Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Januari 2019

Olive oil alias minyak zaitun adalah minyak yang terbuat dari buah olive (zaitun). Buah ini berasal dari Pohon Basin Mediterania. Buah zaitun sejak dulu sudah digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari dimasak, diminum, untuk kecantikan, dan dibuat minyak.

Minyak zaitun sering digunakan untuk kecantikan, obat, dan makanan. Karena, memang, minyak zaitun memiliki banyak khasiat. Pada kesempatan ini, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 manfaat beserta cara mengonsumsi minyak zaitun. Tapi, sebelum itu, ketahuilah bahwa ada empat jenis minyak zaitun yang paling sering digunakan:

Jenis Minyak Zaitun

1. Minyak Zaitun Murni / Pure Olive Oil

Minyak Zaitun Murni / Pure Olive Oil

Minyak zaitun murni adalah perpaduan antara extra virgin oil dan minyak zaitun olahan (refined olive oil). Minyak zaitun murni ini memiliki kadar gizi yang lebih rendah daripada virgin olive oil. Karenanya, minyak jenis ini lebih baik digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut saja daripada untuk memasak.

Karena, jika dipanaskan, minyak ini akan menghasilkan bau yang tidak enak. Namun, jika digunakan pada rambut, pure olive oil dapat memberantas ketombe, rambut dan kulit kepala kering, serta rambut yang sulit diatur. Lalu, minyak ini juga bagus untuk kulit karena dapat melembabkan dan memberikan efek relaksasi. Makanya, minyak ini banyak digunakan sebagai minyak pijit/massage.

2. Minyak Zaitun yang Dimurnikan / Refined Olive Oil / Light and Pure Olive Oil

Minyak Zaitun yang Dimurnikan / Refined Olive Oil

Minyak zaitun yang dimurnikan atau refined olive oil lebih mudah dijumpai di negara India. Minyak ini dikenal juga sebagai light and pure olive oil. Harga minyak zaitun ini lebih murah daripada virgin olive oil. Mungkin karena kandungan vitamin dan nutrisi refined olive oil lebih rendah daripada extra virgin olive oil maupun virgin olive oil.

Karena tidak mengandung banyak anti-oksidan dan sifat anti-inflamasi penting seperti yang dikandung virgin olive oil, minyak zaitun yang dimurnikan tidak memiliki rasa pahit. Walaupun tidak mengandung banyak nutrisi, minyak ini bagus untuk keperluan memasak, apalagi untuk memasak masakan India.

3. Minyak Zaitun / Virgin Olive Oil (VOO)

Minyak Zaitun / Virgin Olive Oil (VOO)

* sumber: www.thekitchn.com

Virgin olive oil (VOO) menjadi rahasia diet orang-orang Mediterania. Virgin olive oil, yang jika diterjemahkan adalah “minyak zaitun” biasa tanpa embel-embel apapun lagi, merupakan minyak yang tidak dimurnikan. Maksudnya adalah, minyak zaitun ini tidak mengandung bahan kimia dan tidak melalui proses pemanasan ketika dibuat.

Jika Anda bingung membedakan virgin olive oil dengan extra virgin olive oil, lihatlah pada gambar di atas. Warna minyak zaitun biasa lebih pucat, sedangkan extra virgin olive oil lebih pekat. Perbedaan lainnya adalah dari tingkat keasaman oleic yang sedikit lebih tinggi didapatkan pada minyak zaitun biasa.

Minyak zaitun ini bisa dipakai untuk sauté (menumis) hingga memasak dan memanggang. Namun, minyak ini tidak bisa digunakan untuk deep fried, ya. Deep fried merupakan cara menggoreng dengan minyak yang banyak seperti untuk menggoreng ayam, ikan, dan gorengan.

Kenapa minyak zaitun tidak bisa dipakai untuk deep fried, karena minyak zaitun mengandung titik pengasapan yang rendah (low smoking point) dan tinggi asam lemak jenuh.

4. Minyak Zaitun Ekstra Virgin / Extra Virgin Oil (EVOO)

Extra Virgin Oil (EVOO)

Selanjutnya ada minyak zaitun ekstra virgin. Minyak ini memiliki kualitas yang tertinggi (dan yang paling mahal harganya) daripada minyak zaitun lainnya. Hal ini dikarenakan minyak ini mengandung banyak mineral alami dan vitamin. Minyak zaitun ekstra virgin juga mengandung tingkat keasaman terendah, namun kaya akan anti-oksidan, mineral, dan vitamin.

Karena minyak ini murni alias tidak melalui proses kimia apa pun juga, Anda bisa meminumnya atau menuangkannya langsung di atas salad. Anda bisa juga menjadikan minyak zaitun ekstra virgin ini sebagai cocolan untuk roti atau dituang pada makanan dingin. Asal, jangan pernah menggunakan minyak ini untuk memasak, karena kandungan vitamin minyak ini akan hancur.

Nah, itu dia sekilas mengenai jenis-jenis minyak zaitun dan cara menggunakannya yang terbaik. Sekarang, Anda sudah tahu kan mana minyak yang aman dikonsumsi langsung, bisa digunakan untuk memasak, dan yang hanya bisa digunakan untuk kecantikan? Yuk, mari ketahui lebih lanjut cara mengkonsumsi minyak zaitun!

Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun

1. Diminum Langsung

cara mengkonsumsi minyak zaitun Diminum Langsung

* sumber: www.sbs.com.au

Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang pertama adalah dengan meminumnya langsung. Tentu tidak semua jenis minyak zaitun bisa Anda minum. Yang bisa Anda konsumsi langsung hanyalah extra virgin olive oil. Karena merupakan minyak zaitun yang paling murni, minyak ini mengandung anti-kanker, terutama kanker pencernaan dan kanker payudara.

Minyak zaitun ekstra virgin juga dapat memberantas demensia sejak dini. Penyebab demensia atau alzheimer adalah terjadi peningkatan beta-amyloid di otak. Nah, minyak zaitun ekstra virgin mengandung senyawa oleocanthal yang berfungsi mengontrol tingkat beta-amyloid tersebut.

Cara mengonsumsinya, Anda bisa mengambil sloki atau gelas kecil, dan minum minyak zaitun satu sloki penuh. Anda bisa juga meminum minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan. Minyak ini aman diminum satu kali setiap hari, lebih baik diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas.

2. Dressing Salad

Dressing Salad

* sumber: www.livestrong.com

Masih minyak zaitun ekstra virgin, selain diminum langsung, Anda bisa menjadikannya sebagai dressing salad yang enak! Cara mengkonsumsi minyak zaitun sebagai dressing salad adalah sebagai berikut:

Bahan:

  • 100 ml Extra virgin olive oil
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ sdt merica bubuk / blackpepper
  • 100 ml perasan jeruk lemon / jeruk nipis / cuka apel
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Oregano dan Basil (Italian herbs) secukupnya

Cara Membuat:

Campur semua bahan di atas di dalam mangkuk. Siapkan salad sesuai selera Anda, tapi dressing minyak zaitun lebih cocok untuk salad sayur daripada salad buah. Setelah campuran minyak zaitun jadi, siramkan di atas salad Anda. Selesai! Mudah sekali, bukan?

Anda bisa juga menyimpan dressing salad ini di dalam botol dengan ujung corong seperti tempat kecap untuk dipakai kemudian hari karena tidak akan basi walaupun tidak digunakan langsung.

3. Basic Mustard Vinaigrette

Basic Mustard Vinaigrette Recipe

* sumber: www.reluctantgourmet.com

Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang selanjutnya adalah dengan membuat basic mustard vinaigrette. Begini cara membuatnya. Pertama-tama siapkan bahannya:

  • 1 genggam bawang putih, hancurkan
  • 2 sdm cuka balsamic
  • 1 sdt Dijon mustard atau mustard biasa
  • 5-6 sdt minyak zaitun
  • Sejumput peterseli dan thyme kering
  • Garam dan lada secukupnya

Lalu, cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan mangkuk atau toples kecil. Masukkan cuka, bawang putih, mustard, lalu aduk rata.
  • Sambil diaduk cepat, tambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit.
  • Jika sudah tercampur semua, tambahkan peterseli, thyme, garam dan lada, lalu tes rasa apakah sudah pas di lidah Anda atau belum.

4. Puree Ati Ayam

Puree Ati Ayam

* sumber: eathealthrive.ca

Puree ati ayam merupakan MPASI (makanan pendamping ASI) yang sangat baik buat si kecil. Mari ketahui cara mengkonsumsi minyak zaitun dengan menjadikannya makanan sehat untuk anak. Berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 potong hati ayam beku
  • 1 siung bawang putih, geprek
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt EVOO
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat:

Cuci bersih hati ayam, lalu parut. Parut keju (opsional). Kukus hati ayam yang sudah diparut bersama dengan bawang putih, sereh, dan daun salam selama 15 menit. Angkat, lalu tambahkan 1 sdt EVOO dan sejumput keju parut.

Selain untuk MPASI, puree hati ayam bisa dikonsumsi oleh orang dewasa juga. Puree ini enak jika dimakan dengan roti yang sudah dipanggang terlebih dahulu. Selamat mencoba!

5. Spaghetti Udang Minyak Zaitun

Spaghetti Udang Minyak Zaitun 

* sumber: www.taste.com.au

Spaghetti memang bukan makanan utama orang Indonesia, tapi sangat populer. Biasanya spaghetti tersedia di restoran dan kafe. Tapi, Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan minyak zaitun. Berikut resepnya.

Bahan:

  • 170 gram pasta
  • 150 gram udang kupas
  • 2 siung bawang putih, geprek, lalu cincang
  • ½ bawang bombay, potong dadu kecil-kecil
  • Minyak zaitun, oregano, cabe tumbuk kering, keju parmesan, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus spaghetti hingga al dente (tidak terlalu lembek)
  • Selagi menunggu spaghetti siap, tumis bawang putih dengan minyak zaitun hingga harum
  • Masukan udang, masak hingga berubah warna
  • Masukan spaghetti ke dalam tumisan udang
  • Masukkan garam, kaldu bubuk, dan oregano
  • Angkat, tata di piring lalu taburi cabe kering dan keju parmesan. Selesai! Sajikan hangat.

6. Cah Sayuran Mix

Cah Sayuran Mix cara mengkonsumsi minyak zaitun

* sumber: www.vegkitchen.com

Makan sayur, yuk. Cara mengkonsumsi minyak zaitun yang selanjutnya adalah dengan menjadikannya cah sayuran campur. Resepnya bisa Anda dapatkan pada link ini.

7. Bubur Oatmeal

Bubur Oatmeal

* sumber: emmycooks.com

Siapa bilang oatmeal cuma bisa dikonsumsi dengan susu saja? Anda bisa berkreasi menggunakan oatmeal dan minyak zaitun. Salah satunya adalah dengan resep bubur oatmeal yang bisa Anda akses lewat link ini. Makanan ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun balita dan bayi.

8. Baked Rice

Baked Rice

* sumber: www.news24.com

Nasi panggang sering dijumpai di restoran dan kafe yang menjual makanan ala Barat. Yang sering dimasukkan ke dalam nasi panggang ini diantaranya tuna, smoked beef, potongan daging ayam/sapi/kambing, dan masih banyak lagi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, loh! Ikuti langkahnya pada resep ini.

9. Sup Tomat

Sup Tomat

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Mau makan sup yang rendah lemak dan vegetarian friendly? Sup tomat minyak zaitun ini pas sekali buat Anda. Sup tomat bisa langsung dinikmati ketika masih panas. Anda bisa mencocol roti juga dengan sup ini. Resep sup tomat ini bisa Anda baca di link ini.

10. Es Krim

Es Krim

* sumber: www.telegraph.co.uk

Pernah mendengar es krim minyak zaitun? Belum? Kalau begitu sama, kami juga baru mendengarnya sekarang. Ternyata, cara mengkonsumsi minyak zaitun bisa dijadikan es krim juga, loh!

Bahan yang diperlukan adalah 875ml susu full-fat, 250ml double cream, 220g gula kastor (caster sugar), 10 kuning telur, ½ sdt ekstrak vanili, sea-salt flakes (serpihan garam laut) secukupnya, dan 75ml minyak zaitun ekstra virgin. Resepnya bisa Anda baca di sini.

Nah, itu dia jenis-jenis, manfaat, dan cara mengkonsumsi minyak zaitun dari Bacaterus. Minyak zaitun memang menyehatkan, tapi ingat untuk membatasi penggunaannya, ya. Karena, bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selain yang sudah kami sebutkan di atas, apakah Anda tahu resep enak dari minyak zaitun lainnya? Share, ya, di kolom komentar.