Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Maret 2019

Pare dikenal sebagai sayuran yang sangat pahit. Rasa pahit pada pare ini mengingatkan kita pada daun pepaya yang juga tak kalah pahit. Nah, jika rasa pahit daun pepaya saja bisa dihilangkan, apalagi pahit dari sayur pare. Jadi, Anda tak perlu khawatir karena sayur pare yang notabene pahit akan menjadi lebih nikmat.

Sebelum mulai memasak pare, kenali dulu 10 cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang sangat ampuh ini. Dijamin, rasa pahit pare akan hilang atau setidaknya lebih berkurang. Bahkan, masakan olahan pare Anda jadi lebih disukai oleh orang-orang yang sebelumnya tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit.

10 Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Pare

1. Cermat dalam Memilih Pare

Cermat dalam Memilih Pare Cermat dalam Memilih Pare Cermat dalam Memilih Pare Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Pare

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara menghilangkan rasa pahit pada pare, Bacaterus ingin memberikan sedikit tips yang juga berhubungan dengan cara menghilangkan rasa pahit pare. Tips ini seputar cara memilih pare yang rasanya tidak terlalu pahit.

Jika Anda ingin mencari pare yang tidak pahit, pilih pare yang ukurannya sedang. Pasalnya, semakin besar ukuran pare maka semakin pahit pula rasanya. Selain itu, Anda juga wajib memilih pare dengan warna hijau tua karena itu adalah pare yang masih muda. Ciri-ciri pare yang sudah tua adalah warnanya cenderung muda. Nah, pare yang sudah tua ini biasanya memiliki rasa yang sangat pahit.

Cara pemilihan pare ini memungkinkan Anda mendapatkan pare yang tidak terlalu pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, simak panduan di poin-poin selanjutnya.

2. Remas dengan Garam

Garam

Salah satu cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang paling sering digunakan di Iindonesia adalah metode meremas pare dengan garam. Pertama-tama, belah pare menjadi dua bagian dan buang biji maupun selaput putih yang menempel pada daging pare.

Iris tipis pare sampai seluruh dagingnya habis. Taburkan garam meja ke irisan pare tersebut. Remas-remas pare sampai teksturnya layu. Setelah diremas-remas selama beberapa menit, bilas pare dengan air lalu tiriskan airnya. Irisan pare ini sudah siap dimasak sesuai dengan selera Anda.

3. Remas dengan Gula Pasir

Gula Pasir

Selain garam, Anda dapat memanfaatkan gula pasir untuk menghilangkan rasa pahit pare. Bagi Anda yang memiliki hipertensi, gula pasir ini bisa menjadi solusi untuk membuat sayur pare jadi tidak terlalu pahit.

Pada dasarnya, cara menghilangkan rasa pahit pada pare dengan memanfaatkan gula pasir sama saja dengan ketika Anda menggunakan garam. Anda hanya perlu memotong pare dengan ketebalan sesuai selera, kemudian taburkan gula pasir. Langkah selanjutnya adalah meremas-remas pare dengan gula pasir selama beberapa menit. Setelah selesai, pare harus dibilas dan bisa dimasak sesuai dengan keinginan kita.

4. Rendam di dalam Yoghurt

Yoghurt

Satu lagi metode untuk menghilangkan rasa pahit pare secara alami. Kali ini, bahan yang dipakai untuk menghilangkan rasa pahit pare adalah yoghurt. Ya, yoghurt plain alias tanpa rasa adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur pare.

Pare yang sudah dicuci dan diiris tipis-tipis di rendam di dalam mangkuk berisi yoghurt plain. Rendam selama satu jam untuk menghilangkan rasa pahit yang pekat pada pare. Sesudah itu, sisihkan pare dan yoghurt, lalu bilas pare dengan air sampai tidak ada sisa yoghurt-nya.

5. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Namun, daun ini juga bisa digunakan untuk menetralkan rasa pahit sayuran. Tak hanya pare saja, daun jambu biji juga dapat menghilangkan pahit pada daun pepaya.

Cara menghilangkan rasa pahit pada pare dengan daun jambu biji cukup mudah. Rebus pare yang sudah diiris dan dibuang bijinya di dalam air. Masukkan 5-6 lembar daun jambu biji ke dalam air rebusan. Biarkan pare dan daun jambu biji ini terebus selama lima menit.

Selesai merebus, tiriskan air rebusan dan disisihkan pare dengan daun jambu biji. Bilas pare dengan air matang, lalu masaklah sesuai dengan keinginan Anda.

6. Rebus dengan Cuka, Garam, dan Gula

Pare

Jika meremas-remas pare dengan garam atau gula tidak cukup mampu menghilangkan rasa pahit pare, ini saatnya Anda mencoba cara yang cukup ampuh, yakni dengan merebus pare bersama cuka, garam, dan gula. Kombinasi ketiga bumbu dapur ini bisa menetralisir rasa pahit pare.

Sediakan secangkir cuka putih, dua sendok makan garam, dan dua sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare ke dalam air rebusan dengan bumbu daput tersebut. Biarkan pare dan bahan-bahan lainnya direbus selama dua menit, lalu tiriskan air dan bilas dengan air bersih jika Anda ingin memasak pare.

7. Rebus dengan Tanah Liat

Tanah Liat

Pare merupakan sayuran yang rasa pahitnya terkadang membuat banyak orang tidak tahan untuk menyantapnya. Di satu sisi, sayur ini dapat memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Rasa pahit pada pare ternyata dapat diatasi dengan hanya bermodalkan tanah liat.

Ya, tanah liat atau tanah lempung yang direbus bersama dengan pare akan menyerap rasa pahit dari sayuran tersebut sehingga setelah dimasak maka rasanya pun jadi lebih enak. Hanya saja, setelah merebus pare dengan tanah liat maka Anda harus membilasnya berkali-kali sebelum parenya dimasak.

8. Masak dengan Bumbu yang Asin

Oseng Pare Teri

* sumber: uniek88.wordpress.com

Tak dapat dipungkiri bahwa rasa pahit pare memang cukup mengganggu bagi orang yang belum terbiasa menyantapnya. Namun, Bacaterus ingin memberikan solusi untuk mengolah pare agar tidak asin, yakni dengan menambahkan bumbu-bumbu yang asin, seperti kecap asin, tauco, kecap ikan, ikan asin, dan bahan-bahan asin lainnya.

Dengan rasa asin, cita rasa pahit dari pare akan sedikit tersamarkan. Alhasil, hidangan olahan pare jadi terasa tidak terlalu pahit di lidah.

9. Peras Jus Pare

Jus Pare

Sebelum Anda mulai memotong dan memasak pare, alangkah baiknya jika Anda memeras air dari buahan itu terlebih dahulu. Air di dalam pare juga berpotensi menimbulkan rasa pahit. Jadi, apabila Anda sudah memeras air pare, cobalah memasaknya dan tambahkan rempah-rempah lain agar rasanya lebih nikmat.

10. Masak Bersama Telur

* sumber: cookpad.com

Pare biasanya dimasak menjadi tumisan. Nah, untuk menyamarkan rasa pahit dari pare, tambahkan telur kocok ke dalam tumisan Anda. Telur yang sudah dibumbui dengan garam dan merica, lalu dikocok lepas dan ditambahkan ke dalam tumisan pare.

Selain aromanya lebih harum, keberadaan telur dalam tumisan Anda juga dapat menetralisir rasa pahit pare. Tambahkan cabai rawit jika Anda menyukai makanan pedas. Rasa pedas cabai juga membantu menghilangkan rasa pahit dari pare.

10 cara menghilangkan rasa pahit pada pare ini sangat bermanfaat bagi Anda yang kesulitan menemukan cara untuk mengatasi rasa pahit pare. Dengan cara-cara ini, sayur pare yang Anda masak jadi lebih sedap dan tidak terlalu pahit. Temukan juga solusi untuk mengatasi rasa pahit daun pepaya dalam artikel cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya.