Bacaterus / Alat Tulis / Cara Menghilangkan Spidol Permanen dari Berbagai Benda

Cara Menghilangkan Spidol Permanen dari Berbagai Benda

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Spidol permanen menggunakan tinta yang bersifat “keras” alias susah untuk dihilangkan. Butuh perjuangan ekstra agar dapat menghilangkan noda spidol permanen di berbagai benda, baik itu di kulit, baju, plastik, dan lainnya.

Bagaimana jika spidol permanen menodai sebuah benda? Apakah itu artinya noda tersebut akan selamanya menempel di situ tanpa bisa dihilangkan? Jangan khawatir, Bacaterus akan berbagi cara menghilangkan spidol permanen dari berbagai benda nih. Anda hanya perlu mencari cara yang sesuai dengan benda yang ingin dibersihkan dari noda spidol permanen.

Benda Plastik

Benda Plastik

* sumber: www.thespruce.com

Apabila spidol permanen menodai benda plastik, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk menghilangkan noda tersebut. Apalagi cara menghilangkan spidol permanen dari benda plastik ini tergolong yang paling mudah dibanding benda-benda lainnya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk menghapus spidol permanen pada benda plastik:

  • Spidol Non-permanen

Cara terbaik untuk menghapus spidol permanen di benda plastik adalah memakai spidol non-permanen alias spidol yang bisa dihapus. Cukup timpa noda spidol permanen dengan spidol non-permanen. Kemudian, gosok dengan kain untuk menghilangkan noda spidolnya secara menyeluruh.

  • Alkohol

Satu lagi bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan permukaan benda plastik dari noda spidol permanen yang membandel. Tuangkan alkohol pada kapas, lalu pakai kapas tersebut untuk menggosok noda spidol permanen yang menempel pada plastik.

  • Soda Kue dan Pasta Gigi

Kombinasi antara bubuk soda kue dengan pasta gigi bisa menjadi bahan yang ampuh untuk melunturkan tinta spidol permanen di benda plastik. Cukup buat pasta hasil larutan soda kue dan pasta gigi, lalu oleskan pastanya ke benda plastik. Untuk menggosoknya, Anda bisa menggunakan jari tangan atau kain. Dijamin, noda spidol permanen akan hilang dengan sekejap.

Kayu

Kayu

* sumber: www.washingtonpost.com

Kalau spidol marker menempel pada kayu, apakah itu artinya kita harus menggunakan pelitur untuk menutupi noda kayu tersebut? Tidak perlu membeli pelitur kok. Ada bahan-bahan sederhana yang ternyata dapat membantu Anda mengatasi noda spidol marker pada kayu, seperti:

  • Selai Kacang

Selai kacang yang bisa Anda oles pada roti ternyata dapat menjadi penghilang spidol permanen yang menempel pada kayu. Caranya cukup oleskan selai kacang secukupnya di bagian yang ternoda spidol, lalu diamkan 5 menit dan gosok menggunakan kain. Setelah berhasil menghilangkan spidol permanennya, bersihkan kembali kayu itu dari sisa-sisa selai.

  • Alkohol

Alkohol tidak hanya bisa dipakai untuk membersihkan spidol permanen pada benda plastik saja, lho. Tapi bisa juga dipakai pada benda berbahan kayu. Celupkan kapas ke dalam alkohol dan pakai untuk menggosok spidol permanen itu di permukaan kayu. Semakin kuat Anda menggosok, semakin besar pula kemungkinan noda spidolnya cepat hilang.

Besi, Aluminium, dan Benda Keras Tak Berpori Lainnya

Besi, Aluminium, dan Benda Keras

Apakah Anda menemukan noda spidol permanen pada wadah aluminium? Atau justru spidol permanen ditemukan pada body mobil? Hmm.. Jika kasusnya seperti ini, Anda harus segera mencari cara yang tepat untuk menghapus noda spidol tersebut.

Untuk menghapus spidol permanen yang menempel pada benda-benda yang tidak berpori, cobalah untuk menggunakan beberapa pilihan bahan berikut ini:

  • WD-40

WD-40 merupakan cairan yang bermanfaat sebagai pelumas. Namun, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan spidol permanen. Semprotkan WD-40 tepat di tinta spidol yang ingin dihilangkan, kemudian gosok dengan kain bersih sampai nodanya benar-benar hilang.

  • Tabir Surya

Punya krim tabir surya? Nah, Anda bisa menggunakan krim tabir surya tersebut untuk menghapus tinta spidol permanen pada segala benda yang permukannya tidak berpori, baik itu besi maupun aluminium. Oleskan sedikit krim tabir surya ke spidol permanen yang menodai permukaan benda. Lanjutkan dengan menggosoknya pakai kain bersih.

  • Aseton

Untuk menghapus spidol permanen yang membandel, Anda bisa menggunakan aseton atau cairan pembersih cat kuku. Cairan ini tidak hanya bisa dipakai untuk menghapus tinta spidol di benda plastik, tapi bisa juga di permukaan benda yang tidak berpori. Celupkan kapas ke dalam cairan aseton, lalu usapkan ke spidol permanen. Gosok terus sampai tinta spidolnya hilang.

Dinding

Dinding

* sumber: biohomecares.com

Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika spidol permanen turut menodai dinding rumah. Kalau sudah begini, Anda pasti panik untuk mencari cara untuk menghilangkan noda spidol tersebut, bukan? Tak perlu mengecat ulang dinding rumah kok. Coba gunakan alkohol karena bahan ini mengandung zat kimia yang dapat melunturkan spidol permanen di permukaan dinding.

Pertama, usapkan alkohol ke dinding dengan kapas, lalu gosok dengan sikat gigi jika nodanya masih membandel. Selanjutnya, sediakan kain lap kering untuk mengusap lunturan spidol agar tidak menempel pada bagian dinding lainnya. Umumnya, cara ini cukup ampuh untuk melunturkan spidol permanen di dinding secara cepat, lho. Anda hanya perlu melakukannya satu kali saja.

Ubin

Ubin

* sumber: makeitorfixit.com

Noda spidol permanen di permukaan ubin bukan masalah yang serius. Anda bisa mengatasi masalah ini hanya dengan bahan-bahan yang sederhana. Ubin tersebut akan kembali bersih seperti baru, lho. Berikut adalah cara menghapus spidol permanen pada permukaan ubin:

  • Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi yang bukan gel untuk menghapus spidol permanen pada ubin. Cukup oleskan pasta gigi dan gosok memakai sikat gigi bekas. Hanya dalam sekejap noda spidol tersebut akan hilang. Jika noda masih membandel, lanjutkan dengan memakai alkohol.

  • Hairspray Aerosol

Hairspray yang biasa Anda pakai untuk menata rambut kini bisa digunakan untuk menghapus spidol permanen pada ubin. Semprotkan sedikit hairspray ke permukaan ubin yang ternoda spidol, segera gosok dengan kain bersih sampai noda spidolnya benar-benar hilang.

Pakaian

Pakaian

* sumber: www.simplemost.com

Kesal dengan noda spidol yang menodai pakaian? Kalau pakaian tersebut berwarna putih, Anda bisa lansung menggunakan produk pemutih tanpa klorin untuk menghilangkan nodanya. Akan tetapi, jika baju tersebut berwarna lain, terutama warna terang seperti merah dan kuning, gunakan bahan-bahan lain untuk membersihkan nodanya.

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan noda spidol pada pakaian:

  • Air Lemon

Sifat asam pada air lemon akan membantu Anda melunturkan noda spidol pada pakaian. Caranya cukup mudah, peras air lemon dan tempatkan dalam sebuah wadah. Tuang air lemon ke bagian baju yang ternoda, lalu gosok dengan jari atau tangan sampai nodanya benar-benar luntur dan hilang.

  • Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang bisa dipakai jika tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan. Akan tetapi, Anda pun bisa memanfaatkan produk ini untuk menghapus spidol permanen pada pakaian. Tuangkan cairan hand sanitizer ke pakaian, lanjutkan menggosoknya dengan jari sampai nodanya benar-benar hilang. Kemudian, segeralah mencuci pakaian dengan deterjen.

Jadi, apapun jenis benda yang ternoda spidol permanen, semua bisa dihapus dengan cara-cara di atas. Bila Anda menemukan noda spidol pada benda, jangan panik dan segeralah memilih salah satu cara di atas untuk menghapus nodanya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *