Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Mengkilapkan Kuku Secara Alami Tanpa Perlu ke Salon

10 Cara Mengkilapkan Kuku Secara Alami Tanpa Perlu ke Salon

Kuku-kuku Anda memang dapat terlihat berkilau setelah melakukan sejumlah perawatan di salon. Namun, kilau di kuku Anda dihasilkan oleh kutek. Nah, bagaimana jika Anda adalah seseorang yang tidak terlalu suka menggunakan kutek? Bisakah kuku terlihat mengkilap meskipun tidak sedang menggunakan kutek?

Selalu ada cara alami untuk mempercantik diri, termasuk untuk mengkilapkan kuku. Ada sejumlah bahan alami yang dapat membuat kuku Anda terlihat mengkilap tanpa perlu ke salon? Bacaterus akan membagikan 10 cara mengkilapkan kuku secara alami dengan bahan-bahan yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

10 Cara Mengkilapkan Kuku Secara Alami

1. Pasta gigi

Pasta gigi Cara Mengkilapkan Kuku

Siapa yang menduga jika pasta gigi bisa menjadi bahan yang melengkapi cara mengkilapkan kuku secara alami? Ya, pasta gigi mengandung peroksida yang merupakan substansi untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Hal tersebut juga berlaku pada kuku yang kusam. Dengan penggunaan pasta gigi, kuku akan terlihat lebih bersih dan mengkilap.

Gunakan pasta gigi berwarna putih dan bukan yang bertekstur gel. Oleskan pasta gigi ke kuku dan diamkan selama 10 menit. Bersihkan sisa pasta gigi dengan sikat khusus kuku, lalu bilas dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air. Lakukan treatment ini 2-3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Belimbing wuluh

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah buah yang biasanya dimanfaatkan untuk memasak makanan seperti sayur asem atau pepesan. Akan tetapi, cairan yang keluar dari belimbing wuluh ternyata dapat membantu Anda untuk mengkilapkan kuku, lho.

Cukup 1 buah belimbing wuluh saja untuk melakukan perawatan mengkilapkan 10 kuku jari tangan Anda. Belah buah ini menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian daging buah ke kuku-kuku Anda. Setelah itu, cuci kuku Anda dengan air bersih. Treatment ini akan mengkilapkan kuku sekaligus membersihkan kotoran yang ada di sela-sela kuku.

3. Cuka putih

Cuka putih

Selain dapat menghilangkan noda di pakaian dan mengatasi bau tak sedap pada kulkas, cuka putih juga memiliki kemampuan yang lain, yakni untuk membuat tampilan kuku jadi mengkilap secara alami. Kandungan zat asam yang sangat tinggi di dalam cuka akan membuat kuku Anda jadi tampak berkilau.

Sediakan wadah berisi air hangat dan tuangkan beberapa tetes cuka putih ke dalamnya. Rendam jari-jari Anda di dalam wadah tersebut selama 10 menit. Sesudah itu, bilas dengan air bersih. Ulangi treatment ini setiap 2-3 hari sekali untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

4. Lidah buaya

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk mempercantik diri memang sangat luar biasa. Jika sebelumnya Anda mengetahui bahwa lidah buaya sangat bagus untuk merawat rambut, kini Anda pun harus tahu bahwa lidah buaya juga dapat melengkapi cara mengkilapkan kuku secara alami.

Yang Anda butuhkan adalah gel lidah buaya yang masih segar. Kemudian, oleskan gel lidah buaya ke kuku jari tangan maupun jari kaki. Diamkan selama 15-30 menit agar gel tersebut bekerja untuk membuat tampilan kuku Anda terlihat bening dan berkilau. Apabila sudah 15-30 menit, bilas jari-jari Anda dengan menggunakan air hangat.

5. Mentega

Mentega

Meskipun teksturnya sedikit lengket apabila tersentuh tangan, tapi nyatanya mentega punya peranan besar untuk mengkilapkan kuku Anda. Apalagi mentega ini merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan. Tak perlu membeli mentega baru karena Anda dapat memanfaatkan mentega yang tersedia di rumah.

Pertama, lelehkan mentega terlebih dahulu hingga berbentuk cairan. Jika mentega sudah dingin, oleskan saja ke seluruh kukuh Anda dan tunggu sampai beberapa saat kemudian. Bersihkan sisa mentega di kuku dengan kapas dan air bersih. Apabila masih terasa lengket, Anda diperkenankan untuk mencuci tangan dengan sabun.

6. Kulit semangka

Kulit semangka

Jangan buang kulitnya dulu ketika Anda makan semangka! Ya, buah yang segar dan manis ini juga dapat membantu Anda untuk memiliki kuku yang cantik dan nampak lebih berkilau. Akan tetapi, kali ini Anda tidak lagi memanfaatkan daging buahnya, melainkan hanya menggunakan kulitnya saja.

Kulit semangka ini nantinya akan digosokkan ke seluruh bagian kuku Anda. Bila semua kuku sudah digosok, biarkan saja sisa semangka itu mengering dengan sendirinya. Bersihkan sisa semangka yang mengering dengan tisu yang sudah dibasahi dengan air. Lakukan treatment ini 2 hari sekali agar kuku Anda lebih cepat terlihat mengkilap.

7. Biji jintan

Biji jintan

Kuku yang tampak kusam dan menguning bisa saja disebabkan karena infeksi jamur pada kuku. Nah, solusinya agar kuku Anda terlihat lebih berkilau alami adalah dengan memakai biji jintan. Siapa sangka jika bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa menjadi cara mengkilapkan kuku secara alami?

Hancurkan 1 sendok makan jintan terlebih dahulu. Cara selanjutnya adalah masukkan jintan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air bersih. Kuku yang terlihat menguning akan tampak lebih berkilau setelah perawatan ini. Lebih baik lagi jika Anda melakukan treatment ini setiap hari sebelum tidur di malam hari.

8. Baking powder

Baking powder

Sudah menjadi rahasia umum jika baking powder diklaim sebagai bahan yang dapat membantu Anda untuk memutihkan pakaian. Namun, tahukah Anda bahwa baking powder juga bisa merawat kuku agar terlihat lebih mengkilap? Ya, cobalah baking powder untuk mengkilapkan kuku-kuku Anda.

Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu membuat pasta baking powder yang sedikit kental dengan campuran air. Celupkan jari-jari Anda ke dalam wadah berisi pasta baking powder selama 15 menit. Jika sudah 15 menit, bilas jari Anda dengan air bersih. Cara ini cukup ampuh apabila Anda melakukannya 3 kali seminggu.

9. Bawang putih

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengkilapkan kuku. Namun, risikonya kuku dan jari Anda akan berbau bawang. Yang Anda perlukan hanyalah satu siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih.

Potong bawang putih menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam bawang putih ke seluruh kuku Anda. Setelah didiamkan selama beberapa saat, bersihkan jari Anda dengan sabun untuk menghilangkan bau bawang putihnya. Lihat hasilnya, kuku terlihat lebih berkilau dengan penggunaan secara berkala.

10. Lemon

Lemon

Sama seperti cuka putih, lemon juga memiliki kandungan asam yang tinggi untuk mengkilapkan kuku Anda. Bahkan, lemon adalah bahan yang lebih alami sehingga tidak akan merusak kuku Anda. Peras air lemon dalam satu wadah, lalu rendam jari-jari Anda di dalam air lemon selama 15-30 menit. Air lemon tersebut akan mengkilapkan kuku Anda secara bertahap.

Cobalah 10 cara mengkilapkan kuku di atas dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cara mengkilapkan kuku dengan bahan alami memang tidak terlihat langsung hasilnya, tetapi jika Anda menjalani perawatan dengan telaten, maka Anda akan segera memperoleh hasilnya yakni berupa tampilan kuku yang tampak mengkilap dan bersih alami.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment