Bacaterus / Kesehatan / 8 Tips dan Cara Menghilangkan Pegal dan Nyeri di Punggung

8 Tips dan Cara Menghilangkan Pegal dan Nyeri di Punggung

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2018

Bukan hal yang tidak mungkin jika kamu merasakan pegal di punggung setelah kamu melakukan kegiatan sehari-hari. Sering kali, kamu tidak mengetahui penyebab timbulnya nyeri di punggung dan hal seperti ini biasa disebut nyeri punggung non-spesifik oleh dokter.

Kadang kala, pegal dan nyeri yang terjadi mungkin adalah hasil dari cedera, seperti keseleo atau tegang otot. Tetapi ,seringnya pegal dan nyeri punggung terjadi tanpa sebab yang jelas. Jarang sekali disebabkan oleh sesuatu yang serius.

Ada kalanya, pegal dan nyeri punggung berkaitan dengan kondisi medis, seperti spinal tenosis, yaitu penyempitan kanal yang berisi saraf dalam tulang belakang yang menyebabkan saraf pada tulang belakang sebelah bawah tertekan dan membuat kamu merasa nyeri.

Sciatica atau linu panggul juga berkaitan dengan kondisi medis, karena adanya iritasi saraf yang membentang dari pelvis ke kaki. Kedua kondisi ini cenderung menyebabkan gejala tambahan, seperti mati rasa atau kesemutan. Untuk pengobatannya pun berbeda dengan nyeri punggung non-spesifik.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa pada kebanyakan kasus pegal dan nyeri punggung tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius dan biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun, ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pegal dan nyeri punggung. Simak berikut ulasannya.

8 Cara Menghilangkan Pegal dan Nyeri di Punggung

1. Stay Active (Teruslah Bergerak)

Teruslah Bergerak

* sumber: bestlifeonline.com

Salah satu yang terpenting adalah untuk tetap bergerak dan melakukan aktivitas keseharin kamu sebanyak yang kamu bisa. Walaupun ada anggapan bahwa istirahat panjang di tempat tidur membantu pemulihan, tetapi sekarang ini yang banyak diketahui dan dianjurkan adalah untuk tetap aktif justru bisa membantu pemulihan pegal dan nyeri lebih cepat.

Memang akan terasa sulit pada awalnya, tapi jangan patah semangat, pegal dan nyeri punggung yang dirasakan perlahan akan membaik secepatnya. Bed rest dalam jangka panjang malah akan melemahkan otot-otot dan tulang punggung, sehingga memperlambat proses pemulihan atau kesembuhan kamu lho.

2. Olahraga dan Peregangan

* sumber: youtu.be

Hal ini bisa kalian lakukan sendiri, seperti berjalan-jalan, kegiatan ini bisa melatih fungsi otot pada bagian bokong, kaki, punggung, dan perut. Olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berenang, bersepeda, dan jogging karena dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang memiliki fungsi meredakan nyeri alami.

Cobalah melakukan peregangan yang dapat mengurangi pegal dan nyeri punggung. Kegiatan ini bisa kalian lakukan di rumah sesering yang kamu perlukan. Kamu bisa melakukan peregangan di pagi hari setelah bangun tidur. Melakukan peregangan disertai dengan olahraga, seperti yoga dan pilates, juga bisa bantu menjaga punggung kamu tetap kuat dan sehat.

3. Hot dan Cold Packs

* sumber: indonesian.alibaba.com

Hot/Cold Pack ini bisa langsung kamu taruh di area nyeri untuk mengurangi nyeri atau pegal yang datang. Cara manual, seperti berendam dalam air panas atau memasukkan air panas dalam botol dan menaruhnya pada tempat nyeri dapat membantu meredakan pegal atau nyeri ketika nyeri itu mulai datang.

Begitupun dengan dingin, gunakan ice pack dan tempatkan pada tempat atau area nyeri dapat membantu dalam jangka pendek. Tetapi, jangan menaruh es langsung di atas kulit karena bisa menyebabkan “cold burn” (cedera yang dapat terjadi ketika es atau benda-benda dingin lainnya menyentuh dan merusak kulit), bungkus ice pack dengan kain terlebih dahulu.

Alternatif lainnya adalah gunakan hot dan atau cold compression packs. Kantung panas dan dingin ini bisa kalian isi dengan air panas dan es batu/ air dingin, kantung ini bisa didapatkan hampir di setiap apotek.

4. Perhatikan Kondisi Tidur

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Kondisi tidur yang dimaksud, seperti tempat tidur/kasur. Pilihlah kasur yang tidak terlalu empuk, namun tetap tidak keras. Kasur yang terlalu empuk sering kali memberikan penopang yang sedikit untuk tubuh kamu. Sebab itulah kamu harus memilih kasur yang masih empuk namun tetap membuat posisi tidur kamu lurus, sehingga tubuh tidak terlalu masuk ke dalam kasur.

Pemilihan bantal harus kamu perhatikan juga, karena idealnya bantal yang kamu gunakan dapat menjaga posisi alami dari leher dan dapat menunjang tulang belakang. Pilihlah bantal yang nyaman dan mudah disesuaikan dengan posisi-posisi yang berbeda. Posisi tidur yang baik juga dapat berpengaruh dalam mengurangi pegal dan nyeri punggung lho.

5. Minum Pereda Nyeri

* sumber: www.upi.com

Obat-obat anti inflamasi non-steroid (AINS), seperti ibuprofen dan paracetamol, bisa membantu kamu menghilangkan pegal dan nyeri punggung. Jenisnya banyak tersedia dan dapat dibeli tanpa resep di apotek. Tetapi, tidak semua orang cocok dengan obat AINS, sebaiknya kamu cek dulu brosurnya untuk melihat apakah kamu tidak memiliki kontraindikasi dengan obat tersebut. Jika kamu tidak yakin dengan obat pegal linu, kamu bisa bertanya pada apoteker.

6. Periksakan ke Dokter

Periksakan ke Dokter

* sumber: www.groupon.com

Sebaiknya kamu periksakan ke dokter jika pegal atau nyeri tidak membaik dalam beberapa minggu, misalnya rasa nyerinya membuat kamu menghentikan aktivitas keseharianmu, terasa sangat nyeri atau nyeri yang kamu rasakan semakin bertambah parah. Dokter akan memberikan resep dengan obat yang tepat sesuai keluhan dan diagnosa yang dilakukannya.

7. Physical Therapist (Physiotherapist)

Physiotherapist

* sumber: blog.portea.com

Jika pegal dan nyeri punggung berkepanjangan, kamu juga bisa coba ke tempat physiotherapist yaitu ahli pengobatan badan (dengan pijat, gerak badan, dan sebagainya).

Terapi manual yang membuat kamu merasa lebih baik adalah tahap pertama. Selanjutnya, physical therapist akan mengajarkan kamu latihan rutin untuk pemeliharaan atau perawatan punggung yang bisa kamu lakukan sendiri. Tujuannya untuk mencegah dan menjaga pegal dan nyeri punggung kambuh lagi.

8. Tetap Rileks

* sumber: www.rd.com

Ketegangan otot bisa disebabkan karena kekhawatiran yang berlebihan dapat membuat kondisi kamu semakin buruk. Mencoba untuk santai atau tenang adalah bagian terpenting dalam mengurangi pegal dan nyeri punggung. Cobalah untuk selalu berfikir positif, sehingga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi rileks.

Sejauh ini, penyebab nyeri punggung yang paling umum adalah peregangan otot. Seiring dengan pertambahan usia, kurang bergerak, dan berolahraga menyebabkan otot-otot pada perut dan punggung yang berfungsi mendukung tulang belakang menjadi lemah.

Pegal dan nyeri punggung adalah keadaan yang biasa terjadi dan normalnya akan membaik dalam beberapa minggu atau bulan. Jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter jika nyeri terasa hebat, apalagi sampai membuat sulit bergerak hingga nyeri menyebar sampai ke pantat dan kaki.

Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan tulang punggung kamu. Usahakan melakukan peregangan setiap pagi setelah bangun tidur. Jangan malas untuk menggerakkan badan, apalagi jika kamu duduk bekerja seharian atau duduk dalam waktu yang lama karena menempuh perjalanan jauh dengan pesawat, kereta, atau mobil.

Usahakan mengubah posisi duduk sesering mungkin dan memberi punggung kesempatan beristirahat dengan berdiri dan berjalan-jalan kira-kira setiap satu jam sekali. Semoga tips di atas bisa membantu kamu menghilangkan pegal dan nyeri punggung yang mungkin kamu alami. Punya cara menghilangkan pegal dan nyeri punggung lainnya? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Just a fine girl with a free spirit, lil meow russian blue & csotish fold^^. Freelance writer. Mencoba menjelajahi dunia dimulai dari buku. Drawing, novel, music for healing!

Leave A Comment