Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 7 Cara Menghilangkan Semut di Beras yang Aman dan Praktis

7 Cara Menghilangkan Semut di Beras yang Aman dan Praktis

Semut tidak hanya mengerubungi pada makanan yang sudah jadi, tetapi semut juga gemar mengerubungi beras. Penyebab beras disemutin sudah pasti karena beras memiliki kandungan kalori dan gula sehingga tentu saja menjadi makanan favorit bagi para semut.

Beras dikerubuti semut tentu sedikit menyusahkan kita. Pasalnya, kita harus mencari cara memisahkan semut dengan beras terlebih dahulu baru kemudian mencucinya dengan air bersih dan memasaknya di rice cooker. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir karena Bacaterus akan membahas cara menghilangkan semut di beras yang dijamin aman bagi berasnya.

7 Cara Menghilangkan Semut di Beras

1. Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Semut merah di beras memang dapat menghambat aktivitas kita untuk memasak nasi. Anda harus menyisihkan semut-semut tersebut lebih dulu sebelum mencucinya dengan air bersih. Jika tidak dibersihkan, maka mayat-mayat semut tersebut akan tertinggal dan ikut matang saat beras dimasak.

Salah satu cara menghilangkan semut di beras yang paling mudah dan aman adalah menjemur beras di bawah sinar matahari yang sangat terik. Suhu panas dari sinar matahari ini akan membuat semut-semut yang tadinya mengerubungi beras jadi lari tunggang langgang.

Metode penjemuran beras di bawah sinar matahari ini hanya berlaku untuk menghilangkan semut yang terlanjur berada di tumpukan beras. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan untuk membasmi semut.

2. Bunga Lawang

Bunga Lawang Cara Menghilangkan Semut di Beras

Jika Anda sering memasak hidangan tradisional Nusantara, Anda pasti tidak asing dengan rempah-rempah yang bernama bunga lawang. Rempah dengan aroma yang sangat khas ini memang sangat bermanfaat untuk menyedapkan hidangan, tapi tahukah Anda bahwa bunga lawang juga dapat menghilangkan semut di beras?

Apabila Anda sedang mencari cara menghilangkan semut di beras dengan bahan alami yang tidak mengkontaminasi beras, bunga lawang adalah pilihan yang tepat. Letakkan 5-6 bunga lawang ke dalam wadah beras. Biarkan bunga lawang terus berada di dalam beras sampai berhari-hari. Aroma bunga lawang akan menghalau semut untuk merubung beras tersebut.

3. Daun Jeruk Purut

Satu lagi cara mengusir semut di karung beras, yakni dengan memanfaatkan daun jeruk purut. Daun dengan wangi yang cukup kuat ini juga dikenal sebagai penyedap masakan yang alami. Penggunaan daun jeruk purut untuk mengusir semut di beras memang aman karena berasal dari bahan alami yang tidak akan mengkontaminasi beras.

Ambil beberapa lembar daun jeruk purut, lalu sobek menjadi beberapa bagian kecil agar aromanya keluar. Masukkan potongan daun jeruk purut ke dalam beras dan biarkan di dalam beras selama 3-4 hari.

Jika ingin menggunakan daun jeruk purut untuk mengusir semut di beras, Anda harus mengganti daunnya setiap 3-4 hari sekali. Pasalnya, daun jeruk purut yang sudah membusuk tentu tidak akan berkhasiat untuk melindungi beras dari serbuan semut.

4. Cabe Kering

Cabe kering juga dapat menjadi bahan alami untuk menghilangkan semut dari beras. Cabe kering juga memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat, tapi kali ini kita tidak memanfaatkan rasanya, melainkan hanya aromanya saja.

Masukkan beberapa buah cabe kering ke dalam beras dan biarkan selama berhari-hari. Namun jangan memotong cabe menjadi beberapa bagian kecil karena dapat membuat beras jadi terasa sangat pedas. Cukup masukkan saja cabe kering yang utuh, maka semut-semut akan segera menyingkir karena tidak tahan dengan bau cabenya yang sangat menyengat bagi mereka.

5. Letakkan di Dekat Kompor

Letakkan di Dekat Kompor

Semut adalah binatang yang sangat peka terhadap panas. Jika ada suhu panas di dekatnya, mereka akan langsung kabur meninggalkan tempat semula. Anda bisa memanfaatkan kelemahan semut yang satu ini untuk menghilangkan semut yang berada di beras.

Caranya cukup mudah, letakkan beras di dekat kompor yang sedang menyala. Suhu panas dari api kompor akan membuat semut-semut yang tadinya berada di beras menjadi kabur. Teknik yang satu ini bisa dicoba jika tidak ada sinar matahari yang terik untuk menjemur beras.

6. Kayu Manis

Kayu Manis

Bahan alami lain yang sangat ditakuti semut adalah kayu manis. Selain itu, kayu manis juga aman untuk beras karena tidak akan mencemari cita rasa beras. Ambil beberapa tangkai kayu manis utuh, lalu selipkan di bagian dalam beras. Biarkan kayu manis ini tetap ada di dalam beras sampai semua semut-semutnya hilang.

Cara ini cukup ampuh karena kayu manis memiliki aroma yang cukup kuat dan mengganggu indera penciuman semut. Penggunaan kayu manis untuk mengusir semut yang berada di dalam beras juga sangat tepat, lho. Pasalnya, beras yang diselipkan kayu manis ini akan memiliki aroma yang sangat harum ketika dimasak.

7. Cengkeh

Cengkeh

Cara menghilangkan semut di beras yang satu ini mungkin sedikit menyulitkan Anda pada saat mencuci beras. Ya, Anda dapat menggunakan cengkeh untuk menghalau semut yang ingin berkoloni di tumpukan beras Anda. Sayangnya, Anda harus menyisihkan cengkeh satu persatu sebelum mencuci beras. Hal ini bisa memakan waktu yang cukup lama karena cengkeh ukurannya sangat kecil.

Namun, jika Anda ingin menghilangkan semut di beras secara cepat, taburkan cengkeh di dalam beras Anda. Sama seperti bahan-bahan lainnya yang ada di daftar ini, cengkeh juga memiliki aroma yang sangat kuat untuk membuat semut-semut itu kabur.

Tips Mencegah Beras Dikerubungi Semut

Tips Mencegah Beras Dikerubungi Semut

Semut adalah binatang yang tak kenal lelah untuk mencari makanan. Jika tidak ada makanan jadi yang siap disantap, beras pun juga bisa menjadi santapannya. Setelah mengenal berbagai cara menghilangkan semut di beras, kini saatnya Bacaterus berbagi tips mencegah beras dikerubungi oleh semut.

Penasaran dengan tipsnya? Yuk, langsung saja simak tips mencegah beras dikerubungi semut ini:

  • Masukkan di Wadah Tertutup

Bila Anda memiliki sebuah wadah berukuran besar yang cukup untuk menampung beras persediaan, sebaiknya pindahkan beras itu ke dalam wadah tersebut. Tutup rapat wadahnya agar semut tidak bisa masuk.

  • Gunakan Bahan Pembasmi Semut di Sekitar Dispenser Beras

Punya kebiasaan menyimpan beras di dalam dispenser khusus? Hal itu memang sangat bagus, tetapi jika semut tetap dapat menemukan celah untuk masuk ke dalam dispenser, apa hal yang akan Anda lakukan? Gunakan saja bahan-bahan pembasmi semut di sekitar dispenser beras, mulai dari kapur semut sampai kopi. Usahakan agar koloni semut tidak dapat menjangkau dispenser beras.

  • Letakkan di Atas Meja Makan yang Sudah Diproteksi

Beberapa waktu lalu Bacaterus sempat membuat artikel cara menghilangkan semut di meja makan, jika Anda sudah mencoba cara-caranya dan memastikan bahwa meja makan aman dari jangkauan semut, letakkan saja persediaan beras Anda di atas meja makan.

Beragam cara menghilangkan semut di beras ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang sudah hopeless mengusir semut di beras yang tak segan-segan datang kembali. Jika ingin tahu lebih dalam tentang cara mengusir semut, silakan baca artikel cara mengusir semut dari rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment