Bacaterus / Fashion / Sepatu / 4 Cara Menghitamkan Sepatu yang Warnanya Terlihat Pudar

4 Cara Menghitamkan Sepatu yang Warnanya Terlihat Pudar

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Sepatu putih cepat kotor, tapi sepatu hitam juga bisa memudar. Lantas, apa warna sepatu yang harus Anda pilih? Apapun warna sepatunya, suatu saat sepatu tersebut bisa rusak dan warnanya pun akan memudar. Akan tetapi, jika warna sepatu memudar lebih cepat dari yang diperkirakan, Anda harus melakukan sejumlah cara untuk mengembalikan warna cerah sepatu tersebut, terutama jika sepatu Anda berwarna hitam.

Sepatu berwarna hitam memang tidak mudah kotor. Namun, pemakaian sehari-hari dan paparan debu maupun kotoran dapat membuat warna sepatu hitam jadi memudar. Bacaterus akan memberikan 4 cara menghitamkan sepatu agar warnanya kembali cerah seperti baru.

4 Cara Menghitamkan Sepatu

1. Semir Sepatu

Semir Sepatu Cara Menghitamkan Sepatu

Cara menghitamkan sepatu juga bisa dilakukan dengan menggunakan semir sepatu. Semir bukan hanya untuk mengilapkan sepatu, tetapi bisa juga untuk mengembalikan warna sepatu yang telah memudar. Anda bisa membeli krim semir sepatu terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah menghitamkan sepatu berikut ini:

  • Pilih semir sepatu hitam yang berbentuk krim atau cair.
  • Bersihkan sepatu dengan kain terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan sepatu.
  • Aplikasikan semir ke seluruh bagian sepatu. Kemudian, ratakan semir dengan sikat berjenis horsehair brush.
  • Setelah itu, poles dan semir pada sepatu dengan menggunakan kain lembut.
  • Jemur sepatu selama beberapa jam agar semirnya kering. Anda juga boleh menambahkan semir lagi jika Anda merasa warnanya masih kurang pekat.

Semir sepatu hanya bisa dipakai untuk menghitamkan sepatu kulit saja. Sepatu berbahan kain atau beludru tidak dapat dihitamkan dengan semir sepatu karena semirnya akan menggumpal pada serat kainnya. Metode menghitamkan sepatu dengan semir ini adalah cara yang paling mudah. Anda dapat langsung mempraktikkannya sendiri di rumah jika ada sepatu kulit yang warnanya tampak pudar.

2. Pewarna Kain

Pewarna Kain

Satu lagi cara dan tips menghitamkan sepatu yang bisa Anda coba di rumah, yakni dengan menggunakan pewarna kain. Beli lah satu sachet pewarna kain yang murah meriah (seperti merk Wantex). Namun, bahan yang satu ini hanya bisa dipakai untuk menghitamkan sepatu berbahan dasar kain, seperti sepatu kanvas dan sepatu sekolah.

Apabila Anda sudah membeli pewarna kain tersebut, coba ikuti tips menghitamkan sepatu dengan pewarna kain berikut ini:

  • Pertama-tama, lepas tali sepatu yang masih menempel pada sepatu yang akan dihitamkam.
  • Cuci sepatu Anda sampai bersih dan rendam sepatu di dalam pemutih agar warna hitamnya yang memudar jadi semakin pudar sehingga lebih mudah dihitamkan dengan bahan pewarna lainnya.
  • Jemur sepatu sampai benar-benar kering.
  • Selanjutnya, rebus air di dalam sebuah panci. Ketika airnya sudah mulai mendidih, taburkan pewarna kain yang sudah dibeli tadi ke dalam panci.
  • Jika warna airnya sudah terlihat menghitam, kecilkan api dan tunggu sampai airnya tidak terlalu mendidih.
  • Masukkan sepatu yang sudah kering ke dalam panci yang sudah dicampur dengan pewarna kain. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan air hangat (tidak terlalu panas) agar tidak merusak sepatu.
  • Setelah warna sepatu tampak menghitam, angkat sepatu dan jemur sampai benar-benar kering.

Perlu Anda ketahui bahwa tips menghitamkan sepatu ini dapat berisiko merusak material sepatu, terutama jika sepatu tidak tahan terhadap suhu panas. Namun, jika jenis sepatu Anda adalah sepatu kanvas, seperti Converse, maka bahannya tidak mudah rusak meskipun direndam di dalam air panas.

3. Semir Rambut

Semir Rambut

* sumber: steemit.com

Jika semir sepatu tak cukup ampuh untuk menghitamkan sepatu, cobalah untuk menggunakan semir rambut. Tak perlu membeli semir rambut yang mahal, cukup gunakan semir yang harganya 10 – 20 ribu rupiah saja. Metode ini bisa dipakai untuk menghitamkan sepatu kanvas maupun sneakers hitam yang warnanya sudah pudar. Berikut adalah caranya menghitamkan sepatu dengan memanfaatkan semir rambut:

  • Jika sepatu memiliki bagian yang berwarna lain, tutup bagian yang memiliki warna berbeda dengan isolasi atau lakban. Akan tetapi, jika seluruh bagian sepatu berwarna hitam maka Anda bisa langsung menyemir sepatu tersebut.
  • Lepaskan tali sepatu (jika ada) agar tidak terkena cat rambut.
  • Buat pasta dari semir rambut yang yang Anda beli. Kemudian, gunakan sikat gigi bekas untuk mengaplikasikan cat rambut ke sepatu.
  • Apabila semua bagian sepatu sudah tertutup dengan warna hitam, segera jemur sepatu di tempat yang berangin.

Bagaimana jika warnanya tetap pudar usai Anda menyemirnya dengan cat rambut? Biarkan saja sampai sepatu benar-benar kering. Pasalnya, warna sepatu akan terlihat hitam pekat jika cat rambutnya sudah kering.

4. Spidol Hitam

Spidol Hitam

* sumber: secretdailytips.blogspot.com

Ada berbagai cara untuk menghitamkan sepatu yang bisa Anda pilih, mulai dari menggunakan semir sepatu sampai dengan cat rambut. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan metode penghitaman sepatu secara lebih cepat, Anda dapat menggunakan spidol marker hitam yang harganya tidak sampai sepuluh ribu rupiah.

Hanya sepatu berbahan kain dan suede saja yang bisa dihitamkan dengan menggunakan spidol. Sementara jenis sepatu lain belum bisa dihitamkan dengan spidol hitam. Berikut adalah cara menghitamkan sepatu dengan spidol hitam:

  • Bersihkan sepatu yang akan dihitamkan.
  • Gunakan spidol marker hitam untuk mulai menebalkan warna sepatu hitam yang tampak memudar.
  • Proses menebalkan sepatu dengan spidol harus dengan goresan yang searah agar hasilnya terlihat lebih rapi.

Setelah proses menghitamkan sepatu ini selesai, jemur sepatu agar segera dapat digunakan kembali. Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa spidol tidak dapat menempel dengan awet pada sepatu Anda. Jika anak-anak sering memakai sepatunya untuk basah-basahan, maka warna sepatunya akan memudar.

Tips Menjaga Warna Hitam Sepatu

Tips Menjaga Warna Hitam Sepatu

Berbagai cara menghitamkan sepatu di atas bisa Anda pilih salah satunya untuk menghitamkan sepatu di rumah Anda. Selain berbagi informasi mengenai cara menghitamkan sepatu, Bacaterus juga akan memberikan tips agar Anda senantiasa menjaga warna hitam sepatu Anda:

  • Rajin Membersihkan Sepatu

Sepatu yang hitam dan mengilap dapat Anda miliki ketika Anda rajin membersihkan sepatu. Baik sepatu berwarna hitam atau warna apapun harus dibersihkan sesegera mungkin untuk menjaga warna sepatu agar tidak pudar.

  • Semir Sepatu Seminggu Sekali

Apapun warna sepatu Anda, semir sepatu adalah cara sederhana untuk merawat sepatu agar warnanya tetap terlihat terang meskipun sering dipakai. Usahakan untuk menyemir sepatu setiap seminggu sekali dan pilih semir hitam untuk membuat sepatu Aanda terlihat seperti baru.

  • Tidak Memakai Sepatu di Tempat yang Kotor

Aktivitas sehari-hari terkadang membuat sepatu lebih mudah ternoda. Bahkan, terkadang kita harus meninjau tempat yang sangat kotor untuk beberapa keperluan. Itu sebabnya, sebaiknya Anda berganti alas kaki ketika hendak berkunjung ke tempat yang sangat kotor.

Inilah berbagai cara menghitamkan sepatu yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Meskipun terlihat konyol, cara-cara ini ternyata memang benar-benar ampuh mengembalikan warna hitam cerah pada sepatu yang sudah mulai memudar. Kunjungi juga artikel merk lem sepatu terbaik untuk mengetahui pilihan lem yang kuat untuk mereparasi sepatu Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment