Bacaterus / Kesehatan / 9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut dengan Mudah

9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Oktober 2018

Rasa pahit di mulut memang membuat tak nyaman, apalagi rasa pahit tersebut menciptakan perasaan kurang percaya diri di hadapan banyak orang. Bagi sebagian orang, rasa pahit tersebut menjadi momok yang menggangu aktivitas sehari-hari dan tentunya perlu ditangani dengan berbagai cara.

Di sini, kami memiliki beberapa cara yang mujarab untuk menyembuhkan rasa pahit di mulut. Selain menyembuhkan, cara ini juga dapat mencegah rasa pahit berlama-lama berada di mulut, apalagi saat sedang mengonsumsi obat atau puasa, pasti rasa pahit selalu datang secara tiba-tiba di pagi hari hingga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

1. Konsumsi Bebagai Buah-buahan

Makan Buah

* sumber: thescienceexplorer.com

Mengonsumsi buah-buahan setiap hari dapat mengurangi rasa pahit di lidah. Rasa pahit tersebut terkadang timbul karena kurangnya kelenjar saliva atau air liur dalam mulut. Kemudian, hal ini akan memengaruhi indera pengecapan pada lidah dan menyebabkan rasa pahit yang berlebih, apalagi ketika Anda meminum obat yang biasanya menyebabkan sistem pengecapan di mulut mengalami gangguan.

Anda dapat mengonsumsi buah di pagi hari, buah seperti melon, apel, semangka, dan stroberi dapat mengurangi bahkan mencegah rasa pahit pada mulut. Hal ini bisa di lakukan setiap hari, atau menggunakan buah sebagai jus dan diminum di pagi atau siang hari. Selain menghilangkan rasa pahit, buah juga bisa dijadikan sarana untuk menambahkan vitamin C di dalam tubuh.

2. Menghindari Rokok

Menghindari rokok

* sumber: en.wikipedia.org

Menurut beberapa survey mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan rasa pahit di mulut. Hal ini dipengaruhi akibat dari zat aditif yang terkandung di dalam rokok. Selain itu, TAR yang terdapat dalam rokok memiliki kandungan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kenikmatan sehingga rasa haus dapat terlupakan dan biasanya cenderung menghindari air putih dan memilih kopi.

Hal ini juga menyebabkan rasa pahit yang teramat di mulut. Anda dapat mencobanya dengan sedikit demi sedikit sampai Anda benar-benar tidak merokok. Gunakan beberapa sistem diet dan konsultasi kepada dokter untuk melakukan terapi menghentikan rokok. Atau, baca artikel Cara Berhenti Merokok ini.

3. Hindari Cemilan secara Berlebih

hindari cemilan berlebih

* sumber: www.food-management.com

Bicara mengenai cemilan, pastinya semua orang menyukai hal yang satu ini. Memakan makanan ringan adalah hal yang sangat mengasyikan dan banyak yang beranggapan bahwa dengan menyantap makanan ringan tidak akan mengalami pertambahan berat badan.

Padahal sebaliknya, dengan mengonsumsi cemilan secara berlebih bisa menimbulkan rasa pahit di dalam mulut yang akan terus menghinggap. Sebab, tubuh menjadi kekurangan air akibat konsumsi cemilan yang berlebih. Sehingga Anda wajib mengurangi konsumsi cemilan secara berlebih untuk mengurangi rasa pahit di mulut.

4. Sikat Gigi secara Rutin

Sikat Gigi, Keramas, Mandi

Melakukan sikat gigi rutin 2 kali sehari dapat mengurangi dan mencegah rasa pahit yang berlebih pada mulut. Selain itu, dengan rutin melakukan sikat gigi dengan pasta gigi akan mencegah timbulnya kerusakan email gigi dan penumpukan karang.

Lakukan sikat gigi dengan benar yaitu memutar sikat gigi apabila menyikat bagian depan gigi, lalu sikat bagian lidah gigi hingga langit-langit gigi supaya bersih dan terhindar dari rasa pahit yang berlebih.

Walaupun awal melakukan sikat di bagian lidah gigi akan merasakan mual, tetapi apabila sering dilakukan akan terbiasa. Sikat gigi Anda dengan baik supaya rasa pahit dan bau mulut akan hilang dan teratasi.

5. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Rajin Minum Air Putih

Ternyata mengonsumsi banyak air putih 1-2 liter per hari dapat mengurangi rasa pahit di dalam mulut. Hal ini berhubungan dengan kelenjar saliva yang tercukupi asupan cairannya dan membuat tubuh juga lebih seimbang.

Air putih juga memberikan efek kesegaran pada tubuh dan anda akan terhindar dari panas dalam. Oleh karena itu, kami sarankan saat  rasa pahit datang, cobalah minum air putih. Sebaiknya, minumlah air putih hangat-hangat kuku untuk mendapatkan efek yang cepat dalam menghilangkan rasa pahit pada mulut.

6. Berkumur dengan Obat Kumur

cara berkumur dengan listerine

* sumber: www.kristendukephotography.com

Salah satu cara yang aktif dan efektif dalam memperbaiki sistem pengecapan dan mengurangi rasa pahit di mulut yaitu dengan menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur di beberapa waktu dapat mengurangi rasa pahit dan bau mulut berlebih.

Obat kumur sebaiknya digunakan saat benar-benar rasa pahit melanda di mulut. Di luar rasa pahit yang datang, Anda juga dapat menggunakannya tetapi disarankan tidak digunakan setiap hari karena dapat menyebabkan kekeringan di kelenjar saliva. Yuk, segera gunakan obat kumur dan baca artikel 10 Merk Obat Kumur Terbaik untuk menghilangkan rasa pahit dan bau mulut.

7. Jadwal Pola Makan Sehat

Pola Makan diet

* sumber: www.thedailymeal.com

Konsumsi pola makan yang sehat dan tepat waktu sangatlah penting. Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan menghindari fast food  juga akan mengurangi rasa pahit di mulut. Terkadang, ada beberapa penyebab rasa pahit akibat radikal bebas yang berlebih di dalam tubuh, asam lambung, dan penyakit ginjal. Hal ini bisa dihindari dengan konsumsi buah serta sayur dan melakukan jadwal diet sehat.

Latihlah dengan membuat jadwal mandiri dan mencatat konsumsi makanan Anda saat ini dengan benar, serta tak lupa lakukan olahraga setiap minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

8. Kumur dengan Larutan Soda Kue

rendam kaki baking soda

* sumber: www.livestrong.com

Menggunakan baking soda atau soda kue dalam mengurangi rasa pahit di mulut ternyata cukup efektif, walaupun belum ada penelitian yang mengkaitkan soda kue dengan rasa pahit di mulut. Tetapi, hal ini dapat memberikan efek yang cukup bagus dalam mengurangi rasa pahit.

Caranya cukup mudah yaitu dengan melarutkan satu sedok teh soda kue ke dalam air hangat sekitar 100 ml. Setelah itu, Anda dapat mengaduk rata, kemudian lakukan beberapa kumuran dan rasakan khasiatnya dalam menghilangkan rasa pahit di mulut.

9. Konsumsi Permen Karet

Kunyah permen karet Tips Cepat Berhenti Merokok

Mengonsumsi permen karet tanpa gula juga akan terhindar dari rasa pahit pada mulut. Konsumsi permen karet bebas gula setiap kali mulut Anda terasa pahit dan biasanya rasa pahit pada mulut akan segera hilang setelah konsumsi permen karet.

Permen karet tanpa gula juga bagus untuk kekuatan email di gigi serta baik bagi kesehatan gigi dalam proses mengunyah. Selain itu, mengonsumsi permen karet tanpa gula juga akan melatih olahraga bagian rahang gigi. Cara instan ini aman, lebih efektif, dan harganya tidak terlalu mahal, jadi silakan dicoba.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit pada mulut, hal ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan menggunakan beberapa tips di atas Anda akan lebih mudah untuk menghindari bau mulut, lidah pahit, serta rasa percaya diri akan lebih meningkat.

Mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat, jajanan sembarang, dan kafein juga akan mempermudah kuman tidak bersarang di mulut Anda, sehingga rasa pahit yang tak tertahankan akan teratasi. Apabila gejala rasa pahit di mulut tidak hilang setelah ditangani dengan beberapa tips di atas, Anda dapat konsultasi ke dokter untuk meminta penanganan medis secara lanjut.

Terimakasih dan ayo berbagi tips seputar kesehatan gigi dan mulut di kolom komentar, kisah Anda sangat bermakna untuk para pembaca lainnya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya seorang perawat yang punya hobby menulis, menyukai senja dan penikmat kopi putih, mari berproses bersama dalam hidup.

Leave A Comment