Bacaterus / Pegal Linu / Ini Dia Cara Menghilangkan Pegal di Tangan yang Ampuh

Ini Dia Cara Menghilangkan Pegal di Tangan yang Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2019

Tangan memiliki banyak sekali fungsi, contohnya saja untuk makan, tangan berpengaruh seperti mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Membersihkan tubuh pun memerlukan bantuan tangan, bukan hanya itu saja kan, tangan memang selalu melakukan berbagai aktivitas keseharian setiap orang.

Tahu gak sih kalau tangan itu memiliki dua definisi? Definisi luas untuk tangan adalah anggota badan dari siku sampai ke ujung jari. Sedangkan untuk definisi sempitnya, tangan adalah anggota badan dari pergelangan sampai ujung jari tangan. Pernahkah kamu merasakan pegal di sekitar tangan?

Pegal pada lengan adalah hal yang wajar atau biasa, akibat dari gerakan repetitif atau olahraga. Walaupun hal yang wajar, tetapi pegal pada tangan cukup bisa membuat kamu terganggu lho. Rasa kaku yang kadang disertai bengkak bisa melemahkan dan mengurangi batas fungsi gerak yang biasa dilakukan. Yuk, simak cara menghilangkan pegal di tangan dari Bacaterus ini!

Cara Menghilangkan Pegal di Tangan

1. Exercise dan Peregangan

Cara Menghilangkan Pegal di Tangan

Fokus pada tangan adalah urat dan otot, physical therapist bisa menuntun kamu melakukan latihan untuk peregangan dan memperkuat otot yang mana bisa membantu menahan tekanan pada tulang sendi di tangan dan mengurangi sakit. Melakukan gerakan ringan (senam) yang juga istirahat aktif untuk meningkatkan pompa vena dan melancarkan sirkulasi darah.

Latihan ringan yang bisa kamu lakukan adalah seperti, menekuk pergelangan tangan ke depan dan belakang, meregangkan pergelangan tangan secara bergantian, menekuk jari-jari tangan, peregangan pergelangan dengan beban, dan hand squeeze menggunakan bola karet. Semua latihan ringan itu bisa kamu coba lakukan 3 kali selama 5 detik dengan 10 kali pengulangan.

2. Kompres Panas

Kompres Panas

* sumber: bentgrassconcepts.com

Panas dapat mengendurkan kaku pada tangan, kamu bisa mandi dengan air panas karena air panas bisa membantu melancarkan peredaran darah, hot shower will do the job. Selain itu kamu juga bisa mencoba kompres panas dengan warm water zack yang telah diisi air panas pada bagian tangan yang pegal atau nyeri.

Namun, perlu kamu perhatikan apakah ada pembengkakan pada tangan? Karena jika ada pembengkakan sebaiknya kamu hindari mandi air panas dan kompres panas yang di khawatirkan menambah bengkak.

3. Kompres Dingin

Kompres Dingin

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Solusinya adalah kompres dingin, jika pegal pada tangan disertai bengkak maka gunakanlah kompres dingin yang dapat membantu mengurangi bengkak. Dingin sangatlah efektif untuk pegal tangan yang disebabkan aktivitas berlebih.

Gunakan flexible gel pads yang telah disimpan di freezer atau cold pack yang bisa kamu isi es batu ataupun handuk yang diisi es. Kompres dingin bisa kamu gunakan selama 20 menit beberapa kali dalam sehari. Kamu juga bisa menggunakan kompres panas dan dingin secara bergantian.

4. Pijat Area Pegal atau Massage

Pijat Area Pegal atau Massage

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Massage atau yang biasa disebut pijat dapat mempercepat pemulihan melalui percepatan sirkulasi dalam kondisi istirahat. Tekanan yang diberikan melalui pijatan dapat meringankan rasa pegal sekaligus melancarkan aliran atau sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang baik sangat diperlukan untuk mempercepat perbaikan jaringan. Kamu hanya perlu lakukan pijatan lembut pada bagian tangan yang sakit secara perlahan. Selain itu, pijatan juga bisa dibantu dengan bola kecil seperti bola tenis atau lainnya yang kamu gulirkan di area nyeri secara perlahan, ingat untuk tidak menggunakan tekanan berlebih, ya.

5. Gunakan Belat / Splinting

Gunakan Belat / Splinting

* sumber: physiopluswhitehorse.com

Belat dapat menstabilkan posisi dari jari-jari, jempol, ataupun pergelangan. Seorang dokter bedah orthopedic dan guru besar tamu di Harvard Medical School, dr. Philip Blazar mengatakan bahwa dengan membelat tangan untuk beberapa minggu pada bagian tangan yang bengkak atau terkena arthritis bisa menurunkan pembengkakan.

Gunakan belat atau perban penekan elastis untuk melindungi lengan sekaligus mengurangi bengkak. Sebaiknya longgarkan perban yang terlalu kencang, agar menghindari pembengkakan lebih lanjut. Perlu kamu perhatikan untuk tidak membalut area pegal terlalu kencang.

6. Minum Obat AINS atau NSAIDs

Minum Obat AINS atau NSAIDs

* sumber: www.flanderstoday.eu

Obat-obat Anti-inflamasi Non Steroid dapat mengurangi pegal tangan dengan menghambat enzim penghasil nyeri dan bengkak. Obat pereda nyeri yang tergolong obat bebas resep seperti ibuprofen dan asetaminofen bisa kamu minum untuk mengurangi rasa pegal dan nyeri.

Selain itu, obat luar (non oral) dalam bentuk salep, cream, atau gel dengan kandungan diklofenak seperti Voltaren bisa kamu gunakan dengan cara dioleskan, pilihan ini juga bisa mengurangi efek samping obat, lho. Pastikan saja untuk meminum obat sesuai dengan petunjuk yang tertera dan jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

Itulah beberapa homecare tips yang dapat kamu coba dan lakukan jika kamu mengalami pegal pada tanganmu. Namun, jika pegal dan nyeri pada tangan tak kunjung hilang dalam jangka waktu lebih dari dua minggu ataupun semakin parah, hal terbaik adalah mengkonsultasikan masalah kamu pada dokter.

Apalagi jika pegal dan nyeri mengakibatkan kamu tidak dapat menggunakan lengan dengan normal, kebas dan kesemutan. Dokter dan ahli medis pasti bisa memberikan solusi terbaik untuk kamu kok, seperti terapi obat dan terapi fisik. Selain tips diatas, beberapa tips dibawah ini bisa membantu pemulihan pegal tangan nih.

Tips Mencegah Pegal di Tangan

Walaupun mengalami pegal, kram, atau nyeri pada tangan memang tak bisa diprediksi. Mencoba pengobatan rumahan adalah hal positif yang bisa membuat kamu banyak belajar mengatasi masalah kesehatanmu sendiri. But, prevention is better than cure right?

  • Istirahatkan Tangan dan Kurangi Stres

Istirahatkan Tangan dan Kurangi Stres

Tidak memaksa tangan bergerak jika kamu merasakan tanganmu sakit, apalagi memaksa tangan mengangkat suatu beban yang berlebihan. Istirahatkan tangan dan lengan yang pegal atau nyeri agar jaringan yang rusak dapat cepat diperbaiki.

Sebagai pemulihan ketika kamu cedera tubuh, stres bisa membuat imunitas kamu lemah, lho. Imbasnya ialah dapat mempersulit tubuh dalam pemulihan diri, karena fokus tubuh malah berganti mengatur sistem yang membuat stres bukan berfokus memperbaiki jaringan yang rusak. Waduh, makin lama sembuh dong.

  • Makan dengan Teratur
Makan dengan Teratur

* sumber: www.videoblocks.com

Kamu termasuk orang yang tidak suka sarapan? Hm.. sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Pola makan seimbang sangat dibutuhkan agar tubuh kamu mendapatkan semua vitamin dan mineral setiap harinya. Kamu bisa mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan mineralmu kok. Karena kamu bisa mengalami keram otot jika kekurangan mineral seperti magnesium dan kalsium.

  • Minum Air Putih yang Cukup
Minum Air Putih yang Cukup

* sumber: blog.feetapart.com

Hindari kafein dan alkohol, perbanyaklah konsumsi air putih. Terkadang dehidrasi bisa juga menyebabkan kram pada otot tangan. Lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air, karena itulah konsumsi air sangatlah penting untuk keseimbangan cairan tubuh.

Kamu juga bisa mengkonsumsi minuman pengganti elektrolit yang digunakan untuk menggantikan gula, garam dan mineral lainnya. Minumlah air lebih banyak saat kamu berolahraga dan juga saat kamu berada dalam cuaca panas.

Salah satu langkah pencegahan yang paling penting adalah variasi gerak, dengan kata lain sering mengubah postur dan kegiatan. Jika memungkinkan, istirahatlah sebelum lelah “extremely short can be very helpful of frequent enough”. Istirahat, tidak harus berupa istirahat kok, kamu cukup melakukan kegiatan lain untuk sementara waktu.

Nah, jika kamu memiliki saran lain mengenai pegal tangan jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar. Baca juga artikel cara mengatasi pegal di kaki ini jika kamu sedang merasa pegal-pegal di area kaki.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar