Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara Mengiris Tempe Agar Tipis yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2018

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang telah mendunia dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan utama untuk membuat tempe adalah kacang kedelai yang kaya akan protein. Walaupun Indonesia punya, tapi bahan baku utamanya masih didatangkan dari luar negeri alias impor.

Tidak ada unsur hewani pada proses pembuatan tempe, sehingga makanan ini dapat dikonsumsi oleh mereka yang vegetarian. Olahan tempe yang paling umum kita temukan adalah tempe mendoan yang nikmat disantap hangat-hangat dengan saus kecap pedas.

Tempe yang dijual di pasaran umumnya berbentuk kotak persegi panjang. Apakah harga jualnya masih terjangkau atau tidak penulis tidak tahu. Hal ini bisa ditanyakan kepada para ibu rumah tangga yang sering keluar masuk pasar.

Selain diolah sebagai gorengan atau tumis-tumisan, tempe juga bisa diolah menjadi cemilan keripik tempe. Jika kamu mengunjungi kota Bandung, kamu akan menemukan cukup banyak toko yang menjual olahan tempe cemilan yang diiris tipis-tipis.

Apakah susah mengiris tempe tipis-tipis? Jika dilakukan secara manual, maka itu cukup sulit. Sulit bukan berarti tidak bisa. Jika kamu sudah terbiasa, kamu bisa mengiris tempe tipis-tipis hanya dengan menggunakan alat-alat dapur. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tempe yang kamu iris berbentuk tipis.

Cara Mengiris Tempe Agar Tipis

1. Menggunakan Cara Manual

Cara Iris Tempe

* sumber: www.youtube.com

Jika kamu ingin mencoba membuat keripik tempe sendiri di rumah namun tidak memiliki alatnya, maka kamu bisa mencoba cara ini. Hal yang perlu kamu siapkan hanyalah alat pengukur yang bersih dan alat pengiris yang cukup tajam. Berikut adalah langkahnya:

  • Siapkan Alat-Alat

Alat-alat yang perlu kamu persiapkan adalah pengiris, pengukur (dari plastik atau besi), dan talenan. Pastikan semua alat dalam keadaan bersih karena tempenya juga sudah datang dalam keadaan tertutup rapat. Siapkan juga wadah untuk menampung tempe yang sudah diiris.

  • Posisikan Tempe
Tempe

* sumber: id.wikipedia.org

Agar tempe dapat diiris dengan mudah, kamu harus menempatkan tempe di atas talenan dengan posisi memanjang. Jika tempe berbentuk persegi panjang, maka akan dengan mudah diposisikan. Sebaliknya, jika tempe berbentuk bulat, kamu harus memegangnya cukup kuat.

  • Ukur dan Iris

Dengan menggunakan pengukur, kamu bisa menentukan seberapa tipis tempe yang ingin kamu iris. Hanya saja alat pengukur tidak bisa digunakan untuk tempe bulat. Jadi, kamu hanya bisa melakukannya dengan tempe persegi panjang. Jika sudah siap, mulailah mengukur dan mengiris tempe setipis mungkin dan berukuran sama.

Irisan Tempe

* sumber: kueresep.com

Mengiris tempe tipis-tipis secara manual seperti di atas pastinya cukup sulit dilakukan (dan harus ekstra hati-hati!). Dibutuhkan keterampilan khusus agar tempe yang diiris tipis tidak hancur walaupun ketebalannya bermilimeter. Namun, jika kamu ingin mencobanya, kamu pasti bisa melakukannya kok. Kuncinya adalah harus hati-hati, teliti, dan bersabar.

Frustasi dengan cara di atas? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa menemukan alat pengiris tempe khusus loh. Dengan alat ini, kamu bisa mengiris tempe tipis-tipis tanpa perlu khawatir rusak atau berbeda ukuran. Alatnya sederhana sih, namun akan sangat membantu dibanding dengan cara manual.

Baik tempe persegi atau bulat, kamu tetap bisa menghasilkan irisan tempe yang tipis mulai dari 0,5 mm hingga 5 mm dengan alat ini. Dengan pengiris tempe khusus ini juga, kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga.

2. Menggunakan Alat Pengiris Khusus

Alat Iris Tempe

* sumber: www.elportaltcr.tk

Perlu kamu ketahui bahwa alat khusus pengiris tempe ini ada yang dijalankan dengan mesin atau manual. Namun, untuk keperluan rumah tangga kamu bisa menggunakan alat yang manual saja. Alat khusus pengiris tempe yang manual dibuat dari bahan kayu yang kuat dan bertahan lama. Dengan mata pisau yang tajam, kamu bisa mengiris tempe setipis mungkin dengan mudah (dalam hitungan milimeter) dan cepat. Jika sudah terasa tumpul, kamu masih bisa mengasah sendiri mata pisaunya.

Selain digunakan untuk mengiris tempe, alat ini bisa kamu gunakan untuk mengiris bahan makanan lainnya seperti singkong, pisang, bawang-bawangan, cabe, dan masih banyak lagi. Jadi, alat ini sangat serbaguna, bukan? Pekerjaan mengiris bahan-bahan dapur bisa dilakukan lebih cepat dengan alat ini.

Pengiris khusus makanan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan dapat digunakan berkali-kali. Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya di Bukalapak. Klik di sini untuk membeli alat pengiris khusus makanan tersebut. Lalu bagaimana cara mengiris tempe tipis-tipis dengan alat ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan Alat Pengiris

Karena bisa mengiris banyak bahan makanan, maka alat ini disebut alat pengiris multi-cut. Setelah kamu membelinya di Bukalapak, siapkan alat tersebut di dapurmu. Kamu bisa sambil lesehan untuk menggunakan alat pengiris tempe ini.

  • Masukan Tempe

Selanjutnya adalah memasukan tempe ke dalam kotak irisan yang tersedia. Ukurannya sudah didesain dengan bentuk standar tempe yang dijual di pasar-pasar. Jika ternyata tempe yang kamu beli terlalu panjang, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran kotak irisan tersebut.

  • Tekan Tempe

Alat ini dilengkapi dengan balok penekan agar tempe dapat diiris dengan baik. Jadi, setelah dimasukan ke dalam kotak irisan, tekan tempe tersebut dengan balok penekan. Tekanannya tidak boleh terlalu kuat ya karena dapat merusak tekstur tempe itu sendiri.

  • Siapkan Wadah

Agar nanti tempe yang sudah diiris tidak terdampar kemana-mana, maka kamu perlu menyiapkan wadah yang dapat menampung hasil irisan tempe. Tempatkan wadah tersebut tepat di bawah alat pengiris tempe tersebut. Gunakan wadah yang ukurannya sesuai dengan tinggi alat tersebut.

  • Mulai Mengiris
Tempe Tipis

* sumber: pengirisserbaguna.com

Sekarang sudah saatnya mengiris tempe. Caranya adalah tekan tempe dengan balok yang sudah disediakan, kemudian lakukan gerakan maju mundur (iramanya jangan terlalu cepat ya). Setelah itu, tempe akan teriris secara otomatis dengan tipis dan memiliki lebar yang sama. Hasil irisan tempe akan langsung tersimpan dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya.

Itulah cara mudah mengiris tempe agar tipis dengan alat pengiris yang dibuat secara khusus untuk banyak bahan makanan. Jika kamu ingin mencoba usaha kecil-kecilan dengan menjual keripik tempe, kentang, atau singkong, maka alat ini perlu kamu miliki di dapurmu.

Selain bisa lebih cepat, alat ini juga lebih aman digunakan. Kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga dengan menggunakan alat pengiris khusus ini. Jika nantinya kamu membutuhkan alat pengiris tempe yang lebih bisa diandalkan lagi, maka kamu bisa menggunakan alat pengiris khusus yang digerakan oleh mesin. Dengan demikian, pekerjaan atau usahamu bisa sangat terbantu dengan teknologi ini. \

Sebagai makanan asli Indonesia, tempe ini wajib kita lestarikan. Dunia juga sudah mengakui keunggulan dari makanan ini. Jadi, ayo kita buat tempe ini lebih populer lagi agar semakin banyak orang di berbagai sudut dunia mengetahuinya.

Jika kamu bingung cara menyimpan tempe agar lebih tahan lama dan awet, bisa temukan tipsnya di artikelĀ Cara Menyimpan Tempe agar Tidak Cepat Busuk.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment