Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 7 Cara Menghilangkan Semut di Lemari Pakaian Paling Jitu

7 Cara Menghilangkan Semut di Lemari Pakaian Paling Jitu

Ditulis oleh

Siapa bilang hanya meja makan saja yang menjadi sasaran bagi para semut? Lemari pakaian pun bisa menjadi sasaran bagi koloni semut, lho. Mereka bisa menjadikan lemari Anda sebagai sarang tempat tinggalnya, apalagi jika lemari Anda terbuat dari kayu. Semut yang ada di dalam lemari ini harus segera disingkirkan agar tidak bersarang di pakaian-pakaian Anda.

Bagaimana cara menghilangkan semut di lemari pakaian? Caranya cukup mudah kok. Dari banyaknya bahan-bahan yang bisa dipakai untuk mengusir semut, Anda hanya perlu memilih bahan yang aman untuk pakaian Anda. Bacaterus akan membantu Anda memilih bahan yang tepat untuk menghilangkan semut di lemari pakaian.

7 Cara Menghilangkan Semut di Lemari Pakaian

1. Kapur Barus

Kapur Barus Cara Menghilangkan Semut di Lemari Pakaian

Cara menghilangkan semut di lemari pakaian tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Salah memilih bahan dapat merusak pakaian yang ada di dalam lemari. Nah, kapur barus adalah bahan yang tepat untuk menghilangkan semut di dalam lemari. Aroma kuat dari kapur barus ini “ramah” pada pakaian Anda, tapi sangat tidak disukai semut.

Letakkan beberapa butir kapur barus (ukuran bebas), di dalam lemari pakaian Anda. Usahakan agar kapur barus tidak terkena pakaian Anda. Anda bisa membeli kapur barus yang dibungkus dengan jaring atau membungkusnya sendiri dengan kertas berpori-pori agar pakaian Anda tidak ternoda kapur barus.

2. Kapur Semut

Kapur Semut

Kapur semut dirancang untuk menghilangkan semut secara praktis, di mana pun tempatnya. Anda dapat memanfaatkan kapur ajaib ini untuk menyingkirkan semut yang bersarang di dalam lemari. Bahkan, kapur semut dapat digunakan di bagian dalam maupun luar lemari.

Cara menghilangkan semut di lemari pakaian dengan kapur semut adalah goreskan kapur di bagian bawah dan atas lemari. Pastikan bahwa Anda menutup jalan bagi semut untuk masuk ke dalam lemari Anda. Jangan biarkan lemari terlalu rapat dengan dinding agar semut-semut tidak dapat menemukan jalan untuk masuk ke dalam lemari tersebut.

3. Parfum

Parfum

Ingin mengusir semut dari lemari tapi khawatir dengan bahan-bahan yang dapat merusak warna atau serat pakaian? Dengan parfum yang biasa Anda gunakan sehari-hari, Anda sudah bisa mengusir semut-semut tersebut dari lemari pakaian Anda, lho.

Cara menggunakan parfum untuk menghilangkan semut di lemari adalah menyemprotkan parfum langsung di kerumunan semut yang bersarang di lemari Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan parfum ke bola kapas, lalu usapkan bola kapas tersebut ke jalan yang biasa dilalui oleh semut.

Meskipun parfum adalah bahan yang aman untuk mengusir semut di lemari pakaian, tetapi usahakan untuk tidak menyemprotkan parfum ke pakaian. Pasalnya, beberapa parfum dapat meninggalkan noda pada pakaian.

4. Daun Mint

Daun Mint

Satu lagi bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan semut di lemari pakaian, yaitu daun mint. Sudah menjadi rahasia umum jika daun mint dikenal sebagai bahan alami dengan aroma yang sangat kuat. Bahkan, aroma daun mint ini sangat “friendly” di indera penciuman kita.

Walaupun penciuman kita dapat menerima aroma daun mint, tapi tidak dengan indera penciuman semut. Aroma daun mint sangat tidak disukai oleh semut-semut yang ada di lemari. Oleh karena itu, manfaatkan daun ini untuk mengusir semut yang bersarang di lemari pakaian.

Keringkan beberapa lembar daun mint di bawah sinar matahari. Kemudian, tumbuk daun mint sampai menjadi halus. Taburkan serbuk daun mint ini di bagian luar maupun dalam lemari Anda. Dijamin, semut-semut pasti langsung pergi karena tidak tahan dengan aroma daun mint tersebut.

5. Air Lemon

lemon

Selain daun mint, lemon juga merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengusir semut. Bahkan, tak hanya bisa dipakai di lemari saja, Anda juga bisa menggunakan lemon untuk mengusir semut di sepatu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memeras air jeruk lemon ini dan menempatkannya ke dalam botol semprot.

Lanjutkan dengan menyemprot air lemon ini ke sekitar lemari, bila perlu semprotkan juga air lemon ini ke sarang semut yang ada di dalam lemari. Lakukan cara ini setiap hari sampai koloni semut benar-benar pergi dari lemari Anda.

6. Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah dengan aroma yang sangat enak. Namun, aroma kayu manis ini ternyata sangat tidak disukai oleh semut, lho. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menggunakan kayu manis ini untuk melengkapi cara menghilangkan semut di lemari pakaian, apalagi kayu manis memiliki aroma yang harum sehingga tidak mencemari pakaian Anda.

Letakkan beberapa batang kayu manis di dalam pakaian atau tempat di dekat sarang semut. Jika ingin aroma yang lebih kuat, gunakan bubuk kayu manis. Namun, hati-hati saat menaburkan bubuk kayu manis ini agar tidak terkena pakaian yang disimpan di dalam lemari.

7. Bubuk Kopi

Kopi

Beberapa waktu lalu, Bacaterus sempat membagikan artikel cara mengusir semut di rumah. Di dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kopi ternyata bisa mengusir semut yang bersarang di rumah. Nah, bukan hanya di dalam dan sekitar rumah saja, kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan semut di lemari pakaian.

Taburkan bubuk kopi di bagian lemari yang menjadi sarang semut. Selain itu, tempatkan beberapa kantung bubuk kopi yang dibungkus dengan tisu di setiap sudut lemari. Aroma kopi akan membuat semut ogah mendekat pada lemari Anda.

Langkah Awal untuk Menghilangkan Semut di Lemari Pakaian

Semua bahan-bahan di atas bisa Anda gunakan setelah Anda berhasil menemukan sarang semut. Sebagai langkah awal sebelum menempatkan bahan-bahan di atas, Anda harus melakukan beberapa panduan berikut ini:

  • Temukan sarang semut di lemari Anda terlebih dahulu.
  • Keluarkan semua pakaian dan barang-barang lain yang berada di dalam lemari Anda.
  • Bersihkan semut-semut yang mungkin menempel pada pakaian Anda. Cara menghilangkan semut di handuk atau pakaian adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari sambil mengibaskannya beberapa kali.
  • Basmi semut dengan bahan-bahan di atas. Jika ingin cara yang lebih cepat, gunakan pestisida untuk membasmi semut tersebut, tapi Anda tidak bisa langsung memasukkan pakaian ke dalam lemari. Anda harus menunggu selama beberapa hari agar aroma dan sisa pestisida tersebut hilang.
  • Setelah Anda selesai membersihkan lemari dan menyingkirkan bangkai-bangkai semut yang mati di dalam lemari, silakan masukkan barang-barang ke dalam lemari Anda.
  • Pastikan untuk membersihkan lemari secara rutin untuk mencegah semut atau serangga lainnya bersarang di lemari pakaian Anda.

Pada umumnya, semut sangat jarang bersarang di dalam lemari pakaian. Kecuali Anda juga menyimpan makanan atau minuman di dalam lemari yang sama. Untuk mencegah semut bersarang di lemari, letakkan kapur barus atau bubuk kopi di dalam lemari. Selain itu, bersihkan lemari secara rutin dan pastikan Anda hanya menyimpan pakaian dan barang-barang yang sudah bersih di dalam lemari tersebut.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment