Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 3 Cara Menghilangkan Semut di Mobil dengan Mudah dan Cepat

3 Cara Menghilangkan Semut di Mobil dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh

Pada umumnya, Anda pasti sering melihat semut berkeliaran di rumah atau tanah. Namun, bagaimana jika tiba-tiba Anda menemukan gerombolan semut yang justru bersarang di mobil Anda? Panik? Ya, tentu saja. Akan tetapi, Anda harus segera mencari cara menghilangkan semut di mobil sebelum koloni mereka bertambah.

Cara menghilangkan semut di mobil sedikit berbeda dengan cara mengusir semut di rumah. Anda harus memilih cara yang tepat agar dapat menghilangkan semut secara ampuh. Bacaterus akan membagikan cara menghilangkan semut yang bersarang di dalam mobil serta memberikan tips untuk mencegah semut kembali masuk ke mobil Anda.

Penyebab Semut Bersarang di Mobil

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan semut di mobil, ketahui dulu faktor penyebab mengapa semut bersarang di mobil Anda. Coba cermati apakah beberapa hal ini menjadi kebiasaan Anda sehingga memancing semut untuk membuat sarang di mobil.

  • Makan di Dalam Mobil

Makan di Dalam Mobil Cara Menghilangkan Semut di Mobil

Sering makan di dalam mobil? Tanpa Anda sadari, remah-remah makanan jatuh ke karpet dan jok mobil. Jika tidak segera dibersihkan, remah-remah makanan yang jatuh tersebut akan mengundang semut-semut dari luar untuk masuk ke dalam mobil.

  • Meletakkan Makanan di Dalam Mobil

Meletakkan Makanan di Dalam Mobil

Anda memang tidak suka makan di dalam mobil, tapi periksalah mobil Anda apakah ada makanan yang disimpan berhari-hari di dalamnya. Jika ada, maka makanan tersebut lah yang memancing semut-semut untuk bersarang di dalam mobil. Apalagi jika makanan tersebut sudah dalam keadaan terbuka, tentu sangat mudah bagi semut untuk mencium aroma makanan itu.

  • Membuang Sampah di Dalam Mobil

Membuang Sampah di Dalam Mobil

Jika Anda sering mengumpulkan sampah makanan atau minuman di dalam mobil, cobalah untuk membuangnya di tempat sampah ketika Anda turun dari mobil. Hindari menyimpan sampah hingga berhari-hari di dalam mobil agar tidak memancing semut.

Cara Menghilangkan Semut di Mobil

Semut yang bersarang di mobil dapat membawa dampak negatif bagi Anda. Pertama, bagian dalam mobil dapat rusak karena dijadikan sarang bagi semut-semut tersebut. Kedua, semut dapat menggigit orang yang berada di dalam mobil itu.

Nah, jika memang keberadaan semut di dalam mobil selalu memberikan dampak negatif bagi pemilik dan penumpang mobil, cobalah melakukan beberapa cara menghilangkan semut di mobil berikut ini:

1. Gunakan Pestisida Gel

Gunakan Pestisida Gel

Adakah racun semut untuk mobil yang benar-benar ampuh? Anda dapat menggunakan pestisida berbentuk gel untuk mengusir semut yang berada di dalam mobil. Usai menaburkan pestisida gel, diamkan selama beberapa hari, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Hindari penggunaan pestisida cair maupun bubuk karena lebih susah dibersihkan.

2. Letakkan Barang yang Dibenci Semut

Letakkan Barang yang Dibenci Semut

Cara untuk menghilangkan semut di mobil sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mencari beberapa barang yang dibenci oleh semut, seperti kapur barus, parfum mobil, kayu manis, cengkeh, kulit jeruk, dan bawang putih. Letakkan barang-barang ini di setiap celah yang Anda curigai sebagai sarang semut. Simpan barang-barang ini selama berhari-hari agar semut tersebut benar-benar pergi dari mobil Anda.

3. Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan Vacuum Cleaner

Untuk menggunakan vacuum cleaner, Anda harus menemukan sarang semutnya terlebih dahulu. Setelah Anda menemukan sarangnya, sedot dengan menggunakan vacuum cleaner. Alat penghisap debu ini tidak hanya membersihkan semut yang bersarang pada mobil, tapi juga membersihkan debu, kotoran, atau remah-remah makanan yang dapat mengundang semut.

Tips Mencegah Semut Bersarang di Mobil

Tips Mencegah Semut Bersarang di Mobil

Semut adalah serangga yang cukup mengganggu, apalagi jika semut tersebut menggigit kita. Jika tidak ingin digigit semut saat naik mobil, Anda harus menggunakan cara untuk menghilangkan semut di mobil seperti poin-poin yang sudah kita bahas sebelumnya.

Setelah Anda berhasil menghilangkan semut di mobil, lakukan beberapa tips berikut ini untuk mencegah semut masuk kembali ke dalam mobil Anda:

  • Hindari Kebiasaan Makan di Mobil

Seperti yang kita ketahui, kebiasaan makan di mobil hanya akan menambah remah-remah makanan yang jatuh ke jok dan karpet mobil. Jika tidak langsung dibersihkan, semu-semut akan datang dan menyerbu remah-remah makanan tersebut. Kalau terpaksa makan di dalam mobil, pilih makanan yang tidak meninggalkan remah-remah dan gunakan piring atau kotak makan untuk menampung remah-remah makanan.

  • Selalu Buang Sampah Setiap Turun Mobil

Mengumpulkan sampah di dalam mobil memang bagus untuk mengurangi kebiasaan buang sampah di jalanan. Namun, menimbun sampah di dalam mobil untuk jangka waktu yang lama hanya akan mengundang semut-semut untuk bersarang di mobil Anda. Boleh-boleh saja jika ingin mengumpulkan sampah di dalam mobil, tapi jangan lupa untuk segera membuangnya di tempat sampah ketika Anda turun dari mobil, ya!

  • Membersihkan Bagian Dalam Mobil Secara Rutin

Seberapa sering Anda membersihkan bagian dalam mobil? Tentu Anda lebih sering membersihkan bagian luar mobil ketimbang bagian dalamnya. Salah satu cara dalam menghilangkan semut di mobil dan mencegahnya datang kembali adalah dengan membersihkan bagian dalam mobil secara rutin.

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan remah makanan. Kemudian, cucilah jok dan karpet mobil secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada sarang semut di mobil Anda.

  • Bawa Bahan yang Tidak Disukai Semut

Beberapa bahan yang memiliki aroma yang sangat kuat biasanya sangat tidak disukai oleh semut. Cobalah untuk meletakkan kopi, kayu manis, atau tembakau di celah-celah mobil, seperti di bawah karpet dan di dalam jok mobil. Dengan bahan-bahan ini, dijamin semut-semut pasti ogah untuk membuat sarang di mobil.

  • Hindari Parkir Mobil di Bawah Pohon

Sekedar informasi, semut juga sangat suka bersarang di pohon. Untuk mengantisipasi agar mobil Anda tidak disatroni oleh semut, sebaiknya hindari memarkir mobil di bawah pohon. Lokasi parkir yang berada di bawah pohon hanya akan membuat semut-semut tertarik untuk masuk ke dalam mobil Anda.

Inilah serba-serbi cara menghilangkan semut di mobil. Intinya, kebersihan interior mobil Anda dapat mengurangi risiko semut yang bersarang di dalam mobil. Jika jumlah semut yang berada di dalam mobil terlalu banyak, gunakan jasa ahli untuk mencuci bagian dalam mobil. Ketika mobil Anda dicuci, mintalah petugas untuk turut membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang bagi semut.

Nah, ternyata panduan cara menghilangkan semut di mobil sangat mudah, bukan? Kini saatnya Anda membaca artikel cara mengusir semut dari rumah untuk memastikan bahwa tempat tinggal Anda juga bebas dari semut.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment