Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Sakit kepala atau pusing dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada banyak jenis sakit kepala, di antaranya adalah vertigo, migrain, atau sakit kepala belakang. Apapun jenis sakit kepala yang Anda alami, tentu Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan aktivitas jika sudah merasa pusing.

Saat flu menyerang Anda juga bisa merasakan sakit kepala yang tak tertahankan. Jika sudah begitu, jangan terburu-buru minum obat. Cobalah mengatasi pusing atau sakit kepala secara alami terlebih dahulu dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan beberapa cara menghilangkan pusing kepala tersebut tanpa obat kimia. Apa sajakah itu? Yuk, cek cara-cara meredakan pusing dengan makanan dan minuman berikut ini:

1. Air Putih

Rajin Minum Air Putih

Dehidrasi dapat menjadi faktor pemicu pusing dan sakit kepala. Nah, apabila Anda merasa pusing secara tiba-tiba bisa jadi tubuh Anda kekurangan asupan cairan. Cobalah meminum air putih untuk membantu proses hidrasi tubuh. Selanjutnya, biasakan diri untuk minum 8-10 gelas air putih untuk mencegah pusing datang kembali.

2. Pisang

Buah sehat yang satu ini ternyata tidak hanya mengandung banyak vitamin dan potasium saja. Namun, pisang juga mengandung magnesium yang berperan penting untuk meredakan migrain. Oleh karena itu, ketika Anda merasa pusing atau sakit kepala hebat, cobalah untuk mengkonsumsi pisang. Buah berkulit kuning dan hijau ini cukup efektif untuk meredakan sakit kapala.

3. Teh

teh

Teh adalah salah satu minuman yang menenangkan. Bahan aktif dalam teh dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran. Jika Anda merasa pusing, cobalah untuk menyeduh teh, khususnya teh hitam. Untuk meredakan pusing dengan cepat, Anda bisa menambahkan sedikit air perasan lemon ke dalam teh yang akan diminum.

4. Es Batu

Kali ini Anda tidak akan diminta untuk mengkonsumsi es batu. Anda hanya perlu menggosokkan es batu ke bagian kepala yang terasa pusing. Sensasi dingin yang diberikan es batu ini dapat membuat mati rasa sehingga sakit kepala Anda akan hilang seketika.

5. Kopi

kopi

Minuman populer yang satu ini mengandung kafein yang lebih banyak dari teh. Kafein dalam kopi terbukti dapat mengobati sakit kepala. Akan tetapi, cara menghilangkan pusing dengan kopi ini harus dalam jumlah yang wajar. Terlalu banyak minum kopi juga dapat mengakibatkan sakit kepala di kemudian hari.

6. Ikan

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis ikan tertentu, seperti salmon, sangat ampuh untuk meredakan pusing? Nah, itu karena ikan salmon atau tuna mengandung omega-3 dan lemak esensial yang bermanfaat untuk memulihkan peradangan yang umumnya dapat menyebabkan migrain.

7. Biji Wijen

tips menghilangkan karang gigi wijen

Migrain terjadi karena hormon estrogen tidak stabil. Biji wijen mengandung vitamin E yang tinggi untuk menstabilkan hormon estrogen sehingga migrain pun jadi berkurang. Di samping itu, biji wijen juga memiliki kandungan magnesium yang diklaim dapat mencegah sakit kepala.

Makanan lain yang sejenis dengan biji wijen dan dapat membantu meredakan pusing adalah minyak zaitun, kacang-kacangan, dan gandum. Silahkan oleh ketiga jenis makanan tersebut sesuai dengan selera Anda.

8. Biji Alpukat

buah alpukat

Ketika memilih biji alpukat sebagai obat sakit kepala alami, Anda tidak perlu mengkonsumsi biji alpukat tersebut. Karena biji alpukat ini akan digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan pusing dan sakit kepala.

Caranya pun mudah, parutlah 2 buah biji alpukat hingga berbentuk serbuk. Selanjutnya, campur parutan biji alpukat dengan sedikit air. Kemudian, olesi biji alpukat di dahi atau area lain yang pusing. Aplikasikan biji alpukat ini pada malam hari dan diamkan selama 1-2 jam.

9. Semangka

semangka

Bagaimana bisa buah tropis yang satu ini mengobati pusing dan sakit kepala? Fungsi dari buah semangka sama seperti air. Karena buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, maka menyantap kepala di kala pusing terbukti ampuh meredakan rasa pusing tersebut.

10. Kentang

Seperti yang kita ketahui, dehidrasi juga menjadi faktor penyebab terjadinya pusing atau sakit kepala. Kandungan kalium dalam kentang dapat membantu untuk memenuhi asupan kalium yang dibutuhkan tubuh. Ketika sedang pusing atau sakit kepala, konsumsilah kentang dengan cara direbus atau dibakar.

Tips Meredakan Sakit Kepala dengan Cepat

cara menghilangkan pusing

Selain mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman di atas, beberapa tindakan juga perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pusing dan sakit kepala yang Anda alami. Beberapa di antaranya adalah:

  • Tarik Nafas

Menarik nafas sambil memejamkan mata dapat meredakan pusing di kepala Anda. Lakukan ini secara perlahan dan berulang kali. Cara ini merupakan relaksasi alami untuk melemaskan otot-otot kepala tegang yang memicu terjadinya sakit kepala.

  • Jauhi Sinar Komputer, Televisi, dan Ponsel

cara mengobati pusing kepala

Saat merasa pusing sebaiknya berhentilah melihat layar komputer, televisi, maupun ponsel. Pasalnya, radiasi dari sinar barang-barang tersebut dapat memperparah kondisi sakit kepala Anda. Selain itu, pusing juga dapat disebabkan karena mata lelah akibat menatap layar komputer atau televisi dalam waktu yang lama.

Solusinya, ketika sedang bekerja di depan komputer, istirahatkan mata setiap 1 jam sekali. Berhentilah sejenak menatap layar komputer, pejamkan mata beberapa saat, dan lihatlah pemandangan luar atau dedaunan hijau untuk mengembalikan kesegaran mata dan pikiran.

  • Tidur

Tidur yang cukup setiap hari

Kurang tidur juga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala. Jika Anda ingin mengobati sakit kepala tanpa obat, tidurlah dan tenangkan diri Anda. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam sehari agar tidak mudah pusing.

  • Kelola Stres

Sudah menjadi rahasia umum bahwa stres merupakan faktor penyebab dari berbagai macam penyakit, termasuk pusing. Oleh karena itu, kelola stres Anda dengan baik. Jangan sampai stres membuat Anda sakit kepala dan menjadi depresi.

Berbagai cara menghilangkan pusing di atas terbukti efektif untuk meredakan pusing dan sakit kepala ringan. Namun ingat, jika pusing tidak hilang setelah 3 hari, maka periksakan diri Anda ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.