Bacaterus / Nutrisi Otak / 10 Cara Mengingat Barang yang Hilang Agar Cepat Ketemu

10 Cara Mengingat Barang yang Hilang Agar Cepat Ketemu

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2019

Kehilangan barang bisa membuat kita stres, apalagi jika yang hilang adalah barang berharga atau surat-surat penting. Tentu saja kita bisa senewen dan kebingungan untuk mencari barang yang hilang tersebut. Namun, sikap panik dan bingung justru akan membuat barang yang hilang jadi lebih sulit ketemu, lho.

Kalau ada barang yang hilang, Anda harus berusaha mengingat-ingat posisi barang tersebut. Bacaterus akan memberikan 10 cara mengingat barang yang hilang agar cepat ketemu. Cara ini akan membantu Anda lebih mudah mengingat posisi terakhir barang yang hilang sekaligus menguatkan kembali ingatan Anda. Yuk, langsung saja coba cara-caranya berikut ini.

10 Cara Mengingat Barang yang Hilang

1. Tenangkan Diri Terlebih Dahulu

Tenangkan Diri Terlebih Dahulu Cara Mengingat Barang yang Hilang

Panik, takut, bingung, kesal, dan sedih. Itulah berbagai perasaan yang sering kita rasakan ketika ada barang berharga yang hilang. Rasa khawatir barang itu ditemukan oleh orang lain dan tidak dikembalikan kepada Anda memang tidak dapat disalahkan. Akan tetapi, cara mengingat barang yang hilang yang paling tepat adalah Anda harus bersikap tenang lebih dulu.

Sehabis panik dan bingung, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Lakukan gerakan itu berulang kali sampai Anda merasa lega dan ikhlas. Kalau pikiran dan tubuh lebih tenang, maka akan lebih mudah mengingat-ingat barang yang hilang itu.

2. Kilas Balik Kejadian

Kilas Balik Kejadian

Flashback adalah hal yang harus dilakukan oleh orang yang merasa kehilangan sesuatu. Anda membutuhkan suasana yang tenang untuk mengingat kilas balik kejadian. Sebagai contoh, ketika Anda kehilangan ponsel, ingatlah ketika Anda baru keluar rumah atau sedang melakukan aktivitas lainnya apakah ponsel tersebut masih ada?

Kemudian, lanjutkan meruntut semua kejadian sampai Anda menyadari bahwa barang tersebut hilang. Flashback adalah cara terbaik untuk mengingat posisi terakhir barang yang hilang. Jika Anda sudah mengetahui posisinya, Anda hanya perlu mencari di posisi terakhir barang hilang.

3. Melakukan Penelusuran

Melakukan Penelusuran

Kesulitan mengingat barang yang hilang? Tenang, ada cara mengingat barang yang hilang dengan mudah. Lakukan penelusuran di tempat penyimpanan barang atau sejumlah tempat lain yang Anda yakini menjadi tempat keberadaan barang tersebut.

Sambil melakukan penelusuran, biasanya insting alami manusia akan bekerja dengan sendirinya untuk mengingat posisi barang yang hilang. Kalau Anda melakukan penelusuran dengan sabar, maka pikiran pun menjadi tenang. Saat pikiran Anda mulai tenang, Anda akan bisa mengingat posisi barang yang hilang dengan lebih mudah.

4. Mengingat Kebiasaan Diri Sendiri

Mengingat Kebiasaan Diri Sendiri

Jika Anda kesusahan mengingat tempat terakhir Anda melihat barang yang hilang, setidaknya Anda bisa mengingat kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan diri sendiri. Ya, kebiasaan diri sendiri akan membantu Anda menemukan barang yang hilang.

Misalnya, ketika yang hilang adalah sikat gigi, coba Anda ingat-ingat kebiasaan Anda saat mandi dan menggosok gigi sebelum tidur. Bayangkan rutinitas Anda menggosok gigi setiap hari. Kalau beruntung, Anda bisa langsung mengingat di mana biasanya Anda meletakkan benda yang hilang itu. Namun, jika masih belum ingat, sebaiknya Anda tetap tenang dan kembali mencari dengan hati yang tenang.

5. Jangan Mencari di Tempat yang Sama Berulang Kali

Jangan Mencari di Tempat yang Sama Berulang Kali

Apakah Anda selalu mencari barang di tempat yang sama berkali-kali? Kebiasaan ini memang selalu dilakukan orang yang sedang panik dan dilanda kebingungan. Akan tetapi, cara ini bukan cara mengingat barang yang hilang secara tepat.

Mencari di tempat yang sama berkali-kali hanya akan membuat Anda semakin bingung. Jadi, cobalah mencari di tempat lain secara lebih teliti. Kalau Anda yakin barang yang hilang itu berada di suatu tempat, coba kunjungi tempat itu dan cari pelan-pelan.

6. Pejamkan Mata dan Santai

Pejamkan Mata dan Santai

Seringkali kita tidak bisa mengingat letak barang yang hilang karena terlalu gelisah. Mungkin ada baiknya jika Anda duduk dengan santai dan pejamkan mata. Sikap santai seperti ini akan membantu Anda mengingat posisi barang yang hilang secara mudah. Bila perlu, nikmati secangkir kopi atau teh agar tubuh Anda juga lebih rileks.

Seorang psikolog bernama Robert Nash menuturkan bahwa orang-orang yang memejamkan mata akan lebih mudah mengingat hal-hal yang terlewatkan, termasuk barang yang hilang. Jadi, dari pada bingung dan panik, lebih baik Anda duduk santai sambil memejamkan mata. Siapa tahu barang yang hilang akan segera teringat dalam pikiran Anda.

7. Pikirkan Kemungkinan Barang Tertutup Benda Lain

Pikirkan Kemungkinan Barang Tertutup Benda Lain

Cara mengingat barang yang hilang adalah memikirkan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Pikirkan kembali karena mungkin saja barang yang Anda cari sedang tertutup benda lain sehingga tidak terlihat ketika Anda mencarinya.

Sambil berusaha mengingat, tak ada salahnya Anda kembali mencari dengan teliti. Buka semua barang atau pindahkan barang-barang yang diduga menutupi barang Anda yang hilang. Lakukan penelusuran sekali lagi, tapi kali ini Anda bisa memindah posisi barang-barang dan membuka beberapa benda yang ada penutupnya.

8. Tukar Pikiran dengan Orang Lain

Tukar Pikiran dengan Orang Lain

Terkadang dua otak akan mempercepat proses penemuan barang yang hilang. Cobalah untuk bertukar pikiran dengan orang yang Anda percaya. Jelaskan kronologi kehilangan barang dan dugaan yang ada di dalam benak Anda.

Orang kedua yang Anda libatkan dalam pencarian biasanya memiliki kondisi hati dan pikiran yang lebih tenang karena bukan barangnya lah yang hilang. Dengan pikiran yang lebih tenang, orang kedua ini bisa membantu Anda mengingat barang yang hilang. Jangan abaikan saran atau dugaan dari orang kedua ini. Ingat, pikirannya lebih tenang dibanding Anda sehingga ia mampu berpikir secara lebih jernih.

9. Perluas Area Pencarian

Perluas Area Pencarian

Tak bisa menemukan barang di satu tempat? Pertimbangkan untuk mencari di area yang lebih luas. Anda harus mencari di tempat yang selama ini tidak pernah Anda pikirkan. Kadang-kadang, barang yang hilang bisa berada di tempat yang mustahil.

Tak ada salahnya mencoba mencari di tempat-tempat yang tidak biasa. Sambil mencari dengan tenang, Anda bisa kembali mengingat posisi barang tersebut. Ingatlah untuk selalu tenang ketika mencari sesuatu yang hilang. Jangan tergesa-gesa karena bisa saja secara tidak sadar Anda sudah melewatkan barang tersebut.

10. Berdoa

Berdoa Sebelum Tampil

Ketika yang hilang adalah barang yang berharga, perasaan Anda tentu saja sangat kacau. Namun untuk mengingat posisi barang yang hilang, Anda dapat mencoba untuk berdoa meminta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa. Lantunan doa dari mulut kita juga bisa mempengaruhi suasana hati agar lebih tenang.

Jika sudah tenang dan merasa damai, tentu akan mudah untuk mengingat letak barang yang hilang. Jangan lupa bersyukur jika sudah menemukan barang tersebut, ya!

10 cara mengingat barang yang hilang ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menemukan barang yang hilang. Jika barang yang hilang adalah barang berharga, Anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk memperoleh bantuan. Namun, selain meminta bantuan dari orang lain Anda juga harus berusaha mengingat-ingat sendiri.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar