Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 9 Cara Menghilangkan Ulat Bulu di Tanaman & di Dalam Rumah

9 Cara Menghilangkan Ulat Bulu di Tanaman & di Dalam Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Ulat bulu termasuk salah satu jenis hama pengganggu. Keberadaannya cukup merisaukan karena dapat merusak tanaman. Ulat bulu akan terus memakan daun-daun dari tanaman yang kita miliki. Selain itu, kulit juga menjadi gatal apabila bersentuhan dengan ulut bulu. Jika ada ulat bulu di tanaman atau dalam rumah Anda, segera buang dan basmi ulat bulu tersebut.

Adakah cara menghilangkan ulat bulu di tanaman atau di dalam rumah secara efektif? Tentu saja ada. Anda bisa membasmi ulat bulu dengan berbagai cara yang ampuh. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap dari Bacaterus berikut ini.

9 Cara Menghilangkan Ulat Bulu

1. Buang Secara Langsung

Buang Secara Langsung Cara Menghilangkan Ulat Bulu

Tak perlu pusing-pusing mencari cara menghilangkan ulat bulu karena Anda bisa membuangnya secara langsung. Jika ulat bulunya tidak terlalu banyak, ambil saja dan buang jauh-jauh dari rumah atau tanaman Anda. Bila perlu setelah diambil Anda bisa langsung membasmi ulat bulu dengan cara menginjaknya.

Untuk mengambil ulat bulu jangan gunakan tangan secara langsung. Gunakan sumpit sekali pakai dan ambil ulat bulu satu persatu. Penggunaan sumpit bisa mencegah tangan bersentuhan dengan ulat bulu secara langsung agar tangan tidak gatal.

2. Bubuk Bacillus thuringiensis (Bt)

Bacillus thuringiensis

Sebagian orang takut menyemprotkan obat nyamuk ke ulat bulu karena takut tanaman yang dihinggapi ulat bulu akan mati. Untuk membasmi ulat bulu yang menggerogoti daun tanaman Anda, taburkan bubuk Bacillus thuringiensis (Bt). Ini merupakan bubuk yang terbuat dari bakteri gram-positif. Bahkan, bubuk ini juga bisa Anda peroleh dengan mudah di toko-toko tanaman.

Di samping itu, penggunaan bubuk Bacillus thuringiensis (Bt) aman bagi tanaman dan tidak mematikan tanaman Anda. Cara menggunakan bubuk ini adalah taburkan di daun-daun tanaman yang rentan dihinggapi ulat bulu. Dalam waktu beberapa saat, ulat bulu akan mati ketika melewati bubuk ini.

3. Oleskan Oli di Sudut Rumah

Oleskan Oli di Sudut Rumah

Yang satu ini adalah cara menghilangkan ulat bulu yang masuk ke dalam rumah. Oli dikenal sebagai pelumas mesin. Namun, ternyata oli juga bisa dipakai untuk menghilangkan ulat bulu di dalam rumah sekaligus mencegahnya datang kembali.

Oleskan oli secukupnya di sudut rumah atau tempat-tempat lain yang sering dilewati ulat bulu. Bau oli yang cukup menyengat sekaligus teksturnya yang lengket akan membuat ulat bulu menjauhi daerah yang sudah diolesi dengan oli. Jika setiap sudut diolesi dengan oli, lama kelamaan ulat bulu akan pergi dari rumah Anda.

4. Pelihara Unggas

Pelihara Unggas

Ayam, bebek, dan burung adalah unggas yang dapat memakan ulat bulu. Meskipun cara ini tidak terlalu cepat untuk menghilangkan ulat bulu tapi setidaknya Anda bisa mencobanya. Bebaskan ayam di halaman rumah. Biarkan ayam tersebut berkeliaran untuk memangsa ulat bulu di daun-daun tanaman atau yang berkeliaran di halaman rumah Anda.

Apabila ingin memelihara burung, Anda tidak mungkin membebaskan burung tersebut untuk memangsa ulat bulu. Akan tetapi, setidaknya letakkan sangkar burung di dekat tanaman yang diserbu ulat bulu. Kehadiran burung peliharaan Anda dapat mengundang burung-burung liar untuk datang menghampiri dan memangsa ulat bulu langsung dari tanaman yang dihinggapinya.

5. Bungkus Tanaman dengan Tisu

Bungkus Tanaman dengan Tisu

Cara menghilangkan ulat bulu yang berikutnya terbilang cukup unik, tapi sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-taman Anda harus menyediakan tisu gulung yang biasa diletakkan di toilet. Tisu ini nantinya akan dipakai untuk membungkus daun-daun tanaman yang dihinggapi ulat bulu.

Selain menggunakan tisu, ternyata Anda pun bisa menggunalan gelas plastik. Letakkan gelas-gelas plastik untuk menutupi daun. Ulat bulu akan segera pergi karena mereka tidak menyukai daun yang ditutup dengan tisu maupun plastik.

6. Menanam Tumbuhan yang Tidak Disukai Ulat Bulu

Daun Kemangi

Ulat bulu memang hidup dengan memakan daun-daun pohon maupun tanaman. Akan tetapi, nampaknya ada beberapa jenis tanaman yang daunnya tidak disukai ulat bulu, justru dihindari oleh ulat bulu. Tanaman yang tidak disukai ulat bulu umumnya memiliki aroma daun yang cukup menyengat, seperti kemangi, lavender, dan mint.

Jadi, Anda bisa mengganti tanaman di pekarangan rumah dengan tanaman yang tidak disukai oleh ulat bulu ini. Percayalah, lama kelamaan populasi ulat bulu di rumah akan hilang karena tidak ada tanaman yang daunnya bisa dimakan.

7. Bakar Populasi Ulat Bulu

Bakar Populasi Ulat Bulu

Salah satu solusi untuk menghilangkan ulat bulu yang semakin banyak di rumah atau taman Anda adalah dengan membakar ulat bulu tersebut secara rutin. Yang harus Anda lakukan untuk pertama-tama adalah mengumpulkan ulat bulu dalam sebuah wadah, misalnya botol bekas air mineral, lalu tutup wadah tersebut rapat-rapat.

Setelah semua ulat bulu di rumah dan taman terkumpul, keluarkan ulat dari wadah dan tumpuk di atas timbunan daun kering maupun kertas-kertas yang sudah tidak terpakai. Berikan sedikit bensin atau minyak tanah untuk menghidupkan api, lalu sulut dengan api. Lakukan pembakaran ini secara rutin agar populasi ulat bulu di rumah Anda semakin habis.

8. Buat Pestisida Alami

Buat Pestisida Alami

Tahukah Anda bahwa cara menghilangkan ulat bulu di tanaman adalah dengan menggunakan pestisida? Tidak perlu membeli cairan pestisida yang mengandung bahan kimia karena Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang lebih aman.

Pestisida alami yang akan dibuat ini aman untuk tanaman seperti buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan. Berikut adalah panduan membuat pestisida alami.

  • Sediakan 100 ml minyak wangi, 500 gram tepung kanji, dan 20 liter air.
  • Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu.
  • Masukkan bahan-bahan yang sudah tercampur ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan cairan pestisida ini ke tanaman yang diserang ulat bulu.
  • Dalam waktu 15-30 menit ulat bulu tersebut akan mati.

Selain cara di atas, ada juga cara pembuatan pestisida alami yang lebih murah dan tidak kalah ampuh:

  • Campurkan garam, sabun (boleh sabun cair untuk mandi, sabun colek, atau sabun cair pencuc piring), dan sedikit minyak tanah.
  • Masukkan bahan-bahan di atas ke dalam botol semprot, lalu kocok agar semua bahan tercampur.
  • Semprotkan cairan pestisida ini ke tanaman atau pohon yang dihinggapi ulat bulu.

9. Melepaskan Semut Rangrang

Melepaskan Semut Rangrang

Semut rangrang biasa diternakkan untuk menghasilkan kroto yang dijadikan sebagai pakan burung. Solusi untuk mengatasi populasi ulat bulu yang tidak terkendali adalah melepaskan lawan sepadan untuk ulat bulu, yakni semut rangrang.

Beli kroto atau semut rangrang di tempat penjual pakan burung, lalu lepaskan semut rangrang di pohon atau tanaman. Keberadaan semut rangrang akan mengganggu populasi ulat bulu dan bisa mengundang burung prenjak untuk datang dan memangsa ulat-ulat itu.

Sejatinya, tidak ada cara penangkal ulat bulu agar tidak masuk ke rumah atau menggerogoti daun-daun tanaman. Namun, selalu ada cara menghilangkan ulat bulu di tanaman atau yang masuk ke rumah. Cobalah 9 cara di atas agar ulat bulu segera pergi dari rumah maupun taman Anda.

Selain membasmi ulat bulu yang mengganggu, kami juga memiliki beberapa cara untuk mengusir tiku yang mengganggu. Ingin mengetahui cara menangkap tikus yang berkeliaran di rumah Anda? Baca artikel berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment