Bacaterus / Daily Tips / Inilah 10 Cara Menghindari Begal Motor yang Berbahaya

Inilah 10 Cara Menghindari Begal Motor yang Berbahaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Begal adalah tindak kriminal yang sedang marak akhir-akhir ini. Pelaku biasanya terdiri dari dua orang yang naik sepeda motor yang sama, satu mengendarai sepeda motor dan satu lagi menjalani aksinya.

Pelaku begal mengincar korban yang naik sepeda motor seorang diri. Modusnya adalah memepet korban hingga terjatuh lalu merampas kendaraan korban. Seramnya, tidak jarang pelaku begal ini membawa senjata tajam atau senjata api untuk mengancam korban. Bahkan, mereka tidak segan untuk melukai atau menghabisi nyawa korbannya.

Ancaman begal bisa terjadi di malam maupun siang hari, meskipun tindak kriminal ini lebih banyak dilakukan saat malam hari. Agar Anda selalu aman saat berkendara, simak tips dan cara menghindari begal motor dari Bacaterus ini.

Tips Agar Tidak Menjadi Sasaran Begal

Keberadaan komplotan begal motor memang sangat meresahkan. Bukan hanya kendaraan kita yang menjadi target mereka, bahkan nyawa kita pun bisa melayang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang membuat Anda tidak menjadi saran begal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak menjadi target komplotan begal yang marak akhir-akhir ini:

1. Hindari Berkendara Saat Malam Hari

Hindari Berkendara Saat Malam Hari Cara Menghindari Begal

* sumber: www.mpm-motor.co.id

Begal memang bisa beroperasi saat siang hari, tetapi kebanyakan dari mereka melakukan aksinya saat tengah malam, antara pukul 23:00 – 04:00. Jam tersebut adalah jam operasional komplotan begal. Sebaiknya hindari berkendara saat malam hari. Jika memang terpaksa berpergian sendiri di malam hari, gunakan transportasi umum seperti taksi yang terpercaya atau taksi online.

2. Tidak Berpergian Seorang Diri

Tidak Berpergian Seorang Diri

Target utama komplotan begal adalah pengendara sepeda motor yang berpergian seorang diri. Tentu saja mereka akan lebih mudah membegal pengendara yang sendirian ketimbang pengendara yang berboncengan atau beriringan beberapa motor. Oleh karena itu, sebaiknya mintalah ditemani oleh teman, keluarga, atau pasangan saat harus berpergian malam hari.

3. Kenali Jalanan yang Akan Dilalui

Kenali Jalanan yang Akan Dilalui

Perlu Anda ketahui bahwa cara menghindari begal motor adalah mengenali jalanan yang akan dilalui. Setidaknya Anda mengetahui pasti bahwa jalanan yang akan dilalui adalah jalanan yang minim tindak kriminal begal.

Jalanan yang ramai bukan jaminan bahwa tidak ada ancaman begal di sana. Namun, lebih baik melewati jalan yang ramai dari pada harus mengambil risiko melewati jalan yang sepi. 85% pembegal memang beroperasi di jalanan yang sepi dan jarang dilalui kendaraan lain.

4. Berkendara dengan Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Berkendara dengan Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Pernahkah Anda ingin mengendarai motor dengan santai sambil menikmati jalanan yang sepi saat malam hari? Hati-hati karena tipe pengendara motor seperti Anda lah yang menjadi incaran begal.

Sebaiknya ubah kecepatan Anda secara bertahap. Usahakan mengendarai motor dengan kecepatan minimal 60 KM/jam. Kalau Anda terlihat lihai mengendarai motor, para begal akan berpikir ulang untuk menjadikan Anda sebagai targetnya.

5. Jangan Menggunakan Sepeda Motor Baru atau Mewah

Jangan Menggunakan Sepeda Motor Baru atau Mewah

Ketika Anda ingin berpergian sendiri di malam hari, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengendarai motor yang baru atau mahal. Alih-alih ingin pamer, tetapi Anda malah jadi sasaran komplotan begal. Pakai saja motor lawas Anda dan jangan menggunakan pakaian yang mentereng sehingga membuat pembegal berpikir bahwa Anda membawa benda berharga dan sejumlah uang.

6. Hati-Hati dengan Orang yang Tidak Dikenal

Hati-Hati dengan Orang yang Tidak Dikenal

Modus lain dari para pembegal adalah pura-pura menanyakan alamat dengan cara mengendarai motor sejajar dengan Anda. Ketika Anda meladeni pertanyaannya, kepala Anda bisa-bisa dipukul dengan benda tumpul yang sudah mereka siapkan.

Jadi, kalau ada orang yang bertanya kepada Anda atau pura-pura mengingatkan bahwa ban motor Anda bocor, sebaiknya jangan hiraukan. Pasalnya, jika ada kebocoran ban pasti Anda yang menyadarinya sejak awal.

7. Pelajari Seni Bela Diri

Pelajari Seni Bela Diri

Ketika Anda harus sering-sering berpergian di malam hari dengan menggunakan sepeda motor sendiri, sebaiknya mintalah ditemani oleh orang dewasa lainnya. Jika memang tidak memungkinkan untuk menunda acara pergi di malam hari, maka mulai mempelajari seni bela diri. Setidaknya Anda bisa membela diri sendiri dari ancaman begal yang sangat menakutkan.

Cara Menghindari Begal yang Ampuh

Waspada, siapa saja bisa menjadi korban begal motor, terutama bagi Anda yang sering mengendarai sepeda motor di malam hari. Jika sudah menjadi korban begal, Anda bisa menghindarinya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Kemudikan Motor Secara Zig-Zag dengan Kecepatan Tinggi

Kemudikan Motor Secara Zig-Zag dengan Kecepatan Tinggi

Salah satu cara menghindari begal jika Anda sudah dipepet oleh pelaku, kendarai motor Anda secara zig-zag agar pembegal kebingungan mengejar Anda. Selain itu, Anda harus memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi agar tidak terkejar oleh pelaku begal. Namun, jangan panik dan usahakan tetap fokus mengemudikan sepeda motor demi keselamatan Anda.

2. Bawa Alat untuk Membela Diri

Bawa Alat untuk Membela Diri

Yang satu ini mengharuskan Anda untuk membawa benda tumpul atau peralatan apapun yang bisa dijadikan senjata untuk membela diri di hadapan para begal. Bawalah kunci Inggris, tang, atau alat pertukangan lainnya, lalu masukkan alat tersebut ke dalam kaos kaki Anda dan tutup dengan celana. Anda dapat menggunakan alat tersebut sebagai senjata saat nyawa sudah terancam oleh begal.

3. Berhenti di Pos Polisi atau Satpam

Berhenti di Pos Polisi atau Satpam

Cara begal yang satu ini ternyata tidak banyak dilakukan oleh korban begal. Mereka hanya berfokus untuk lari sejauh-jauhnya dari ancaman begal. Apabila tidak memungkinkan untuk menjauhi begal, sebaiknya berhenti lah di pos polisi atau pos satpam terdekat.

Pastikan pos tersebut ada petugasnya. Untuk pos satpam, Anda bisa memilih pos satpam gedung atau tempat yang terdekat. Setidaknya begal akan berpikir 2 kali jika nekat merampas kendaraan di pos yang ada petugasnya.

4. Serahkan Harta Benda

Serahkan Harta Benda

Kalau sudah tidak ada jalan keluar untuk melarikan diri dari ancaman begal, sebaiknya serahkan sepeda motor Anda. Masih lebih baik kehilangan sepeda motor Anda ketimbang nyawa Anda yang melayang. Sesudah menyerahkan harta benda, larilah ke rumah penduduk sekitar untuk meminta pertolongan.

Yang paling penting, usahakan menghafal nomor polisi kendaraan yang dipakai oleh si pembegal. Laporkan nomor polisi tersebut kepada pihak berwajib agar mereka dapat melacak keberadaan pelaku.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghindari begal motor khusus untuk Anda. Mengingat pembegalan motor sudah marak terjadi saat ini, maka sebaiknya Anda harus berhati-hati dan melakukan sejumlah cara di atas agar tidak menjadi korban begal selanjutnya. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berpergian karena doa dapat melindungi kita dari segala yang jahat dan merugikan.

Selain begal, kejahatan lain yang cukup marak saat ini adalah hipnotis. Nah, jika Anda khawatir dengan tindak kejahatan tersebut, silakan baca cara menghindarinya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Terima kasih kak
    Materinya sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *