Bacaterus / Tidur / 7 Tips Mudah untuk Menghindari Rasa Ngantuk di Pagi Hari

7 Tips Mudah untuk Menghindari Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Rasanya frustrasi ketika harus terlihat segar dan bugar di pagi hari tetapi kamu malah merasa mengantuk. Mengantuk memang hal yang lumrah terjadi pada siapapun. Tapi, jika kamu harus mengikuti rapat penting dengan klien atau mengikuti ujian kelulusan dan kamu merasa sangat mengantuk, itu bisa menjadi sebuah bencana besar.

Bila situasi seperti itu benar-benar terjadi, apa yang harus dilakukan? Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap terjaga di saat-saat penting seperti itu. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba jika kamu sedang berusaha menghilangkan rasa kantukmu. Simak, ya.

Penyebab Rasa Kantuk di Pagi Hari

Sebelum membahas cara mengatasi rasa kantuk di pagi hari, ada baiknya kamu mengetahui dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa melakukan tindakan preventif agar kebiasaan mengantuk di pagi hari tidak terjadi lagi. Kira-kira apakah penyebab rasa kantuk di pagi hari?

1. Gangguan Tidur

* sumber: www.scottnagyddsltd.com

Rasa mengantuk yang berlebihan tanpa diketahui penyebabnya bisa menjadi tanda kamu mengalami gangguan tidur. Terdapat beragam gangguan tidur dan masing-masing memiliki efek yang berbeda-beda.

Pada apnea tidur yang obstruktif, penyumbatan di saluran udara bagian atas menyebabkan mendengkur dan berhenti bernapas sepanjang malam. Ini menyebabkan kamu sering terbangun dengan suara tercekik. Gangguan tidur lainnya di antaranya sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome), narkolepsi, dan sindrom fase tidur tertunda (delayed sleep phase syndrome).

2. Kondisi Kejiwaan

* sumber: gezonderleven.com

Kondisi emosional, mental atau psikologis yang dialami seseorang juga bisa menyebabkan rasa kantuk. Depresi dapat menyebabkan meningkatnya rasa kantuk yang amat sangat, contohnya tingkat stres atau kecemasan yang tinggi. Kebosanan bisa jadi penyebab lain untuk rasa kantuk. Jika kamu mengalami salah satu kondisi mental ini, kamu juga akan cenderung merasa lelah dan apatis.

3. Kondisi Medis

* sumber: www.express.co.uk

Rasa kantuk dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Diabetes adalah salah satu penyebab yang paling umum. Kondisi lain yang dapat menyebabkan kamu merasa mengantuk termasuk yang menyebabkan sakit kronis atau memengaruhi metabolisme atau keadaan mental, seperti hipotiroidisme atau hiponatremia.

4. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk

* sumber: healthandfoodmagazine.com

Kurang tidur di malam hari adalah penyebab yang paling jelas mengapa orang merasa mengantuk di pagi hari bahkan seharian penuh. Jika kamu merasa kamu kurang tidur di malam hari, mungkin ini waktunya untuk mengubah kebiasaan tidurmu.

5. Sindrom Kelelahan Kronis

* sumber: www.healthcentral.com

Sindrom kelelahan kronis adalah kondisi yang mungkin membuat kamu merasa lelah, lunglai, atau mengantuk. Kondisi ini ditandai oleh kelelahan yang semakin menjadi-jadi yang terjadi setelah memeras tenaga. Kurangnya tidur yang menyegarkan dan seringnya nyeri sendi dan otot sering juga dikaitkan dengan sindrom kelelahan kronis.

7 Cara Menghindari Rasa Kantuk di Pagi Hari

Itulah beberapa penyebab rasa kantuk di pagi haru. Namun, untuk penyebab rasa kantuk yang berhubungan dengan medis, tentu perlu penangan medis pula dan disarankan agar segera berkonsultsi dengan dokter. Tapi, untuk peyebab yang tak berhubungan dengan medis, tips berikut bisa membantu untuk mengatasi rasa kantuk di pagi hari:

1. Tidur yang Cukup di Malam Hari

* sumber: blog.doctoroz.com

Mungkin ini terdengar terlalu klise, tetapi banyak dari kita yang tak bisa menahan untuk mengurangi satu atau dua jam waktu tidur kita di pagi atau malam hari demi hal lain. Kebutuhan tidur orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam tiap malamnya. Remaja membutuhkan sembilan jam penuh. Sediakan waktu delapan atau sembilan jam setiap malam untuk tidur.

Tapi, sebenarnya ada cara untuk mengatasi permasalahan kurang tidur, lho. Ingin tahu tips jitunya? Kalau begitu, kamu bisa baca artikel 10 Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Langkah yang Tepat ini.

2. Atur Waktu Bangun Tidur yang Konsisten

* sumber: vanitytowardrobe.blogspot.com

Orang yang bermasalah dengan rasa kantuk sering disarankan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Ini juga berlaku untuk akhir pekan. Namun menurut Barry Krakow, MD, direktur medis di Maimonides Sleep Arts and Sciences Ltd di Albuquerque, pengaturan waktu tidur ideal yang acak dapat menyebabkan frustrasi bagi penderita insomnia dan sulit tidur.

Bagi penderita insomnia dan sulit tidur, Krakow menyarankan agar memulai dengan mengatur waktu bangun saja sebagai langkah awal. Ikuti jadwal itu untuk beberapa minggu pertama atau bahkan bulan untuk membangun ritme. Proses bangun pagi di waktu yang sama membantu untuk mengubah ritme sirkadian.

3. Jauhkan Pengganggu dari Tempat Tidur

Jauhkan pengganggu dari tempat tidur

* sumber: www.medicaldaily.com

Avelino Verceles, MD, asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland mengatakan bahwa kamu tidak boleh menonton TV, bermain game, membaca, atau menyalakan laptop di tempat tidur. Jangan juga menghitung tagihan atau berdiskusi panas di tempat tidur. Semua kegiatan itu dapat membuat kamu tak punya waktu tidur yang cukup.

4. Mulai Hari dengan Paparan Sinar Matahari

Mulai harimu dengan paparan sinar matahari

* sumber: www.thebestbrainpossible.com

Biarkan dirimu terpapar sinar matahari alami setiap hari. Ini akan membantu mengatur siklus tidur-bangun kamu, memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk tetap terjaga. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada 2013, menemukan bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan masalah tidur, termasuk mengantuk di siang hari.

Secara alami, tubuh kita mengubah sinar matahari menjadi vitamin D. Sebisa mungkin, biasakan wajah dan matamu terpapar sinar matahari selama 15 menit. Lupakan tabir surya untuk latihan ini.

5. Olahraga

* sumber: www.everydayhealth.com

Olahraga secara teratur setiap hari memberikan berbagai manfaat untuk tidur. Berolahraga, seperti olahraga aerobik, umumnya membuat orang menjadi lebih mudah tertidur dan tidur dengan nyenyak sehingga dapat terhindar dari rasa ngantuk di keesokan harinya.

Melakukan olahraga di luar ruangan dalam lingkungan yang alami memberikan manfaat paling banyak. Olahraga juga memberi lebih banyak energi di siang hari dan membuat pikiran tetap tajam.

6. Konsumsi Makanan yang Sehat

* sumber: www.foodiejunky.com

Jangan melewatkan sarapan pagi jika tak ingin mengantuk di pagi hari. Dengan mengonsumsi sarapan pagi yang ringan tapi sehat akan memberikan makanan bagi otak yang diperlukan agar otak selalu siap. Dengan demikian, kamu bisa lebih produktif di hari itu.

Pilihlah menu makan pagi yang baik, seperti makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Pilihan makanan yang baik, contohnya telur, buah-buahan segar, yogurt, oatmeal, smoothies, atau kacang-kacangan. Melewatkan makan pagi akan mengakibatkan gula darah rendah  sehingga kamu merasa lemah, mengantuk dan juga sakit kepala.

7. Minum Teh Hijau

* sumber: fashionencounter.net

Minum secangkir kopi dapat membantu kamu terjaga selama berkegiatan, tetapi kegelisahan yang ditimbulkannya kadang-kadang dapat menjadi kontraintuitif ketika kecemasan meningkat menghambat tingkat fokus kamu. Lalu, adakah minuman yang mengandung kafein lain yang tidak memiliki efek samping yang kuat?

Jawabannya ada, teh hijau. Beda dari teh lainnya, teh hijau akan memberikan energi sepanjang hari juga melawan stres. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan metabolisme, dan membantu kamu fokus.

Kandungan polifenol dalam teh hijau juga mendorong tidur yang lebih baik. Daripada mengeluarkan uang untuk membeli teh hijau yang dijual di mesin-mesin penjual minuman, lebih baik senduh sendiri teh hijaunya. Minumlah tiga cangkir atau lebih teh hijau setiap hari. Tak ada ruginya untuk mulai mengonsumsi teh hijau mulai sekarang, bukan?

Rasa kantuk di pagi hari bisa mengacaukan seluruh harimu jika kamu tak segera mengatasinya. 7 tips di atas bisa kamu coba jika kamu saat ini sedang berjuang mengatasi rasa kantuk yang sering kamu alami setiap pagi. Menurutmu, cara mana yang paling mudah dan manjur untuk mengatasi rasa kantukmu?

Atau kamu punya permasalahan mengantuk saat bekerja? Jangan khawatir, kami punya tips mengatasinya di artikel 10 Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja dengan cara yang mudah dan tepat ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar