Bacaterus / Guru / 10 Cara Menghormati Guru yang Bisa Dilakukan oleh Murid

10 Cara Menghormati Guru yang Bisa Dilakukan oleh Murid

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Guru adalah seseorang yang sangat berjasa dalam kehidupan setiap orang.  Kehadiran guru merupakan sebuah anugerah yang patut disyukuri. Berkat guru setiap generasi memiliki bekal ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

Selain memberikan ilmu pengetahuan yang tidak pernah didapatkan di rumah, sosok guru juga ikut andil dalam membangun kepribadian murid dalam pergaulan di lingkungan sosial. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita memberi penghormatan kepada guru dengan menunjukan sikap mulia.

Nah, untuk mengenang jasa pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 cara menghormati guru yang wajib setiap murid lakukan. Ingin tahu seperti apa? Berikut adalah penjelasannya:

1. Mencium Tangan

Mencium Tangan

Mencium tangan orang tua atau orang lain yang lebih tua adalah kebiasaan masyarakat Indonesia yang telah dilakukan secara turun-temurun. Hal tersebut menjadi identitas masyarakat tanah air yang masih tetap terjaga hingga saat ini. Di lingkungan masyarakat sendiri tindakan tersebut adalah bagian dari perilaku kesopanan serta bentuk penghargaan kepada seseorang yang dihormati.

Oleh karena itu kita juga bisa mencium tangan guru sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat kepadanya ketika berada di lingkungan sekolah atau ketika sedang berpapasan di jalan.

2. Berperilaku Sopan Santun

Berperilaku Sopan Santun

Sebagai manusia yang beradab sudah selayaknya kita menunjukan perilaku sopan santun terhadap siapa pun dan dimana pun kita berada. Sopan santun merupakan sikap menghormati antara sesama manusia melalui tindakan-tindakan tertentu yang sesuai dengan norma kesopanan yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Perilaku tersebut merupakan bagian penting ketika bersosialisasi, terutama di lingkungan sekolah yang notabenenya tempat pendidikan. Nah, mengingat guru merupakan orang yang berjasa dalam memberi wawasan serta ilmu pengetahuan pada kita. Sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menunjukan perilaku sopan santun kepadanya.

3. Memperhatikan Pelajaran dengan Serius

Memperhatikan Pelajaran dengan Serius

Cara lain yang bisa dilakukan murid untuk menunjukkan rasa hormat pada guru adalah dengan memperhatikan pelajaran dengan serius. Seperti yang kita ketahui sekolah adalah tempat belajar yang sangat kompleks. Menjadi seorang pendidik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Banyaknya tenaga serta pikiran yang dicurahkan oleh para guru bagi keberhasilan puluhan siswa didiknya dalam pelajaran adalah bagian dari perjuangan guru yang cukup berat. Oleh sebab itu sudah selayaknya hal tersebut dibalas dengan keseriusan kita dalam belajar.

4. Mendengarkan Setiap Nasihat Guru

Mendengarkan Setiap Nasihat Guru

Guru merupakan seseorang yang menjadi pengganti orang tua kita ketika sedang berada di sekolah. Sebagai seorang pelajar yang baik, kita memang wajib mendengarkan setiap nasihat yang diberikan olehnya.

Pada dasarnya setiap nasihat yang diberikan oleh guru merupakan bentuk perhatian dan kasih sayangnya sebagai seorang tenaga pengajar sekaligus sebagai orang tua yang menjadi wali kita di sekolah.

Nasihat-nasihat yang diberikan oleh sang guru  tentunya bertujuan untuk membantu perkembangan kepribadian serta prestasi siswanya jauh lebih baik.

5. Mengerjakan Tugas yang Diberikan dengan Baik

Mengerjakan Tugas yang Diberikan dengan Baik

Guru memiliki tanggung jawab untuk memastikan para siswanya memahami setiap pelajaran dan juga memiliki budi pekerti yang baik. Hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawabnya pada sekolah maupun pihak orang tua yang telah mempercayakan anaknya di sekolah.

Nah, untuk memastikan pelajarannya tersampaikan dengan baik, seorang guru biasanya akan memberikan tugas bagi siswanya untuk evaluasi. Oleh sebab itu para siswa berkewajiban mengerjakan setiap tugas yang diberikan guru dengan baik.

Jangan sampai segala usaha yang telah dilakukan olehnya untuk kebaikanmu di masa depan malah membuatnya harus berada dalam masalah karena nilai kamu yang buruk akibat jarang mengerjakan tugas.

Baca juga: Lagu yang Bisa Dinyanyikan Saat Perpisahan dengan Guru

6. Mematuhi Perintahnya

Mematuhi Perintahnya

Sebagai seorang tenaga pengajar profesional, seorang guru memang sudah terlatih melakukan tugasnya. Sehingga ia sangat faham betul mana yang baik dan tidak bagi siswa didiknya.

Tak jarang hal tersebut ditunjukkan guru dalam setiap perintah larangan atau tindakan yang harus dikerjakan para siswanya. Dimana hal tersebut dilakukan untuk kebaikan siswa itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk menghormatinya kita pun wajib menaati. Meskipun demikian bila perintah yang diberikan tidak sesuai dengan norma agama dan kesopanan, maka kamu pun wajib menolak untuk mengikutinya.

7. Memberi Salam Setiap Kali Bertemu

Memberi Salam Setiap Kali Bertemu

Memberikan salam merupakan hal yang sederhana, namun menunjukan sikap penghormatan yang tinggi pada seseorang. Memberikan salam merupakan hal yang wajib kita lakukan ketika bertemu dengan guru baik saat berada di sekolah atau ketika berpapasan di luar jam sekolah.

Cara tersebut menunjukkan rasa hormat kita pada seseorang yang kita kenal. Terlebih orang tersebut memiliki jasa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Oleh karena itu ketika bertemu guru jangan sungkan untuk menyapa dan memberikan salam padanya.

8. Berbicara dengan Lembut

Berbicara dengan Lembut

Sebagai seorang siswa kita juga harus menunjukkan kesopanan saat bertutur kata di hadapan guru. Guru sendiri merupakan orang yang berusia lebih tua dari kita, sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga kesopanan dalam berbicara. Jangan coba membuatnya tersinggung atau merasa diremehkan karena cara berbicara kita yang tidak sopan.

Berbicara dengan lembut adalah perilaku terpuji yang menunjukkan rasa hormat pada orang lain. Selain itu jangan membiasakan diri untuk memotong setiap pembicaraan, terutama bila orang yang sedang berbicara di hadapan kita adalah guru kita sendiri. Karena hal tersebut merupakan tindakan yang kurang sopan.

9. Selalu Meminta Ijin Bila Ada Keperluan

Selalu Meminta Ijin Bila Ada Keperluan

Memberikan kabar pada guru ketika terjadi sesuatu merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut merupakan cara bagi siswa dalam menghormati guru. Sampaikan permohonan ijin dengan memberikan alasan yang sebenar-benarnya dan tidak mengada-ngada.

Pada dasarnya bila segala sesuatu dibicarakan dengan baik, maka hal tersebut tidak akan menimbulkan kesalahpahaman yang mungkin berdampak negatif pada nilai akademis kita di sekolah.

Oleh karena itu hormatilah keberadaan gurumu dengan meminta ijin terlebih dahulu setiap ada sesuatu keperluan yang harus kita dikerjakan secara mendadak dan mendesak.

10. Berperilaku Jujur

Berperilaku Jujur

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghormati jasa sang guru adalah dengan berperilaku jujur. Kebahagian seorang guru adalah ketika bisa melihat anak didiknya menjadi seorang yang sukses entah itu dalam bidang akademis maupun kehidupannya kelak di masa depan.

Hanya saja hal tersebut juga harus diiringi dengan perilaku yang jujur. Jangan sampai karena perbuatan tidak jujur yang kita lakukan membuat nama baik guru yang berusaha membuat kehidupan kita lebih baik malah tercoreng dan dicap buruk oleh pihak sekolah maupun orang tua yang menitipkan kita.

Nah, itulah 10 Cara menghormati guru yang bisa dilakukan oleh murid yang berhasil Bacaterus rangkum. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus kita hormati keberadaannya. Berkat guru berbagai ilmu pengetahuan serta ilmu tentang kehidupan kita dapatkan. Semoga artikel di atas bisa menjadi pengingat bagi kita akan pentingnya sosok guru dalam kehidupan kita.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *