Bacaterus / Penyakit Tenggorokan / 10 Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal yang Ampuh

10 Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal yang Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Januari 2019

Meskipun tenggorokan gatal sering dianggap sebagai masalah yang sepele, tapi penderitanya cukup tersiksa dengan hal ini. Apalagi jika rasa gatal di tenggorokan mengakibatkan batuk yang tidak berkesudahan. Wah, rasanya ini menggaruk tenggorokan, tapi tidak bisa!

Ketika tenggorokan terasa gatal, Anda harus menjauhi beberapa hal, seperti makanan pedas, makanan berminyak, makanan atau minuman dingin, berteriak, atau berbicara terus menerus. Selain menghindari beberapa hal tersebut, cobalah cara menghilangkan tenggorokan gatal yang bisa Anda lakukan di rumah. Yuk, cek ulasan selengkapnya dari Bacaterus ini.

10 Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal

1. Jahe

cara membuat wedang jahe

Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk mengatasi masuk angin dan pegal-pegal, jahe juga bisa menjadi cara menghilangkan tenggorokan gatal secara alami. Anda bisa dengan mudah membuat ramuan jahe sebagai penghilang rasa gatal di tenggorokan.

Sediakan 3 buah jahe berukuran sedang yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil. Rebus jahe dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tinggal setengahnya saja. Tambahkan madu murni untuk memberikan rasa manis, lalu minum selagi hangat. Minumlah air rebusan jahe ini 2 kali sehari sampai rasa gatal benar-benar hilang.

2. Alang-alang

Alang-alang

Tanaman alang-alang memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, tumbuhan yang satu ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari keputihan sampai dengan hipertensi. Alang-alang ternyata juga dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan, bahkan rasa gatal yang disertai dengan rasa sakit.

Anda harus menyediakan 1 genggam tanaman alang-alang dan cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus alang-alang di dalam air sampai menjadi 2 gelas. Minumlah alang-alang 2 kali sehari atau lebih. Air rebusan alang-alang ini tergolong aman jika dikonsumsi setiap hari sampai tenggorokan gatal Anda sembuh.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih

Yang satu ini tidak untuk diminum ya! Anda menggunakan minyak kayu putih ini untuk steaming mengeluarkan dahak. Salah satu penyebab tenggorokan gatal adalah dahak yang menumpuk di saluran pernafasan. Dengan bantuan minyak kayu putih ini, dahak jadi bisa lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Siapkan satu ember berisi air panas dan teteskan minyak kayu putih sampai aromanya terasa. Letakkan handuk di kepala Anda dan dekatkan hidung ke bibir ember. Hirup uap air panas dalam-dalam selama 10-15 menit. Lakukan cara ini terus menerus sampai dahak berhasil dikeluarkan dan gatal di tenggorokan pun lebih mereda.

4. Madu

madu

Cara menghilangkan tenggorokan gatal yang paling favorit adalah dengan memanfaatkan madu. Namun, Anda harus menggunakan madu yang benar-benar murni. Pasalnya, sudah banyak madu palsu yang beredar di pasaran, sehingga Anda harus lebih waspada ketika membeli madu murni.

Minumlah satu sendok makan madu murni setiap hari untuk menghilangkan gatal di tenggorokan. Cara lain adalah menambahkan tetesan madu ke teh atau wedang jahe yang Anda buat. Di samping itu, Anda juga bisa membuat air madu hangat yang ditambahkan dengan perasan jeruk lemon. Minumlah selagi hangat untuk meredakan gatal di tenggorokan.

5. Air garam

Basmi tungau dengan air garam

Ketika gatal terasa di tenggorokan dan disertai dengan batuk berdahak, cobalah untuk memanfaatkan garam yang ada di dapur Anda. Garam dapur ternyata bisa membantu untuk meredakan gatal akibat iritasi di tenggorokan. Tidak hanya itu saja, air garam juga dapat mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Buatlah air garam dengan takaran 250 ml air hangat dan ½ sendok teh garam dapur. Aduk sampai garam larut dalam air. Buatlah air garam ini untuk berkumur, jangan sampai tertelan. Berkumurlah dengan air garam ini sebanyak 3 kali sehari. Meskipun tidak langsung dirasakan hasilnya, air garam akan meredakan gatal di tenggorokan secara bertahap.

6. Cuka sari apel

Cuka Sari Apel

Dewasa ini, sangat mudah untuk membeli cuka sari apel di pasaran. Khasiat cuka sari apel bagi kesehatan tubuh memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Cuka sari apel bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan tenggorokan yang gatal. Cara menggunakan cuka sari apel sebagai pereda gatal di tenggorokan cukup mudah.

Sediakan segelas air hangat, lalu tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok makan madu murni. Minumlah ramuan ini sampai habis dan selagi hangat. Campuran cuka apel dan madu murni ini juga terasa enak di lidah.

7. Susu dan kunyit

Susu dan kunyit

Ketika tenggorokan terasa gatal sampai tak tertahankan, segeralah mencari cara menghilangkan tenggorokan gatal dengan bahan alami. Kombinasi antara susu dan kunyit ternyata bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.

Rebus susu sapi murni di dalam sebuah panci, lalu tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit. Minumlah susu dan kunyit ini setiap malam sebelum tidur. Bagi Anda yang belum pernah minum susu dan kunyit, mungkin rasanya aneh di lidah. Namun, percayalah ini adalah ramuan yang cukup ampuh untuk mengatasi gatal di tenggorokan.

8. Lobak

Lobak Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal

Anda pasti tidak menyangka bahwa lobak pedas (horseradish) dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan gatal di tenggorokan. Apakah Anda harus memakan lobak pedas ini? Tentu saja tidak, olah lobak ini menjadi ramuan untuk menghilangkan gatal di tenggorokan.

Parut lobak pedas ini dan ambil sebanyak satu sendok makan. Kemudian, rebus lobak pedas ini dengan satu sendok teh cengkeh dan satu sendok teh air panas di dalam 1 ½ gelas air. Matikan api jika air sudah mendidih sampai 1 gelas, lalu diamkan sampai hangat. Minumlah ramuan ini setiap hari sampai gatal di tenggorokan mulai reda.

9. Bawang dan gula

Bawang dan gula

Tidak banyak yang mengetahui bahwa perpaduan antara bawang putih dan gula bisa menjadi obat untuk meredakan batuk berdahak dan tenggorokan gatal. Cara memanfaatkan kedua bahan ini juga terbilang unik karena Anda tidak perlu merebusnya dalam air.

Sediakan 3-4 siung bawang putih lalu cacah sampai halus. Masukkan cacahan bawang putih ke dalam ½ gelas gula putih dan diamkan bahan ini semalaman. Keesokan hari bawang putih dan gula akan mencair seperti sirup. Panaskan kembali kedua bahan ini, lalu minum sebanyak 1 sendok teh setiap 2 jam sekali.

10. Pisang

masker pisang

Tak semua buah-buahan aman untuk tenggorokan yang gatal. Salak, mangga, dan nanas adalah buah-buahan yang harus Anda hindari ketika tenggorokan bermasalah karena buah-buah tersebut dapat memperparah rasa gatal.

Buah yang aman untuk tenggorokan yang sedang gatal adalah pisang. Selain aman, buah dengan tekstur yang sangat lembut ini kaya Vitamin C untuk meredakan peradangan di tenggorokan. Kandungan Vitamin C yang tinggi dalam pisang juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal

10 cara menghilangkan tenggorokan gatal ini bisa segera Anda coba di rumah. Semoga 10 cara ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merasakan tenggorokan gatal yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar