banyak salah kaprah dan mengira bahwa sari kurma adalah jus buah kurma. Sayangnya, proses pembuatan sari kurma tidak sesederhana membuat jus kurma, guys! Ada beberapa bahan tambahan yang harus digunakan untuk membuat sari kurma.

Sari kurma berasal dari buah kurma yang dikeringkan. Jadi, ketika Anda mendapati kurma segar dengan rasa yang agak sepat, kurma itu akan memiliki rasa yang lebih manis saat dikeringkan. Setelah dijemur, kurma kering tadi akan direndam di dalam air semalaman, lalu dipisahkan dari bijinya. Daging kurma yang telah dipisahkan ini nantinya akan diperas hingga teksturnya menjadi bubur.

Proses pemerasan bubur kurma akan dilakukan beberapa kali dengan menambahkan air. Air sari kurma ini nantinya akan dimasak untuk mengurangi kadar airnya. Nah, apabila sebelum dikemas, sari kurma tersebut biasanya akan ditambahkan pemanis untuk membuat rasanya jadi lebih enak.

Apakah sari kurma memiliki kandungan yang berbeda dari kurma?” Tentu saja. Buah yang langsung dimakan dalam keadaan segar tentu memiliki lebih banyak nutrisi dibanding buah yang sudah melalui proses pengolahan. Di samping itu, penambahan pemanis di dalam sari kurma juga membuatnya kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cara Konsumsi Sari Kurma yang Benar

Walaupun kandungan nutrisi di dalam sari kurma sangat berbeda dengan buah kurma segar, tetapi sari kurma tetap memiliki manfaat bagi kesehatan kok. Dalam artikel manfaat sari kurma ini, Bacaterus pernah membahas sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh setelah mengkonsumsi sari kurma secara rutin.

Kini, jika Anda ingin mulai mengkonsumsi sari kurma, inilah petunjuk mengkonsumsi sari kurma yang benar sesuai dengan kebutuhan:

1. Melancarkan ASI

Melancarkan ASI

* sumber: www.nestle.com

Bagi ibu menyusui, kelancaran ASI adalah hal yang sangat tak ternilai harganya. Para ibu pasti ingin memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Sayangnya, tidak semua ibu dapat memproduksi ASI yang melimpah.

Sari kurma adalah ‘obat’ mujarab untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Cara konsumsi sari kurma yang tepat untuk melancarkan ASI adalah dengan meminum 2 sendok makan sari kurma sebanyak 2 kali sehari. Selain sari kurma, ibu menyusui juga bisa mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak sebagai ASI booster.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sari Kurma

* sumber: www.belovedates.com

Sari kurma tidak hanya memberikan manfaat bagi ibu menyusui, Anda yang ingin memiliki tubuh fit dan tidak mudah sakit juga bisa mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi sari kurma sehari-hari. Tak hanya sekadar menjaga daya tahan tubuh saja, sari kurma juga mampu memberikan energi agar Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi sari kurma adalah pagi hari sebanyak 1 sendok makan (boleh sebelum atau sesudah sarapan). Kemudian, di malam hari Anda juga bisa kembali mengkonsumsi sari kurma sebanyak 1 sendok makan setelah menyantap makan malam.

3. Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

* sumber: www.honestdocs.id

Sari kurma tidak bisa menyembuhkan demam berdarah. Penderita DBD tetap harus menjalani perawatan medis dan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter agar bisa sembuh. Akan tetapi, sari kurma ini bisa membantu proses pemulihan pasien dari penyakit demam berdarah.

Pasien DBD dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari. Pasien juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi sari kurma. Kandungan kalori yang tinggi dalam sari kurma juga bisa memberi energi pada pasien DBD yang mungkin masih mengalami mual dan muntah karena kesulitan makan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sari Kurma Ekstrak

* sumber: www.wajibbaca.com

Gangguan pencernaan seperti sembelit mungkin dianggap sebagai masalah sepele. Namun, masalah ini tetap saja membuat penderitanya merasa tersiksa. Perut jadi terasa begah. Bahkan, sembelit juga bisa berpotensi menjadi penyakit lainnya, misalnya seperti wasir.

Khasiat sari kurma sebagai bahan alami untuk mengatasi gangguan pencernaan ini memang cukup ampuh. Sari kurma dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari masalah sembelit.

Cara konsumsi sari kurma untuk mengatasi sembelit adalah 2 sendok makan sari kurma sebanyak 2-3 kali sehari. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak asupan makanan berserat agar feses yang dikeluarkan lebih lunak.

5. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

* sumber: www.news-press.com

Jika Anda adalah orang dengan riwayat anemia, maka tak salah jika saat ini Anda ingin mencoba konsumsi sari kurma untuk mencegah anemia. Sari kurma memang dipercaya dapat mengatasi anemia. Anda yang sering merasa letih dan lesu akibat kekurangan sel darah merah juga bisa jadi lebih bersemangat setelah rutin mengkonsumsi sari kurma.

Untuk mencegah anemia, kami merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi 2 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari. Apabila Anda rutin mengkonsumsinya, produksi sel darah merah akan kembali normal sehingga Anda terhindar dari gejalanya, seperti lemah, letih, dan lesu.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Menghambat Penuaan Dini

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik? Selain melakukan perawatan dan menggunakan produk tertentu, Anda pun bisa memiliki kulit yang sehat dengan mengkonsumsi sari kurma. Ya, produk sari kurma memang dikenal dapat mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Konsumsi sari kurma dengan cara oral, yakni 1 sendok makan sari kurma sebanyak 3 kali sehari, untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit dari luar, diperkenankan untuk menggunakan sari kurma ini sebagai masker kulit tubuh atau wajah. Nah, berminat untuk mencoba?

Dosis dan cara mengkonsumsi sari kurma tentu saja berbeda-beda untuk setiap kebutuhan. Akan tetapi, Anda bisa membaca aturan pakai atau dosis yang dianjurkan pada kemasan sari kurma yang Anda beli.

Sejatinya, sari kurma sendiri menawarkan berbagai manfaat sehat untuk konsumennya. Meskipun ada tambahan pemanis dalam setiap produk sari kurma yang dijual di pasaran, tetapi manfaat yang ditawarkan tetap bernilai positif kok. Kunjungi artikel merk sari kurma terbaik ini jika Anda ingin mulai mengkonsumsi sari kurma.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar