Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu terhadap Pasangan

10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu terhadap Pasangan

Katanya, cemburu itu bumbu-bumbu cinta. Dan, cemburu itu wajar dialami oleh orang yang sedang menjalin hubungan khusus seperti pacaran, tunangan, dan menikah. Akan tetapi, sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah baik, bukan? Jika rasa cemburu Anda sudah setinggi Monas, berarti Anda telah keterlaluan. Jangan sampai pasangan Anda jadi risih karena sifat cemburuan Anda yang berlebihan.

Kiranya, bagaimana cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan terhadap pasangan? Sekarang Bacaterus akan membahas cara-caranya secara lengkap. Yuk, langsung saja disimak 10 cara agar tidak cemburu lagi sama pasangan

10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu

1. Berpikir Positif

Berpikir Positif

Cemburu datang dari pemikiran yang negatif. Tak jarang, rasa cemburu hadir karena sesuatu yang Anda buat-buat sendiri di otak Anda. Jika dibiasakan, perasaan cemburu ini akan menggerogoti jiwa positif Anda hingga Anda tidak bisa berpikir jernih lagi, yang ada Anda akan dibutakan oleh rasa cemburu.

Makanya, cara menghilangkan rasa cemburu yang pertama adalah dengan mengatur pikiran Anda untuk jadi selalu positif. Jangan biarkan pikiran negatif merasuki dan menghantui Anda lagi.

2. Realistis

Realistis cara menghilangkan rasa cemburu

* sumber: twitter.com

Setelah berpikir positif, sekarang cobalah untuk berpikir realistis. Berpikir positif berarti Anda memandang sesuatu dari segi yang lebih baik. Sedangkan berpikir realistis berarti Anda memandang sesuatu sesuai kenyataan yang ada (bukan dari sesuatu yang Anda pikir benar).

3. Jangan Lebay

Anda setuju, kan, kalau sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Janganlah Anda bersikap berlebihan ketika pasangan Anda bersikap terlalu clingy terhadap orang lain, atau lebih memercayakan masalahnya terhadap orang lain daripada Anda.

Jika Anda cemburu berlebih hingga marah-marah dan mengekangnya, yang ada nanti pasangan Anda jadi risih dan malas dekat-dekat dengan Anda. Jika memang terjadi situasi di mana memerlukan Anda untuk beraksi mempertahankan hubungan, lakukanlah dengan elegan tanpa terlihat lebay.

4. Curhat pada Teman

Curhat pada Teman

Cara menghilangkan rasa cemburu yang selanjutnya adalah dengan cerita dan meminta pendapat pada teman. Cemburu dapat membuat emosi Anda jadi tidak stabil. Anda bisa marah, sedih, menangis, bahkan hingga hilang arah.

Dengan bercerita pada teman terdekat, beban Anda bisa sedikit terangkat. Dan, siapa tahu teman Anda ternyata seorang dokcin alias dokter cinta yang dapat membantu menyelesaikan problem Anda? Sekali menyelam minum air, deh!

5. Jangan Merendahkan Diri

Jangan Merendahkan Diri

Anda merasa cemburu karena ada orang lain yang terlihat lebih baik dari Anda dekat dengan pasangan? Berarti perasaan cemburu ini datang dari rasa insecure dalam diri Anda. Jangan merasa rendah diri ketika ada orang yang lebih menarik, lebih pintar, lebih kaya, dan lebih-lebih segalanya mendekati pasangan Anda. Karena, belum tentu pasangan Anda lebih memilih mereka daripada Anda, bukan?

Daripada memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, lebih baik Anda meningkatkan kualitas diri saja. Kejar dan asah potensi yang Anda miliki agar Anda bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu, rasa percaya diri Anda akan meningkat dan Anda tidak akan merasa orang lain sebagai ancaman lagi.

6. Optimis

Optimis cara menghilangkan rasa cemburu

Cara menghilangkan rasa cemburu yang ke-6 adalah dengan menjadi optimis. Seseorang yang optimis memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan selalu berpikir positif. Sebuah hubungan dibangun melalui komitmen.

Walaupun tidak ada komitmen khusus, pastinya kalian berdua sudah mengerti batasan dalam hubungan, seperti tidak terlalu dekat dengan orang lain dan sebagainya. Toh, kalian berdua sudah dewasa, jadi tidak perlu diingatkan lagi untuk hal seperti itu, kan?

Maka dari itu, berpikirlah optimis ketika dia membuat Anda cemburu. Mungkin dia tidak bermaksud membiarkan sesuatu terjadi hingga membuat Anda cemburu. Dia hanya tidak menyadari saja kalau sikapnya itu membuat Anda merasa cemburu.

7. Saling Terbuka

Berbicara hati ke hati dengan pasangan

So, sambungan dari berpikir optimis di atas, cara menghilangkan rasa cemburu yang selanjutnya adalah dengan jadi lebih terbuka satu sama lain. Jujur pada apa yang Anda rasakan. Bicarakan dan diskusikan dengan pasangan Anda apa saja yang membuat Anda cemburu.

Dengarkan pasangan Anda ketika dia menjelaskan semuanya pada Anda, jangan potong di tengah jalan apalagi menuduhnya berbohong. Di sini Anda juga bisa meminta padanya untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat Anda cemburu lagi.

8. Jadi Bagian dari Dirinya

Cara menghilangkan rasa cemburu yang ke-8 adalah dengan menjadi bagian dari pasangan Anda. Maksud dari kalimat ini adalah Anda ikut andil dalam kehidupan pasangan Anda. Misalnya Anda sering merasa cemburu pada rekan kerja pasangan, maka ikutlah ketika sedang ada acara kantor yang bisa membawa pasangan.

Di sana, kan, Anda bisa melihat sendiri bagaimana pasangan Anda berinteraksi dengan teman-temannya. Anda juga jadi sekaligus kenal dengan teman-teman kantornya, jadi Anda tidak akan terlalu cemburu lagi kalau sudah kenal mereka, kan?

9. Percaya Diri

Cara menghilangkan rasa cemburu yang satu ini masih ada hubungannya dengan poin no. 5 di atas. Mungkin Anda merasa cemburu pada teman kampus pacar yang lebih cantik atau lebih ganteng. Anda jadi berpikiran macam-macam, misalnya; bagaimana kalau misalnya pasangan Anda lebih memilih orang tersebut daripada Anda. Yakinkan diri Anda bahwa hanya Anda yang dicintai oleh pasangan Anda.

10. Percaya Dia

Percaya Dia

* sumber: unsplash.com

Setelah percaya pada diri sendiri, sekarang waktunya Anda percaya padanya. Kepercayaan adalah kunci dari hilangnya rasa cemburu. Sebanyak apa pun teman pasangan Anda, setinggi apa pun jabatannya di kantor, sebegitu banyak apa pun orang-orang yang mengantri untuk menggantikan posisi Anda, percayalah bahwa dia mencintai Anda dan akan terus bersama Anda apa pun yang terjadi.

Di atas tadi adalah 10 cara menghilangkan rasa cemburu ala Bacaterus. Semoga setelah membaca sepuluh cara di atas Anda jadi tidak cepat merasa cemburu lagi sama pasangan Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment