Bacaterus / Lifestyle / Inilah 10 Cara Menghilangkan Rasa Curiga yang Berlebihan

Inilah 10 Cara Menghilangkan Rasa Curiga yang Berlebihan

Apakah Anda merasa kalau akhir-akhir ini sifat Anda yang curigaan semakin parah? Memasang alarm curiga memang penting, karena tidak semua orang memiliki tujuan yang baik. Tapi, kalau rasa curiganya sudah berlebihan, sih, tidak bagus namanya!

Tanda-tanda kalau sifat curigaan Anda sudah keterlaluan adalah, setiap kali ada orang yang bersikap baik, Anda selalu berpikir kalau orang itu berniat melakukan kejahatan pada Anda. Ketika orang lain memberi Anda sesuatu, Anda berpikir kalau orang tersebut ingin mengambil sesuatu milik Anda di kemudian hari.

Tidak ada hal positif dari rasa curiga yang terlalu tinggi. Selain hidup tak tenang, Anda bisa dijauhi teman karena sifat yang menyebalkan seperti ini. Maka dari itu, lakukanlah 10 cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan dari Bacaterus berikut ini.

10 Cara Menghilangkan Rasa Curiga yang Berlebihan

1. Cari Tahu Penyebabnya

Cari Tahu Kenapa

Sebelum membahas cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan, ada baiknya kalau Anda mengetahui sebenarnya ada masalah apa dengan diri Anda. Dalam ilmu psikologi, ada yang namanya Paranoid Personality Disorder (gangguan kepribadian paranoid). Orang yang paranoid dicirikan dengan rasa tidak percaya diri yang tinggi dan rasa curiga yang terlalu over.

Atau, apakah Anda mengalami Anxiety Disorder (gangguan kecemasan)? Anxiety disorder ditandai oleh hal-hal yang mengganggu mental Anda seperti rasa khawatir dan takut berlebihan yang dapat menghambat aktivitas harian Anda. Dengan mengetahui masalah yang Anda alami, maka jalur pengobatan pun bisa diambil yang terbaik.

2. Kendalikan Emosi

Kendalikan Amarah cara menghilangkan rasa cemburu

Rasa curiga berlebihan muncul karena emosi Anda tidak stabil. Maka dari itu, cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan yang ke-2 adalah dengan menjaga emosi Anda agar tidak terjadi pelonjakan. Misalnya ketika Anda kesal pada salah satu orang dari departemen A, bukan berarti Anda boleh mencurigai semua orang dari departemen A sebagai pribadi yang buruk, kan?

3. Tenangkan Diri

 Tenangkan Diri

Rasa curiga dapat dihilangkan jika Anda rileks. Karena, tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat memiliki resistansi stres lebih tinggi. So, untuk menghindarkan Anda dari sifat curigaan yang berlebihan, sering-sering lah melakukan relaksasi.

Ketika Anda merasa curiga berlebihan, tubuh Anda ikut merespon, misalnya detak jantung jadi lebih cepat, nafas tersenggal, sakit perut, kepala pusing, dan lain-lain. Saat sedang kambuh seperti ini, Anda bisa mencoba rileks dengan terapi napas. Yaitu dengan bernapas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Jika Anda masih belum bisa tenang, cobalah berdoa, sholat untuk yang beragama Islam, atau lakukan meditasi.

4. Tulis Diari

Tulis Diari

Menulis diari, jurnal, atau kegiatan sehari-hari memiliki banyak manfaat, loh. Pertama, hal ini dapat membuat kita bahagia. Kedua, menulis hal yang telah kita lalui dapat membuat daya ingat meningkat. Ketiga, menulis diari dapat menurunkan kadar kecemasan dari diri Anda. Kenapa bisa begitu?

Pernahkah Anda merasa heran dengan isi tulisan Anda sendiri yang Anda buat 3 bulan yang lalu? Anda mungkin bertanya-tanya atau justru menyadari ada sesuatu yang aneh dari tulisan Anda pada masa itu ketika Anda membacanya lagi sekarang. Dengan menulis diari, Anda jadi bisa mengenal diri sendiri lebih baik lagi.

Anda jadi bisa tahu kenapa Anda begitu curigaan. Ternyata, menurut buku diari yang ditulis sendiri oleh Anda, dulu Anda pernah kecurian ide untuk proposal kerja. Jadi, semenjak itu pula Anda jadi suka insecure sama orang lain. Untuk itu, selalu tuliskan apa yang benar-benar terjadi dan apa yang Anda rasakan sesuai dengan kenyataan. Hal ini akan membantu Anda ketika Anda membaca ulang diari tersebut di kemudian hari.

5. Konsultasi pada Orang Terdekat

Tak ada salahnya memercayakan masalah Anda pada orang terdekat. Orang-orang yang dekat dengan Anda biasanya lebih mengerti Anda daripada Anda sendiri. Untuk itu, menanyakan pendapat pada orang terdekat adalah cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan yang efektif.

6. Ubah Pola Pikir

Ubah Pola Pikir

Cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan selanjutnya adalah dengan mengubah pola pikir Anda. Jika biasanya Anda negative thinking terus pada orang lain, sekarang cobalah untuk percaya pada mereka.

Daripada Anda menerka-nerka sendiri apa maksud perkataan seseorang, langsung saja tanyakan maksudnya pada orang tersebut. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa curiga Anda terhadap orang tersebut.

7. Berpikir Menggunakan Logika

Orang yang curigaan lebih banyak bermain di imajinasinya sendiri. Ketika orang mengatakan “A” pada Anda, otak Anda mengonversinya menjadi “B”, “C”, hingga “Z.” Aturlah di pikiran Anda untuk selalu berpikir logis. Berhenti membuat asumsi Anda sendiri terhadap orang lain. Dengan begitu, rasa tak tenang karena curiga pun bisa diminimalisir.

8. Beri Kepercayaan

Beri Kepercayaan

* sumber: sjumc.net

Rasa curiga timbul karena Anda tidak percaya, kan? Cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan adalah dengan memberikan kepercayaan pada orang lain. Mungkin Anda trauma karena dulu pernah dibohongi oleh seseorang. Tapi, bukan berarti semua orang itu pembohong, kan? Jangan memukul rata bahwa sifat semua orang itu sama.

9. Jadi Orang yang Optimis

Positif dan optimis datang beriringan. Jika Anda bisa berpikir positif, maka Anda pun akan jadi orang yang optimis. Dengan menjadi orang yang optimis, perasaan selalu curiga dari diri Anda dapat berkurang bahkan menghilang.

10. Pergi ke Terapis

Jika cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan di atas belum bisa membuat Anda jadi lebih tenang, mungkin Anda membutuhkan terapis untuk pulih dari perasaan ini. Mendatangi terapis bukan berarti Anda gila atau sakit mental. Terapis bekerja untuk melakukan terapi jangka panjang untuk orang-orang yang mengalami masalah traumatis seperti Anda.

Terapis akan jauh lebih paham cara untuk menangani rasa curiga berlebih. Terapis akan membimbing Anda untuk dapat tenang agar dapat melampaui rasa parno di hati Anda. Terapis juga akan memberi semacam latihan agar Anda dapat menghilangkan rasa curiga berlebih tersebut.

Itulah 10 cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan dari Bacaterus. Semoga informasi di atas dapat membantu mengatasi rasa paranoia yang Anda rasakan saat ini. Anda bisa juga melakukan olahraga rutin atau yoga agar tubuh dan pikiran Anda jadi lebih segar. Selamat mencoba!

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment