Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 7 Cara Menghilangkan Semut di Meja Makan Paling Mudah

7 Cara Menghilangkan Semut di Meja Makan Paling Mudah

Ditulis oleh

Pernahkah Anda berada di situasi saat sedang lapar dan ingin makan tiba-tiba niat Anda harus tertunda lantaran melihat semut-semut mengerubungi nasi dan makanan Anda? Situasi seperti ini memang membuat kesal. Apalagi semut-semut itu tidak segera pergi dan justru menempel pada makanan Anda. Mau tidak mau Anda harus bersabar menanti semut-semut itu pergi.

Bacaterus punya beberapa cara menghilangkan semut di meja makan yang bisa Anda coba, nih! Sekarang Anda tidak perlu takut lagi meletakkan makanan di atas meja makan. Bahkan, Bacaterus juga akan berbagi tips agar gula tidak disemuti.

7 Cara Menghilangkan Semut di Meja Makan

1. Kapur Semut

Kapur semut Cara Mengusir Semut

Cara menghilangkan semut di meja makan yang paling sederhana adalah menggunakan kapur semut. Kapur ini banyak dijual di toko maupun supermarket terdekat sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Kapur semut memiliki bentuk yang sama seperti kapur papan tulis. Gosokkan kapur semut ini ke semua kaki meja makan. Dijamin, semut-semut tidak akan berani naik ke atas meja makan lagi! Namun, Anda harus mempertebal goresan kapur ini setiap seminggu sekali agar tetap berkhasiat untuk menghalau semut yang hendak naik ke meja makan.

2. Mangkuk Air di Kaki Meja

Mangkuk Air di Kaki Meja Cara Menghilangkan Semut di Meja Makan

Ingin tahu cara menghindari makanan dari semut? Sebenarnya caranya sangat mudah dan tidak perlu menggunakan pestisida, lho. Anda hanya perlu menyediakan empat buah mangkuk berisi air, lalu letakkan masing-masing mangkuk di empat kaki meja makan Anda.

Cara sederhana ini terbukti ampuh mencegah semut naik ke meja makan dan mengerubungi makanan-makanan Anda. Semut-semut tidak akan merangkak di atas air dan lama-lama akan mati di dalam air tersebut. Namun cara ini hanya dianjurkan untuk meja besi, aluminium, atau plastik. Jika meja makan Anda terbuat dari kayu, maka kaki meja makannya akan menjadi lapuk dan berjamur jika direndam air terus menerus.

3. Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Ada banyak cara menyimpan makanan dari semut tanpa menggunakan pestisida, salah satunya adalah dengan mengandalkan jeruk nipis. Dengan bahan alami dan tidak beracun ini, Anda bisa menyimpan makanan di atas meja makan dengan tenang tanpa khawatir tercemar dengan racun pestisida.

Cara menghilangkan semut di meja makan dengan menggunakan jeruk nipis adalah dengan memotong buah tersebut menjadi dua bagian. Kemudian, peras air jeruk nipis tersebut dan oleskan di setiap kaki meja makan.

Setelah selesai, Anda boleh menggosok bagian dalam jeruk nipis ke kaki-kaki meja makan. Semut sangat tidak menyukai aroma dan rasa jeruk nipis yang sangat kuat, sehingga mereka tidak akan berjalan melewati kaki-kaki meja makan Anda.

4. Jebakan dari Boraks

Jebakan dari Boraks

Bagi Anda yang sudah pusing mencari cara menghilangkan semut di meja makan, Anda boleh mencoba cara yang satu ini. Ya, buatlah jebakan dari boraks yang dapat membasmi semut sekaligus koloni semut yang berada di sarangnya.

Untuk membuat jebakan ini, gunakan 125 gram boraks dan 125 gram gula halus. Kemudian, tambahkan air sambil diaduk-aduk sampai teksturnya mengental. Setelah itu, ambil sebuah karton dan oleskan “sirup” jebakan ini ke bagian atas karton.

Letakkan karton berisi “sirup” jebakan ini di dekat meja makan untuk mencegah semut merambat naik ke kaki meja. Semut-semut akan menjilati “sirup” ini karena rasa dan aromanya manis. Selanjutnya, semut akan membawa racun ini ke dalam sarangnya dan memancing semut-semut lain untuk memangsa semut yang sudah menjilati sirup tadi. Alhasil, sebagian koloni semut dalam sarang akan terbunuh.

5. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak tanah sejatinya dapat mencegah semut naik ke meja makan. Akan tetapi, aroma khas minyak tanah dapat mengganggu selera makan Anda. Oleh karena itu, gunakan bahan lain yang lebih “ramah” terhadap indera penciuman Anda, yaitu minyak kayu putih.

Semut sangat tidak menyukai aroma minyak kayu putih yang sangat khas dan kuat. Manfaatkan hal ini untuk menghilangkan semut di meja makan. Oleskan minyak kayu putih ke setiap kaki meja makan. Semut-semut akan mengurungkan niatnya untuk naik ke meja makan Anda karena aroma minyak kayu putih ini sangat lah kuat.

6. Cuka Putih

Amonia and Cuka

Jika Anda sering meletakkan kue di atas meja makan, sudah pasti kue tersebut akan menarik perhatian semut untuk naik ke atas meja makan dan menjangkau kue tersebut. Alhasil, Anda akan kewalahan mencari cara mengusir semut pada kue, apalagi semut-semutnya melekat pada kue Anda.

Supaya meja makan aman dari semut dan kue atau makanan lainnya tidak dirubung semut, cobalah cara menghilangkan semut di meja makan dengan mengandalkan cuka putih. Jika biasanya Anda menggunakan cuka putih untuk memasak, kali ini manfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan semut di meja makan.

Campurkan cuka putih dengan air putih, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan cuka ini ke setiap kaki meja makan dan sekitarnya. Aroma cuka yang sangat pekat akan membuat semut-semut mengurungkan niatnya untuk naik ke meja makan Anda.

7. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mencegah semut naik ke meja makan, lho. Selain itu, aroma sabun cuci piring juga tidak mengganggu selera makan Anda.

Larutkan sabun cair pencuci piring dengan air secukupnya. Kemudian, masukkan larutan sabun cuci piring ke dalam botol semprot. Lanjutkan dengan menyemprotkan larutan sabun cuci piring ini ke setiap kaki meja. Namun, Anda harus menyemprotkannya setiap hari karena aroma sabun cuci piring ini mudah menguap.

Tips Mencegah Makanan dari Semut

Tips Mencegah Makanan dari Semut

7 cara menghilangkan semut di meja makan ini sangat ampuh dan bisa Anda coba. Namun, Bacaterus juga akan memberikan beberapa tips untuk mencegah makanan dari semut. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini:

  • Letakkan Makanan di Dalam Toples

Supaya makanan seperti gula, kue kering, dan makanan kering lainnya tidak disemuti maka sebaiknya simpan makanan di dalam toples. Tak dapat dipungkiri bahwa toples yang tutupnya rapat adalah tempat terbaik untuk mencegah semut mengerubungi makanan kita, terutama makanan yang rasanya manis.

  • Simpan Makanan di Lemari Es

Jika Anda memiliki cake atau makanan lain yang ingin disimpan untuk keesokan hari, sebaiknya masukkan makanan tersebut di dalam lemari es. Selain aman dari semut, makanan tersebut jadi tidak mudah basi.

  • Bersihkan Meja Makan Setiap Hari

Bagi Anda yang terbiasa meletakkan makanan di meja makan hanya saat hendak makan, Anda harus membersihkan meja makan setiap hari setelah dipakai. Noda atau remah-remah makanan yang tertinggal di meja akan memancing semut untuk naik ke meja makan Anda.

Cara menghilangkan semut di meja makan ini bisa mulai Anda coba saat ini juga. Lebih cepat Anda melakukannya, maka makanan yang di atas meja juga lebih cepat diamankan dari koloni semut-semut tersebut. Baca juga artikel cara mengusir semut dari rumah untuk mencegah semut bersarang di rumah Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment