Bacaterus / Madu / 7 Cara Mengkonsumsi Madu yang Enak dan Menyehatkan

7 Cara Mengkonsumsi Madu yang Enak dan Menyehatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal dengan madu? Pemanis alami yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Ya, ada beragam manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan yang membuatnya menjadi favorit bagi semua orang. Bahkan, cairan yang teksturnya menyerupai sirup ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan atau minuman.

Siapa bilang madu hanya bisa diminum begitu saja? Bacaterus akan memberikan petunjuk cara mengkonsumsi madu yang benar dan enak. Yuk, coba 10 cara mengkonsumsi madu berikut ini agar Anda tidak bosan menikmati madu setiap hari.

Cara Mengkonsumsi Madu yang Enak

1. Diseduh sebagai minuman

Diseduh sebagai minuman Cara Mengkonsumsi Madu

Cara mengkonsumsi madu yang paling mainstream sejak zaman nenek moyang adalah menyeduh madu dengan air hangat. Rasa manis madu yang nikmat dapat menghangatkan tenggorokan dan perut Anda. Di samping itu, madu juga bisa diseduh bersama dengan minuman lain, seperti susu atau teh.

Segala jenis minuman yang ditambah dengan madu tentu rasanya menjadi semakin nikmat. Tidak cuma nikmat diminum dalam keadaan hangat saja, ternyata madu juga bisa dicampur dengan air dingin dan es batu. Es madu dingin ini cukup efektif untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

2. Topping makanan dan minuman

Topping makanan dan minuman

Pernah mencoba salah satu es krim dengan topping madu murni yang terkenal di Jakarta? Rasanya sangat segar dan manisnya pun terasa pas di lidah. Hal tersebut membuktikan bahwa madu juga bisa menjadi topping bagi makanan dan minuman

Madu dapat menjadi topping untuk cake maupun pancake. Jika tidak ada sirup maple untuk disiram di atas pancake, Anda bisa menggunakan madu murni sebagai gantinya. Tentu saja madu jauh lebih sehat dibanding menggunakan gula caramel atau gula cair sebagai topping makanan. Berani mengganti gula Anda dengan madu murni?

3. Bahan membuat kue

Bahan membuat kue

Tahukah Anda ternyata madu bisa menjadi bahan untuk membuat kue, lho. Ini adalah cara baru mengkonsumsi madu yang tidak diketahui oleh banyak orang. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Anda pasti pernah mendengar nama donat madu, bukan? Donat madu hanya satu dari sekian banyak kue yang berbahan dasar madu.

Anda bisa menggunakan madu sebagai bahan untuk membuat kue bolu, cookies, sampai dengan cake modern. Namun, perlu Anda ketahui bahwa fungsi madu di sini bukan sebagai pengganti gula. Anda masih harus menggunakan gula meskipun jumlahnya tidak sebanyak biasanya karena sudah ditambahkan dengan madu.

4. Saus untuk buah-buahan

Saus untuk buah-buahan

Suka makan buah-buahan yang dicelup ke dalam saus cokelat? Mengapa tak mengganti cokelat dengan madu murni yang lebih sehat. Kombinasi antara buah-buahan dan madu ini bisa menjadi cara mengkonsumsi madu yang sehat dan bagus untuk diet.

Adapun buah-buahan yang cocok dicelupkan ke dalam madu adalah apel, melon, pisang, pepaya, dan pir. Jika Anda menyukai jenis buah-buahan lainnya, silakan kombinasikan dengan madu murni. Apalagi jika Anda mencampur salad buah segar dengan madu, rasanya pasti sangat yummy! Mari siapkan buah-buahan dan madu sebagai dipping sauce-nya.

5. Campuran untuk oatmeal

Campuran untuk oatmeal

Apakah selama ini Anda termasuk orang yang sulit mengonsumsi oatmeal? Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi oatmeal, tentu saja rasa oatmeal terasa kurang sesuai dengan lidah kita. Bahkan, ada yang merasa eneg ketika harus menghabiskan sepiring oatmeal.

Biar bagaimana pun, oatmeal adalah makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tak ada salahnya jika Anda membiasakan diri mengonsumsi oatmeal. Agar rasa oatmeal tersebut jadi lebih nikmat dan tidak hambar, tambahkan madu di atas oatmeal. Jangan lupa untuk turut menambahkan potongan buah seperti pisang dan strawberry agar rasa oatmeal Anda semakin lezat.

6. Saus untuk jus atau smoothie bowl

Saus untuk jus atau smoothie bowl

Di Bali ada sebuah kedai yang menjual smoothie bowl sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat setempat. Padahal, cara membuat smoothie bowl ini sangat mudah, lho. Buah-buahan dihaluskan dalam blender sampai teksturnya agak mengental. Kemudian, di atasnya ditaburi potongan buah (seperti pisang, kelapa, strawberry atau kiwi), granola, dan saus madu.

Ya, tambahkan madu agar smoothie bowl buatan Anda jadi lebih sehat. Selain itu, Anda juga bisa memblender madu bersama dengan buah-buahan yang akan diminum. Wah, sudah sehat, segar, dan rasanya pun sangat enak!

7. Selai roti tawar

Selai roti tawar

Bosan dengan selai nanas, jeruk, srikaya, atau strawberry? Ganti selai biasa dengan madu yang tentunya lebih sehat. Tekstur madu yang lengket membuatnya cocok dijadikan sebagai selai untuk roti tawar. Di samping itu, rasa manis madu ini bisa menggantikan rasa manis selai buah yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

Buatlah roti tawar dengan selai madu murni ini pada pagi hari untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat. Nikmati roti tawar berlumur madu murni ini dengan teh atau susu yang juga dicampur dengan sedikit madu.

Tips sehat mengkonsumsi madu

Tips sehat mengkonsumsi madu

Beragam cara mengkonsumsi madu membuat cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini menjadi favorit bagi semua orang. Akan tetapi, ternyata ada tips sehat untuk mengonsumsi madu. Tips ini sangat bermanfaat bagi Anda yang benar-benar mengonsumsi madu untuk kesehatan. Berikut adalah tips mengonsumsi madu yang sehat dan benar:

  • Minum madu dalam kondisi perut kosong

Tahukah Anda ternyata waktu terbaik untuk mengonsumsi madu adalah saat di mana perut kita dalam keadaan kosong alias belum terisi makanan, seperti pada saat bangun tidur dan sebelum sarapan pagi. Hal ini ditujukan agar sistem pencernaan Anda dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang terdapat di dalam madu.

  • Konsumsi madu secara langsung

Berbagai cara mengkonsumsi madu di atas adalah opsi lain bagi Anda yang ingin memanfaatkan kelezatan madu untuk menyantap makanan dan minuman lain. Namun, cara terbaik untuk mengonsumsi madu adalah meminumnya secara langsung tanpa dicampur dengan air terlebih dahulu. Nutrisi madu tetap terjaga dengan baik apabila Anda mengonsumsinya secara langsung.

  • Minum madu dengan sendok plastik atau kayu

Kebanyakan orang memiliki sendok berbahan stainless steel. Sayangnya, madu murni lebih baik dikonsumsi dengan sendok plastik atau sendok kayu. Mengapa? Karena logam dapat merusak nutrisi yang terkandung di dalam madu sehingga manfaat dari madu murni tersebut jadi berkurang. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyimpan madu pada toples kaca agar nutrisinya terjaga.

  • Takaran dalam mengonsumsi madu

Takaran mengonsumsi madu yang ideal bagi orang dewasa adalah 100 – 200 gram per hari atau sekitar 3 sendok makan setiap hari. Sementara itu, bagi anak-anak adalah 50 – 100 gram per hari atau cukup 1 sendok makan setiap hari.

Sudah tahu berbagai cara mengkonsumsi madu yang enak, bukan? Nah, sesekali Anda bisa mengonsumsi madu dengan 6 ide di atas. Namun, pastikan Anda mengikuti tips mengonsumsi madu yang benar dan sehat jika ingin memperoleh manfaat dari madu bagi kesehatan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *